#121: BB Cream? Apaan sih Ituuuh?

Dibaca 33,381 kali

“BB Cream? Apaan sih ituuuh?”

Ini adalah reaksi pertama adik saya ketika mendengar saya mengucapkan kata BB Cream. Ya wajar sih ya kalo dia gak tau. Walaupun dia penggemar make-up seperti saya, dia lebih konvensional dengan menggunakan foundie dan bedak.

Betewe, saya lagi stuck dan kena writer’s block. Jadi, biar cepet sembuh, saya harus menulis. Nulis apaan aja. Termasuk nulis tentang BB Cream ini. :die:

Melihat kepopulerannya akhir-akhir ini, sebenarnya saya juga agak heran kalau ada yang belum tau tentang BB Cream (Blemish Balm Cream) ini. Saya curiga sebenarnya kepupoleran BB Cream ini dipengaruhi oleh invasi boyband dan girlband Korea ke dalam negeri.

Kok bisa?

Awalnya, BB Cream ini diperkenalkan oleh seorang dokter dari Jerman bernama Dr. med. Christine Schrammek sekitar tahun 1950-an. (Saya mengetahui hal ini dari seorang teman di grup Beauty Blogger Indonesia.) Sebelumnya, karena begitu banyaknya BB Cream produksi Korea, saya mengira BB Cream ini berasal dari sana.

Gambar dipinjam dari sini.

Menurut hasil bacaan sana-sini saya—dan saya sudah lupa membaca di mana saja—BB Cream ini awalnya digunakan untuk perawatan luka pasca operasi plastik. Kandungan awalnya terdiri dari niacin dan zinc oxide yang digunakan untuk anti inflamasi dan membantu penyembuhan luka. Jadi, kalau kamu operasi plastik di Korea sana, kamu bakalan dikasih resep BB Cream ini untuk membantu mempercepat penyembuhan luka sekaligus merawat kulit di sekitar area luka itu. Tapi, semakin ke sini, sepertinya BB Cream ini makin dikembangkan formulanya sehingga tidak hanya digunakan untuk penyembuhan paska operasi plastik, tapi juga sebagai perawatan kulit sehari-hari.

Trus, hubungannya dengan boyband dan girlband Korea apah?

Sudah bukan rahasia lagi kalau boyband dan girlband Korea itu melakukan operasi plastik. Saya tidak bisa memastikan sih siapa-siapa aja yang melakukan operasi plastik dan siapa aja yang gak karena saya bukan penggemar boyband dan girlband. Jangan kan yang impor Korea, yang lokal aja saya gak ada yang suka. Tapi ini no offense lho ya. Yang namanya selera musik kan beda-beda. Kalo saya suka Iis Dahlia dan Evie Tamala, ya jangan juga saya dianggap aneh gitu. Namanya juga selera. Gak bisa diperdebatkan. Tapi, saya emang beneran suka Iis Dahlia dan Evie Tamala lho! (Kenapa jadi curhat?) :die:

Ah, mari lanjut…. :cutesmile:

BB Cream Skin 79

Para artis Korea itu punya muka yang mulus-lus-lus, nyaris gak berpori! Bukan cuman yang ceweknya, yang cowoknya juga. Menurut yang saya baca-baca—dan saya udah lupa di mana bacanya karena udah lama banget—mereka menggunakan BB Cream ini untuk menutupi ketidak-sempurnaan kulit mereka. BB Cream yang mereka pakai bukan lagi yang generasi awal—yang digunakan untuk perawatan paska operasi plastik—tapi BB Cream yang sudah disempurnakan formulanya untuk pemakaian sehari-hari.

Hasilnya memang berbeda dengan foundie. Kalau foundie kan hasilnya biasanya matte, beberapa foundie memang ada yang memberikan hasil sheer, tapi gak banyak. Sementara BB Cream ini memberikan hasil yang dewy. Apa ya istilah Indonesianya? Kayak lembut bercahaya gitu. Yah, kayak kulit wajah para artis Korea itu lah. Gak matte, tapi agak glowy dan kesannya halus. Kelihatannya seperti gak pakai bedak dan gak cakey.

