#203: Butter Bread (Chocolate and Cheese)

Dibaca 11,238 kali

9

Keluar dari oven langsung difoto. :cutesmile:

Di Selayar hujan terus loh udah beberapa hari belakangan. Hujan disertai angin kencang dan itu bikin saya agak takut juga. Tahun lalu, waktu cuaca kayak gini, genteng kamar mandi saya sampe ketiup angin. Untungnya sekarang gak ada yang ketiup angin sih, walaupun kayaknya anginnya lebih kenceng dibanding tahun lalu. *curhat*

Trus Hubungannya Ama Roti Apaan?! :?:

Yaaaa … gak ada. Eh, ada ding. Saya jadi gak bisa nyari jajanan di luaran. Padahal biasanya saya suka beli es pisang ijo kalo weekend begini di pasar. Jadinya saya bikin roti deh. :D

8

Ini roti mbikinnya deg-degan juga. Biasanya kalo udah hujan sama angin kencang, langsung deh mati lampu. Kalo lampu mati di tengah proses ngaduk adonannya pake mixer … saya harus ngadonin pake tangan. Dan itu cuaaaapek! Jadi, selama mbikin, saya berdoa gitu biar gak mati lampu. Doa saya dikabulkan loh. Walaupun hujan sama anginnya kenceng banget, gak mati lampu kayak biasanya. *terharu* :T.T:

Ini sekalian saya juga mau bagi-bagi resepnya.

Resep roti manis saya yang dulu banyak yang nanya masalah water-roux-nya. Sebenernya itu metode untuk ngebikin rotinya jadi lembut. Itu aja. Kalau manteman gak suka (atau menghindari) pemakaian bread-improver, metode water-roux itu bisa dipake. Walaupun tanpa water-roux dan bread-improver, roti tetep bakalan jadi. Tapi kurang lembut aja. Enaknya tetep sama.

1

Ini bread improver yang biasa saya pake. Ketemunya ini doang di Hero. Ada merek lain yang terkenal juga: Baker Bonus. Untuk raginya, saya pake ragi apaan aja sih biasanya. Kalo lagi ada Fermipan, ya pake itu. Kalo gak ada, merek apapun oke lah. Maklum tinggal di kampung. Pilihan terbatas…. :T.T:

2

Untuk tepungnya, saya pakai Cakra Kembar. Ada beberapa merek lain yang juga menyediakan varian tepung terigu dengan protein tinggi. Selama dia bilangnya “tepung terigu protein tinggi”, itu bisa dipake. Saya pernah juga pakai tepung terigu dengan protein sedang (Segitiga Biru) dan hasilnya tetap bagus. Hanya saja emang dia gak sekenyal kalo pakai Cakra Kembar. :cutesmile:

4

Kali ini, saya mengganti margarin dengan mentega (butter) merek Orchid Butter. Pengen nyobain kayak apa jadinya. Tapi kalau manteman gak punya mentega, bisa diganti dengan margarin loh ya. Ada juga sekarang margarin yang wanginya kayak mentega. Saya pernah beli yang merek Blue Band Cake and Cookies, itu juga bisa dipake. Teksturnya emang gak selembut mentega asli, tapi baunya mendekati. Hasilnya juga lebih oke. :cutesmile:

BAHAN-BAHAN:

1. 500 gram tepung terigu protein tinggi (saya pakainya Cakra Kembar).

2. 100 gram mentega (saya pakainya Orchid Butter).

3. Satu bungkus ragi, 11 gram (saya pakainya Haan).

4. 1/2 bungkus bread improver (saya pakainya merek Soft Bread).

5. 5 butir telur, kuningnya saja (saya pakai 5 butir soalnya telurnya kecil-kecil, kalau telurnya besar bisa pakai 4 butir aja).

6. 250 ml air putih.

7. 2 sendok makan susu bubuk.

8. 4 sendok makan gula.

9. 1/2 sendok teh garam.

ISI:

1. Keju parut.

2. Selai coklat-kacang.

OLESAN:

Satu kuning telur dikocok lepas dengan setengah sendok makan air. Bisa dicampur setengah sendok makan madu kalau ada.

TABURAN:

Keju parut dan wijen.

