#204: Rawat Kecantikan Kulitmu dengan Citra Night Whitening di Malam Hari

Dibaca 10,674 kali

Gambar dipinjam dari sini

Beautiful skin isn’t always healthy—however healthy skin is always beautiful. (Dr. Hauschka)

Ketika saya remaja dulu (kesannya sekarang saya udah tua banget yak :lol: ), saya tidak terlalu merawat kulit saya. Saya merasa bahwa urusan rawat-merawat kulit ini kelihatan terlalu “ganjen” untuk umur saya yang masih belasan, selain itu saya juga tidak terlalu menganggap serius tentang perawatan kulit—apalagi perawatan kulit tubuh. Saya merasa kulit saya baik-baik saja walaupun saya banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan langsung terpapar sinar matahari. Tapi masuk ke usia duapuluhan, saya mulai merasa bahwa saya harus melakukan sesuatu agar kulit saya tetap terawat dan kalau bisa kelihatan halus dan mulus.

Keinginan merawat kulit itu datang ketika saya melihat teman-teman seusia saya kulitnya bagus dan terawat. Tidak seperti saya yang kulitnya kering. Mereka memang sudah sejak beranjak remaja mulai merawat kulit, tidak seperti saya … yang males-malesan. :T.T:

Saya bahkan baru mengetahui kalau kulit saya kering setelah salah seorang teman saya ngasih tahu. Sebelumnya saya malah mengira kalau kulit saya ini normal dan oke (kepedean). Kulit kering ini tidak bisa dibiarkan lama-lama tanpa tindakan apapun karena bisa membuat kulit saya lebih cepat menua dibandingkan dengan kondisi kulit lainnya (normal dan berminyak). Saya tidak mau jadi cepat keriput…. :cry:

Membayangkan kulit saya penampakannya kayak baju yang belom diseterika itu … horor!

Waktu saya bertemu dengan Ibu dari salah seorang teman saya yang usianya menjelang lima puluhan tapi kelihatan seperti baru tiga puluhan (saya gak boong, beneran keliatan jauuuh lebih muda dibanding umurnya), saya kaget bok. Tapi saya gak kaget sih pas dikasih tahu kalau Ibu ini sudah mulai merawat kulitnya sejak usia belasan. Perawatannya pun bervariasi dari mulai dari body lotion seperti yang biasa kita pakai sekarang sampai ke perawatan tradisional dengan masker alami. Kulitnya benar-benar bagus dan kulit yang bagus itu ternyata membuat kita kelihatan jauh lebih muda. Saya jadi ngiri…. Saya juga pengen kayak gitu…. :T.T:

Setelah tanya sana-sini, saya pun mulai memutuskan untuk—latihan—memakai body lotion. Sebenarnya body lotion tidak hanya berfungsi untuk membantu melembabkan kulit, kalau ada SPF (Sun Protector Factor), bisa membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Bisa bikin kulit gak gosong kalau kelamaan panas-panasan. Tapi memang fungsi melembabkan itulah yang paling saya butuhkan. Body lotion yang pertama kali saya pakai itu merek Citra yang tutupnya warna coklat dan bentuknya seperti bengkoang. Ada yang masih inget?

Sebelum kita lanjut ngomongin body lotion, fungsi, dan tentang pentingnya perawatan kulit tubuh di malam hari untuk menyempurnakan perawatan kulit, saya pengen ngebahas dari bagian yang paling dasar dulu: tentang kulit kita. :cutesmile:

Kulit Itu Apaan Sih?

Kulit adalah organ tubuh manusia yang sangat penting karena berada di benteng pertahanan paling luar dan langsung berhadapan dengan lingkungan sekitar. Kulit mempunyai tugas untuk melindungi bagian dalam tubuh kita dari segala hal yang datang dari lingkungan luar. Masalahnya, tidak selamanya lingkungan di sekitar kita bersih dan sehat.

Gambar penampang kulit. Gambar dipinjam dari sini.

