#188: Pindang Ikan Banjar ala Sayaaah

Dibaca 2,838 kali

Ini mah bukan pindang beneran. Pindang jejadian. Tapi rasanya enak. :D

Kali gitu ada manteman yang mau bikin, jadi saya tulis deh resepnya. Sekalian sama step by step pembuatannya. Soalnya kadang kalo gak pake gambar suka gak ada bayangan caranya sebenernya gimana…. <– Ini sih kalo saya. :D

Makanya saya lebih suka liat demo masak dibandingkan baca buku resep. Kesannya masakannya lebih mungkin buat dibuat. Kalo cuman ditulis aja tanpa ada penampakan langkah pembuatannya, kadang saya suka galau ngeliatnya. Atau kadang saya suka curiga jangan-jangan pas giliran saya yang buat ntar jadinya beda lagi. :cutesmile:

Yuk, ah. Kita mulai saja.

Yang Kudu Disiapin:

1. Ikan banjar. Bisa diganti ikan kembung, ikan mas, ikan lele, ikan apaan aja deh…. :D

Tau ikan banjar kan, manteman? Kayak gini lho body-nya:

Paling enak sih ikan banjar kuning. Cuman karena gak ada yang kuning, saya beli yang kekuning-kuningan aja dah tadi. :D

2. Cabe. Yaaaa … barang 10-12 biji tergantung gede cabenya dan selera manteman juga.

3. Bawang merah 5-6 siung.

4. Bawang putih 2 siung.

5. Daun kemangi 5 batang. Harusnya sih pake daun jeruk purut atau potongan jeruk purutnya biar lebih wangi. Tapi tadi di pasar saya gak nemu jeruk purut. Ini biar amis ikannya ilang dan wanginya lebih enak aja.

6. Tomat 1 buah. Iris tipis memanjang. Rada susah dibayangkan kan? Coba diliat aja itu gambar irisan tomatnya di atas. :D

7. Daun pisang buat alas ikannya. Gak usah banyak-banyak. Asal penggorengannya udah ketutupan, udah jadilah itu.

8. Garem. Secukupnya.

7. Gula 1/2 sendok teh. Kalo mau pake mecin atau penyedap silahkan. Tapi kalo gak mau, diganti gula aja. Jangan banyak-banyak, dikit aja. Ini buat bikin jadi gurih aja.

Cara Membuat:

1. Cuci ikan, keluarin isi perut dan insangnya. Baluri garam plus jeruk nipis. Sisihkan.

2. Haluskan (pake blender aja biar cepet): cabe, bawang merah, bawang putih, ditambahin garem langsung ya.

3. Ambil penggorengan aluminium, alasi dengan daun pisang. Trus susun kemangi di atasnya.

4. Susun ikannya. Ini saya nyusun serapi mungkin, kalo bisa ngadepnya juga kudu kompak. :D

5. Siramin bumbu halus ke atas si ikan. Kalo mau, bisa juga dimasukin bumbunya ke perutnya biar lebih meresap gitu.

Jangan lupa susun potongan tomat ke atas ikan yang sudah bersimbah cabe….

6. Tutup bagian atas ikan. Gak usah disemat-semat segala.

Tutup lagi pake tutup panci biar rata dan gak kemana-mana ikannya, eh … panasnya. :D

7. Masak dengan api kecil selama 20-30 menit. Lama masaknya ini tergantung gede ikan sama tebel daging ikannya. Apinya kecil aja ya. Kalo kegedean ntar yang ada daun pisangnya gosong ampe item-item, eh ikannya masih berasa kurang resep bumbunya.

Kalo udah mateng, bentuknya begini nih:

Tinggal digaya-gayain deh di piring. :D

Paling enak makannya pakai lalapan, kayak daun singkong rebus atau kol rebus. Tapi berhubung hari ini di rumah lagi ada selada, saya pakenya selada.

Oh, satu lagi. Kalo ngerebus singkong atau kol, jangan cuman pake aer ya. Tambahin irisan bawang merah, bawang putih, dan garam. Biar makin mantep rasanya.

Selamat mencoba ya, manteman…. :cutesmile:

Buh-bye. 

12 Comments

  1. ennykus
    Dec 16, 2012

    maaaaauuuuuu…. *kapan2 nyari ikan dah*

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Ikan mah kagak usah dicari, Eny…. :?: Biarkan nelayan yang mencari ikan. Kamu tinggal masakin aku ajah. :D

  2. Gita
    Nov 12, 2012

    makasih berguna :cutesmile:

  3. Nurin
    Nov 5, 2012

    foto-fotomu makin keren Mbak, ^^

    • octanh
      Nov 10, 2012

      Nurin kayaknya lagi belajar moto, nih. Yang dikomenin masalah foto muluuuu…. :cutesmile:

      • Nurin
        Nov 13, 2012

        Eh, nih resep udah tak cobain. Berhubung kami gak doyan pedes, lomboknya ku pake 5 biji aja, itupun udah pedes banget di lidah kami, entu beneran bijinya ampe 20 biji? :?: . Terusan berhubung kunyit jahe kemiriku masih banyak stok, ku kasih jahe, kunyit, kemiri dikit, tomatnya juga ku banyakin karena kami penyuka tomat. Yah, meski ini tambah jauh dari resep aslinya. Hasilnya memang enak, sadaaaaaap! :>

        • octanh
          Nov 13, 2012

          Aku pakenya cabe yang agak besar. Nurin. Gak sepedes cabe keriting. Kalo mau gak pedes sama sekali, bisa pake cabe merah besar. Cabe ini hukumnya: makin gede makin pedes. Resep ini aslinya dipakein kunyit plus santen sama Ibuku. Tapi aku gak gitu suka banyak santen di masakan…. Ntar Sinung tambah ndut. :die:

  4. Esti Sulistyawan
    Nov 3, 2012

    Kayaknya enak Mak :)
    Salam kenal ya

    • octanh
      Nov 3, 2012

      Salam kenal juga. :D Silahkan dicoba. Enak lho, Mbak Esti…. :D

  5. milo
    Nov 3, 2012

    selama ini saya taunya pindang itu pake aer :D

    bisa dikirim gak pindangnya ke sini? saya laper. tapi ujan. jadi males beli makan. *memelas*

    • octanh
      Nov 3, 2012

      Itu ntar ada aernya. Ikannya kayak keringetan gitu pas dimasak. Mangkanya namanya pindang jejadian. Kagak ngikut resep orisinilnya. 8)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)