#124: Ngomongin Blush-On (Wardah, Caring Colours, Sariayu)

Dibaca 94,070 kali

Itu blush-on Wardah-nya udah tinggal setengah…. 

Sebenarnya saya gak yakin mau nulis tentang ini atau gak. Tapi setelah saya pikir-pikir, mungkin ada baiknya saya tulis aja.

Melihat kecenderungan di saya akhir-akhir ini, saya menulis tentang make-up bukan untuk meng-endorse merek tertentu. Bukan juga buat menularkan gaya hidup saya kepada orang lain. Cuman buat cerita aja kok. Kalau pun ada yang terbantu dengan tulisan saya, ya saya bersyukur. Berarti ada manfaatnya.

Sesuai dengan judul, kali ini saya mau membahas tentang blush-on.

Curhat dulu dikit kali ya? :lol:

Pertama kali saya kenal blush-on itu sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu. Waktu itu saya lagi kepengen aja gitu belajar make-up. Tapi karena saya masih coba-coba, saya pun memutuskan untuk membeli blush-on yang murah saja, merek Viva. Saya lupa harganya, mungkin sekitar Rp. 15.000,-. Saya pakai blush-on ini hanya beberapa kali. Saya sudah lupa bagaimana tekstur, warna, staying power, dan hasilnya di wajah saya. Jadi saya gak bisa nyeritain itu deh.

Blush-on kedua yang saya beli merek Wardah seri A. Saya memakai ini cukup lama sampai … bosan.

Blush-on ketiga (dan yang sekarang sering saya pakai) adalah Caring Colours Luxurious Perfecting Blush yang Terra Passion.

Blush-on keempat yang saya punya dan jarang dipakai karena ada shimmer-nya adalah Sariayu seri Nias.

Jadi, kali ini saya akan me-review  ketiga blush-on yang saya punya sekarang.

WARDAH Seri A

Blush-on ini saya pilih karena saya di antara semua pilihan, seri A inilah yang warnanya paling cocok di kulit saya.

Wardah blush-on seri A.

Klik gambar buat memperbesar ya kalo kurang jelas.

Saya lupa blush-on ini harganya berapa karena belinya sudah lama sekali. Tapi sepertinya tidak sampai Rp. 30.000,-. Kesan pertama saya waktu mencoba blush-on ini adalah teksturnya yang terlalu powdery. Kayaknya ngepul banget gitu kalo dipake pake kuas. Selain masalah tekstur itu, semuanya baik-baik saja. :cutesmile:

Kalo dicolek, warnanya begini.

Kalo di-blend, jadinya gini.

Karena blush-on ini tidak ada shimmer-nya, jadi cocok untuk pemakaian sehari-hari. Kesannya jadi gak terlalu berkilau-kilau gitu. Tapi, setiap kali memakainya, saya selalu mencampurkan kedua warnanya. Abis, kalo dipake warna yang oren muda aja, terlalu pucet. Pake yang oren tua (lebih ke coklat sih sebenernya), terlalu keras. Ketika dicampurkan, saya mendapatkan warna yang warm dan manis di antara kedua warna tadi.

CARING COLOURS Luxurious Perfecting Blush Terra Passion

Ini adalah blush-on yang paling sering saya pakai karena warnanya lembut dan tekstur-nya gak se-powdery Wardah. Warnanya sendiri sebenarnya lebih muda daripada Wardah, tapi hasilnya tidak sepucat yang awalnya saya bayangkan. Warnanya yang muda itu jatohnya jadi keliatan kayak semu gitu di wajah saya. Jadi gak keliatan pake blush-on banget gitu, jadi saya suka.

Caring Colours Terra Passion.

Dia juga gak ada shimmer-nya. Matte. Jadi, cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Satu hal yang saya suka dari blush-on ini adalah kemasannya. Dibandingkan dengan Wardah dan Sariayu, Caring Colours ini punya build-in mirror yang lebih besar. Jadi gampang kalo mau ngaca-ngaca di situ. Bentuk kemasannya juga lebih elegan. Tapi sayangnya, karena tidak ada celah sedikit pun untuk mengintip ke dalam (selain keterangan di belakang kemasannya) kadang saya kesulitan untuk membedakan kemasan blush-on ini dengan eyeshadow Caring Colours. Bentuk kemasannya sama persis. Kalau lagi buru-buru, kadang maksud hati pengen ngambil blush-on, yang keambil malah eyeshadow, atau sebaliknya. :T.T:

Kalo dicolek, warnanya begini.