Kulit juga menjadi indikasi dari kesehatan tubuh kita. Kalau tubuh kita dalam kondisi yang sehat dan tercukupi nutrisinya, kulit akan terlihat bagus. Makanan tertentu bisa membantu kulit untuk terlihat sehat, muda, dan kenyal. Misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Tapi makanan saja tidak cukup. Perlu usaha lebih untuk membuat kulit terlihat sehat dan indah, seperti perawatan dari luar dengan menggunakan body lotion atau krim yang mengandung zat-zat yang baik untuk kulit kita.

Apa Aja Sih Masalah Kulit Kita?

Kulit menghadapi berbagai macam hal di sepanjang hari yang bisa membuatnya tampak kusam dan membuatnya menjadi kering. Kusam dan kering ini adalah masalah kulit yang banyak terjadi karena debu, asap, polusi, cahaya matahari yang langsung mengenai kulit, angin kencang, bahkan di dalam ruangan pun kulit bisa bertemu dengan penyebab lain yang bisa membuatnya menjadi kering, misalnya AC dan asap rokok.

Kelenjar sebaceous yang ada di bawah lapisan epidermis kulit yang tugasnya mengeluarkan minyak untuk membuat kondisi kulit menjadi lembab secara alami bisa tersumbat karena adanya kotoran (bahkan make-up) di lapisan luar yang menutupinya. Minyak yang tersumbat dan tidak bisa keluar dari kulit akan terakumulasi di pori-pori. Hal inilah yang menyebabkan jerawat. Bila ditambah dengan sel-sel kulit mati yang juga tidak dibersihkan secara berkala, minyak yang tersumbat tadi akan mengeras (atau membeku ya lebih tepatnya) dan membuat pori-pori membesar dan membuat wajah menjadi kasar dan jerawat pun bertambah parah.

Masalah jerawat, kulit kasar, kering, dan kelihatan kusam inilah yang paling banyak ditemui sehari-hari. Hal ini tidak hanya terjadi di kulit wajah lho, karena jerawat juga bisa muncul di bagian kulit yang lain seperti kulit punggung. Karena itulah kulit harus terus-menerus dibersihkan dari hal-hal yang bisa menyumbat pori-pori dan membuatnya kusam.

Salah satu penyebab yang membuat kulit kita lebih cepat jadi keriput adalah membiarkannya terpapar sinar matahari tanpa pelindung dalam waktu yang panjang. Gambar di bawah ini memperlihatkan kerusakan kulit yang terjadi bila terekspos sinar matahari (ultraviolet) terlalu lama tanpa pelindung. Lumayan menyeramkan juga. :T.T:

Ini adalah wajah seorang supir truk yang bagian kanan wajahnya terpapar sinar matahari sepanjang siang sementara bagian kirinya tidak. Bagian kanan terlihat keriput dan rusak. Sumber dari sini.

Selain Untuk Mencegah Jerawat dan Kusam, Perawatan Kulit Gunanya Buat Apaan Lagi Sih?

Merawat kulit bukan hanya untuk menghindarkannya dari masalah seperti jerawat dan kusam lho. :cutesmile:

Setiap orang tentu menginginkan kulitnya selalu tampak muda dan sehat. Bahkan kalau bisa, ketika seseorang mulai menua, kulitnya tidak ikut menua bersamanya karena kulit yang kelihatan muda dan sehat akan membuat pemiliknya terlihat jauh lebih muda dibandingkan usia yang sebenarnya. Jadi, perawatan kulit juga berguna untuk menunda penuaan yang terjadi lebih cepat pada kulit kita.

Waktu, genetik, faktor internal (seperti pola makan tidak teratur dan bahan makanan yang tidak sehat), dan faktor eksternal (seperti polusi, kualitas air yang dipakai untuk membersihkan kulit, suhu, gaya hidup yang tidak sehat, dan sebagainya), dapat membuat proses penuaan kulit malah berjalan lebih cepat dibandingkan yang seharusnya.

Jadi, jangan anggap remeh perawatan kulit. Kalau kamu gak suka pakai kosmetik, itu sih pilihan. Kosmetik kan fungsinya hanya untuk mempertegas kecantikan. Tapi perawatan kulit itu bukan pilihan, melainkan keharusan karena kulit adalah aset kecantikan yang paling penting. Merawat kulit dengan bahan-bahan tertentu, selain bisa menutrisi kulit juga bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat bisa mempertahankan kekenyalan dan kehalusannya lebih lama.

