#135: Resep Roti Manis

Dibaca 44,321 kali

Akhirnya saya bikin roti lagi karena roti yang kemaren udah habis. Kali ini saya bikin roti dengan berbagai gaya gitu. Sekalian moto-motoin step by step cara pembuatannya atas permintaan beberapa teman. Masalahnya, saya ini masih belom faseh make kamera digital. Jadi fotonya gak semuanya bagus. Angle-nya juga meragukan gitu. Trus lagi, ada step yang lupa saya foto karena keasyikan mbejeg-mbejeg adonan gitu. :die: Semoga yang mbaca tetep paham…. :T.T:

Kali ini, saya bikin rotinya pakai metode water-roux. Pake cara ini, kita bisa membuat roti tetap mengambang dan lembut tanpa harus menggunakan bread-improver. Ada lagi cara lain dengan menggunakan pasta ketan, tapi … tapi, nyari tepung ketan di pulau terpencil seperti ini syusyeeeh! :T.T:

Liat kan, teksturnya tetep lembut? :cutesmile:

Yuk kita siapin bahan-bahannya.

Bahan adonan roti.

 

BAHAN:

1. Tepung terigu protein tinggi 500 gram. Saya pakainya Cakra Kembar.

2. Air 100 ml. Ukurannya gak pasti, bisa lebih bisa kurang. Jadi kalau tekstur adonannya terlalu keras, tambahkan air. Kalau terlalu lunak, tambahkan tepung. Agak tricky memang, tapi gak susah kok. Adonan yang tekturnya bagus itu seperti permen karet lembutnya. Kalau adonannya sudah seperti itu berarti air dan tepungnya sudah cukup.

3. 4 kuning telur.

4. Gula 5 sendok makan (kira-kira 100 gram), atau bisa ditambah sesuai selera.

5. Susu bubuk 2 sendok makan.

6. Margarine 125 gram.

7. Ragi satu bungkus, 11 gram.

8. Garam 1/2 sendok teh.

UNTUK BAHAN WATER-ROUX:

Air 250 ml ditambah 2 sendok makan tepung berprotein tinggi. Campurkan tepung dengan air sampai tidak ada lagi tepung yang menggumpal lalu panaskan. Masak sampai kental, tapi jangan sampai mendidih ya. Sebelum mendidih apinya harus sudah dimatikan. Sisihkan sampai agak dingin.

 

Teksturnya akan jadi seperti ini.

 

Saya menggunakan mixer untuk memproses adonan sampai kalis. Kalau pakai tangan, gak kuaaaat. :die:

Mixer yang saya punya merek Philips. Gunakan adukan yang spiral khusus untuk roti. Mixer Philips ini hanya bisa mengaduk adonan sampai setengah kilogram tepung. Lebih dari itu ngos-ngosan dia.Oven yang saya gunakan juga cuma oven tangkring biasa merek Hock. :cutesmile:

Gunakan pengaduk spiral.

 

CARA MEMBUATNYA:

1. Campur semua bahan kering (tepung, ragi, susu, dan gula), aduk sampai rata.

 

2. Lanjutkan dengan mengaduk bahan kering tadi dengan mixer, tambahkan air sedikit demi sedikit.

 

3. Setelah rata, masukkan pasta water-roux dan kuning telur. Aduk lagi.

Ingat ya aturan membuat roti: margarin dan garam jangan sampai ketemu dengan ragi. Tunda memasukkan margarin dan garam sampai adonan setengah kalis.

 

4. Lihat tekstur adonan. Adonan saya terlalu cair.

Adonannya terlalu cair.

 Saya menambahkan sekitar 5 sendok makan tepung, kira-kira 150 gram.

Tambahkan tepung sampai adonan tidak terlalu cair lagi.

 5. Setelah setengah kalis, masukkan margarin dan garam.

 

6. Setelah adonan kalis, biasanya saya masih melanjutkan mengaduknya dengan tangan untuk memastikan teksturnya sudah pas atau belum. Kalau belum, saya menambahkan tepung lagi.

 

7. Setelah adonan kalis dan teksturnya bagus, diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, kempeskan adonan lalu bentuk. Panggang di oven dengan api sedang selama 15-20 menit.

 

Sekarang cara membentuk adonannya kali ya. :cutesmile:

Biasanya adonan roti ini saya isi dengan keju atau mesis dan saya bentuk bulat-bulat saja. Kadang saya susun di loyang. Tapi, kali ini saya akan menujukkan beberapa cara membentuk adonan roti agar bentuknya bagus.

