#154: Jenis-jenis Bedak Wajah (Face Powder)

Dibaca 83,678 kali

Jaman saya SMA dulu, saya suka bingung pas milih bedak. Menurut saya–yah, sependek pengetahuan anak SMA lah ya–bedak itu sama semua. Saya kalo beli bedak, ngikutin temen-temen aja gitu. Atau gak kemakan iklan. Atau gak, gak bisa milih karena udah dibeliin sama Mama saya. Atau gak lagi, hibah dari tante yang entah kenapa dengan sukarela ngasih bedaknya sama saya (belakangan saya tahu karena menurut tante saya itu bedaknya keputihan warnanya di kulit dia).

Ternyata, bedak itu banyak jenisnya.

Gak banyak-banyak amat sih. :die: Paling gak, ada tiga jenis lah yang paling populer: two way cake, loose powder, dan press prowder.

Saya sharing sedikit apa yang saya tahu tentang ketiga jenis bedak itu. Ini sebatas pengetahuan saya aja loh ya. Kalau ada yang punya info tambahan lain, saya dengan senang hati pengen denger juga. :cutesmile:

TWO WAY CAKE

Two way cake Wardah

Two way cake ini adalah bedak yang dicampur dengan foundation dengan perbandingan 50:50 atau 60:40. Menggunakannya bisa dengan spons bawaannya atau dengan powder brush. Karena dia mengandung foundation, bisa juga menggunakannya dengan spons basah.

Di bawah ini adalah gambar spons basah yang sudah saya usapkan ke permukaan bedaknya. Keliatan kan kalau bedaknya jadi berubah basah dan bertekstur seperti foundie cream? *semoga keliatan ya*

Kalau diusapkan ke wajah, spons ini akan membuat lapisan yang hampir mirip dengan lapisan foundie di wajah kita dan bisa menutupi kekurangan wajah kita, misalnya warna kulit wajah yang tidak merata. Setelah menggunakan bedak dengan spons basah ini, bisa di-set dengan menggunakan bedak lagi atau dibiarkan saja begitu.

Keliatan kan hasil sapuannya di gambar di atas? Di bagian punggung tangan sebelah kanan saya usapkan spons basah dengan two way cake.

Yang jadi masalah saya setelah menggunakan spon basah ini: ngeringin spons-nya. Kadang saya suka gak kuat sama bau spons basah yang keringnya (setelah saya cuci dan jemur) gak sempurna. Jadi, saya harus siap spons baru deh.

Kalau digunakan di atas foundie, saya merasa two way cake ini terlalu gimana ya … berat? Kan di bawahnya udah di alasin foundie. Trus di atasnya masih ditambahin bedak yang ada kandungan foundie-nya. Tapi ini perasaan saya aja sih. Mungkin manteman punya pendapat dan pengalaman lain? :cutesmile:

LOOSE POWDER (BEDAK TABUR)

Loose powder atau bedak tabur adalah bedak yang bentuknya bubuk. Bedak ini biasanya dikemas dalam kemasan tabung yang ada lubang-lubangnya gitu. Kandungannya sendiri hanya powder atau bedak saja, tanpa tambahan foundie. Jadi, rasanya memang lebih ringan.

Saya punya dua merek bedak tabur, satu Caring Colours, satu lagi Wardah. Saya punya dua gitu soalnya saya juga punya dua foundie dengan merek sama. Jadi kalau saya pakai foundie Wardah, saya pakainya bedak Wardah juga soalnya warnanya lebih pas dan cocok. Jadinya masuk gitu. Sama gak keliatan belang.

Sederhananya, si bedak tabur ini fungsinya untuk menutupi kekurangan wajah kita dan membuatnya kelihatan halus dan gak berminyak. Sebenarnya bedak saja tidak cukup untuk menutupi kekurangan yang terlalu banyak. Karena itu kadang foundie dibutuhkan untuk membuat wajah kita tampak lebih sempurna.

Setelah menggunakan foundie (baik yang cair maupun yang cream), rasanya akan agak basah karena sifatnya foundie memang basah kan. Jadi si bedak ini digunakan untuk membuat wajah terasa kering (dengan menyerap rasa basah dari foundie) dan menutupi foundie itu sehingga foundie-nya gak kemana-mana. Perpaduan antara foundie dan bedak bisa membuat wajah kelihatan jauh lebih halus dan mulus.

Bedak tabur yang baik, teksturnya akan sangat halus. Butirannya hampir gak terasa.