Kalau kulitmu udah halus, kenyal, dan terawat, penggunaan kosmetik apapun hanyalah komplementari saja. Kosmetik pun kalau diaplikasikan ke kulit yang rusak dan tidak sehat, jadinya bukan malah mempertegas kecantikan, tapi bisa membuat kulit terlihat lebih tidak sehat. Dengan kulit yang sehat, proses make-up itu sudah setengah berhasil lho! :cutesmile:

Pernah denger ungkapan yang mengatakan: beauty is only a skin deep? Saya setuju sama ungkapan ini. Kecantikan itu emang hanya sebatas kulit saja. Kata kuncinya: kulit. Jadi, kalau kulitnya udah cantik dan terawat, yaaa … otomatis orangnya udah keliatan cantik aja. Setidaknya kelihatan menarik karena gak kelihatan kucel dan kumel. Kalau digabungkan dengan kecantikan sikap dan hati, pasti deh kelihatan stand-out dan stunning!

Perawatan Kulitnya di Malam Hari Juga Lho! :cutesmile:

Perawatan yang saya maksudkan bukan hanya selama siang hari—seperti yang biasa kita lakukan, tapi juga di malam hari. Fungsi perawatannya pun beda. Kalau perawatan di siang hari gunanya untuk menjaga kulit dari semua hal yang bisa merusaknya, terutama sinar UV. Perawatan kulit di malam hari gunanya untuk mengembalikan kekenyalan, kehalusan, dan kesehatannya. Teman-teman pasti sudah terbiasa menggunakan krim malam dan krim siang itu di wajah kan? Wajah memang selalu saja menjadi fokus perawatan kulit kita. Memang sih, kulit wajah itu penting. Tapi jangan lupa, kulit tubuh pun juga sama pentingnya. Jadi, perlakuan yang sama juga selayaknya diterapkan pada kulit tubuh kita ya, teman-teman. Kulit wajah yang halus dan mulus dan kelihatan jadi aneh juga kalau ternyata kulit tubuhnya tidak terlihat begitu juga. :cutesmile:

Ketika kita tidur di malam hari, kulit melakukan regenerasi: menumbuhkan kembali sel-selnya untuk mengganti sel yang mati. Proses regenerasi kulit ini sangat penting karena sel-sel baru yang ditumbuhkan itu yang membuat kulit selalu tampak sehat dan muda.

Setiap hari, jutaan sel kulit kita mati. Sebanyak itu pulalah sel kulit yang dibutuhkan untuk mempertahankan kondisi terbaik kulit kita. Ketika proses regenerasi kulit ini terjadi di malam hari, jika kita mau melakukan usaha ekstra untuk membantunya dengan perawatan tertentu, pastinya akan membuat proses ini berjalan dengan lebih baik. Sebaliknya, kalau kita malah kurang tidur, makan makanan yang tidak sehat, dan bahkan tidur tanpa membersihkan kulit, bisa dibayangkan betapa sulitnya proses regenerasi ini terjadi. Hal ini jugalah yang membuat bahan-bahan dari produk perawatan kulit bisa menyerap dengan lebih mudah di malam hari: karena proses regenerasi kulit itu sedang berlangsung. Kita bisa mengambil kesempatan untuk memperbaiki tekstur dan kesehatan kulit di waktu ini dengan mengaplikasikan bahan yang tepat ke kulit kita agar penyerapannya maksimal.

Selain itu, perawatan kulit di malam hari ini diperlukan karena pada malam hari, kulit kita mudah kehilangan kelembabannya. Selama tidur di malam hari, kita kan gak makan dan minum. Padahal waktu tidur itu sangat panjang, sekitar 6-8 jam. Selama itulah kulit (dan tubuh kita pada umumnya) tidak mendapatkan asupan nutrisi. Membantu kulit kita dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit bisa membuat kelembabannya terjaga dan membuatnya terlihat lebih segar di pagi harinya.

