#131: Roti Kepang dan Resep Puding Putih Telur

Dibaca 14,101 kali

Abis dari oven, ini roti begaya dulu…. 

Hari ini saya membuat roti kepang karena … karena saya bosan dengan roti sobek menul-menul atau roti bunder yang bentuknya begitu-begitu doang. Kayaknya gak ada perkembangan gitu.

Kalo ke toko roti, saya suka merhatiin roti yang bentuknya bagus-bagus gitu. Gak cuman bunder. Kadang ada yang dikepang, dikuncir, dikonde … ngiler ngeliatnya. :T.T:

Tampak dalam. Baru ngeh itu roti berkilau gitu. :lol:

Saya lebih banyak berhasil bikin roti daripada bikin kue-kue lain. Malah, kayaknya saya gagalnya cuman sekali, pas pertama kali. Itu juga karena belum punya mixer, jadi nguleninnya masih pakai tangan dan tenaga gak ada.  Jadi gak maksimal deh kalisnya. Tapi, setelah ada mixer, bikin roti itu jadinya menyenangkan sekali. Selain tingkat kegagalannya kecil (dibandingkan kalo saya bikin cake), prosesnya pun lebih mudah.

Walaupun belum begitu bagus, tapi kepangan saya lumayan juga.

Resepnya masih sama dengan Roti Sobek Menul-Menul. Cara mengepangnya kapan-kapan saya fotoin step by step-nya, soalnya tadi masih eksperimen. Jadi, kepangannya belum rapi dan belum bagus.

Yang kali ini mau saya bagi resepnya adalah Puding Putih Telur. Puding ini dibuat dari putih telur sisa membuat roti. Kan sayang kalau dibuang. Mau digoreng juga rasanya kurang mantep karena yang ada cuman putihnya doang. Oh, saya sisain juga putih telurnya sedikit buat maskeran. Wajah juga perlu nutrisi. Eaaa…. :lol:

PUDING PUTIH TELUR 

Puding ini sangat disukai bocah-bocah saya soalnya, menurut mereka, rasanya kayak makan busa. :lol: Mungkin juga mereka suka soalnya gak perlu usaha banyak buat ngunyahnya.

Puding Putih Telur

BAHAN:

- 2 sachet agar-agar atau jelly. Saya sendiri pakai Nutrijel coklat.

- 1/2 gelas belimbing susu kental manis.

- 1 gelas belimbing gula

- 1,25 liter air atau sekitar 5 gelas belimbing. Kalau melihat resep di belakang kemasan agar-agar, harusnya airnya 7 gelas. Tapi, kita butuh agar-agarnya lebih padat agar tekstur pudingnya tidak terlalu lembek ketika dicampur putih telur.

- 5 putih telur. Putih telur ini saya dapatkan dari sisa membuat roti.

CARA MEMBUAT:

- Masak agar-agar, air, susu, dan gula sampai mendidih. Setelah itu matikan api dan diamkan sampai agak dingin.

- Sambil menunggu agar-agarnya dingin, kocok putih telur dengan mixer berkecepatan sedang sampai mengembang. Untuk mengetes apakah sudah cukup mengembang atau tidak, ambil sedikit dengan sendok dan balik. Kalau masih ada cairan yang jatuh, berarti masih belum mengembang sempurna.

- Setelah putih telur mengembang, tuangkan ke dalam agar-agar yang masih setengah panas sambil terus diaduk dengan mixer berkecepatan rendah. Aduk terus sampai beberapa saat. Dengan menunda agar-agar dan putih telur ini masuk ke cetakan dan mengaduknya lebih lama, antara agar-agar dan putih telur akan lebih baik bercampurnya. Walaupun pada akhirnya mereka akan berpisah juga (hiyaaa … bahasanya udah kayak bahasa sinetron), tapi lebih banyak yang akan tetap bercampur dibandingkan yang misah.

- Masukkan ke cetakan dan dinginkan.

Ketika menyajikannya, bisa disiram dengan susu kental manis aja. Kalo bikin vla kan ribet ya…. :T.T:

Mudah kan? :cutesmile:

Jadi sekarang kalau saya bikin roti, pasti ada tambahan puding putih telurnya. Toh membuatnya gak butuh banyak effort. Bisa disambi bakar roti.

Selamat mencoba ya, manteman. :cutesmile:

10 Comments

  1. Uniek Kaswarganti
    Dec 20, 2013

    mak, klo kagak doyan susu diganti santan gitu bisa kah? caranya pegimane? :ngikik:

    • octanh
      Dec 21, 2013

      Gak dikasih susu juga sebenernya gapapa, Mbak Uniek. Itu cuman biar rasanya lebih creamy aja. :D Kalo santen, saya belom pernyah nyobain bikin roti pake campuran santen. :D

  2. Afrizal Fadhilah
    Sep 26, 2012

    putih telurnya berapa banyak ya mba untuk ukuran 2 sachet agar-agar,,?
    mau buat nih mbak, soalnya numpuk putih telur di kulkas #curcol.com

    • octanh
      Sep 26, 2012

      Aku biasanya pakai putih telor dari 4 telor, Mbak. Dua juga bisa sih, tapi busanya ntar cuman dikit. Kalo lebih dari 4, jadinya malah busa semuaaa…. :cutesmile:

  3. Milo
    Aug 7, 2012

    Gak bisa pertamax.. *langsungpulang*

    • octanh
      Aug 8, 2012

      *tarik-tarik Milo*

      Kemane aje dua hari kagak keliatan? :?:

  4. ineteni
    Aug 7, 2012

    ta..
    susu kental manisnya bisa dganti susu UHT ga?

    • octanh
      Aug 7, 2012

      Bisa, Ten. Campur aja susu UHT-nya sama aer sampe adi 5 gelas atau sekalian aja susu UHT-nya 5 gelas. Biar mantep. Kalo susu UHT kan tawar, gulanya ditambahin. :cutesmile:

  5. emaknyashira
    Aug 7, 2012

    Pas banget nih ta, gw punya sisaan putih telor banyaak waktu bikin nastar :D
    akan gw contek resp pudingnya, kalo roti asa males bikinnya, soalnya suami gw doyannya roti yang banyak aksesoris macam sosis, daging asep dll gitu kan ongkosnya mahal kalo bikinnya sedikit.

    • octanh
      Aug 7, 2012

      Udah mbikin kue lebaran ajeee…. :lol:

      Di sini malah pada kagak doyan kue kering. Jadi gue kagak bikin dah. Daripada kebuang sia-sia. :T.T:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)