Eh, bahan olesannya lupa…. :die:

 

BAHAN OLESAN:

Kuning telur ditambah setengah sendok teh air untuk mengencerkan. Kadang saya juga menambahkan madu agar jadinya lebih kenyal. Tapi lagi gak ada madu di rumah. :T.T:

Jangan lupa rotinya dikasih olesan biar warnanya jadi bagus ya. :cutesmile:

 

CARA 1 (ROLL):

Buat adonan menyerupai segiempat lalu potong menjadi dua segitiga.

 

Taburkan mesis di atasnya.

 

Lalu gulung mulai dari sisi yang paling panjang ke ujung segitiga.

 

Setelah dibakar, bentuknya akan menjadi seperti ini. Sederhana dan mudah kan?

 

CARA 2 (CATERPILLAR):

Buat adonan menjadi segiempat lalu isi dengan mesis.

 

Setelah itu tutup dan rapatkan sisinya.

 

Potong dengan pisau tapi jangan sampai putus. Setelah itu lebarkan secara berselang-seling tiap potongannya. Maap fotonya gak keambil, keasyikan mbikin…. :T.T:

 

Setelah dibakar, jadinya seperti ini:

 

CARA 3 (KEPANG):

Buat dua adonan memanjang. Adonan ini bisa diisi bisa tidak. Kalo saya tetep pakai isi biar enak. :cutesmile:
Liat gambarnya aja ya, saya bingung ngejelasinnya. Efek puasa juga kali nih, jadi lemot. :T.T:

 

 

 

 

Setelah dibakar jadinya seperti ini:

 

CARA 4:

Cara ini bingung namanya apa…. :die:

 

 

 

Kalau sudah dibakar, jadinya seperti ini:

Nah, mudahkan?

Selamat mencoba ya manteman…. :cutesmile:

 

PS: Buat manteman yang mau resep roti dengan butter, bisa dilihat di sini. Rotinya lebih lembut dan wangi. :cutesmile:

9

Butter Bread. 

58 Comments

  1. dewsus
    Dec 6, 2015

    Mbak mau nanya untuk adonan rotinya susu bubuk bisa di ganti dengan susu kental manis ga yah…..?
    :roll:

  2. dila
    Nov 18, 2014

    Mba sy mau tanya kalau adonan yang uda siap panggang gak d panggang sekaligus atau brtahap dengan selang waktu yg ckp lma kira2 apa roti masih bagus mba?.. makasih..

    • octanh
      Nov 18, 2014

      Halo, Mbak Dila. :cutesmile:

      Dipanggang selang waktu 20-30 menit, masih bagus kok. Tapi kalo lebih dari sejam, rotinya bisa terlalu mekar dan pas selesai dipanggang malah jadi kempes.

  3. ries
    Nov 12, 2014

    Mb,ak mu nanya…mksdnya pake pasta ketan gmn..ak lg bljr bust roti tnpa bread improver.kira2 bahan alami yg bs gntikan fgsi bread improver apa ya mb…mksh

  4. yori
    Nov 12, 2014

    mbaaak, pake otang biar bisa bagus kecoklatan gt gmn cara ya?cuma ditaro di rak tengah aj kan yaa?

    • octanh
      Nov 18, 2014

      Iya, Mbak Yori. Saya biasanya sambil diputer-puter itu rotinya biar matengnya rata soalnya oven saya apinya gak rata gitu tingginya. :D

  5. prita
    Jan 3, 2014

    salam mbak nur,

    saya masih ada sisa mentega dr bikin nastar kemaren. apakah bisa dipake untuk resep ini sbg ganti margarin?

    salam dr solo

    • octanh
      Jan 9, 2014

      Bisa, Mbak Prita. Tapi kalau menteganya yang plain/hambar, tambahin garams edikit biar rotinya rasanya jadi gurih. :D

  6. hanik
    Nov 19, 2013

    wah resepnya kyke mudah ni, ntr coba ah……thank you sist…. :-P

  7. aizkecil
    Jun 7, 2013

    mbak,,saya belum pernah bikin roti nih,cuma pizza abal-abal doang..
    yang saya mau tanyakan,,itu permukaan atas rotinya bisa mengkilap gitu apa dilapisin putih telur juga ga sih?
    *pemula tapi sotoy
    :p

    • octanh
      Jun 9, 2013

      Gak. Saya cuman pake kuning telor yang dicampur sama madu. Pas udah dikeluarin dari oven, pas panas-panas, saya olesin lagi pake butter. Jadinya kulit luar rotinya jadi wangi plus legit gitu. Gak keras. :cutesmile:

