#138: Puding Rempah

Dibaca 1,636 kali

Nge-post satu lagi deh sebelum masak lauk. Mumpung Baby-Thaariq lagi sleeping-handsome. :cutesmile:

Biasanya, kalau bikin puding, selalu aja yang rasa buah atau paling sering rasa coklat. Akhir-akhir ini kayaknya udah pada bosen sama puding model begituan. Saya pun mencoba membuat puding dengan rasa yang lain.

Puding ini aroma rempahnya kuat sekali. Begitu juga dengan rasa rempahnya. Membuatnya gampang kok. Paling yang agak ribet rempah-rempahnya itu. Saya sendiri menggunakan bumbu spekuk yang sudah jadi. Kalau mau bikin sendiri juga bisa.

BUMBU SPEKUK:

Siapkan: kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan pala. Bersihkan lalu sanggrai sampai agak kering. Setelah itu haluskan dengan blender dan ayak. Simpan di botol bekas selai. Kalau rempahnya cukup kering ketika diproses, bumbu spekuk ini bisa bertahan setahun lebih.

Selain untuk puding rempah ini, bumbu spekuk juga biasa digunakan untuk membuat srikaya (yang warnanya coklat, bukan yang hijau) dan kue tradisional lain. Untuk apple pie juga bisa. Biasanya kan apple pie hanya menggunakan kayumanis bubuk, kalau mau aroma rempahnya lebih terasa, bisa pakai bumbu spekuk ini juga. Kalau saya kadang menggunakannya untuk roti atau taburan di atas brownies coklat agar lebih wangi.

BAHAN:

1. Santan dari 1 buah kelapa. Setelah dicairkan, takar airnya agar jadi 6 gelas belimbing saja.

2. Agar-agar coklat 2 bungkus.

3. Gula 1 gelas belimbing (atau sesuai selera).

4. Garam 1/2 sendok teh agar rasanya gak “adem”.

5. Dua sendoh teh bumbu spekuk. Kalau mau rasa rempahnya tidak terlalu kuat, bisa dikurangi bumbu takaran bumbu spekuknya.

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan santan, agar-agar, dan gula sampai mendidih. Jangan lupa tambahkan garam.

2. Masukkan bumbu spekuk dan pastikan bumbunya larut dengan sempurna agar tekstur pudingnya halus dan gak kayak berpasir gitu.

3. Setelah mendidih, angkat dan masukkan ke dalam cetakan.

FAQ: Bisa gak santannya diganti dengan UHT atau susu kental manis?

Jawabannya: Gak bisa. Soalnya tipe rasanya lain. UHT atau susu kental manis lebih cocok untuk puding yang rasa coklat atau buah. :cutesmile:

Mudah kan? :cutesmile:

Selamat mencoba ya manteman….

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)