#174: DIY Bros dari Pita Organdi (Model 3)

Dibaca 71,860 kali

Yuhuuu…. :D

Satu tutorial DIY bros dari pita organdi. Ini adalah model yang paling saya suka–dan sayangnya yang rada susah dibuat. Idenya dari ombre cake yang gambarnya banyak berkeliaran di timeline Facebook saya. Maunya sih warna brosnya juga ombre gitu, tapi berhubung pita yang saya punya warnanya cuman coklat, jadi saya cuman bisa bikin yang satu warna begini. Tapi kalau saya bisa dapet pita organdi warna-warni, saya mau coba bikin yang ombre. :cutesmile:

Ombre Cake. Gambar minjem di marih.

Bagian paling tricky waktu bikin bros ini cuman di urusan menggulung pita yang sudah diserut. Saya membuat banyak gulungan pita yang bentuknya lebih mirip kecoa kegencet dibanding kuntum mawar sampai saya benar-benar menemukan cara yang pas untuk menggulungnya. Jadi kalau hasil gulungan manteman tidak terlalu memuaskan di awal, jangan menyerah ya. Coba lagi sampai bisa. :cutesmile:

Baiklah, kita mulai saja!

LANGKAH 1:

Siapkan potongan pita organdi dengan panjang sekitar 30 – 40 cm. Saya menggunakan pita organdi dengan diameter 1 inchi.

Lipat dua pitanya dan gulung ujungnya. Gulung sampai 5-6 kali. Kita akan membuat gulungan ini sebagai bagian tengah dari bunga mawar sekaligus untuk menyembungikan ujung potongan pita yang biasanya seratnya suka tidak rapi.

Jahit dan ikat bagian tengah gulungan lalu mulailah menjahit. Tusuk jelujur pinggiran pitanya dengan jarak yang pendek-pendek, sekitar 0,5 cm. Kalau bisa, tiap tusukan jaraknya diusahakan sama ya, manteman, biar kerutannya rapi.

Tarik benangnya pelan-pelan sambil merapikan kerutannya. Kerutannya jangan sampai terlalu padat ya.

LANGKAH 2:

 

Mulailah menggulung pitanya dari ujung yang ada gulungan kecilnya. Gulung eplan-pelan sambil dirapikan bagian bawah yang ada jahitannya. Proses menggulungnya memang agak susah. Tapi dengan sedikit kesabaran, hasilnya akan sepadan. :cutesmile:

Bagian bawah kerutan pita harus rapi agar hasilnya bagus.

LANGKAH 3:

 Tusuk dengan jarum sampai tembus sepert gambar diatas. Lalu bikin simpul mati.

Tusuk lagi ke arah yang berlawanan, bikin simpul mati lagi.

Nah, sekarang kuntum mawar kita sudah jadiii…. :D

Untuk satu bros, kita butuh 7 buah kuntum seperti ini. Jadi, bikin sampe 7 biji ya, manteman…. :cutesmile:

 

LANGKAH 4:

Ambil kain flanel/felt yang sudah digunting lingkaran. Tambahkan lem di bagian bawah salah satu kuntum. Lemnya bisa lem tembak atau lem UHU.

Lalu tempelkan tepat di tengah kain flanel/felt.

Tempelkan 6 buah kumtum mengelilingi yang di tengah tadi itu. Rapikan ya. Kalo bisa, jarak menempel tiap kuntumnya juga harus sama, biar rapi.

Jadi deh!

Oh lupa, tinggal dikasih peniti bros di belakangnya (saya lupa ngambil gambarnya….) :T.T:

Yang di sebelah kiri itu bikinan saya yang pertama. Masih acak-kadut. Pas bikin sekali lagi, saya baru bisa bikin yang rada rapian. :D

Selamat mencoba ya, manteman…. :cutesmile:

23 Comments

  1. iep
    Nov 28, 2013

    makasih ilmunya ya mb’
    ijin mw ya
    :>

  2. novi
    Oct 25, 2013

    waahh…
    cantik euy…..
    jdi pengen coba….
    makasih loch udah mau berbagi… bermanfaat baged….
    eh iya salam kenal ya…
    lupaa…. hihiii :>