Setelah di-blend. Oren-nya manis.

SARIAYU seri Nias

Saya beli blush-on ini karena pengen punya blush-on yang pink tone. Awalnya saya pengen beli Caring Colours yang Rose Desire aja. Tapi, kayaknya saya pengen sedikit ada shimmer-nya gitu. Jadi bisa dipake untuk make-up yang lebih menor dikit.

Warnanya nyaru nih gegara sinar matahari pagi….

Ketika saya membuka kemasannya, saya kaget sendiri. Ini mah agak ungu, bukan pink! Tapi ketika saya coba di punggung tangan saya, warnanya malah jatohnya jadi bagus. Yang keluar bukan ungunya, tapi kesan pink yang imut gitu. Jadi, saya beli deh. Shimmer-nya juga gak begitu garang, cukup manis dan kalau dipakai gak terlalu lebay. :cutesmile:

Kalo dicolek, hasilnya begini.

Pas di-blend, pink-nya jadi cantik bangeeeet!

Dibandingkan Wardah dan Caring Colours, tekstur blush-on Sariayu ini lebih baik. Sekali usap dengan kuas, warnanya langsung keluar. Ini juga yang bikin ngeri. Kadang-kadang, saya suka kebanyakan makenya, jadinya malah terlalu menor. Sekarang kalo saya mau pake blush-on ini, saya kira-kira bener banyaknya di ujung kuas biar pas dan gak bikin prahara. :lol:

Saya juga suka kemasannya. Kesannya etnik dan cantik. Cumannya, kacanya kok ya kecil banget gitu. :T.T:

Jadi blush-on ini gunanya apah?

Blush-on ini gunanya untuk memberikan kesan segar pada wajah. A lil’ bit blush-on on your face will go along way. Memakai sedikit blush-on akan membuat wajah keliatan lebih hidup juga. Gak flat atau pucat.

Makenya sedikit aja. Terlalu banyak malah bakalan bikin muka kayak abis ditampar. :lol:

Sewaktu memilih warna blush-on, sesuaikan dengan warna keseluruhan make-up kamu. Kalau kamu pakai lipstik dengan pink tone misalnya, ya pakailah blush-on dengan pink tone juga. Jangan pilih yang agak oren atau plum. Sesuaikan juga dengan tujuan make-up kamu. Kalau untuk make-up ke kantor sehari-hari, pakailah yang matte tanpa shimmer dan pilih warna yang memberikan kesan segar, bukan yang terkesan glamor.

Cara milih warnanya gimana yak?

Kalau kulit kamu putih, semua warna juga bakalan masuk. Tapi jangan memilih warna yang terlalu kuat. Pilih yang soft. Kalau kulit kamu sedang (tidak terlalu putih dan juga gak terlalu gelap), jangan pilih warna yang terlalu soft. Ambil warna yang sedang juga. Semakin gelap kulit kamu, semakin gelap juga intensitas warna yang dipilih. Untuk tone-nya sendiri, sesuaikan dengan undertone kulit kamu: warm atau cool.

Untuk menentukan undertone ini caranya sederhana kok. Tinggal liat aja, kamu lebih cocok pakai perhiasan emas atau perak. Kalau emas lebih masuk di kulit kamu, undertone kamu berarti warm. Kalau perak, berarti cool. Orang dengan undertone warm, warna kulitnya lebih ke kuning dan kecoklatan sementara yang cool lebih ke biru (jangan bayangkan biru alien gitu). Orang Asia pada umumnya punya undertone yang warm, sementara orang Afrika dan Eropa umumnya punya undertone cool.

Undertone ini sebenarnya juga mempengaruhi warna make-up dan baju yang pantas kamu pakai. Tapi saya sendiri gak terlalu membatasi pilihan warna saya sih kalau untuk eyes make-up dan baju. Tapi khusus blush-on ini, saya cukup memberikan perhatian untuk urusan undertone ini karena warnanya bakalan langsung “nyampur” ke kulit. Kesan yang ingin ditampilkan adalah warna kulit yang bersemu. Untuk mendapatkan warna kayak gitu kan diperlukan kecocokan warna blush-on dengan warna kulit aslinya. Jadinya gak keliatan palsu.

Cara makenya gimana yak?

Kamu perlu menyiapkan kuas blush-on yang bagus untuk mendapatkan sapuan yang bagus pula. Jangan menggunakan kuas bawaan dari blush-on yang kamu beli karena biasanya kecil dan kualitasnya jelek. Pilih kuas yang cukup besar dan bulunya lembut.