(Maapkan ini istilah-istilah yang saya pakai: dewy, glowy, cakey. Semoga pada ngerti. Saya bingung nerjemahin dan nyari padanan katanya. :cry: )

Dengan tampilan seperti itu, kesan dandannya jadi gak keliatan. Yang lebih terasa itu kesan kalau kulitnya sehat.

BB Cream yang beredar sekarang merek apaan aja yak?

Banyak!

Saya bahkan gak bisa nyebutin satu-satu saking banyaknya. Yang paling terkenal sih keluaran Etude House, Skin 79, Missha, The Face Shop, Skinfood. Semua merek yang barusan saya sebut itu keluaran Korea. Yang dari Malaysia juga ada: Silky Girl. Keluaran Jerman: Dr. Jart dan Garnier. BB Cream keluaran Maybelline juga ada.

BB Cream Maybelline

Tapi sayangnya, gak ada satu pun dari merek yang saya sebutkan di atas sudah pernah saya coba. Saya agak ketar-ketir kalo mau pakai make-up merek luar. Bukan karena mahalnya atau efeknya di kulit saya bakalan cocok atau gak, tapi karena saya gak yakin sama bahan yang dipakai gak halal. Jadi, selama ini saya cuman ngeliatin aja berbagai merek BB Cream ini sambil melanjutkan rutinitas memakai foundie. :cry:

Emang gak ada merek lokal?

Awalnya memang gak ada.

Sampai suatu hari … saya mendengar Caring Colours mengeluarkan BB Cream. Langsung beli dong saya! :lol:

Caring Colours ini salah satu lininya Martha Tilaar dan sudah punya sertifikat halal MUI. Saya gak tahu apa semua lini Martha Tilaar (Sariayu, Caring Colours, Mirabella, Dewi Sri Spa, Cempaka, PAC, Biokos, Belia) sudah bersertifikat. Tapi produk yang biasa saya pakai, seperti Sariayu, Caring Colours, dan Dewi Sri Spa, sudah ada sertifikatnya.

Bedanya apa sama foundie?

Bedanya ya? Hmm…. Pertama, kegunaannya beda. BB Cream itu sederhananya bisa dibilang semacam tinted moisturizer yang sekaligus mengandung foundie dan pelembab, ditambah lagi bahan-bahan lain untuk perawatan kulit.

Before and after BB Cream

Kalo foundie kan digunakan untuk base make-up, menutupi kekurangan kulit wajah (seperti distribusi warna kulit yang tidak merata, jerawat, dll). BB Cream, walaupun pada dasarnya digunakan sebagai base, dia juga merawat kulit. Teksturnya yang lebih kental dibandingkan foundie, membuatnya agak sedikit lebih berat. Agak mirip rasanya seperti menggunakan cream foundie, tapi masih lebih ringan sedikit sih. Beberapa merek BB Cream keluaran Korea itu malah menurut review, memberikan sensasi seperti tidak menggunakan apapun saking ringan dan menyerapnya.

Hasil akhirnya juga beda. BB Cream ini memberikan kesan kalau wajah kita lebih halus tapi tidak membuat kulit kelihatan matte banget. Itulah kenapa bedak itu tidak terlalu diperlukan lagi kalau sudah menggunakan BB Cream. Tapi, kalau ingin oil control yang lebih lama, sebaiknya memang menggunakan bedak, tapi tipis-tipis saja. Dan seperti saran saya di post tentang make-up sebelumnya: gunakan brush untuk meratakan bedak karena hasilnya akan lebih rata dan tipis. Oh ya, sebelum menggunakan BB Cream, saya selalu memakai pelembab terlebih dahulu. Just to make sure kulit saya gak terlalu kering sih. Soalnya kulit saya akhir-akhir ini kering sekali.

BB Cream rekomendasi lo apa?

