#129: Resep Gulai Telur

Dibaca 7,876 kali

Kemaren saya galau mau masak apa…. :T.T:

Mau masak gulai ayam, tapi gak sempet ke pasar. Mau masak oseng-osengan lagi, kok ya bosen. Akhirnya, saya masak gulai telur. Ditambah kentang juga soalnya Sinung suka banget kentang.

Saya mau bagi-bagi resepnya. Siapa tau ada yang mau masak gulai telur juga kayak saya. :cutesmile:

BAHAN

1. Santan. Dari 1 butir kelapa peras sampai dapat 1,5 liter santan. Jadi, santannya agak encer, bukan santan kental. Kalau males, bisa pakai santan instan aja. Tapi, kalau pake santan instan kayak gitu kadang minyaknya suka gak keluar dan rasanya emang agak beda sih.

2. Telur rebus 8 butir. Kupas. Sayat melintang permukaannya biar bumbunya meresap ke dalam telur ketika dimasak nanti.

3. 1/2 kg kentang, kupas potong 4.

4. Bawang merah 10 siung. Iris.

5. Lengkuas 1 cm. Kupas lalu memarkan.

6. Daun kunyit.

7. Daun jeruk. Karena saya gak dapet daun jeruk, jadi gak pake deh.

8. Garam.

9. Serai.

11. 2 sendok makan minyak untuk menumis.

BUMBU HALUS

1. Cabe merah 5-10 biji. Terserah mau sepedas apa. Kalau gak suka pedas dan gak mau pakai cabe juga enak kok.

2. Kunyit 2 cm. Kupas.

3. Bawang putih 3-4 siung. Tergantung besarnya. Kalau bawang putihnya besar-besar, pakai 3 siung aja.

4. Jahe 1 cm.

Haluskan semua bahan ini sampai halus sekali dengan blender. Pakai ulekan juga bisa sih. Cuman karena saya pengennya cepet, saya pakai blender aja. Rasanya gak berubah kok mau pake blender atau ulekan. Sama aja.

CARA MEMASAK

1. Panaskan minyak. Setelah panas, masukkan irisan bawang, tumis sampai layu dan harum.

2. Masukkan santan dan aduk terus. Lalu masukkan bumbu halus, serai, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk, garam. Aduk rata.

3. Masukkan kentang. Masak hingga mendidih dan kentangnya matang. Kuah santan ini harus terus diaduk agar santannya tidak pecah.

4. Setelah kentangnya matang dan empuk (bisa dites dengan garpu), masukkan telur. Aduk lagi.

5. Setelah kuah mengental dan minyak mulai tampak, matikan api. Angkat dan sajikan.

Gampang kan membuatnya? Rasanya juga enak.

Kalau bosan dengan telur dan kentang, isi gulainya bisa diganti dengan kacang panjang, tempe, tahu (yang sudah digoreng agar tidak mudah pecah), atau pun ikan.

Selamat mencoba ya, manteman. Semoga membantu. :cutesmile:

2 Comments

  1. shanty
    Jul 12, 2013

    Comment :ngiler: :ngiler:

  2. Sarahma News
    Aug 6, 2012

    Hi okta, artikel resep gulai telur yang bermanfaat.
    Main yah ke blog kami http://sarahma.net

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)