Kuas blush-on, gambar minjem di mari.

Sapukan kuas ke permukaan blush-on dan pastikan tidak terlalu banyak yang nempel. Sapukan kuasnya ke pipi kamu dalam keadaan tersenyum (untuk menemukan apple of the cheek). Yang paling penting: do not overdo it! Terlalu banyak blush-on malah akan membuat kamu kelihatan terlalu menor, kecuali kalo kamu pengen keliatan menor sih. :cutesmile:

Segitu dulu ya review dan curcol-nya. Lain kali saya sambung lagi.

Untuk berikutnya, manteman ada usul saya nulis tentang apa? :?: *kehabisan ide*

16 Comments

  1. Luthfan
    Nov 12, 2016

    Perlengkapan buat cewe kayanya ribet amat ya hehe

  2. riyanie
    Apr 10, 2015

    assalamualaikum kaka terimakasih ya saya sekarang jadi tau klo saya mau mencoba pake wardah saya malu d katain culun hihi

    • Octaviani Nurhasanah
      Apr 22, 2015

      Gapapa, gak makeup-an, Mbak Riyanie. Asal kulitnya dirawat. Soalnya yang bikin cantik itu bukan makeup, tapi kulit. Begitu juga yang bikin orang keliatan awet muda. Kalo kulitnya dari muda udah dirawat, insya Allah jadi bagus sampai tua. Itu yang paling penting. :D

  3. pru
    Feb 3, 2014

    Comment :> seneng deh baca ini blog mak… :oops:

  4. Avina
    Nov 27, 2012

    Makasih banget ya atas sharingnya….
    saya lg bingung jg nih mau cari blush on yg bisa buat dipakai sehari-hari di kantor tapi tdk berkesan menor…kesannya segar dan cantiikk… :cutesmile: :cutesmile:

    • octanh
      Nov 30, 2012

      Biar gak menor, pakenya dikit aja Mbak Avina. Sebelum dipulaskan ke pipi, di tap dulu kuasnya. Jadi sisa produk yang kebanyakan jatoh sendiri. Pakenya kuas blush-on yang besar. Kalo pake kuas blush-on bawaan produk, biasanya jelek. :D

  5. zulrafliaditya
    Aug 2, 2012

    klo aq malah ga Pede pke make up (kecuali lipstik)…
    selain itu mgkn jg karena tekstur kuliku yg berminyak, jd klo lama pasti jadinya malah ga bagus…hehehehe
    ada saran bu? kyaknya udah mahir nih…hehehehe

    • octanh
      Aug 5, 2012

      Saia juga baru aja belajar dandan…. Haha. :lol: Gak bisa dibilang mahir juga. :die:

      Coba pake foundie yang oil-controlnya bagus, Jadi, keluarnya minyak bisa ditahan sementara. Kalo bedak, pake yang tabur aja. Jangan yang two way cake. Nanti berat banget rasanya mukanya. Pake bedak taburnya, pake kuas ya. biar rata dan tipis. :cutesmile:

  6. yova
    Jul 27, 2012

    waaa,blush on is a must for me too dr jaman kuliah..ga pake makeup apapun gpp asal ga kelupaan bedak+blush on hehe..paling suka yg caring coz bisa banget bwt sehari2 n ga berkesan lebay hehe..

    • octanh
      Jul 27, 2012

      Iya, warnanya gak lebay dan warnanya bagus. Berikutnya pengen nyobain Caring Colours yang rose desire. Pink-nya kayaknya amnis banget. :cutesmile:

  7. octanh
    Jul 27, 2012

    Yo’i. Segala macem ditulis…. :T.T:

  8. Nurin
    Jul 27, 2012

    Eaaa … kali ini niat banget nulisnya? sampe foto-foto model gitu, :). Habis ini bikin video make up standar buat pemula ya… hi hi.

    • octanh
      Jul 27, 2012

      Abisan kalo kagak dipoto, gak ketauan warnanya. Warnanya gak bisa diceritain. :lol:

  9. Sekar88
    Jul 27, 2012

    kalo enyak2 emang laen blog nya :P

    • octanh
      Jul 27, 2012

      Iya dong. Biar gak bosen. Abis mau nulis curhat kayaknya mah kalo udah emak-emak gini kurang gimanaaaa gitu. Masa galau telah berlalu…. 8)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)