#132: Which Brush?

Dibaca 13,756 kali

Oke, which brush? :?:

Oke, another beauty ging. :>

Saya sering nyebut-nyebut: foundation brush, powder brush, blending brush, dan lainnya di post tentang make-up tanpa menyertakan gambar (kadang). Jadi biar gak ngebingungin, kali ini saya akan memperlihatkan gambar-gambar kuas punya saya dan menjelaskan sedikit kegunaannya. Sekalian cara ngebersihinnya juga kali yak. :cutesmile:

Ada dompetnya, jadi ringkes gak bececeran.

Waktu membeli kuas ini, saya males gitu ngeteng satu-satu. Soalnya jatohnya lebih mahal. Jadi, saya beli satu set biar lebih murah dan gak perlu ribet juga nyarinya kalo ada yang kurang. Dalam kuas set ini isinya ada 15 kuas, yang mana gak semuanya sering dipake. Yang paling sering dan selalu dipakai: foundation brush (karena kalau pakai kuas hasilnya lebih rapi dan bisa tipis-tipis aja), powder brush, blush-on brush, blending brush, lip-brush, dan beberapa eyeshadow brush. Saya memang lebih suka menggunakan kuas dibandingkan jari karena lebih higienis dan rapi. Kalau pakai jari (apalagi karena saya belum mahir banget) jadinya kadang malah belepotan. :T.T:

Di dalem dompetnya, ada kantongnya juga, jadi lebih rapi.

Yuk, dibahas satu-satu. Klik gambarnya untuk memperbesar kalau kurang jelas ya. :cutesmile:

POWDER BRUSH

Ini kuas yang selalu saya pakai untuk menggantikan spons bawaan bedak tabur. Abisnya, kalo pakai spons itu bedaknya malah susah rata dan suka ketebelan. Kalau pakai kuas, saya lebih mudah mengira-ngira setipis apa bedak yang mau saya pakai.

Powder Brush

Kuas ini kualitas bulunya bagus sekali, gak bikin perih kalau dipakai. Kuas yang harganya mahal biasanya dibuat dari bulu rubah, musang atau kuda, jadi memang halus sekali. Kalau kuas murah dari bulu sintetis, biasanya suka agak kaku dan keras. Kadang kalau dipakai terlalu keras, malah bisa membuat kulit jadi perih.

Saya menggunakan kuas ini dengan light-handed biar hasilnya lebih halus dan rata.

BLUSH-ON BRUSH

Blush-on brush juga penting buat saya, soalnya kuas bawaan dari produk blush-on biasanya kecil dan menggunakannya susah. :die:

Blush-On Brush

Seperti powder brush, blush-on brush bulunya juga tebal dan fluffy. Bedanya, blush-on brush ini punya bentuk agak pipih.

Bulunya tebel dan fluffly

Blush-on brush lebih pipih.

FOUNDATION BRUSH

Foundation brush juga termasuk kuas wajib buat saya. Habisnya kalo pakai tangan, kadang foundie jadinya gak rata dan ketebelan. Kalau pakai kuas, hasilnya jadi lebih halus dan rata.

Foundation brush.

Bulunya kaku dan pipih. Kuasnya masih kotor, habis dipake. :cutesmile:

Walaupun bulunya kaku dan pipih, kuas ini tetap halus dan ujung-ujung bulunya tidak akan menusuk kulit.

BLENDING BRUSH

Blending brush ini gunanya untuk membaurkan eyeshadow sehingga tampilannya akan jadi bagus dengan gradasi warna yang membaur rapi. Bulunya sama seperti powder brush, hanya saja bentuknya lebih kecil.

Blending brush.

Bulunya lembut dan fluffy.

EYESHADOW BRUSH

Kuas ini paling sering saya gunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow di seluruh kelopak mata. Karena bulunya fluffy dan lebih besar dibandingkan kuas eyeshadow yang lain, hasilnya juga lebih rata dan rapi.

Eyeshadow brush.

 Bulunya fluffy dan lembut. 

TOUCH-UP BRUSH

Kuas ini saya gunakan untuk menyempurnakan hasil akhir riasan, misalnya untuk shading di pinggir tulang hidung.

Touch-up brush.

Modelnya sama kayak blending brush, tapi ujung bulunya datar.

EYESHADOW BRUSH YANG LAIN

Ini beberapa eyeshadow brush yang lain. Ada yang untuk cream eyeshadow juga dengan bulu yang lebih kaku. Tapi saya suka menggunakannya sesuai dengan kebutuhan aja sih. Kalau kuasnya dilabeli dengan eyeshadow brush, misalnya, bukan berarti saya gak bisa pake buat eyeliner kan? Kadang-kadang saya emang suka sembarangan sih. :lol:

Eyeshadow brush.

Yang kecil di paling kiri saya gunakan untuk eyeliner.

EYEBROW BRUSH

Kuas ini bentuknya miring sehingga enak dipakai untuk menggambar alis. Saya menggunakan eyeshadow berwarna coklat tua dengen kuas ini. Kalau pakai pensil alis, hasilnya malah kadang suka ketebelan dan gak rapi karena tangan saya suka gemeteran.

Eyebrow brush.

Ujungnya miring, bulunya keras dan kaku.

 FLUFFY BRUSH KECIL

Di gagangnya sebenarnya ditulis eyeshadow brush, tapi karena bulunya fluffy dan lembut, saya suka pakai untuk kerjaan lain seperti touch-up atau kadang buat mengaplikasikan eyeshadow di sudut mata. Kadang buat ngeratain bedak juga di bawah mata. Multi fungsi. :lol:

Kecil dan fluffy.

Bulunya juga halus.

LIP BRUSH

Di gagangnya tertulis concealer brush, tapi saya lebih suka menggunakannya untuk lip brush. Abisnya pakai kuas lipstik yang biasa susah rapi. Pakai kuas yang lebih besar dan bulunya lebih tebal seperti ini hasilnya jadi lebih rapi.

Lip brush.

Bulunya licin, agak kaku, dan halus.

Saya selalu menggunakan lip brush kalau memakai lipstik karena hasilnya lebih rapi. Kalau dipulaskan langsung dari lipstiknya, biasanya suka ketebelan dan gak rata. Emang lebih repot sih, tapi setara lah dengan hasilnya. :cutesmile:

Sekarang ngomongin cara membersihkan kuas yuk.

CARA MEMBERSIHKAN KUAS

Kuas itu harus dibersihkan secara berkala. Kalau tidak, bisa membuat wajah jadi jerawatan karena menggunakan kuas yang kotor. Kalau untuk eyeshadow brush, bisa-bisa warnanya malah jadi nyampur-nyampur. :T.T:

Saya menggunakan sabun pencuci piring da minyak zaitun untuk membersihkan kuas. Kalau pakai cairan khusus pembersih kuas, lumayan juga harganya. Apalagi saya membersihkan kuas setiap 2-3 hari sekali. Menggunakan sabun pencuci piring dan minyak zaitun itungannya lebih murah dan hasilnya tetap bersih. Gak merusak bulunya juga (pengalaman saya sih gitu).

Caranya:

Siapkan sabun pencuci piring dan minyak zaitun di piring kecil.

Ambil kuas yang kotor, gosokkan kuas di permukaan piring sambil dibolak-balik dan sedikit ditekan agar sisa kosmetiknya keluar.

Lihat kan, sisa foundie-nya keluar banyak….

Celupkan dalam segelas air. Bilas sampai bersih.

Kuasnya udah keliatan warna aslinya.

Serap airnya dengan lap bersih atau tisu.

Masukkan ke plastik pelindung.

Letakkan terbalik di gelas dengan posisi kuas menghadap ke bawah agar sisa airnya turun lalu jemur di panas matahari.

Segitu dulu ya, post saya kali ini. Semoga membantu. :cutesmile:

17 Comments

  1. rara
    Aug 5, 2016

    mbak mau tanya,kalo mau bersihin sponge powder masa juga dicuci pake minyak zaitun sma sabun cuci piring? thankyouu,bermanfaat banget post nya hihi

  2. reni
    Sep 9, 2014

    wah dari yg tau soal kuas make up, dkrng jd tau ..
    mksi ya mba .. 8) :> :twisted: :cutesmile: :music:

  3. Shinta Ries
    Jul 29, 2013

    haduh rada kaget bobbi brown ngga nyampe 500rb mak satu set qiqiqi, soalnya kalo beli satuan rata-rata 200rb #gubrak
    tapi klo KW udah lumajen boleh juga nih nyoba :ngikik:

    • octanh
      Jul 30, 2013

      KW-an sih ini, Mbak Shinta.

      Pas saya jenjalan di konter PAC, saya liat-liat brush-nya. Bagus gitu tenyata. Tapi satu set nyaris dikit lagi kalo dibuletin jadi 1 jeti. :cry: Saya pengen beli kalo brush yang ini udah gak layak pakai. :D

  4. fika
    Jan 28, 2013

    mbaaaa artikel nya baguss dechhh itu beli nya dmn mba? harga nya berapa? indomakeup n ecotools itu toko on line bukan? klo bukan tmpat nya dmn??? thanks yaa

    • octanh
      Jan 29, 2013

      Iya, indomakeup itu toko online. Coba cek di http://www.indomakeup.com. Ecotools itu merek brush yang cukup populer karena kualitasnya bagus tapi harganya terjangkau. :cutesmile:

  5. leztya
    Nov 8, 2012

    say tuh belinya brapo duit ce :cutesmile: >>>> tyus qmdapat referensi dari man :> ??

    • octanh
      Nov 10, 2012

      Ditawarin sama temen, Mbak. Kalo gak salah, setelah dirupiahin gak sampe 500 ribu deh. (Kalo gak salah inget.) :cutesmile:

  6. Hewan
    Oct 26, 2012

    Wuih. Sama, euy! Saya juga sering nyuci kuas cat minyak, dsb, pakai sunlight. Sisa cat-nya langsung hilang begitu, deh. :lol:

    Tapi, sebelum di-sunlight, saya cuci dulu sedikit dengan minyak turpentine :oops:

    Saya kagum. Di dunia make-up, ada banyak sekali jenis kuas. Di seni lukis aja, biasanya saya nda pakai lebih dari 3 jenis kuas. Paling ukurannya aja yang diganti-ganti. Kuasnya kalo nda yang lancip, yang pipih, atau yang bunder…
    :cutesmile:

    Entah kenapa saya suka ama emot ini
    –> :teror: <–

  7. emaknyashira
    Aug 8, 2012

    Bobbi Brown gitu loh, i’m playin whitney you playin bobbi *ngaco*
    Eh ta belinya satu set gitu dimana? Gw lagi maju-mundur nih mau beli yang agak murahan aja, tapi katanya “Kuas adalah investasi dalam Tata Rias” semacem logam mulia di dunia nyata :D

    • octanh
      Aug 8, 2012

      Gue belinya waktu masih sangat labil dan kagak ngarti dimana beli make-up tools yang murah, Mak. Dan kayaknya gue beli bukan yang asli pula. Ini kayaknya KW Super atau apalah, bukan beneran Bobbi Brown. Harganya (setelah gue cek lagi) emang cuman setengah harga BB yang asli. Tapi gak nyesel juga sih. Bulunya halus banget.

      Coba cek di indomakeup, Mak. Di situ segala ada kayaknya. Kalo gue rekomen Ecootools aja. Murah tapi kualitasnya bagus banget. :cutesmile:

      • emaknyashira
        Aug 8, 2012

        iya gw juga melirik-lirik Ecotools itu ta, tapi masih ngumpulin recehannya dulu nih.

        • octanh
          Aug 8, 2012

          Bok, gue nabung sendiri buat beli alat lenongan dari sisa uang belanja bulanan. *niat banget* :lol:

  8. stilldaydreaming10
    Aug 8, 2012

    Aaaa, pengen punya penghasilan sendiri. Biar bisa beli alat lenongan :)).

Trackbacks/Pingbacks

  1. #290: Simply Inspiring with Wardah|Octaviani Nurhasanah - […] 5. Which Brush? […]
  2. #183: Bebersih Kuas dan Spons Bedak | Octaviani Nurhasanah - [...] membersihkan kuas udah pernah saya tulis di sini ya, manteman. Silahkan diceki-ceki ke sana kalau mau [...]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)