#125: Resep Bubur Sumsum

Dibaca 3,945 kali

 

Siapa di sini yang belom tau cara buat bubur sumsum? Hayooo….

Bubur sumsum itu adalah resep yang sangat mudah dengan kemungkinan gagal yang sangat kecil. Kalo gak karena kompor mledug, kayaknya gak mungkin gagal deh. :cutesmile:

Hari ini, saya membuat bubur sumsum untuk buka puasa. Kemaren-kemaren saya kue lumpur (kalo sempet saya tulis juga resepnya kapan-kapan), roti sobek, dan puding putih telur (putih telurnya dari sisa buat roti). Saya agak menghindari kolak karena bersantan dan Sinung itu udah gendut banget sekarang. Saya harus eman-eman bikin masakan yang pake santan. Selain itu, anak-anak juga gak terlalu suka kolak. :T.T:

Tapi bubur sumsum kan pake santan juga yak? <– double standart. :die:

Baiklah. Ini resepnya.

BAHAN BUBUR:

1. Santan. Bisa santan dari satu butir kelapa dan diperas sampai menghasilkan 1 liter santan. Atau kalau males, beli santan instan aja lalu cairkan sampai jadi satu liter.

2. Tepung beras. Ukurannya 1:4 dengan santan. Jadi kalau santannya 1 liter, tepung berasnya ¼ kilogram. Saya males pake timbangan. Ribet. Untuk mendapatkan ¼ kilogram itu biasanya saya ukur pakai gelas belimbing. Kira-kira dua gelas belimbing lah. Tapi kalau mau pake timbangan juga gak apa-apa.

3. Bahan tambahan lain: garam dan daun pandan.

Catatan: Kalau mau buat bubur sumsum yang warna hijau, paling enak pakai pandan yang diblender dan diperas airnya. Blender 10-15 lembar daun pandan untuk 1 liter santan. Kalau gak ada daun pandan, bisa pakai pasta pandan saja secukupnya.

BAHAN KUAH

Gula merah. Bisa gula aren juga. Saya sendiri pakai gula aren karena rasanya lebih enak. Jangan lupa tambahkan sedikit garam agar rasanya gak “adem”.

CARA MEMBUAT:

1. Campurkan santan dengan tepung beras, aduk sampai rata. Masukkan garam.

2. Masak di api sedang sampai mendidih. Ketika sudah hampir mendidih, larutan ini akan berubah menjadi kental dan kelihatannya bergunpal-gumpal. Tapi tenang aja, gumpalan-gumpalannya itu akan larut kalau sudah matang. Setelah mendidih, matikan api. Jadi deh.

3. Untuk kuahnya, masak gula merah atau gula aren dengan air. Tambahkan daun pandan dan garam. Setelah larut, saring. Karena sedang bulan puasa dan kebetulan ada kurma di rumah, saya mengiris kurma tipis-tipis untuk campurannya. Ada beberapa orang yang suka mencampurkan bubur sumsum ini dengan kolak biji salak dan itu enaaaaak sekali! Kapan-kapan saya mau coba ah.

Nah, itu resepnya. Selamat mencoba yaaaa…. :cutesmile:

3 Comments

  1. Fenny Ferawati
    Jul 19, 2013

    Kira-kira berapa lama ya mbak itu bubur bisa masak sempurna?

    • octanh
      Jul 19, 2013

      Berapa lama ya? Kalo sampe mendidih, gak lama kok. Sekitaran kurang dari setengah jam udah mateng dia. tergantung banyak bubur yang dimasak juga. :cutesmile:

  2. Kreasi Marie
    Oct 3, 2012

    Terimakasih resepnya. Yuuk mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)