Perawatan Kulit di Malam Hari? Emang Pakai Apaan?

Body lotion bisa dijadikan pilihan yang baik untuk merawat kulit tubuh di malam hari. Tapi bukan body lotion sembarang body lotion lho. Pilihlah body lotion yang memang mempunyai kandungan yang tepat untuk perawatan kulit di malam hariBody lotion yang dikhususkan untuk dipakai di siang hari itu fungsinya tentulah berbeda dengan body lotion yang seharusnya dipakai di malam hari.

Untuk perawatan kulit di malam hari, kamu gak butuh body lotion dengan SPF, misalnya. Karena kan kalau malam kamu gak perlu melindungi kulit kamu dari paparan langsung sinar matahari—karena mataharinya juga lagi bobo, sama kayak kamu. :cutesmile:

Gunakanlah produk body lotion yang mengandung bahan-bahan aktif yang bisa mengembalikan kekenyalan, kehalusan, dan kesehatan kulit kamu. Periksa juga apakah teksturnya menyerap dengan mudah dan tidak lengket. Ini penting karena produk yang baik tentu tidak akan membuat kulitmu terasa lengket dan gatal. Apalagi kamu akan tidur dalam waktu yang panjang.

Oh ya, kalau kamu punya masalah dengan kulit kering (seperti saya) penggunaan body lotion di malam hari ini banyak membantu kulit agar kelembabannya terjaga lebih lama. Bisa memperbaiki teksturnya juga karena kulit kering kan biasanya sangat rapuh dan mudah sekali terlihat kusam dan dalam kondisi yang sudah terlalu kering (ini pernah terjadi ketika saya tidak menggunakan body lotion selama beberapa hari) malah jadi gampang mengelupas ketika mengalami gesekan dengan benda lain (digaruk dengan kuku misalnya, walaupun gak kenceng tetep gampang mengelupas). :cry:

Trus, Saya Bagusnya Pakai Apa Dong?

Pakailah body lotion yang memang dikhususkan untuk perawatan kulit di malam hari seperti Citra Night Whitening body lotion. :cutesmile:

Kenapa Harus Pakai Citra Night Whitening body lotion?

Setidaknya ada tiga alasan bagus kenapa harus pakai Citra Night Whitening body lotion. Pertama karena memang diformulasikan untuk perawatan kulit di malam hari dengan bahan alami minyak biji anggur dan ekstrak mulberry. Kedua, body lotion ini bisa membantu regenerasi kulit kamu. Dan yang ketiga, body lotion ini juga membantu mencerahkan warna kulit kamu.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, body lotion untuk perawatan malam hari berbeda dengan lotion yang biasa digunakan di siang hari. Body lotion untuk perawatan di malam hari fungsinya untuk membantu kulit kita meregenerasi sel-sel kulit yang mati sehingga kulit jadi halus, tidak kusam, dan tidak cepat menua.

Alasan lainnya—dan ya, ini alasan pribadi—karena selama saya mengenal Citra, mungkin dari jaman saya SD, saya memperhatikan bahwa Citra selalu menggunakan bahan-bahan alami untuk memperkaya kandungan produknya. Misalnya saja kandungan bengkoang untuk membantu kulit tampak lebih putih di Citra Hand and Body Lotion yang terkenal itu.

Di produk keluaran Citra yang satu ini, penggunaan bahan-bahan alami itu juga menjadi alasan utama kenapa saya merekomendasikan Citra Night Whitening Body Lotion untuk perawatan kulit kamu di malam hari.

Udah pernah denger tentang khasiat minyak biji anggur dan ekstrak mulberry? Kalau belum, yuk kita bahas satu-satu. :cutesmile:

Apaan Sih Itu Minyak Biji Anggur?

Anggur (vitis vinifera) sudah lama dikenal sebagai bahan obat dan makanan yang bergizi tinggi di kebudayaan China selama ribuan tahun. Kebudayaan Mesir Kuno mulai menambahkan anggur ke menu makanan mereka setidaknya sejak enam ribu tahun yang lalu. Di Kebudayaan Yunani, para filosof memuji anggur sebagai makanan yang punya daya penyembuh (biasanya anggur yang dimaksudkan sudah dalam bentuk minuman).