Susah nih pertanyaannya. :die:

Saya hanya pernah mencoba BB Cream keluaran Caring Colours, jadi saya gak bisa membandingkan dengan BB Cream merek lain. Tapi, sejauh ini, saya merasa cocok-cocok aja dengan BB Cream Caring Colours.

Tidak seperti foundie yang shade-nya banyak dan disesuaikan dengan warna kulit, BB Cream Caring Colours warnanya hanya satu, tapi dia punya tiga tipe: luminizing, fair white, dan everlast. Kalau sekali lihat sih kayaknya warnanya gelap banget. Tapi, BB Cream ini akan menyatu warnanya dengan kulit, jadi gak akan keliatan menor. BB Cream Maybelline punya tiga shade. Kalau BB Cream keluaran Korea, sepertinya juga punya pilihan shade tapi saya gak hapal.

Untuk pemakaian sehari-hari, saya rasa BB Cream ini lebih praktis dibandingkan dengan foundie. Tinggal pakai pelembab, BB Cream, trus beberapa alat lenongan lain seperti blush-on dan lipstik. Cukup praktis. Penampakan kulit wajah pun lebih bagus karena dia gak membuat muka kelihatan dandan banget.

Harganya berapaan yak?

Bervariasi. Kalo yang merek Clinique, yaaa … pasti mahal. Kalo yang keluaran Korea juga variasinya lumayan banyak, tapi rata-rata di atas seratus ribuan. Kalau merek lokal lebih murah.

Apa lo gak pernah pake foundie lagi setelah kenal BB Cream?

Saya masih pake foundie. Apalagi untuk make-up yang agak berat. Bukan yang ringan untuk sehari-hari. Kalau untuk make-up ke pesta, misalnya, saya gak menyarankan BB Cream ini. Kecuali kalau memang mau pakai make-up natural yang ringan. Kalau mau make-up yang agak berkarakter, sebaiknya tetap menggunakan urutan: base, foundie, dan baru make-up. Mengingat make-up berat itu harus dipikirkan juga urusan staying power dan oil control-nya. Apalagi kalau make-up yang mau dipakai itu harus menutupi jerawat dan masalah kulit lain, BB Cream sepertinya tidak bisa meng-handle itu semua.

Oh ya, OOT sedikit.

Para anggota boyband Korea itu juga pake BB Cream lho. Bahkan ada yang jadi bintang iklannya segala. :lol:

Terakhir, saya gak bermaksud meracuni pikiran orang buat beli BB Cream loh ya. Saya cuman nyeritain apa yang saya tahu. Kali-kali aja bisa membantu. Kalau ternyata malah berakhir dengan keinginan buat beli, yaaa … jangan salahkan saya dong ah. :cutesmile:

32 Comments

  1. fera
    Feb 7, 2013

    nice onfo mba..
    padahal aku tu males kl baca artikel yg panjang2… tp blog nya mba… rodo2 lucu kl dibaca jd g bosen…
    beliin bb crem nya dong… loh :lol:

    • octanh
      Feb 7, 2013

      Makasih…. :>

      *kabur sebelom ditodong beliin yang laen*

      • fera
        Feb 14, 2013

        ghiyahahahahha…. :lol:

  2. dewi
    Jan 26, 2013

    tanya dong, kalo udah pake bb cream amsih perlu pake foundation ga?
    thank you ^________^

    • octanh
      Jan 28, 2013

      Gak perlu. BB-Cream kan sama kayak foundie fungsinya. :cutesmile:

      • dewi
        Feb 1, 2013

        siippp thanks ^_^

  3. lucifer
    Jan 4, 2013

    kalo buat muka yg sensitif ma mudah jerawatan bisa ga?
    :-P

    • octanh
      Jan 9, 2013

      Kalo jerawatan, sebaiknya jerawatnya disembuhin dulu baru pakai kosmetik. :cutesmile: Takutnya malah tambah parah gitu jerawatnya. Kulit saya sensitif dan selama pakai BB Cream CC gak apa-apa sih. Gak gatel sama gak berasa panas juga.

  4. tania rahmadhani
    Jan 3, 2013

    mb,, nanya donk,,, BB ni yang asli korea berapa duit yak?? :T.T:

    • octanh
      Jan 9, 2013

      Sekitar seratusan lebih. Yang merek Missha kayaknya 200an ribu. Aku gak pernah nyoba beli juga. :cutesmile:

  5. Frista
    Sep 23, 2012

    q punya 2 bb cream…1 maybelline satunya lg caring colours….ka,o mayvelline encer banget, tp hasilnya glowy gt sayang kurang bgt menutup noda d muka q…jd q pake buat sehari2, kalo yang CC krna agak berat d muka q, q pake kalo mau bepergian aja hehehe….overall suka semuanya…
    gara2 bb cream jarang bgt (mlah hampir ga pnah) lagi make foundie, habis berat di muka… cm k acara nikahan aja make nya…

    nice blog mbak, lam knal ya….

    • octanh
      Sep 25, 2012

      Hai, salam kenal juga…. :cutesmile:

      Denger-denger sih ada juga yang merek Garnier, tapi kok kayaknya gak pernah liat ya? Apa emang belom ada di sini. Apa gimana…. :?:

  6. roo
    Aug 7, 2012

    teh
    aku mampir lagi newh…
    banyak tugas kuliah jd ru sempet…
    td aku baru aja beli yang luminizing, rekomendasi dr spg caringnya, lum aku coba pk ci,,,
    lah teruz gmn kl liatan glitternya, sebagian waktuku dikampuz teh,, btw makasih ya teh pencerahannya :)

    • octanh
      Aug 7, 2012

      Gak terlalu keliatan kok glitter-nya Roo. Cumannya emang agak berkilau gitu. Cuman gak berkilau banget kayak Edward kalo kena panas matahari. :lol:

      Kalo abis pake bebe krim ditimpa bedak, glitter-nya bakalan ketutup bedak. Jadi gak keliatan banget juga. Ayo dicoba! :cutesmile:

      • roo
        Aug 8, 2012

        ya teh ni aku coba,,
        teh kl sebelum pk Bb pake sun block/ pelembab dl gmn??coz kulitku agak kering tp lama2 berminyak…
        bagus ci teh hasilnya aku suka,, cuma ya itu teh ada kulit yg kaya ngelupas…
        maksih yua teteh udah banyak ngasih info,, apalagi aku ru belajar make up teh…

        • octanh
          Aug 8, 2012

          Iya, pake pelembab dulu. Soalnya kalo kulitnya kering (kayak kulitku juga kering) malah jadi tambah kering nanti. Kulit yang kayak ngelupas itu sebaiknya di-scrub tapi jangan sering-sering. Seminggu 2 kali aja pake sabun muka yang ada scrub-nya. Kalo buat harian, jangan yang ada scrub-nya. Makin kering nanti kulitnya.

          Setelah pakai pelembab trus pake sunblock bagus juga. Biar makin bagus proteksinya. :cutesmile:

          • roo
            Aug 17, 2012

            teteh makasih yua, saran saranya…
            met idul fitri juga :)

            teh, aku jg pgn newh blajar pk blush-on, tp agak takut jd kaya badut hehheeheh
            trz kl pk blush on pas sholat gmn??

  7. roo
    Jul 20, 2012

    Caring Colours – BB Cream Free Mini Loose Powder 10gr Luminizing

    Caring Colours – BB Cream Free Mini Loose Powder 10gr Everlast

    Caring Colours – BB Cream Free Mini Loose Powder 10gr Fair White

    teh numpang tanya,,, itu maksudnya apanya yua???? mohon dibalez

    • octanh
      Jul 20, 2012

      Liat di webstore-nya Martha Tilaar yak?