  8. Liza
    Apr 30, 2013

    Mba mo tanya yah

    saya bikin adonan 270gr tepung pake mixer philips pake metode water roux, kok bowlnya ampe getar2 yah? :( takut rusak, apa memang begitu mba?
    makasih ya mba

    • octanh
      Apr 30, 2013

      Coba dipegangin pake tangan aja mixer-nya. Kadang saya juga suka gitu kalo adonannya “berat” karena belum masuk margarin/mentega. Biar gak tambah berat kerjanya si mixer, suka saya pegangin gitu sambil dibantu pake gerakan ngaduk. Semoga gak kenapa-kenapa itu mixer-nya. Rada ngeri emang kalo adonannya berat gitu…. :(

      Betewe, kemaren saya mbikin gak pake water-roux, tapi pake campuran kentang direbus trus di-blender. Jadinya enak juga. Masih coba-coba sih, jadi belum ditulis resepnya. :cutesmile:

  9. yanti lanita
    Mar 11, 2013

    Mba’ gimana sih bikin roti biar g bantet?? roti buatan ku selalu sukses dengan kegagalan :cry: , tapi anehnya meski selalu bantet tapi tetep aja mau nyoba. Mohon petunjuk mba’…..

    • octanh
      Mar 11, 2013

      Mbikinnya jagan malem-malem. Soalnya dingin, jadi raginya gak semaksimal pas mbikin waktu siang hari kerjanya. :cutesmile:

      Penyebab bantet (kurang ngembang kali ya, bukan bantet kayak cake) biasanya karena garam sama margarin yang dimasukkan barengan. Mati deh itu raginya. Coba garam sama margarine-nya dimasukkan belakangan. Setidaknya ditunda sampai adonannya setengah kalis. Jadinya ada waktu buat ragi bisa mengembang dengan baik. Sama waktu istirahat adonan perlu diperhatikan juga. Adonannya harus diistirahatkan biar mengembang sampai dua kali sebelum masuk oven.

      Coba liat di resep ini untuk yang gak pake water-roux tapi pake bread improver: http://octavianinurhasanah.net/?p=2913

      Semoga mbikin berikutnya rotinya bagus ya jadinya. :cutesmile:

  10. Arif
    Mar 6, 2013

    Mbak Nur…numpang nanya :
    sya br aja buat adonan roti dengan mencampur semua bahan termasuk ragi, garam N margarin scr bersamaan dan hasilnya tidak bisa mengembang dan ngaduknya pake tangan. padahal ktika kursus instrukturnya melakukan seperti itu dan hsl nya mengembang. tus ketika dipanggang dengan otang ternyata hslnya gosong, ketika apinya dikecilkan mlah hsilnya bagus tp bth wkt lama lebih d 30 mnt. mohon solusinya. matur thank you

    • octanh
      Mar 7, 2013

      Mbikin roti itu juga perlu ngeliat cuaca. Kalo cuaca panas-cerah gitu, raginya bakalan lebih bagus mengembangnya dan mbikin adonannya jadi bagus juga mekarnya. Makanya kadang, ada orang yang nyeduh raginya pake aer panas dulu sebelum dicampur ke adonan untuk membantu raginya mengembang kalo cuaca lagi dingin atau jelek. Ragi itu kan makhluk hidup juga, jenis jejamuran. Kalo dia kena garam, mati dia. Coba ditunda masukin garamnya. Lebih aman masukin garamnya sama margarinnya belakangan karena margarin juga mengandung garam kan. Setelah setengah kalis, baru dimasukkan. Jadi si ragi ada waktu buat mengembang dulu sebelum akhirnya “diganggu” sama kedatangan si garam.

      Saya manggang pake otang biasanya juga setengah jam lebih. Apinya sedang, gak terlalu kecil juga. Kalo apinya terlalu kecil, bisa keras juga dia. Ditunggu kabar rotinya ya. Mudah-mudahan berhasil.

      • Arif
        Mar 8, 2013

        Alhamdulillah…makasih banget mbak atas infonya ternyata setlah mengikuti saran mbak ternyata berhasil bisa mengembang

        • octanh
          Mar 11, 2013

          Wah, seneng dengernya~ Ayo mbikin roti lagi!