Anggur hitam. Gambar dipinjam dari sini.

Daun anggur digunakan untuk menghentikan pendarahan, inflamasi, dan mengurangi rasa sakit. Anggur yang setengah matang digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, dan anggur kering (raisin atau kismis) digunakan untuk mengurangi konstipasi.

Anggur sudah sangat lama terkenal sebagai bahan makanan dan obat di berbagai kebudayaan yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Pernah dengar “French Paradox”? Ini adalah istilah yang diberikan untuk kepercayaan orang-orang Perancis bahwa minum anggur setiap hari bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung karena anggur mempunyai kandungan flavonoid yang bisa mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah. Tapi anggur yang mereka maksudkan itu bukan anggur yang masih berupa buah lho ya, tapi wine. :cutesmile:

Lalu, Kenapa yang Digunakan Itu Minyak dari Biji Anggurnya? Bukan Daging Buah Anggurnya Sendiri? :?:

Dari sekian banyak khasiat anggur—di daun dan buahnya—ternyata yang paling baik untuk kulit adalah minyak yang dibuat dari bijinya. Minyak biji anggur ini mengandung oligomeric proanthocyanidins (atau yang biasa disingkat dengan OPC) dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan yang ditemukan di daging buah atau di daunnya. OPC ini adalah sejenis antioksidan yang bisa menstabilkan produksi kolagen di kulit dan merawat elastisitas kulit kita. OPC yang terdapat di minyak biji anggur ini bekerja lebih baik dibandingkan yang terdapat di vitamin C dan E.

Minyak biji anggur. Gambar dipinjam dari sini.

Kandungan yang ada di minyak biji anggur yang lainnya:

-          Linoleic acid (69,6%)

-          Oleic acid (15,8%)

-          Palmitic acid (7%)

-          Stearic acid (4%)

Linoleic acid adalah sejenis asam lemak Omega 6 yang banyak ditemui di berbagai jenis minyak tumbuhan seperti minyak zaitun, dan minyak biji bunga matahari. Kegunaan linoleic acid ini adalah untuk merawat kelembaban kulit dan membantu merawat kehalusan kulit. Fungsi lainnya adalah sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Linoleic acid ini (yang menjadi komponen utama penyusun minyak biji anggur) sudah digunakan selama ribuan tahun untuk merawat kulit kering.

Minyak biji anggur ini mengandung linoleic acid dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan jenis minyak lain yang biasa digunakan untuk perawatan kulit, misalnya minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari.

Apaan sih itu Mulberry?

Kamu tahu ulat sutera yang kepompongnya dijadikan bahan baku pembuatan kain sutera? Tahu kan. :cutesmile: Nah, mulberry ini daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera itu. Di Indonesia, kita lebih mengenalnya dengan nama daun murbei. Buah mulberry ini ada yang hitam, merah, dan putih. Yang paling mudah ditemukan sih yang merah dan hitam. :cutesmile:

Buah mulberry merah. Gambar dipinjam dari sini.

Kalau ulat sutera aja bisa memproduksi bahan untuk kain sutera yang begitu halus dengan memakan daun mulberry, apalagi kalau buahnya dipakai untuk perawatan kulit kita ya? *mengkhayal sendiri* *abaikan*

Segala jenis berry, baik itu strawberry, blueberry, blackberry, gooseberry, huckleberry (yang suka baca buku pasti pernah denger novel yang judulnya The Adventure of Huckleberry Finn—yak huckleberry-nya itu diambil dari nama buah), blackberry, raspberry, dan jenis berries lainnya memang bagus untuk kulit kita.

Mulberry kaya akan vitamin A, potassium, fosfor, dan kalsium sehingga konsumsi mulberry memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita—begitu pun dengan konsumsi jenis berries yang lain. Pernah dengar teh murbai? Teh murbai ini seperti teh biasa yang dibuat dengan cara menyeduh daun murbai yang sudah dikeringkan dengan air panas. Teh murbai biasa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit ringan seperti pilek, demam, dan sakit tenggorokan.

