#171: Spice-Up Your Photos with Bokeh Effect

Dibaca 2,834 kali

Halo manteman…. :cutesmile:

Sore tadi rencananya saya mau ngambil foto untuk tutorial bros dari pita organdi, tapi ternyata gak sempet. Selain karena saya masih ngutak-ngatik pitanya biar bisa bikin lebih dari dua bentuk bros. Biar sekalian gitu. Tapi semakin saya utak-atik, semakin aneh jadinya. :die:

Jadi, saya bikin tutorial Photoshop aja deh. Yang gampang aja. Toh saya juga masih pemula. :cutesmile:

Salah satu efek yang paling saya suka ketika mengedit foto dengan Photoshop adalah efek bokeh. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya kabur atau tidak jelas. Efek bokeh ini bisa membuat tampilan foto menjadi lebih manis.

Untuk file bokehnya, silahkan manteman download sendiri ya. Banyak kok file bokeh yang bisa di-download gratis. Tinggal pilih saja. Usahakan cari yang background-nya hitam biar pas dijadiin filter, background hitam itu jadi transparan. Jadi, gak mengganggu warna fotonya secara keseluruhan. :cutesmile:

Nah, ini adalah foto mentah yang saya gunakan:

Foto ini bukan saya yang moto. :die: Saya boleh ngambil dari photodune. :D

Seperti yang terlihat di atas, fotonya masih mentah. Walaupun pencahayaannya sudah bagus, tapi saya masih ingin fotonya jadi lebih tajam dan sedikit lebih terang. *banyak maunya*

Saya juga agak gatel sama kesan “berkabut”-nya. Kayaknya ada kabut warna abu-abu yang nutupin gambarnya. :die:

Pertama-tama, saya ajarin caranya ngilangin efek “berkabut” itu dulu ya. Sekalian membuat fotonya jadi lebih tajam dan terang. Manteman bisa mencobanya dengan foto apapun yang manteman punya. :cutesmile:

LANGKAH 1:

Buka fotonya di Photoshop.

Lalu klik image –>  adjustment –> level.

Atur level gelap-terang fotonya sesuai dengan yang manteman inginkan. Kalau fotonya sudah tidak bermasalah di gelap-terangnya, langkah ini bisa dilewati saja.

Saya mengatur gelap-terang fotonya dengan ukuran seperti yang keliatan di gambar di atas.

LANGKAH 2:

Foto ini baru mempunyai satu layer. Layer ini kita copy untuk mempertegas dan mempertajam gambarnya. Logikanya: bayangkan dua buah gambar transparan yang ditumpuk. Tentu hasilnya akan lebih tajam dibanding satu gambar transparan aja, kan. :cutesmile:

Cara paling mudahnya: klik dan drag layer-nya ke arah icon yang bentuknya seperti kertas kelipet itu. Cara ini lebih cepat–menurut saya. :D

Sekarang kita punya dua layer yang sama:

LANGKAH 3:

Klik dua kali layer yang paling atas (background copy). Ganti blending mode-nya menjadi screen dan opacity-nya jadi 80%. Sekarang, fotonya akan tampak lebih terang tanpa membuat warna yang ada terkesan washed-out.  Sebenarnya ukurannya suka-suka manteman aja. Tapi saya menemukan kalau ukuran ini paling standar dan bisa dipakai di semua foto.

LANGKAH 4:

Klik dan drag lagi layer kedua (background copy). Sekarang kita mendapatkan layer ketiga: background copy 2.

Klik dua kali background copy 2.

Ganti blending mode-nya menjadi soft light dan opacity-nya menjadi 30%. Lagi-lagi, ini angka standar yang menurut saya bisa bekerja dengan baik di semua foto.

Sekarang fotonya akan jadi lebih tajam. :cutesmile:

Berikut perbandingannya:

Ketajaman dan intensitas cahaya dari fotonya akan terlihat meningkat tanpa membuat fotonya terlihat “bland” seperti kalau kita mengubah cahaya dan ketajamannya langsung dari tools editing color dan light di Photoshop. Kesan “berkabut”-nya juga sudah tidak ada lagi. :cutesmile:

Sekarang kita akan masuk ke tahap menambahkan efek bokehnya.

LANGKAH 5:

Ini file bokeh yang saya pergunakan:

Buka file bokeh-nya di Photoshop. Lalu klik dan drag ke file foto yang sudah kita edit tadi. Bisa juga di-copy. Tapi cara klik dan drag ini lebih cepet. :cutesmile:

Sekarang kita jadi punya empat layer. Layer bokehnya ada di palig atas:

LANGKAH 6:

Klik dua kali layer bokehnya:

Ganti blending mode-nya menjadi screen dan opacity-nya menjadi 70%.

Blending mode “screen” ini akan membuat layer-nya menjadi seolah-olah seperti lapisan baru yang transparan. Warna hitam akan terlihat jadi bening, dan warna-warna lain akan keliatan tembus pandang gitu (gitulah kira-kira, bingung ngejelasinnya). :D

Karena file bokeh yang saya gunakan jauh lebih besar ukurannya dibanding file fotonya, saya bisa dengan bebas menggeser-geser efek bokehnya sampai saya merasa cukup oke. Oh, ini juga yang mau saya bilang: cari file bokeh yang lebih besar dari ukuran fotonya.

Fotonya akan keliatan seperti ini:

Tapi, saya maunya atas makanannya jangan ada bokehnya biar gak ganggu…. Jadi, kita akan menghilangkan sebagian bokeh yang ada di situ.

LANGKAH 7:

Klik erase tools, lalu pilih soft round. Besarnya terserah manteman sih, saya memilih besarnya 90 pixel. Lalu mulailah menghapus bokeh di sekitar bagian dalam mangkok.

Setelah dihapus, fotonya akan tampak lebih rapi, seperti ini:

Jadi deh!

Hasil akhirnya akan jadi seperti ini:

Efek bokehnya membuat fotonya jadi lebih manis.

Bandingkan foto mentahnya dengan foto hasil akhirnya:

Segitu dulu ya, manteman…. :cutesmile:

Mudah-mudahan ilmu saya yang sedikit ini bisa membantu. m(_ _)m

Talk to you later….

Buh-bye.

14 Comments

  1. maya
    Jul 21, 2014

    Comment :>

  2. Nin
    May 30, 2013

    Thanks untuk info tentang editing fotonya. Tapi sebenernya kan foto aslinya dah cantik ya sebelum di tambah2 in yang lain-lain.

    • octanh
      May 30, 2013

      Makasih. :D Cumannya kadang saya suka kurang puas sama ketajaman dan cahayanya. Jadi, saya edit deh. :cutesmile:

  3. Novia Wahyudi
    May 30, 2013

    makasih infonya mbak…
    belajar sotosop instan… :D

  4. Tri Sapta
    May 29, 2013

    :music: Trims Mak. Ilmuku melompat hari ini, prakteknya beluum.

  5. leeviahan
    Nov 22, 2012

    thanks tutornya,nambah ilmu satu nih hhe

    http://leeviahan.blogspot.com :> :cutesmile:

  6. Ratna
    Oct 8, 2012

    suka sama tutorialnya mba’e…

  7. Renee Keefe
    Oct 5, 2012

    saya jadi lapar… :V
    Mommy Octa tega… kenapa foto makanan…
    ~~~~~~~~~~~\O/~~~~~~~~~~~~

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)