  11. heny purtianingsih
    Mar 4, 2013

    sis kalo pake oven listrik brp lma y manggangx :|

    • octanh
      Mar 6, 2013

      Kayaknya sama aja. Antara 30-40 menit. Pas bagian atas rotinya udah keliatan coklat, langsung diangkat aja. :cutesmile:

  12. eroza
    Feb 19, 2013

    ijin copas ya… makasih

  13. Hani
    Feb 18, 2013

    mba, saya pemula :D mau tanya, saya juga punya mixer merek philips, pengen bgt nyoba mixer adonan roti (pakai tangan pegel), tapi selalu ragu takut ga kuat, caranya gimana ya mba? apa sama seperti mixer adonan kue? menggunakan kecepatan berapa? klo mixer 500gr tepung kira2 berapa lama ya? sebelumnya terima kasih ya mba :cutesmile:

    • octanh
      Feb 18, 2013

      Sama aja kayak nge-mixer adonan kue, Mbak Hani. Tapi pake adukan yang spiral ya, yang khusus adonan roti. Kecepatannya biasanya saya pake di 2 aja. Agak lama juga sih sampe kalis, bisa 20 menitan. Tapi kalo mixer-nya keberatan, kurangin aja isinya. Bagi jadi dua. :cutesmile:

      • Hani
        Feb 18, 2013

        jadi klo mixer 20 menit mixernya diistirahatkan dulu ga mba? atau langsung 20 menit? klo pemula seperti saya ini mungkin nyoba 250 gram aja dl :)

        • octanh
          Feb 19, 2013

          Itu 20 menit udah total waktu ngaduk dari mulai masih tepung sampe jadi kalis. Iya, 500 gram itu buanyaaaaaak. Kalo yang makan kayak di rumahku sih dua hari abis. Tapi kalo gak, sayang. Karena gak pake pengawet roti kayak gini paling tahannya cuman 4 hari doang. :(

  14. sugito
    Feb 7, 2013

    Izin copas mbak … mantap resepnya 8)

  15. dee
    Feb 2, 2013

    assalamu’alaykum.
    lengkap n detail banget
    mbak ijin copas yaa
    :-P
    wassalam

    • octanh
      Feb 4, 2013

      Wa’alaikumsalaam. :cutesmile: Iya, silahkan di-copas. :D

      • kiki
        Feb 5, 2013

        Mbak… Tengkiu infonya… Pas lg cari2 inspirasi ttg roti pas bgt nemu web ini..bisa liat step2 bikinnya.:D ..Sangat membantu utk para newbie2 :)
        trus mo nanya mbak: water roux itu gunanya apa ya mbak?sama biang beda ya?
        Trus ngolesin kuning telornya pas udah dibentuk apa pas mau dipanggang?
        Nanya lagi :D : kl aq bkin roti bawahnya suka gosong duluan:( napa ya?
        Makasih bnyk ya mbak :) :)

        • octanh
          Feb 6, 2013

          Haloooo…. :D

          Water-roux itu buat mbikin rotinya jadi lembut tanpa pelembut tambahan. Biasanya kalo buat anak-anak kan agak riskan ya mbikin roti yang banyak bahan tambahannya. Nah, si water-roux ini (walopun efeknya gak sedahsyat pelembut tambahan), bisa mbikin rotinya lembut juga.

          Telornya diolesin sebelum dipanggang juga bisa. Coba naroh rotinya jangan di rak bawah kalo di oven. Di rak tengah gitu. Terus apinya jangan gede-gede. Kecil aja. :D

  16. iik
    Jan 17, 2013

    permisi mbak…..i’d love to your recipi.. :evil: .tak langsung copas ya…boleh kan???makacih banyak…. :-P

  17. nopnop
    Jan 16, 2013

    :T.T: pengeeeen……

  18. asmara bakery
    Dec 27, 2012

    asss..mbak/mas mau tanya kalo penggembang untuk roti manis yang bagus ,dan halus or lembut pake pengembang apa ya ,,,soalnya slma ni saya coba dengan merk yg sdah saya pke,tapi hasilnya kurang maksimal,,,tolong di bantu yua,,,thanks hatur nuhun