Tapi khusus untuk perawatan kulit, mulberry mengandung antioksidan lebih banyak dibanding jenis berries lainya. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuh kita. Antioksidan yang ada di mulberry bisa mengurangi bintik-bintik hitam di kulit dan mencerahkan kulit dengan cara mengatur kadar melaninnya.

Di kebudayaan China Kuno, daun mulberry ditambahkan ke dalam air hangat untuk mandi. Gunanya untuk membuka pori-pori sehingga kulit bisa mengalami proses detoksifikasi ketika proses mandi berlangsung.

Buah mulberry hitam. Gambar dipinjam dari sini.

Kandungan mulberry dalam Citra Night Whitening inilah yang membuatnya bisa mencerahkan kulit tubuh kita. Ditambah dengan kandungan linoleic acid yang sangat kaya dalam minyak biji anggur, membuat Citra Night Whitening menjadi pilihan body lotion yang baik untuk membantu proses regenerasi kulit di malam hari sekaligus mencerahkannya dengan kandungan alami ekstrak mulberry.

Terakhir, Half of Your Skin Care Success is in How You Apply the Products!

Menggunakan produk yang bagus saja tidak cukup. Pengetahun tentang bagaimana menggunakan produknya juga penting karena itu bisa mempengaruhi bagaimana produknya bekerja. Kan sayang kalau punya produk yang bagus tapi karena cara pemakaian yang salah malah membuatnya menjadi tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Hal pertama yang perlu diketahui tentang Citra Night Whitening ini adalah produknya berbentuk body lotionBody lotion ini diaplikasikan langsung ke permukaan kulit kita. Salah satu hal yang mempengaruhi kerja body lotion ini adalah bagaimana kondisi kulit kita ketika produk itu digunakan. Berikut akan saya berikan tips bagaimana menggunakan lotion agar daya kerja body lotion-nya menjadi maksimal. :cutesmile:

Pertama, bersihkan kulit sebelum menggunakan body lotion agar kulit bisa menyerap body lotion-nya dengan lebih baik. Untuk perawatan kulit di malam hari, ada baiknya body lotion yang kamu pakai diaplikasikan sesaat setelah kamu mandi. Mandi dengan air hangat sepulang kerja bukan hanya bisa meredakan kepenatan dan membuat tubuh lebih rileks, tapi juga bisa membuka pori-pori kulit lebih besar sehingga ketika body lotion dioleskan ke kulit, hasilnya akan lebih maksimal. Setelah itu, kamu bisa bersantai sambil menunggu waktu tidur. :cutesmile:

Kedua, gunakan body lotion ketika kulit kamu lembab. Ini juga salah satu alasan kenapa sebaiknya kamu mengoleskan body lotion ke kulit kamu sesaat setelah kamu mandi karena kondisi kulit setelah mandi jadi lebih lembab. Kulit yang lembab lebih mudah menyerap body lotion dan juga zat-zat aktif di dalamnya dibandingkan kulit yang kering.

Ketiga, kulit yang dalam kondisi hangat bisa menyerap produk dengan lebih baik. Kalau kamu males mau mandi pakai air hangat, gunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan sekaligus membuat kulit kamu lebih hangat. Setelah itu baru oleskan body lotion ke kulit.

Kamu pasti pernah liat MUA (Make Up Artist) yang meletakkan foundation di punggung tangan mereka sebelum diaplikasikan ke wajah kan? Prinsipnya juga sama dengan ini. Mereka melakukan itu untuk—selain untuk mengira-ngira jumlah produk yang akan digunakan—juga untuk menghangatkannya dengan bantuan panas tubuhnya. Dalam kondisi produk yang hangat, hasilnya akan menyerap dengan lebih baik dan lebih rata. Walaupun kalau dilihat-lihat, prosesnya memang jadi lebih repot. :cutesmile:

Keempat, menghilangkan kulit mati secara berkala bisa membantu penyerapan produk skincare dengan lebih baik. Bagian luar kulit yang dinamakan stratum corneum, yang memang terbentuk dari sel-sel kulit mati yang kering bila dibiarkan menjadi terlalu tebal akan membuat penyerapan lotion menjadi terganggu dan sulit. Menghilangkan lapisan ini bisa dengan luluran atau dengan scrubbing secara berkala.