Pengaplikasiannya bisa dengan menggunakan powder brush atau dengan spons bawaan bedaknya. Tapi ingat ya, bedak tabur ini jangan digunakan dengan cara diusapkan. Soalnya malah bakalan bikin foundie (kalau sebelumnya menggunakan foundie) malah jadi ikutan “keseret” dan bisa-bisa malah jadi numpuk. Tepuk-tepuk dengan lembut ke wajah dan pastikan bedaknya rata. Jangan mengambil terlalu banyak bubuk bedak untuk ditepuk-tepuk ke wajah karena hasilnya malah bisa jadi ketebelan. Paling enak pakai powder brush sih kalau menurut saya. Lebih mudah meratakan dan mengira-ngira banyaknya bedak yang mau dipakai.

Cara sederhana untuk mengetes apakah bedak tabur itu cukup baik kualitasnya adalah dengan mengoleskannya ke punggung tangan. Kalau kamu masih lihat ada butiran yang lebih besar dari yang lain atau ada rasa gak halus, jangan dibeli ya bedaknya. Bedak tabur yang baik akan terlihat halus dan lembut ketika dioleskan.

PRESS POWDER

Press powder adalah bedak tabur yang di-press (dipadatkan) sehingga penampakannya mirip dengan two way cake. Memang lebih ringkes dan menyenangkan untuk dibawa-bawa sih. Tapi saya lebih suka bedak tabur yang bubuk gitu, soalnya kalau diaplikasikan dengan powder brush lebih mudah. Gak perlu dibolak-balik kuasnya beberapa kali di permukaan bedaknya biar bubuk bedaknya ngikut. :cutesmile:

Oh ya, ada beberapa istilah lagi yang sering dipakai untuk urusan bedak ini:

TRANSLUCENT

Translucent ini adalah sifat bedak yang transparan mengikuti warna kulit kita. Jadinya kalau kita pakai gak akan kelihatan keputihan atau kehitaman.

MATTE 

Matte digunakan untuk menjelaskan kondisi kulit wajah kita yang tidak mengkilap sama sekali. Kalau ada bedak dengan keterangan ini, berarti bedak itu akan menghilangkan semua kesan berminyak dari kulit wajah kamu.

Oh ya, sama seperti foundie, bedak ini juga harus disesuaikan shade-nya dengan warna kulit kamu. Kalau ada bedak yang cocok di temen kamu, belum tentu cocok di kamu lho warnanya. Jadi dicoba dulu ya.

Segitu dulu ya manteman. :cutesmile:

Kalau ada tambahan lain, saya tunggu yaaa….

27 Comments

  1. carolina anggraini
    Jun 30, 2014

    alhamdulillah. terimakasih tante octa ini sangat membantu :oops:

  2. carolina anggraini
    Jun 30, 2014

    mbak, kalau bibir lagi kering. pengen pakai lipstik ngakalinnya gimana mbak? :twisted:

    • octanh
      Jun 30, 2014

      Halooo, Mbak Caroline. Bisa pake lipbalm dulu 15 menitan sebelum pake lipstik. Trus pake lipstiknya jangan yang matte. :cutesmile:

  3. puput
    Nov 26, 2013

    mbak klo mau nutupin mata panda caranya gmn?

    • octanh
      Dec 4, 2013

      Pake concealer, Mbak Puput. Tapi cara yang paling manjur emang tidur yang cukup. :D

  4. Fansi
    Jul 28, 2013

    Mbak, kalo merk bedak tabur yang bagus apa yah? Kulitku berminyak cenderung kering gitu. Pake Sariayu Kuning Langsat keputihan dan wangi. Pengennya yang ga seputih itu dan ga ada wanginya. Makasih :)

    • octanh
      Jul 30, 2013

      Saya sih cocoknya pake Caring Colours sama Wardah, Mbak Fansi. Murah juga. *emak-emak irit* Kalo Sariayu emang warnanya entah kenapa susah banget masuk ke kulit saya. Kayak kuning banget gitu. Kalo Mbak Fansi pengen nyoba, bisa Caring Colours, Wardah, atau PAC. Oh, Ristra juga menurut teman saya bagus dan wanginya lembut. Tapi kalo mau nyoba yang mahal, bisa Ultima. Banyak review yang bilang kalo Ultima ini bagus. Semoga membantu. :cutesmile:

  5. citra dian
    Jul 23, 2013

    mba misalkn q pke BB cream bis pke tu cocokn pke bedak padat tau tabur tau ga prlu pke bedak lg?