  3. Hally Syachreza
    Sep 8, 2013

    cantiq …. jadi pengen nyoba buat deh :)
    makasih tutorial’y mba …

  4. rere
    Jul 15, 2013

    cara bikin bunga mawar (kuncup&mekar) dari kain gimana ya kak dari kain/pita???
    :oops: :oops: :oops:

    • octanh
      Jul 19, 2013

      Yang dari pita satin ya, Mbak Rere? Saya juga belom pernah bikin…. :cry:

  5. ammy
    Jul 2, 2013

    bgus bgt mba tutorialnya.ada ttorial rajut ag mba?kbtulan q jg pengen bkin bros bwt dijual :cutesmile:

    • octanh
      Jul 7, 2013

      Saya gak bisa ngerajut, Mbak Ammy…. :mewek:

      Tapi saya punya beberapa tutorial yang bisa dicoba di sini: http://deliciouscraft.com/ Saya maenannya baru sampe flanel sama kain perca doang, Mbak. :D

  6. yinie
    Dec 26, 2012

    mbak..keren tutorialnya…semoga ilmunya bermanfaat amien…makasih ilmunya :)

  7. ummufirna
    Dec 15, 2012

    salam kenal.. tutorialnya baguus.. jadi ngarepin tiap hari dapat tutorial2 yang lain. nambah ilmu & siapa tahu bisa nambah penghasilan

  8. reiska
    Nov 30, 2012

    mbak, itu yang step 1, lipat dua pita, dan gulung ujungnya; maksudnya pita yang asalnya 40 cm, dilipat jadi 20 cm? trus itu tusuk jelujurnya rangkap dua atau gimana? gulungan pusat bunga katanya untuk menyembunyikan ujung potongan pita, tapi kok di bunga jadinya, bagian paling luar bunga kok kayaknya ujung potongan ya? maaf ya, mbak.. banyak nanya. saya bingung… terima kasihhh

    • octanh
      Nov 30, 2012

      Eh, iya ding. Kamu bener. Pitanya gak dilipet. :cry: Aku gak ati-ati nulis tutorialnya nih. Jadi ketulisnya gitu…. :T.T: Makasih udah dibenerin. :D

      Jadi, pitanya gak dilipet tapi ujung dalemnya tetep digulung gitu.

      *ngedit yang salah tulis*

      • reiska
        Dec 1, 2012

        okee… makasih banyak, mbak…

  9. Nisa
    Oct 23, 2012

    Mba, makasih ya tutorial bros2nya. semalem udah nyobain yang bros batik, jadinya cantik bangeeeet. sekalian mau bikin buat souvenir nikahan, jadi menghemat biaya. hiihiihii

    • octanh
      Oct 23, 2012

      Bikin souvenir nikahan sendiri? 8-O Souvenir buat nikahan kan biasanya buanyaaaaaak…. :teror:

      Salam kenal. terimakasih kembali. :cutesmile:

  10. milo
    Oct 9, 2012

    Itu kuenya menggoda banget yak! *dilempar bakiak*

    Kirain gampang, tinggal digulung2 doang, ternyata dikerutin dulu ya…

    • octanh
      Oct 9, 2012

      Kalo langsung digulung, ntar dia jadinya kagak mekar, Milo.

  11. Tita Okti
    Oct 9, 2012

    lucu mba brosnya..aku juga bikin bros bunga utk dijual..
    biasa otak bisnisnya jalan terus..hehehe
    sapa tau aku ntr nyontek modelnya ya mba.. :)

    salam kenal ya mba Octa.. :)

    • octanh
      Oct 9, 2012

      Salam kenal juga Mbak Tita…. :D

      Dulu aku juga jualan. Tapi sekarang repot, jadi bikin cuman buat dipake sendiri doang. :cutesmile:

      Yo Mbak, silahkan dicoba modelnya. Aku baru aja belajar mbikin yang pake pita organdi. Jadi belom rapi jaitannya. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: