#190: Ngomongin Liquid Eyeliner

Dibaca 46,244 kali

Halooo, manteman…. :cutesmile:

Walopun aslinya saya lebih suka pakai eyeliner pensil, tapi saya tetep pengen ngomongin tentang eyeliner cair. Soalnya dibanding eyeliner pensil, si eyeliner cair ini hasilnya memang lebih bagus (kalo makenya rapi) dan lebih tebel dan kereng juga itemnya. Kalau mau pakai make-up yang fokusnya adalah mata, menggunakan eyeliner cair ini patut dipertimbangkan juga.

Bukan berarti eyeliner pensil kurang bagus lho. Eyeliner pensil keluaran Wardah yang sekarang lebih sering saya pakai dibanding eyeliner cair ini, kualitasnya bagus. Dia item, kereng, dan kalo cuman kecipratan air, gak luntur. :cutesmile:

Buat orang-orang yang masih belajar pakai eyeliner, eyeliner cair ini memang agak susah dipakai. Pertama karena kuasnya. yang kedua karena dia cair, kalau salah-salah bikin garis, hasilnya malah jelek. Kalau salah emang bisa diapus pake cotton buds yang udah dikasih baby-oil atau minyak zaitun. Tapi resikonya, make-up mata yang udah kamu bikin bisa aja jadi ikut keapus. Kalau pakai eyeliner pensil, karena semua orang kan udah biasa megang pensil ya, makenya jadi terasa lebih mudah. Dan karena sifatnya yang padat, gak terlalu ngeri juga bakalan beleberan.

Saya punya tiga eyeliner cair yang mereknya beda-beda karena saya masih dalam pencarian eyeliner cair yang cocok buat saya. Sayangnya, sampai sekarang saya belom nemu yang bener-bener saya suka. Ketiga eyeliner cair yang saya punya ini, masih belom bikin saya jadi super-happy. Baru happy aja gitu…. :D

Ketiga merek yang saya punya:

1. Sariayu 

2. Aubeau

3. La Tulipe

Gitu aja ya nyebutnya biar gampang. Sebenernya mereka-mereka ini punya nama panjang, kayak si Sariayu itu nama panjangnya: Sariayu Duo Mascara Eyeliner. Ribet saya nulisnya…. :T.T:

1. SARIAYU

Sariayu Duo Mascara Eyeliner ini ada di Trend Warna 2009, Cantika Jawa Timur. Idenya menarik sih buat saya, maskara sama eyeliner dijadiin satu biar gak belibet pas mau make sama lebih menghemat tempat. Kemasannya juga bagus dan ringkes.

Tapi….

Tapinyaaaa … kuas si eyeliner ini nyambung sama kemasan maskara sewaktu dibuka. Liat kan, gambar di atas? Jadi, waktu kamu make eyeliner ini, rasanya berat aja gitu. Kalo buat yang baru belajar make eyeliner, beratnya ini bisa bikin tangan jadi lebih susah digerakin. Belom lagi ujung kuasnya kok bulunya panjang dan lemes banget (menurut saya). Jarak antara tempat kita megang kuas sama ujung kuasnya lumayan jauh juga (lagi-lagi menurut saya). Jadinya agak susah makenya.

Warnanya sendiri paling gak kereng dibandingin sama dua eyeliner yang lain dan pas kuasnya digoreskan pertama kali, cairan eyeliner-nya suka gak rata. Dan itu nyebelin…. :cry:

Maskaranya sendiri saya malah cinta berat! Hasilnya bagus, bikin bulu mata keliatan panjang, item, tapi gak ngegumpal. Masalahnya cuman sama si eyeliner ini lho. Karena saya susah banget gitu mau bekerjasama sama si eyeliner ini, jadinya ini adalah eyeliner pilihan terakhir saya. Kalau masih bisa make yang lain, saya gak pake yang ini.

2. AUBEAU

Ini eyeliner cair pertama saya. :cutesmile:

Saya beli eyeliner ini karena … kemasannya lucuk! :D

Iya kan, lucu? Bentuknya kayak botol tinta atau botol ramuan gitu. Itu kemasannya udah jelek soalnya waktu saya sering pulang pergi ke Makassar, ini eyeliner saya masukin ke tas kecil bareng peralatan make-up lain dan jadinya kegores-gores. :T.T:

Karena ini eyeliner cair pertama saya, saya gak gitu ngeh kalo eyeliner ini emang bagus. Gak punya pembanding sih. Setelah saya pakai eyeliner ini beberapa bulan, saya jadi paham kenapa banyak yang merekomendasikannya. Dibanding eyeliner lain (yang saya review di sini), eyeliner ini memang yang cairannya paling hitam, cepat kering, dan kerengnya itu pas. Kalau Sariayu sama La Tulipe entah kenapa kerengnya kurang pas di hati saya. Mungkin karena hasil akhirnya agak glossy gitu kali ya. Jadi saya berasa kayak lagi make stiker. :die:

Kalau si Aubeau ini, hasil akhirnya matte. Gak ada glossy-nya sama sekali. Menurut saya, itu membuat kelihatan lebih bagus.

Jarak antara tempat kita megang kuasnya sama ujung kuasnya sendiri deket dan itu sangat memudahkan. Kuasnya juga gak lemes banget. Cukup kaku tapi sayangnya, dibanding kuas Sariayu sama La Tulipe, dia paling tebel. Dan kuasnya bakalan makin tebel setelah lama dipakai. Beberapa kali saya mencoba membersihkan ujung kuasnya dengan minyak zaitun biar sisa cairan eyeliner-nya gak ada yang menggumpal dan membuat kuasnya jadi makin gendut. Lumayan berhasil sih, walaupun saya masih berharap seandainya kuas si Aubeau ini lebih tipis sedikit.

Selain masalah bulu kuas yang gendut (dan akan bertambah gendut seiring waktu), si Aubeau ini nyaris perfect buat saya. :cutesmile:

3. LA TULIPE

Saya beli eyeliner cair ini karena eyeliner Aubeau saya udah mau habis dan saya gak puas sama si Sariayu. :T.T:

Harapan saya sih, setidaknya, hasilnya bakalan lebih bagus dari Aubeau. Tapi ternyata gak. Padahal harganya lebih mahal lho. :cry:

Kalo ngomongin kemasan, si La Tulipe ini emang paling keren. Liat aja tuh, kemasannya hitam dan tulisannya emas gitu. Waktu saya pertama kali make, saya gak ada masalah dengan cairannya yang memang kualiasnya bagus (menurut saya). Dia item dan kereng walopun agak sedikit glossy tapi masih bisa dimaafkan.

Yang jadi masalah buat saya, lagi-lagi, adalah jarak antara tempat kita megang kuasnya sama ujung kuasnya yang panjaaaaaang … kayak jalan tol Jakarta-Merak. :D

Gak ding, gak sepanjang itu. Tapi emang si La Tulipe ini panjang banget tangkai kuasnya. Pas make ini, saya jadi berasa kayak pemeran di film silat China yang lagi nulis kaligrafi. :die:

Oke, bagian kaligrafer China itu emang lebay. :D

Gambar di bawah ini memperlihatkan perbandingan panjang kuas para eyeliner saya:

Yang ini, gambar perbandingan ketebalan kuas. La Tulipe paling tipis dan paling enak buat dipake ngegambar garis tipis. Bisa jadi bagus banget kalo bisa mengendalikan tangkai kuasnya yang super panjang itu.

Sekarang masalah ke-waterproof-an.

Eyeliner cair ini kudu waterproof, kalo gak, dalam waktu singkat mata kamu bakalan kelunturan eyeliner dan keliatan kayak orang gak tidur seminggu.

La Tulipe di ujung kiri. Tebel, item, kereng, dan agak glossy.

Aubeau di tengah. Tebel, item, kereng, matte. Pokoknya saya suka! *keukeuh*

Sariayu di ujung kanan. Kurang item, kurang kereng, glossy.

Saya coba nyiram tangan saya pake aer, mereka masih baik-baik saya. Gak ada yang beleberan.

Tapi pas saya gosok dikit, semua byubaaaar!

Kesimpulannya: kalo kamu pakai eyeliner cair trus mau wudhu, jangan lupa kucek bagian matanya. Gak usah keras-keras. Dengan sedikit kucekan aja, udah ilang dia. Gak usah takut juga buat pake eyeliner cair kalo kamu punya rencana buat sholat beberapa jam kemudian. Ketiga merek eyeliner cair ini, gampang ilangnya. Tapi kalo mau aman sih, pakai eyeliner pensil aja yang gak ngalangin aer wudhu masuk ke pori-pori kamu. Pake eyeliner cair ini kan kayak nempelin stiker tipis di kelopak mata; pasti ngalangin aer. :cutesmile:

Kalo kamu masih coba-coba buat pakai eyeliner cair, saya sarankan, cari yang tangkai kuasnya pendek. Atau kalau gak mau susah, pakai eyeliner cair yang bentuknya spidol. Coba cek di nya Arum ini buat ngeliat review eyeliner cair berbentuk spidol produk lokal. Soalnya seumur-umur, saya cuman pernah pake eyeliner spidol keluaran Oriflame. Udah lama pula. Udah gak gitu inget hasilnya gimana. Jadi saya gak bisa ngasih banyak penjelasan deh. :D

TIPS

Hehe, ada tipsnya gitu ceritanya. Hehe… :lol:

Pas kamu bersihin muka, kalau si eyeliner ini kagak mau minggat juga, coba dibersihin pake baby oil atau minyak zaitun (yang EVOO ya, jangan yang minyak zaitun rasa bawang putih :die: ). Basahin kapas pake baby oil atau minyak zaitun, trus tempelin sebentar di mata kamu. Abis itu usap pelan-pelan. Cara ini juga bisa buat ngebersihin maskara.

Tips laen. Kamu ngerasa susah banget gitu ngeratain cairan eyeliner di kelopak mata kamu? Coba lain kali mulai ngegambarnya dari tengah kelopak mata. Jangan dari ujung paling dalem (tear duck). Kalo dari tengah gitu kan, kalo kebanyakan bisa “diseret” ke kiri atau ke kanan. Lebih gampang juga ngerapiinnya. :cutesmile:

Udah dulu ya, manteman. :cutesmile:

Saya mau nano-ing lagi…. Semoga bisa dapet 50 rebu kata di akhir bulan ini. Do’ain yaaa…. :cry:

17 Comments

  1. salmi
    Dec 31, 2014

    ada yang udah nyobain eyeliner wardah belum????? hasilnya bagus g???

    • octanh
      Jan 2, 2015

      Aku baru aja nyobain kemaren ini, Salmi. Enak dan kuasnya beda. Gampang gitu dipakenya. Hasilnya juga lebih rapi dan warnanya lebih hitam. Cumannya, dia gak tahan air. Kena kucek dikit, bleberan deh. :|

  2. Arum Wulandari
    Apr 5, 2013

    aaaaakkkkk, makasih buat review eyelinernya.. aqu jg newbie nih pake eyeliner, tp merek Inez, baru sebatas suka sih, soalnya eyeliner perdana :>
    Kuasnya kecil dn stelah belajar berkali2, akhirnya suka pake eyeliner, sayangnya udh mau abis dan ini lagi nyari2.
    Kemarin sempet liat merek Bodyshop, bagus sih, tp mihil.. hahahahahaahaha :ngikik:

    • octanh
      Apr 7, 2013

      Ah, Bodyshop itu juga jadi dambaan saya tapi belom kebeli juga. :( Inez bagus ya? Pengen nyobain juga jadinya. :D

  3. shelly
    Feb 23, 2013

    Dari tengah ya meratakannya? Noted! XD

    *mendadak pengen nyoba pensil yg wardah punya

  4. vey
    Feb 23, 2013

    Revlon colorstay liquid eyeliner bagus mbak… hitam legam dan matte-finish. Yg matte-finish emang lebih bagus drpd yg glossy. Revlon colorstay pencil eyeliner-nya jg mantab, yg automatic itu. Recommended banget, hitam legam dan matte. Beberapa pencil eyeliner ada yg glossy jg hasilnya. Tapi punya Revlon matte-finish, trus gak beleberan kemana2 kalo udah seharian dipake. tetap pada tempatnya digores meski muka keringetan dan minyakan. :cutesmile:

    • octanh
      Feb 23, 2013

      Jadi penasaran (plus mupeng). Kalo yang automatic berarti gak diraut lagi yak? Aku suka sebel kalo ngeraut eyeliner pensil suka patah-patah….