    • octanh
      Jul 30, 2013

      Tergantung kebutuhan. Bisa ketiga-tiganya. Kalau gak pake juga gapapa. :cutesmile: Tapi kalo mau lebih halus dan gak ketebelan, saya sarankan pake bedak tabur aja. Tapi ini cocoknya buat make-up minimalis sehari-hari sih.:D

  6. Tini
    Jun 13, 2013

    Wajah oily katanya g blh pake bedak ya katanya? Soalnya nutupin pori2 karena dia g bernapas trus timbul jerawat deh…http://octavianinurhasanah.net/wp-includes/images/smilies/icon_sad.gif
    Kalaupun boleh gimana pengaplikasian bedak ke wajah oily tp g nimbulin jerawat jg? Mohon pencerahannya…makasih :)

  7. rika
    Feb 16, 2013

    wajah saya super berminyak,klo pke bedak padat merk pixy plus spons basah suka jadi pecah….
    kira” pke bdak apa yang terlihat bagus,gak pecah?
    blz yaa :)

    • octanh
      Feb 19, 2013

      Coba cari bedak yang oil controlnya bagus. Sekaligus pakai foundie atau bb cream yang oil controlnya juga bagus. Kalo berminyak banget, pakai foundie yang bahan dasarnya air. Semoga menbantu. :cutesmile:

  8. tamama
    Feb 10, 2013

    mbak, boleh tau pake kamera apa motretnya?
    bagus fotonya, fokus & keliatan detailnya.
    saya lg cari kamera buat bikin foto yg bagus utk website
    tolong dibalas ya.. tq :cutesmile:

    • octanh
      Feb 10, 2013

      Ini saya pake kamera digiral Olympus yang VG-130. Harga pasarannya di bawah sejuta tapi udah lumayan bagus dia. Pas moto, saya pake fitur macro, makanya bisa sedetail itu. Tapi kalo Mbak Tamama mau yang lebih bagus, bisa pake DSLR juga. Saya pake DSLR buat moto post resep makanan saya (di blog ini) dan craft di http://deliciouscraft.com/. Hasilnya jauuuuuh lebih bagus. :oops:

  9. Fitria
    Jan 12, 2013

    menurut mbak bedak tabur apa yang bagus untuk kulit berminyak?

    • octanh
      Jan 13, 2013

      Hmmm…. Apa ya? Banyak yang bilang Ristra bagus untuk kulit berminyak karena oil control-nya bagus. Saya sendiri pake Caring Colours untuk bedak harian. Gak terlalu tahan lama sih. Kalau mau tahan lama, biasanya saya harus touch-up beberapa jam sekali. :cutresmile:

  10. Miss Fenny
    Sep 18, 2012

    Paling suka bedak tabur, gak kelihatan menor. Tapi kalo pas kumat “lebay” suka pakai face primer – foundie – bedak tabur – trus bedak padat, qeqe *buat nutupin bekas jerawat –blushing–”

    • octanh
      Sep 20, 2012

      Hehe…. Aku juga suka nutupin bekas jerawat pake foundie yang rada ditebelin gitu di atas jerawatnya. Tapi kadang malah bikin jerawatnya makin paraaaah… Aaaaarg. :cry:

      • Wiwin
        Jun 7, 2013

        hehehe.. pake concealer mustinya, mba :-)..

  11. melodyvioline
    Sep 12, 2012

    penasaran sama bedak translucent :v

    • octanh
      Sep 13, 2012

      Biasanya bedak compact atau loose powder gitu udah translucent semua. Ada keterangannya biasanya di belakangnya. :cutesmile:

  12. Myra Anastasia
    Sep 12, 2012

    sy pake bedak justru baru skrg2.. kl sy gak terlalu suka pk foundation.. Pk foundie paling kalo ada acara2 aja :)

    • octanh
      Sep 13, 2012

      Aku selalu pakai foundie biar rapi dan gak perlu diulang-ulang bedakannya (kecuali kalau dibawa wudhu). Tapi akhir-akhir ini aku males pake foundie+bedak, jadi cuman pake bb cream doang. :T.T:

      • wati
        Feb 8, 2013

        kalo krim siang-malam dan bb cream utk oily skin biar matte keliatannya brand apa bagusnya ya

        • octanh
          Feb 8, 2013

          Wah, kalo krim wajah gitu cocok-cocokan ya. Saya gak berani bilang merek yang bagus yang mana. Ada yang cocok pake Wardah, Sariayu, Biokos dll. Kalo untuk BB Cream, cari yang oil controlnya bagus. kombinasikan sama bedak yang oli control-nya juga bagus biar awet. :cutesmile:

Trackbacks/Pingbacks

  1. #290: Simply Inspiring with Wardah|Octaviani Nurhasanah - […] 3. Jenis-jenis Bedak Wajah […]
  2. #275: Review Paket Kosmetik Wardah|Octaviani Nurhasanah - [...] acara resmi. Untuk yang pengen tau lebih detail tentang jenis-jenis bedak, silahkan baca post saya yang ini [...]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: