#197: Mata Nenek: Cara Pakai dan Curcol

Dibaca 3,391 kali

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Halo manteman….

Karena Delicious Craft saya lagi dibenerin, jadi saya gak bisa nge-post di sana deh. Saya nge-post di sini dulu aja kali ya. Lumayan juga, gak perlu pake bahasa Inggris. Kalo nge-post di Delicious Craft, sesuai dengan perjanjian antara saya dan Sinung (karena dia yang beliin domain dan hosting–dan saya harus nurut), nge-post di sana kudu pake bahasa Inggris. :cry: Maksudnya sih, biar saya belajar bahasa Inggris gitu….

Beberapa waktu yang lalu, saya jalan-jalan ke toko kain dan alat jahit di dekat rumah dan menemukan satu barang yang (sebenarnya) udah lama banget saya cari: mata nenek. Alat ini sangat membantu saya ketika memasukkan benang ke dalam lubang jarum jahit. Kalau manteman suka buat craft atau menjahit, pasti ngerti deh betapa susahnya memasukkan benang ke lubang jarum jahit. Apalagi kalau mata kamu minus dan penerangan gak terlalu bagus waktu malam. Apalagi kalau merek jarum jahitnya Sharp, yang jarum jahitnya tipis, runcing, dan lubang benangnya kecil banget (lebih kecil dari jarum jahit merek lain). :T.T:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mata Nenek ini saya beli dengan harga Rp. 2.500,-. Lumayan mahal kayaknya ya, buat barang kecil begitu. Karena saya tinggal di tempat yang agak terpencil, makanya harganya jadi mahal. Seingat saya, Mata Nenek ini harganya gak semahal ini kalau di Jakarta. Duluuuu … sekali, saya membelinya dengan harga Rp. 500,-. Tapi itu sudah lama sekali. Mungkin harganya juga udah naik sekarang. :cutesmile:

Baiklah.

Saya tunjukin dulu kali ya, cara menggunakannya.

Soalnya, waktu saya nge-share foto si Mata Nenek ini, ternyata banyak juga yang gak tau ini apaan. Keliatannya emang kayak alat apalah gitu yang gak berguna…. Waktu saya liatin ini sama Sinung, dia kira ini salah satu alat bantu make-up saya. :lol:

Oke. Siapkan: Mata Nenek, jarum jahit, dan benang.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Masukkan ujung Mata Nenek yang menyerupai kawat tipis ke dalam lubang benang di jarum jahit. Masukinnya gampang dan si Mata Nenek ini bisa masuk ke segala ukuran jarum jahit karena kawatnya tipis banget.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Terus dorong jarum jahitnya sampai jarum jahitnya sampai ujung dalam kawat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Lalu, masukkan benang ke dalam loop kawat tipis. Masukin benang ke dalam loop ini lebih gampang (dan jauh lebih gampang) dibandingkan dengan memasukkan benang ke dalam lubang benang di jarum jahit. Kalo lebih susah mah, ngapain juga pake alat ini kan ya? :cutesmile:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tarik jarum jahit ke bagian ujung luar kawat. Kawatnya ini lentur lho. Dia mudah bergerak kembang-kempis loop-nya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tarik terus sampai jarumnya melewati benang. Terus tarik sampai ketemu si Mata Neneknya bisa lepas di ujung benangnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Udah, gitu doang. Gampang kan? :cutesmile:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Akhir-akhir ini saya selalu pakai si Mata Nenek ini karena bener-bener ngebantu. Yah, setidaknya saya gak perlu ngejilatin ujung benang biar benangnya jadi agak kaku trus gampang dimasukin ke lubang benang di jarum jahit. Itu kan jorok ya? :lol:

Sampai di sini dulu ya, manteman….

Talk to you later…. :cutesmile:

10 Comments

  1. mak siti
    Jan 21, 2013

    hehehe baru tau…#sambilmicingmata, ini apaan seeeh…hahaha

    • octanh
      Jan 22, 2013

      Ini pigimanah? Alatnya aja ndak keliatan…. Hahahaaaaa…. :D

  2. nora
    Jan 15, 2013

    Tutorialnya keren, mitol tutorial untuk mata ayam, gak ngerti make alatnya. Thx

    • octanh
      Jan 18, 2013

      Makasih. Sa-saya gak tau apa itu mata ayam…. :cry: Itu semacam kancing gitu bukan sih? Yang masangnya pake tang khusus mata ayam? *sotoy*

  3. menz
    Dec 17, 2012

    beliin ah ntar buat ibuku hahaha :lol:
    setidaknya bisa membantu beliau *halah
    tengkiyu infone mbak octa :D
    aku sering mampir tapi baca2 ajah hihihi :>

    • octanh
      Dec 21, 2012

      Iya. Gampang banget jadinya mau masukin benang. (Tiba-tiba kepikiran buat jadi distributor mata nenek, bisa cepet kaya kali yak.) :D Makasih udah sering mampir…. Mampir lagi dong! *plak*

  4. milo
    Dec 14, 2012

    Ah, masukin benang pake dijilat lebih asoy :D

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Itu jijay…. :die: Pake alat ini lebih enak, gak perlu jilat-menjilat. :D

  5. elsenovi
    Dec 14, 2012

    aku tauuuuuuuuuuu…aku tauuuuuuuuuuuuu aku tau mak. Soalnya aku kan juga sering pakai mata nenek :)
    Klo di Pekanbaru harganya cuma seribu rupiah mak.
    Besok lagi klo beli mata nenek di Pekanbaru aja mak *saran gak epektip*

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Napa jauh bener bedanya? Kalo aku beli di Pekanbaru trus dijual di sini bisa cepet kaya kali yak? Marginnya 150% begituuuuuh! :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)