  5. Arum
    Nov 20, 2012

    Woh, jadi kalau kena air ilang malah yang dicari ya? Berarti aku salah dong. Pas itu aku ngereview elener Inez di blog, aku bilang: “nggak recomended bagi yang menjalankan sholat, karena kalau kena air wudhu elenernya ilang”. Hihihi…aku sotoy banget laa, maluu :>

    Cobain Inez deh, Ta. Itu hasilnya matte, batangnya pendek, kuasnya tipis, dan kalau kena air gampang ilangnya :cutesmile:

    • octanh
      Nov 20, 2012

      Hehe…. Gak sah sholatnya kalo pake eyeliner cair. Soalnya pas wudhu, ada bagian tubuh yang harusnya kena aer malah terhalangi gitu ama dia. :cutesmile: Pengen jalan-jalan sambil blanja-blenji kosmetik. Tapi udah lama gak bisa ke Makassar. Pengen nyobain lipstiknya Inez juga. Kalo belanja online gitu kadang kurang puas karena gak bisa nyolek-nyolek. :D

    • Ella Teddy
      Jan 15, 2013

      Salam kenal buat yg punya blog……. :cutesmile:

  6. Nurin
    Nov 14, 2012

    Kereng itu apaan sih? disebut berkali-kali aku gak ngerti maksudnya, :?:

    • octanh
      Nov 17, 2012

      Kereng itu itemnya item gitu. Gimana yak? Kayak pas kecil dulu kita kan suka beli pensil liat tulisannya: HB, B, 2B, dst. Nah, si 2B itu lebih kereng dibanding HB kalo dipake nulis. Gitu. *bingung juga njelasinnya* :T.T:

      Pensilnya gak kereng. –> hasil tulisannya gak item.
      Item matanya kereng banget. –> matanya itemnya item banget.
      Kamu itemnya kereng. –> Kamu item banget…. :D

  7. Lusi
    Nov 13, 2012

    Saya pake yg kyk spidol mak. Makainya semudah pensil tapi efeknya sebagus cair.

    • octanh
      Nov 17, 2012

      Aku pengen juga beli yang spidol…. Pengen cobain. Tapi kapan yak bisa pergi mbeli…. :T.T:

  8. Waya Komala
    Nov 13, 2012

    Aku nggak bisa pake eyeliner cair..,padahal udah berkali2 latihan.Terakhir kali pake,pas mau ada kondangan,eh ,pas molesin ke kelopak mata,garisnya meleset.Suamiku yg udah nggak sabaran nunggu,malah ngomel2..,katanya: ngapain juga mata pake di lukis-lukis..,hehehe,terpaksa dihapus lagi deh,eye shadownya..
    btw,aku mau nanya, kereng itu artinya apa sih mbak?asli aku nggak tau..

    • octanh
      Nov 17, 2012

      Pertama kali aku make juga gitu, Mbak. Belepetan ke sana-sini gara-gara aku takut kecolok gitu matanya. Tapi lama-lama tangan udah bisa steady dan bisa bikin garis yang bagus. Tapi makin ke sini aku malah lebih suka pake yang pensil atau kalo cuman buat keluar rumah sebentar biar mata gak keliatan pucet, aku pake eyeshadow item atau coklat tua aja. Garisnya dibuat pake angled-brush kecil. Tapi cepet luntur sih. Hasilnya lebih natural dan gak menor, tapi tetep bagus.

      Kereng itu itemnya item banget gitu, Mbak. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)