    • octanh
      Dec 28, 2012

      Saya pakainya fermipan atau gak ragi instan merek Haan. Raginya dimasukin dari awal dikosok bareng semua bahan kecuali garam sama mentega. Ngocoknya lama juga, bisa setengah jam sendiri karena pakai mixer biasa, bukan yang khusus roti. Kadang suhu udara dan kelembaban juga mempengaruhi kerja pengembang (ragi). Kalau suhu panas, pengembangnya bakalan bekerja dengan baik. Itulah kenapa, roti itu sebaiknya dibuat siang hari, bukan malam hari. Tapi kalau terpaksa bikinnya malam hari, bisa diakalin raginya diseduh air panas trus didiamkan beberapa menit. Trus saya juga pakai pelembut Soft Bread merek Big One. Bungkusnya warna merah sama biru. Banyak juga yang pakai Baker Bonus tapi saya belom pernah nyobain. Untuk setengah kilo tepung, saya pakainya satu bungkus (satu kotak isinya 4 bungkus). Kalau pakai dua-duanya: pengembang (ragi) dan pelembut, rotinya bakalan bagus banget hasilnya. Mengembang dan lembut. Semoga membantu. :cutesmile:

  19. Name *liafitry
    Dec 24, 2012

    manteph ta’.. klo gw tiap manggang kue/roti dksh pasir dbwahnya otang, biar ga kecepetan mateng kulitnya..

    • octanh
      Dec 28, 2012

      Aku gak pernah dikasih pasir. Males ngambil pasir keluar…. (ketauan malesnya dah). Tapi gak pake pasir pun, biasanya aku mbikinnya gak gosong atas sama bawahnya. Roti beda sama cookies. Dia butuh panas tinggi. Kalo pas mbakar panasnya kurang, rotinya juga ngembangnya gak sempurna. Otangku itu ada bukaan atasnya. Jadi kalo manggang roti pas udah 15 menit aku buka atasnya trus dilanjutin lagi manggangnya sampe 20 menit. Biasanya hasilnya bagus. Kalo lupa mbuka, yaaaa … bagus juga sih. Cuman bagian atas rotinya kadang pucet. :cutesmile:

  20. Evy
    Dec 21, 2012

    Mb klo pake otang panggang rotinya diletakkan di rak paling bawah atau ditengah? Perlu diberi pasir gak bawah otangnya supaya panasnya merata? Mksi

    • octanh
      Dec 21, 2012

      Saya biasanya naroh di rak tengah. Trus gak dikasih pasir. Begitu aja. Dia cepet matengnya. Kalau di rak bawah atau atas, suka gak rata kematangannya. Kadang bagian atas atau bagian bawahnya gosong duluan. :cutesmile:

  21. Rika
    Dec 17, 2012

    Mo nyoba ah.. Tapi Tepungnya berapa gram ya..? (kayaknya gak ada di atas..
    *maklum pemula.. :cutesmile:

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Tepungnya 1/2 kg. Ayo dicobaaaa…. :D

  22. Rizki
    Oct 10, 2012

    waahhhh manfaat banget mba…mau aku coba..makasi resepnya tapi nanti kalau tanya2 lagi boleh ya ^^

    • octanh
      Oct 11, 2012

      Yo, silahkan dicoba. Mudah-mudahan gak gagal ya. :D < – gaki ngedo’ain gagal lho ini. :D

  23. nisamama
    Sep 18, 2012

    waa… enak banget kayaknya… mau coba aaahh……. belum pernah bikin roti, tp pernah bikin donat… *ga nanya* ;p
    makasih penjelasannya mb,, lengkap banget sama foto2nya… ;)

    • octanh
      Sep 20, 2012

      Hihi…. Ayo Mbak, bikin. Adonan roti ini kadang kalo banyak trus males ngovennya, suka aku isi mesis trus digoreng juga. Namanya jadi roti goreng deh. :lol:

  24. hana sugiharti
    Sep 18, 2012

    harus dicoba nih , mkasih ya mak

    • octanh
      Sep 20, 2012

      Ayo Mbak, dicoba. Gampang kok bikinnya. :cutesmile:

  25. dapurhangus
    Sep 18, 2012

    Ahhh…senangnya ada foto cara ngebentuknya… mau nyontek nanti kalo bikin roti ya :)

    • octanh
      Sep 18, 2012

      Sa-saya juga baru belajar, Mbak. Banyakan gagalnya daripada berhasilnya. :T.T:

  26. octanh
    Sep 7, 2012

    Sama liat-liat kondisi cuaca, Mbak Hermi. Kalo agak dingin, raginya dicairin dulu pake air hangat biar ngembangnya maksimal. :cutesmile:

    Ayooo…. Coba lagi.

  27. hermi susilo
    Sep 7, 2012

    mantap sist,makasih ya,insy akan sy coba,beberapa hari yang lalu sudah bikin roti,yg pertama kekerasan,yg kedua pas,eh yang ketiga kalinya kelembekan..hadooohh..memang harus dengan “hati” membuat roti tuh ya :)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)