#137: Chocolate Cake with Cheese

Dibaca 3,358 kali

Hari ini saya masak lumayan banyak. Masak lauk sih belom. Tapi dari siang tadi saya udah selesai membuat dua puding dan satu cake. Salah satu pudingnya saya buat khusus untuk Sinung yang gak terlalu suka (atau udah mulai eneg ya?) sama coklat, jadi saya buatkan puding rempah.

Untuk kali ini, saya share resep cake coklat tabur keju aja dulu ya.

Membuatnya gampang kok. Resep cake-nya sendiri saya dapatkan dari ibu saya. Rasanya coklatnya memang kuat karena menggunakan coklat bubuk. Teksturnya sendiri lebih agak padat tapi empuk dan lembut.

Ini resepnya:

BAHAN:
1. Telur 5 buah. Pisahkan kuning dan putihnya.

2. Margarin 250 gram. Cairkan. Mencairkannya jangan sampai bening ya. Asal cair saja, sudah.

3. Tepung 1,5 gelas belimbing. Saya gak pake timbangan soalnya ribet ngukurnya.

4. Coklat bubuk 1/2 gelas belimbing. Saya pakainya Van Houten. Kalau beli kemasan yang 90 gram, kira-kira setengah bungkus atau 45 gram.

5. Ovalet atau TBM.

6. Baking powder 1/2 sendok teh.

7. Satu sachet susu kental manis coklat (atau kira-kira tiga sendok makan).

8. Gula 1 gelas belimbing.

Udah semua belom ya? *ngecek*

Udah kayaknya.

CARA MEMBUAT:

1. Kocok sampai kaku putih telur. Pastikan kocokan dan wadahnya benar-benar kering atau putih telurnya gak akan mau mengembang.

2. Setelah putih telurnya mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit.

3. Masukkan kuning telur, susu kental manis, baking powder dan ovalet/TBM. Kocok sampai tekstur adonan berubah jadi lembut.

4. Masukkan tepung dan coklat bubuk sedikit demi sedikit. Kocok lagi beberapa menit.

5. Terakhir, masukkan margarin cair. Kocok lagi sampai rata.

6. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Saya sendiri lebih suka menggunakan kertas roti daripada loyangnya dioles mentega karena lebih mudah mengeluarkan kuenya ketika sudah matang nanti. Masukkan adonan ke loyang lalu bakar di api sedang selama kurang lebih satu jam.

Untuk topping-nya, kocok 100 gram mentega sampai putih. Oleskan di atas kue yang sudah dingin lalu taburkan keju parut. Jadi deh. :cutesmile:

Selamat mencoba ya teman-teman…. :cutesmile:

4 Comments

  1. cantika
    Feb 5, 2013

    nanya nech yuah, tu dpanggang pa d open, ???
    :lol:

  2. emaknyashira
    Aug 31, 2012

    ta, satu pertanyaan bodoh boleh ya?
    gelas belimbing itu kayak apa sih?
    sering baca diresep tapi gak pernah ada penampakannya, emak gw juga gak tau itu gelas apaan.

    • octanh
      Sep 1, 2012

      Itu lho, gelas beling pendek gak ada tangkenya yang suka dipake buat gelas teh apa gelas kopi di warung makan. Tukang jamu gendong keliling juga suka pake gelas itu. Kalo lo beli sabun, suka dapet “satu gelas cantik”, nah entuh biasanya gelas belimbing. :cutesmile:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)