#113: Homemade Beauty Remedies (Cantik Itu Berawal dari Dalam Kulkas)

Dibaca 12,042 kali

Lupakanlah judul yang super ngaco itu. Tapi tagline-nya bener lho: cantik itu berawal dari dalem kulkas. Sisanya bolehlah ditambahin pake barang-barang dari drugstore. :cutesmile:

Setelah saya melahirkan kemarin, saya baru sadar kalo muka saya kok jelek banget yak? Item-item, komedoan, jerawatan, belom lagi kulit ngeletek karena terlalu kering (atau karena jarang dibersihin, saya juga gak bisa memutuskan mana yang paling benar), dan suka gatel. Apalagi setelah saya meriksa perlengkapan lenong saya (entuh make-up dan segala macem produk skincare) udah pada kadaluarsa. Yang paling juara adalah blush-on saya yang ternyata udah setengah tahun lebih kadaluarsa dan saya gak tau sama sekali. Trus itu blush-on saya pake-pake pula. Ya pantes aja muka jadi gatel-gatel. Singkatnya, alat-alat lenong itu masuk tong sampah semua. Gak semua sih, saya masih menyisakan bedak tabur yang kayaknya belom kenapa-kenapa. Bedak tabur kadaluarsanya lama kan yak? *nyari pembenaran*

Beberapa waktu belakangan, saya sering browsing tentang produk perawatan wajah yang sekiranya cocok buat saya. Tapi kayaknya kalo mau barang bagus, harga kudu bagus juga. Saya udah agak gak percaya sama produk yang harganya agak murah. Takut dimasukin zat apa gitu yang aneh-aneh biar hasilnya cepet keliatan.

Pembersih Muka dari Oatmeal

Di tengah nafsu browsing yang membara, saya dapet link ke sini. Really? Apa beneran entuh oatmeal bisa bikin kulit bersih dan seger, plus katanya halus pula. Ini saya kasih video-nya:

Buat yang males muter videonya, saya ceritain aja deh. Jadi, menurut si pembuat video, oatmeal itu bisa dipakai untuk membersihkan wajah dan efeknya lebih menyenangkan dibandingkan dengan sabun pencuci muka biasa. Caranya: ambil oatmeal satu genggam (secukupnya lah pokoknya) trus basahi di air yang hangat-hangat kuku. Setelah itu usapkan ke wajah. Gosok-gosok lembut untuk menghilangkan kotoran di wajah. Menurut doi sih, hasilnya langsung terlihat. Yang paling kentara: terasa bersih dan segar tanpa terasa kering, seperti yang biasa terjadi kalau menggunakan produk pembersih muka biasa.

Saya akan mencoba trik oatmeal ini. Tapi karena di Selayar gak ada oatmeal, saya harus bersabar untuk mendapatkan stok dari Makassar.

Pemutih Wajah dari Susu Bubuk

Nah, yang satu ini saya dapetin dari forum ini. Ceritanya, ada seorang anggota forum yang nyeritain kalau temennya mukanya putih kinclong setelah menggunakan masker susu tiap hari. Tiap hari sodara-sodara! Dibutuhkan semangat membara dan mental baja memang buat telaten kayak gitu.

Cara membuat maskernya sangat mudah. Campurkan susu bubuk dengan air. Airnya sedikit aja. Jangan sampai susu bubuknya terlalu encer karena akan sulit dipakai. Tambahkan air sampai campurannya punya tekstur seperti pasta gigi. Trus tinggal diratakan di wajah. Setelah 20-30 menit, bilas dengan air bersih hangat, atau kalau mau, bisa dengan pembersih wajah oatmeal yang saya ceritakan tadi di atas. Efeknya memang agak lama. Tapi hasilnya bisa sangat bagus kalau pemakaiannya teratur. Emang beneran jadi putih. Daripada make krim-krim geje yang beredar di pasaran. Apalagi katanya sekarang ada krim pemutih wajah merek Syahrini ya? Ada-ada aja. :die:

Untuk yang ada jerawatnya, susu bubuknya bisa ditambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tapi jangan pas jerawatnya lagi merah membara. Itu bunuh diri namanya. Tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon tadi ketika jerawat dalam keadaan bersemu merah malu-malu kucing. :lol:

Kabarnya, si jeruk nipis atau jeruk lemon ini bisa membantu mengeringkan jerawat dan mencegahnya timbul kembali.