      Itu kayaknya lagi promo. Beli BB Cream Caring Colours, dapet bedak tabur Caring tapi ukuran promosi. Aslinya 20 gram. Tapi yang dikasih cuman 10 gram. Tapi lumayan. Bedaknya bagus kok. Aku juga pake… :cutesmile: Harga satuannya aja kalo BB Cream sekitar Rp. 60.000,- Aku belinya di OL Shop ini: http://www.dewicosmetic.com (di sana lebih murah). Bedak taburnya Rp. 40.000,- yang ukuran normal. Jadi, paket itu tuh jatohnya emang lebih murah sih.

      Kalo yang luminizing itu ada glitter-nya. Gak banyak sih. Cuman lumayan keliatan. Kalo yang everlast, katanya sih bisa tahan lama. Aku pakenya yang luminizing. Gak cocok kalo mau dipake ke kampus atau kerja. Terlalu blink-blink. Kalo yang fair white itu katanya bisa mutihin. Tapi jangan terlalu berharap sih…. :lol:

      Pake bedaknya juga pake brush ya. Jangan pake spons bawaan bedaknya. Jelek hasilnya. Suka blantang-blentong. Beli brush yang bulunya tebel. :cutesmile:

    • octanh
      Jul 20, 2012

      Roo…. *tereak* Mudah-mudahan kamu mampir lagi.

      Coba liat ke blog ini kalo mau milih-milih BB Cream. Di sini ada gambar before and after-nya untuk banyak merek.

      http://my-lovely-sister.blogspot.com/search?q=bb+cream

      Rata-rata di sana BB Cream keluaran Korea. :cutesmile:

      • oca
        Feb 19, 2013

        numpang nanya’ yak? ne aku kan baru bljar make up trus aq pngen pake’ BB, wjah qu ada noda hitam nya klo CC bgus gak??? sblm nya mksh ya….. :cutesmile:

        • octanh
          Feb 20, 2013

          Kalo BB Cream-nya CC, gak bisa nutupin noda sampe full gitu. Tapi cukup menyemarkan sih. :D

  8. roo
    Jul 20, 2012

    aku pernah pake BB maybelin nyobain punya temen, trz aku pake bedak tapi hasilnya jd tebel bgt….

    • octanh
      Jul 20, 2012

      Makenya pake tangan ya? Coba pake foundation brush. Jangan banyak-banyak. Segede 3 butir kacang ijo aja lah kira-kira…. :cutesmile:

  9. Nurin
    Jul 20, 2012

    lama-lama dikau kayak sales promo alat kecantikan jeung? he he. Tapi btw, terimakasih ya, banyak infomu yang membukakan mataku

    • octanh
      Jul 20, 2012

      Abisnya lagi stuck parah nih. Tapi kalo gak nulis webe-nya gak bakalan sembuh-sembuh. Jadi, nulis yang paling gampang ditulis aja dah. 8)

    • Millati Indah
      Jul 20, 2012

      gapapah, Nurin. itung2 nambah pengetahuan di bidang kecantikan. aku malah lagi nunggu Mba Octa nge-post tentang masker2 alami lagi :D

    • octanh
      Jul 20, 2012

      Apa saya jadi beauty blogger aja yak? Tulisan model beginian lebih banyak dibaca dibandingkan tulisan saya yang laen. :?:

      • Wiwin
        Jun 7, 2013

        betullll… bacaan ringan tapi bermanfaat :-)
        thanks for sharing, mbaaa…

  10. Milo
    Jul 19, 2012

    Pertamax!!! *ikut2an Mb Octa*

    Bisa ga pake BeBe Krim inih tok, tanpa pake bedak?

    Cake = kue, cakey = seperti kue?

    • octanh
      Jul 19, 2012

      Cakey–> kayak make adonan kue di muka. Muka keliatan tebel ama bedak. :die:

      Ho-oh. Bisa dipake tanpa bedak. Cuman kalo kebiasaan pake bedak, ya rasanya kudu pake bedak dulu baru bisa disebut dandan. :cutesmile:

      Di sini mah Milo pertamax mulu. Di blog siapa tuh, yang komennya banyak bener, susah mau pertamax. *gosip*

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: