#198: Ceritanya Mau Pamer View Post yang Nembus 1K

Dibaca 2,134 kali

bg

Gambar di atas itu adalah versi full dari background saya sekarang. Entah kenapa saya suka banget gitu sama gambar-gambar padang rumput, sawah, langit yang luas…. 

Jadi, ceritanya tadi pagi saya ngecek statistik saya. Ini adalah kebiasaan yang baru-baru ini aja saya lakukan. Soalnya emang baru-baru ini aja (juga) saya ngeliat dan ngeh kalo ini ada yang mbaca. :D

Gak gitu juga sih…. Dulu juga kayaknya (kayaknya lho ya) ada yang mbaca, tapi gak sebanyak sekarang. Saya bilang ada, soalnya yaaa … ada lah yang dateng bangsa 10 sampe 15 orang per hari. Itu juga udah mbikin saya seneng.

Saya nge awalnya karena saya gak tau mau ngapain lagi. Miris banget yak? Hahahaaaa…. :D

Tapi emang beneran begitu.

Saya mulai aktif nge sejak saya pindah ke rumah kontrakan saya yang sekarang dan ternyata rumah ini punya sambungan telepon yang gak pernah dipake sama penghuni sebelumnya. Jadi, saya minta sama Sinung untuk diaktifin lagi sambungan teleponnya dan kita langganan Speedy. Alasannya sih waktu itu sederhana: saya pengen punya akses ke dunia di luar pulau ini dengan mbaca-mbaca berita di internet dan … saya pengen nge-games online! Haha!

Saya pun mbikin ….

Waktu itu masih di wordpress.com dan isinya begitu deh, banyakan curhatnya. Trus gak lama, saya bosan. :D Trus gak diurus. Trus saya malah beli domain baru….

Waktu itu (juga), saya punya proyek (sekarang pun masih saya kerjain walopun tersendat-sendat) untuk nyelesein cerita fiksi fantasi saya. Kalo ngikutin saya dari awal, pasti tau deh kalo saya punya proyek yang namanya Faschel. Sekarang proyek ini udah punya web sendiri yang sayangnya sampe sekarang masih mandek di urusan per-codingan. *ngelirik Sinung yang sibuk mulu di kantor*

Nah, saya awal-awalnya mau saya dedikasikan buat nyeritain (dan berkeluh-kesah) tentang proses saya menyelesaikan proyek Faschel itu. Tapi … itu hanya terjadi di beberapa post. Sisanya saya malah curhat masalah pribadi. :D Makanya saya awalnya “hanya” subdomain dari web Faschel.

Gak lama kemudian, saya pun ulang tahun dan Sinung ngehadiahin domain  yang sekarang ini. Domain-nya emang sengaja pake nama saya soalnya gak kepikiran buat pake nama apaan lagi. Sekalian buat branding juga kali ya. Sama, biar gampang diinget. Ini lho nya si anu, gitu….

Trus, saya pun mindahin isi yang lama ke sini. Tapi waktu itu pengunjung saya gak nambah-nambah juga. Yang ada malah makin berkurang. Bahkan ada banyak hari yang gak ada pengunjung sama sekali. Kesian banget kan ya? :D Tapi saya tetep nge aja. Nulis-nulis apa yang saya suka. Gak mesti harus ngikutin trend nulis tentang pilkada atau yang lain hanya karena itu topik hot dan saya pengen saya dikunjungi orang yang nyasar googling pake kata kunci yang lagi nge-trend.

Mungkin sedari awal yang mengunjungi ini hanya teman-teman saya karena saya selalu nge-share di Facebook dan Twitter kalau ada post baru. Gapapa kan ya promosi tulisan sendiri. Lagian, saya bener-bener pengen ada yang mbaca tulisan saya…. Karena saya sadar bahwa saya ingin tulisan saya dibaca, saya pun mengurangi porsi menulis sesuatu yang sifatnya sangat pribadi dan curhat berdarah. Saya juga malu kali nulis tulisan model begitu. *pencitraan*

Tapi ada beberapa kali saya curhat karena emang udah gak tahan lagi. Itu pun biasanya disensor sama Sinung. Kalau saya nulisnya udah bablas, saya dikasih tau. Tinggal pilih: mau post-nya diapus atau edit bagian yang terlalu vulgar itu. Biasanya sih saya lebih suka ngedit aja.

Tapi beberapa bulan terakhir, sepertinya saya berkembang melebihi apa yang saya perkirakan. Saya pikir mah, 100 pengunjung per hari itu udah keren banget! Berasa jadi ger selebritis gitu. Saya pikir, itu angka paling oke yang bisa saya raih. Ternyata gak. Semakin hari, makin banyak pengunjung yang datang. Puncaknya yaaa … kemaren itu: tembus 1.000 page view dengan pengunjung sekitar 350-an.

Saya sampe kaget lho. Ini beneran ada yang dateng yak? Beneran ada yang mbaca? Beneran ada yang dateng berkali-kali gitu ke saya ini?

1

Klik kalo mau digedein. 

Saya juga heran dengan “agak” stabilnya statistik saya. Gak terlalu berfluktuasi setiap harinya. Yah, segitu-gitu aja kecuali weekend yang emang agak turun. Tapi gak banyak.

3

Klik kalo mau digedein.

Dan … saya juga baru ngeh kalooooo ternyataaaaa orang dateng ke saya itu bukan buat mbaca curhat saya! :D

Orang kebanyakan dateng untuk nyari sesuatu yang sifatnya umum, kayak tutorial bros, review produk, atau resep. Bukan mau ngebaca tentang betapa malangnya nasib saya tinggal di pulau terpencil dan kucing-kucing yang saya piara gak pernah bertahan hidup lebih dari setahun. Yang mana, saya percaya, tulisan ini akan jadi salah satu tulisan yang jarang dibaca nantinya. :D

Mungkin emang gitu sih. Saya kalo nge-googling juga nyari-nyari info gitu. Bukan nge-googling kisah cintah penuh deritah atau kisah motivasi hidup agar jadi horang kayah-rayah. :cutesmile:

Jadi teman, bagi-bagi ilmu (walopun cuman pake tutorial sederhana nan tidak kece tentang cara mbikin bros) itu lebih dihargai daripada bersumpah-serapah dan bercurhat penuh airmata. Emang sih, itu bisa dipake buat terapi jiwa dan mbikin kita lega karena udah ngeluarin unek-unek. Tapiiiii … tiap orang punya masalah dan sepertinya jarang ada orang yang memanfaatkan waktu senggangnya buat nge-google masalah orang lain. Yang ada, dia bakalan having fun atau nyari solusi masalahnya sendiri.

5

Klik buat ngegedein.

Ini tabel rata-rata page-view bulanan ini. Naik sedikit demi sedikit.

Samar-samar saya ingat materi kuliah skenario dulu tentang penonton yang pengen nonton film yang selesai. Mereka (para penonton itu) lebih suka sama film yang ngasih masalah, ngeliatin protagonis nyelesein masalah, dan protagonisnya mengalami ending yang baik (kalopun itu si protagonis harus metong setidaknya untuk berkorban agar keadaan lebih baik dan meninggalkan kesan kepahlawanan–atau yang semacam itu), dibanding film yang mumet dan berakhir gak jelas alias ngegantung. Penonton itu menonton untuk bergembira dan mendapatkan sesuatu–atau yaaa … bisa kita sebut pelajaran hidup. Begitu pula sepertinya dengan aktivitas membaca (termasuk membaca ). Mereka ingin mendapatkan sesuatu yang baik (syukur-syukur kalo itu emang pelajaran hidup), tapi bukan keluh-kesah tanpa ending yang isinya cuman curahan hati nan luka. :D *setel lagu-lagu Rafika Duri*

Begitulah….

Tapi gak harga mati juga sih. Saya menemukan beberapa personal yang engaging. Tapi … ada tapinya nih, itu ditulis bukan untuk membebankan masalah pribadi ke orang lain. Selain style penulisannya yang bagus, empunya biasanya punya kemampuan bercerita yang baik, dan membuat masalah pribadi gak segaring dan sepribadi yang dibayangkan. Ergo, membuat masalah tidak tampak seperti masalah. Menghibur.

Jadi pilihan ada dua: kalo kamu gak bisa engaging jadilah informatif, vise versa.

Saya juga gak pernah membayangkan hal semacam ini bisa terjadi:

6

Tulisan saya tentang kosmetik halal di-share sebanyak ini!

Saya merayakan pecah telor 1K ini dengan ngopi. Hahaaaaa…. Saya udah lama banget gak ngopi. Jadi, saya bikin kopi dan menikmati betapa harum dan enaknya kopi itu…. Abis ini saya tetep pengen gak ngopi lagi sih. Sekali ini doang. :D

Kalau manteman adalah salah satu pengunjung setia saya, saya mengucapkan terimakasih. You’re awesome! Bisa bertahan membaca saya yang isinya campur-aduk dan moody.

Ya, begitulah manteman….

Talk to you later.

Buh-bye.

30 Comments

  1. lulu
    Jan 3, 2013

    Ngeblog iseng drpd kagak….gw aja sampe skrg gak ketu :| rutan bua :teror: t ngeblog2an

  2. zata
    Dec 25, 2012

    Wah..inspiratif bgt! Saya yg baru mulai rajin ngeblog lagi jadi ikutan semangat nih. Makasihhh yaaa… :-P

    • octanh
      Dec 28, 2012

      Ayo, Mbak Zata! Lebih semangat lagi ngeblognya!

  3. keke naima
    Dec 18, 2012

    di lirik sama 1-2 org aja udah bikin kita seneng apalagi sp 1000 org ya :)

    • octanh
      Dec 21, 2012

      Gak sampe 1.000 orang kok Mbak. Cuman 350an orang satu hari. Apalagi para seleblog yang sehari blognya dikunjungi 2.000an orang kayak Pak Budirahardjo. Sa-saya juga pengen begituuuuuh…. :D

  4. Nurin Ainistikmalia
    Dec 18, 2012

    Wuih… sekarang banyak euy penggemarnya, yang ngomen juga udah tambah banyak. Selamat yak! :D

    • octanh
      Dec 21, 2012

      Jadi harus lebih hati-hati kalo nulis, Nurin. Kalo ada yang salah-salah kan bisa menyesatkan banyak orang. :die: Waktu yang mbaca masih dikit, paling sesat sendirian. :D

  5. Nurul Habeeba
    Dec 17, 2012

    kepengen nulis sesuai passion, tanpa harus ngundang2 para pembaca datang.hehe, mereka yg nyari2. bahkan mak, untuk ngundang mereka aku sempet bikin kuis.hiks*keluar modal.hehe, salut mak, pertahankan deh….

    • octanh
      Dec 21, 2012

      Sebenernya, banyak seleblog yang nulis sesuai passion mereka lho, MB=bak Habeeba. Karena mereka konsisten dan informatif, makanya terus dicari tulisannya. Selain juga karena beberapa dari mereka memang pakai di bidang itu. Karena saya gak punya kepakaran di bidang apapun, saya milih buat ngeblog sesuai keinginan, tapi gak terlalu banyak nyeritain masalah pribadi. Kayak review kosmetik (ternyata banyak yang terbantu saya review saya), atau craft (ini juga banyak yang suka), dan resep.

      Intinya mungkin: saya nulis sesuatu yang (sebenernya) pengen saya baca di blog lain tapi belom ada yang nulis atau udah ada yang nulis tapi belom sesuai dengan selera saya. Ya gitu lah. :D

  6. Miss Rochma
    Dec 16, 2012

    Bener memang kata mbak octa, mengurangi rumpian yang berderai air mata. saya newbie ngeblog. pernah manulis tentang tips, dan yang mampir banyak juga meskipun mereka nggak ninggali jejak.

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Iya, di blog ini juga banyak yang mampir tapi gak ninggalin jejak. Tapi saya tetep seneng soalnya tetep ada yang dateng. Salam kenal Miss Rochma. :cutesmile:

  7. Hifni Ef
    Dec 16, 2012

    Octa, keren! :-o
    Meskipun aku udah jarang nge-blog n blog-walking, tapi aku paham seneng-nya kalo post kita banyak yang di-tonton. Tetep aktif nulis octa! Karena itu bukti bahwa dirimu rajin. Menulis itu butuh kerajinan. :lol:
    Dan aku setuju bahwa tulisan yang banyak dibaca itu adalah yang informatif. Sippp! 8)

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Kenapa gak aktif ngeblog lagi, Hifni? :?: Aku agak lebih jarang nulis akhir-akhir ini. Tapi tetep aku luangkan waktu kalo weekend. Abisnya kayaknya kalo seminggu gak nulis sama sekali itu rasanya gimanaaaa … gitu. :D

  8. alaika
    Dec 16, 2012

    wow! keren banget mak! ckckck…. pasti bahagia banget rasanya memiliki pageview sebanyak itu ya mak….. :)
    congrats again ya!