Masker dan Pengangkat Komedo dari Putih Telor

Yang ini mah kayaknya resep turun-temurun yang udah sering didenger tapi sulit dipercaya karena terlalu mudah. Khasiatnya: bisa memperkecil pori-pori dan mengencangkan kulit. Ya iya lah. Logikanya, si putih telor itu kan isinya protein semua.

Caranya mudah. Kocok putih telor sampai berbuih, rendam kapas sampai basah, oleskan ke wajah. Saya sendiri pakai kuas yang biasa saya pake untuk ngolesin masker. Lebih cepet rata. Trus untuk ngangkat komedonya, oleskan cairan putih telor tadi ke kapas, taroh di hidung sampai kering. Kira-kira 1-2 jam. Sampai benar-benar kering. Setelah itu dikeletekin deh. Komedonya bakalan nyangkut di kapas. Jijay.

Untuk masker yang satu ini, efeknya emang langsung terasa. Wajah jadi lebih kenceng, halus, dan amis. :lol:

Habis maskeran, saya langsung pakai pelembab wajah saya yang biasa. Takut kering banget gitu. Tapi untuk selanjutnya, sepertinya saya mau mengganti pelembab wajah saya ini dengan EVOO (Extra Virgin Olive Oil). Kalo yang suka nonton acara Rachel Ray pasti tahu deh EVOO ini apaan. Dia selalu dieja tiap kali ada wajan yang naek ke atas kompor. Untuk melembutkan kulit, kabarnya si EVOO ini bagus banget. Campurkan sedikit sama henbodi yang biasa kamu pakai. Kalau buat muka, bisa dipake dikit aja. Bener-bener dikit lho. Kalo gak, muka bisa berminyak banget.

Cuci Muka dengan Air Cucian Beras

Yang ini saya juga udah denger lama tapi gak percaya karena kedengerannya kok gampang banget. Tapi setelah saya baca-baca di forum, Miracle Water SK II juga bahan utamanya juga air dari sejenis beras yang dipakai untuk membuat sake. Yah, 11-12 lah sama air cucian beras di rumah. :lol:

Caranya gampang: cuci muka pake air cucian beras yang kedua atau ketiga. Jangan yang pertama. Itu mah masih kotor airnya. Trus diemin sebentar sebelum dibilas lagi pake air bersih.

Jadi, ini adalah hal-hal yang akan saya lakukan ke depannya: mengganti produk skincare saya dengan yang alami. Itung-itung penghematan juga. Saya belum bisa ngasih laporan hasilnya sekarang ini. Mulai aja belom. Saya mau coba dulu barang sebulan dua bulan, baru abis itu saya kasih review-nya lagi. Yang penting untuk urusan natural skincare ini 2T: Teratur dan Telaten.

Buat yang pengen nyari tahu resep-resep yang lain, silahkan ke link ini. Lengkap tuh di sana. :cutesmile:

Gambar dipinjam dari sini, sini, dan sini.

5 Comments

  1. Milo
    Jun 15, 2012

    Btw, saya malah cocok banget pake kosmetik murah, contohnya Gizi superskin. Lumayan ampuh buat jerawat. Malah takut pake yang mahal.

    • octanh
      Jun 15, 2012

      Gizi Super Krim mah udah kesohor seantero negeri kalo kualitasnya bagus karena bahannya alami. Sama kayak kesohornya eyeshadow Sariayu. Aku make barang impor yang kudu nabung dulu, tapi akhirnya balik-balik lagi ke Sariayu yang harganya murah tapi sangat oke. Satu lagi yang kesohor: pembersih wajah Viva. Tapi sekarang aku pake Sariayu yang stok-nya lebih banyak di sini. :cutesmile:

  2. Milo
    Jun 15, 2012

    Saya pake olive oil (gak pake kata ekstra) cuma beberapa kali, jadi ga ketahuan efeknya :D
    Tapi, kata ibu saya sih emang bagus.

    • octanh
      Jun 15, 2012

      Beda lho antara yang Extra-Virgin ama yang gak virgin…. :-x

Trackbacks/Pingbacks

  1. #116: Ngomongin Make-Up | Octaviani Nurhasanah - [...] skincare saya sudah saya ceritakan di sini. Jadi, saya gak punya skincare yang aneh-aneh. Saya merasa lebih aman menggunakan …

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)