CARA MEMBUAT:

1. Aduk dengan mixer berkecepatan sedang: tepung, gula, susu, ragi, dan bread improver. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Lalu masukkan kuning telur satu per satu. Aduk terus hingga setengah kalis.

2. Masukkan mentega dan garam. Aduk terus hingga kalis.

3. Periksa trus tekstur adonannya. Adonan yang baik itu teksturnya lembut dan tidak lengket di tangan seperti permen karet yang sudah dikunyah (jijay yak perumpamaannya? :D ). Kalau terlalu keras adonannya, tambahkan air sedikit demi sedikit. kalau terlalu encer, tambahkan tepung.

5

Adonan yang lagi istirahat.

4. Setelah adonan kalis, istirahatkan sebentar. Manteman bisa memanfaatkan waktu ini untuk memanaskan oven, menyiapkan loyang, bebenah, nyuci…. *kok malah keterusan?* :D

5. Setelah adonan agak mengembang, bentuk bulat-bulat dan letakkan di loyang. Untuk setengah kilogram tepung, bisa jadi dua loyang roti loh. Itu banyaaaak!

6. Isi roti dengan bahan isian. Susun lagi di loyang.

7. Oles roti dengan bahan olesa dan taburi keju (untuk roti isi keju) dan wijen (untuk roti isi coklat).

6

Penampakan roti isi keju. Atur posisi dan besar bulatan roti jangan terlalu mepet. Ini roti bakalan ngembang dua kali lipat loh nanti…. *nakut-nakutin*

7

Ini si roti isi coklat kesukaan Kakak Isha. :cutesmile:

8. Bakar selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang. Kalau manteman pakai oven yang ada bukaan udara di atasnya, buka lubang udara itu di menit ke 20-an agar rotinya punya warna yang bagus di bagian atasnya.

9. Keluarkan dan foto-foto hidangkan selagi hangat. :cutesmile:

8

Ini si roti keju.

Teksturnya lembut banget. Lebih lembut dari roti yang pake margarin (yaeyalaaaaah).

11

Si roti coklat.

Lelehan cokatnya membuat hati meleleh…. *duileh*

TIPS:

Pas rotinya baru keluar dari oven, langsung dioles lagi atasnya pake mentega biar tekturnya jadi agak melunak dan pas difoto jadinya bagus. Tapi karena kuas kue saya dibawa lari tikus, saya jadinya gak ngoles-ngoles gitu deh. :cry:

10

*nge-insert gambar sambil ngemilin roti*

P.S:

Saya juga lagi belajar moto, jadi saya minta kritik dan sarannya biar foto saya makin indah. *cieeee….*

Makasih udah mampir dan mbaca ya, manteman…. :cutesmile:

Talk to you later.

Buh-bye.

:cutesmile:

31 Comments

  1. Amanita Frei-Usmany
    Sep 19, 2014

    salam kenal ya mbaaak……,
    saya tinggal di Spanyol, boleh tanya ini mengenai pemanggangannya, di resep ditulis dengan api sedang, api sedang itu yang berapa derajat mbak ? yang 180° atau 200° mbak ? Kebetulan dirumah ovennya oven listrik, jadi yang tertera di oven saya adalah derajat kepanasannya, atau kalau mbak Octa menggunakan oven gas, nomer berapa mbak gasnya ? makasih ya mbaaak……,

    • octanh
      Sep 23, 2014

      Halo, Mbak Amanita. Maaf lama balesnya. :mewek:

      Kira-kira sekitar 180 derajat, Mbak. Saya pernah nyoba bikin pake oven listrik dan itu suhu yang sedeng lah gitu untuk manggangnya. Waktu panggangnya tapi lebih singkat kalo dibanding dengan dipanggang di oven tangkring. Sekitar 15-20 menit, udah bisa diangkat kalo pake oven listrik. Diliat aja bagian atas rotinya. Kalo udah cukup menguning, langsung diangkat. Soalnya kalo atasnya udah menguning, bawahnya juga. Saya belum pernah nyoba pake oven gas, Mbak Amanita. Jadi saya gak tau cara pakenya gimana. :mewek:

      Semoga membantu. ^^

  2. prita
    Jan 2, 2014

    halo mbak nur, seneng akirnya nemuin cara membuat roti dgn simple (kayakny) lengkap dgn foto pula.
    kalo utk bread butter ini, dibentuk spt resep roti manis bisa gak ya?
    terima kasih \\ :cutesmile:

    • octanh
      Jan 9, 2014

      Bisa Mbak Prita. Bisa dibuat bentuk-bentuk gitu. Tapi ini saya males aja ngerjainnya, makanya maen susun di loyang aja. Hahahaaaa…. :D

  3. dedy setyaW
    Nov 24, 2013

    terimakasih mbak octa atas resep yg sangat luar biasa ini fans anda dari kota demak :-P

    • octanh
      Dec 4, 2013

      Aduh, jangan ngefans sama sayaaaa…. Saya biasa-biasa aja. :cutesmile:

  4. Shinta
    May 6, 2013

    waaa enak nih rotinyaa slruupp
    kok sempet si mak poto-potoo, kalo kueku begitu keluar open udah bablas dimakanin, ngga sempet poto *hiikkkssss

    • octanh
      May 9, 2013

      Tukang ngerecokinnya udah dijatah atu-atu. Jadi gak pada ngerusuh. :D Tapi kalo motonya lama, kadang pada suka protes juga sih. :(

  5. albert
    Mar 15, 2013

    Posisi dimana mbak Octa? Sudah di selayar?

  6. albert
    Mar 2, 2013

    Mbak tinggal diselayar ya? Saya juga..didepan istana motor..hehehe… Oya, met kenal sebelumnya ya..τhåиk ♈oü °•˚◦

  7. albert
    Mar 2, 2013

    Mbak tinggal di selayar ya? Saya juga tinggal di selayar nih..depan istana motor..oya, met kenal sebelumnya…hehehe…

    • octanh
      Mar 2, 2013

      Iya. :cutesmile: Saya tinggal di Jalan Hati Murni. Rumah yang kotak banyak jendela kayak aquarium itu. :D Salam kenal juga.

      • albert
        Mar 5, 2013

        waduh yg mana itu jalan hati murni ya?maklum baru pindahan dr makassar..hehehe…aku udah coba resep roti manisnya mbak nih..cuman nda ada ovennya, akhirnya jadi donat aja digoreng gitu..haha…jadinya enak juga ya..cuman yg aku mau tanyain itu kepastian tepungnya ga tahu seberapa ya..kira2 aja sampe adonannya bagus gitu…oya mbak pernah bikin cakwe/cakue ga ya?lagi pengen makan cakwe..hehe…sempat kapan hari coba2 bikin tp ga jadi..haha..hasilnya nda mengembang…nda tau apanya yg salah ya…resepnya ambil dari internet..nih linknya http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=6297 tp satu bahan yg aku nda pake amoniak bubuk.. apa mungkin gara2 ini nda mengembang ya? hehe…

        • octanh
          Mar 6, 2013

          Di deket pasar lama. Kan ada jalan kecil di sebelah air isi ulang Azisiah. Dateng ke rumah aja deh, yuk kita nge-baking bareng. :D Eh, ini Mbak apa Mas yak? 8) Tepungnya biasanya aku selalu pake 1/2 kilo. Hah? Amoniak? Itu bukannya yang buat mbikin bom? :D Kalo cakwe kayaknya ada dua bahan, bahan buat biang sama bahan campuran yang dicampurin ke biangnya. Aku juga belom pernah mbikin sih. Yuk, ke rumah ajaaaaah. Tapi sekarang aku lagi di Makassar. Pulangnya masih minggu depan. Kopdar sambil mbikin kue kita. :D

          • albert
            Mar 6, 2013

            Hahaha…untung aku belum pake amoniaknya, kalo udah mungkin meledak2 waktu di goreng. Hahaha… :lol:

            Panggil mas ato nama aja juga boleh..Tp kayaknya nama aja biar lebih enak.. :-P

            Ok2..Sip..aku tunggu kedatangannya ya..Hehe… Oya, pengguna blackberry? kalo ada pin nya tolong di email’kan ya…

            Sebelumnya terima kasih banyak buat info2nya bikin roti.. :D

  8. warm
    Feb 3, 2013

    saya penasaran bikin roti gak pernah bagus hasilnya :cry:
    makasih ini postingannya sungguh mencerahkan, apalagi kalo dapet bagian sebiji gitu kirim kesini *lah*

    • octanh
      Feb 4, 2013

      Hah? Bapak-bapak suka baking juga? Udah abis rotinya, Mas Warm. Gak bertahan lama mbikin beginian. Keluar dari oven langsung diserbu…. :D

      • warm
        Feb 5, 2013

        asik sih kalo bikin makanan trus enak :-P

        skarang mentok bikin donat aja tiap hari hehehe
        dan sunggu saya penasaran bikin roti gak pernah sukses, bikin brownies jg blm berhasil, mohon bimbingannya kakak :T.T:

  9. Tita Okti
    Jan 18, 2013

    mba Octa..itu ngaduknya pake mixer khusus buat roti ya? hiks..hiks..aku gak punya..cuma punya mixer biasa buat cake.. jadi klo bikin roti ngaduknya pake tangan.. :T.T:

    • octanh
      Jan 18, 2013

      Gak, Mbak Tita. Aku pake mixer biasa yang merek Philips. Pake adukan spiral yang khusus buat roti. Emang ngaduknya gak bisa banyak-banyak sih, maksimal 1/2 kg tepung kalo gak mixer-nya keberatan. Tapi hasilnya bagus kok. :D

  10. yinie
    Jan 17, 2013

    enaaaaaaaaaaaaaaak deh kayaknya…pengen nyoba…thx for sahring mbaaak :cutesmile:

    • octanh
      Jan 18, 2013

      Ayo dicoba. Gak susah kok mbuatnya. :D

  11. Matris
    Jan 14, 2013

    eh itu serbet yang ada gambar kokinya baguss… #salahfokus..

    • octanh
      Jan 14, 2013

      Entuh serbet boleh beli di Hero…. :D *malah ngiklan*

  12. Junita Sari Siregar
    Jan 13, 2013

    Wah, udah pake kamera baru niy nampaknya

    • octanh
      Jan 13, 2013

      Iya, Mbak Junita. Cumanya karena ujan deres mulu hampir tiap hari, saya jadi gak bisa sering-sering belajar moto. :cry:

  13. sri komarudin
    Jan 12, 2013

    enak banget nih rotinya, btw fotonya bagus mbak :)

    • octanh
      Jan 13, 2013

      Makasih. Iya, enak Maaaaak! Sebenernya berasa lebih enak daripada beli soalnya gak merasa bersalah gitu. Heheee…. Makan banyak pun masih sesuai budget karena roti dua loyang hasil mbikin sendiri harganya sama kayak beli enam potong di toko kue terkenal. :D

  14. Milo
    Jan 12, 2013

    Nggak pengen ngirimin saya roti, mbak?

    • octanh
      Jan 13, 2013

      Ini anak pikirannya makanaaaaaaaaan mulu. :D Sini-sini, tak bikinin roti berloyang-loyang. :lol:

Trackbacks/Pingbacks

  1. .: Nieke :. Recipe: Roti Isi Aneka Rasa - […] nemu blognya mba Octa yang juga sama-sama member KEB. Aku liat dari postingannya mba Octa tentang Butter Bread …
  2. Mini Tempe Burger | My Cuisine - [...] kemaren saya udah niat sih pengen bikin burger mini. Pas saya buat butter bread, saya sisain setengah adonannya untuk …
  3. #135: Resep Roti Manis | My Cuisine - [...] Buat manteman yang mau resep roti dengan butter, bisa dilihat di sini. Rotinya lebih lembut dan [...]
  4. Roti Manis | My Cuisine - [...] Buat manteman yang mau resep roti dengan butter, bisa dilihat di sini. Rotinya lebih lembut dan [...]
  5. Roti Manis | My Cuisine - [...] Buat manteman yang mau resep roti dengan butter, bisa dilihat di sini. Rotinya lebih lembut dan [...]
  6. #135: Resep Roti Manis|Octaviani Nurhasanah - [...] Buat manteman yang mau resep roti dengan butter, bisa dilihat di sini. Rotinya lebih lembut dan [...]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)