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Hehe, rasanya aneh, Maaaaak! Kok ya ada yang mabca gitu. :D

  9. Tita Okti
    Dec 16, 2012

    seneng banget ya mba klo dikunjungi sebanyak itu..
    makin tambah sering nulis deh.. :)
    aku pernah berkunjung sekali sih.. *ngaku..* :D

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Iya, pengennya sih nulis lebih sering trus topiknya bukan curhat. :D Ayooooo … berkunjung lagi!

  10. hana sugiharti
    Dec 16, 2012

    hihihi saya bikin blog buat kenang2an :D

  11. rina
    Dec 15, 2012

    salam kenal mba….selamat dikunjungi 1000 orang, kayaknya blog saya blm dikunjungi sebanayk itu hihi…btw, emamng menyenangkan jika blog kita dikunjungi banyak orang, sharing dan charing…

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Bukan dikunjungi 1.000 orang, Mbak Rina. Cuman dikunjungi 350an orang di hari itu, pageview-nya yang 1.000.:D

  12. maya siswadi
    Dec 15, 2012

    aiihh detail sekali memperhatikan statistik blognya ya
    saya dulu jaman masih ngeblog di multiply, ga pernah merhatiin statistik blog spt itu, karena tiap saya posting selalu ada yg komen, enaklah kalo di multiply sih, tahu siapa aja yg berkunjung, brapa kali orang liat tulisan saya, tapi begitu sekarang ngeblog di tempat baru, saya musti mikirin promosi tulisan sendiri tampaknya biar pengunjung saya back on track seperti dulu n bisa tembus 1k juga seperti dirimu :lol: , hahaha

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Di WordPress ada statistik bawaannya gitu, Mbak. Jadi bisa liat perkembangan harian blog kita. Aku dulu juga punya Multiply. Tapi karena kurang luwes (termasuk urusan yang non-multiply gak bisa komen), jadi saya pindah di WordPress deh. Saya gak promosi-promosi amat juga. Paling share di Facebook sama Twitter. Soalnya kalo promosi dimana-mana, takutnya ada yang terganggu gitu. :D

  13. Ewi
    Dec 15, 2012

    Aduuuh mak,..blog ini benar-benar di kelola dengan sepenuh hati, detail sekali,…salut! :ngiler:

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Iya, harus sepenuh hati. Kata Om Mario Teguh kan, apapun yang kita perhatikan akan tumbuh. Termasuk blog. :D

  14. monda
    Dec 15, 2012

    selamat ya…salam kenal ya…
    datang dari KEB mak…
    suka banget lihat foto backgroundnya …di mana itu ya…

    selamat ya sudah mencapai seribu pengunjung per harinya,menyenagkan ya kalau blog kita dibaca dan dikomentari, jadi semangat ngeblog

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Salam kenal, Mbak Monda. Kalo dari KEB berarti sama-sama emak-emak, dong? :D Itu foto bawaan dari themes-nya Mak. Keren yak? :D Makasih ya, Mbak Monda. Ayo dong semangat juga! Biar sama-sama keren blog kita.

  15. Nilam Wulandari
    Dec 14, 2012

    Assalamu’alaikum bunda, selamat ya untuk lebih dari 1 K visitornya. Blognya memang sangat bermanfaat, kreatif, manis dan sangat menginspirasi. :cutesmile:

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Makasih, Mbak Nilam. Mbak Nilam juga lebih rajin ngeblog ya. :cutesmile:

  16. Heru Setiawan
    Dec 14, 2012

    Rafika Duri? Hehe, ketahuan deh asalnya dari jaman berapah :lol:
    Saya seneng sama mbak-mbak yang satu ini~
    Lucu, pinter, dan artistik.
    Terima kasih kembali :oops:

    >> :teror: <<

    • octanh
      Dec 17, 2012

      Rafika Duri itu penyanyi tembang kenangan sepanjang masa. Semua generasi harus tau! *ngotot*

      Semoga Om HerSet juga cepet dapet mbak-mbak yang sesuai selera. :D Terimakasih kembali juga. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)