Kelima, jangan buru-buru mengganti produk perawatan kulit kalau hasilnya belum kelihatan. Masa hidup sel kulit kita itu sekitar 30 hari. Ketika kita menggunakan produk perawatan kulit, hasilnya tidak akan langsung terlihat dalam waktu beberapa hari saja. Setidaknya, perhatikanlah perubahan yang terjadi setelah 30 hari karena sel-sel kulit kita sudah berganti dengan yang baru dan kalau produknya memang bekerja dengan baik di kulit kita, hasilnya akan terlihat di sel-sel baru yang baru terbentuk ini. Jadi memang wajar kalau produk perawatan kulit apapun hasilnya memang baru akan terlihat ketika menginjak bulan kedua dan seterusnya. Produk yang mengklaim bisa menampakkan hasil kurang dari 30 hari (atau kurang dari panjang waktu siklus pergantian sel-sel kulit kita) sebaiknya diwaspadai karena bisa saja malah merusak kulit karena kandungannya yang berbahaya atau terlalu keras. :cutesmile:

Trus, Mulai Usia Berapa Sebaiknya Saya Mulai Merawat Kulit?

Kalau sekarang kamu sudah berusia kepala dua menjelang kepala tiga seperti saya dan baru saja punya niat buat memulai merawat kulit, sebenarnya itu sudah terlambat. Kulit kita mulai kehilangan daya regenerasinya ketika kita mulai masuk ke usia tiga puluhan. Merawat kulit jauuuh … sebelum usia tigapuluhan bisa membuatnya lebih siap menghadapi penurunan daya regenerasi ini. Penurunan daya regenerasi ini ditandai dengan kekenyalan kulit yang berkurang, kulit menjadi lebih kering, kasar, dan kusam.

Merawat kulit itu ibarat investasi. Kamu gak bisa menuntut hasil yang cepat karena efeknya baru akan terasa bertahun-tahun kemudian. Ketika kulit kamu sudah masuk fase dimana seharusnya dia mulai menua, dengan perawatan teratur jauh sebelum masa itu datang, fase penuaan ini akan tertunda. Kalau kamu menggunakan body lotion, efek yang langsung terasa ya paling lembab, nyaman, kenyalnya saja. Tapi, efek penundaan penuaan itu akan kamu rasakan setidaknya sepuluh tahun dari sekarang. Dan kalau masa itu datang, percayalah, kamu akan bersyukur kalau kamu sudah mulai merawat kulit mulai dari hari ini, sejak kamu masih sangat muda. :cutesmile:

Jadi, jangan menunda untuk merawat kulitmu ya. Kulit itu aset kecantikan yang paling penting, yang bisa membuat kamu terlihat cantik dan muda lebih lama….

Jadi, Yakin Mau Pakai Citra Night Whitening?

Yakin dong. :cutesmile:

Selain karena produknya yang dibuat dari bahan-bahan alami, saya juga suka dengan filosofi Citra untuk mengangkat warisan budaya Indonesia untuk dijadikan inspirasi produknya. Misalnya saja produk body lotion mangir yang dibuat dari resep mangir yang merupakan perawatan tubuh turun-menurun di kebudayaan Jawa. Atau ketika Citra membuat body lotion dengan menggunakan sari bengkoang yang juga merupakan resep perawatan tubuh khas Indonesia. Saya masih ingat ketika nenek saya merawat kulit tubuhnya dengan menggunakan bengkoang yang diparut dan diperas airnya.

Menggunakan bahan-bahan alami yang diinspirasikan dari kekayaan budaya dan alam Indonesia membuat Citra memang mencitrakan kecantikan perempuan Indonesia. Perempuan Indonesia punya prinsip kecantikan yang berbeda dengan perempuan dari kebudayaan lain. Di Indonesia, cantik itu adalah kulit yang putih atau kuning langsat dan halus, dipadukan dengan kecantikan hati dan sikap. Citra pun menginspirasikan hal ini kepada perempuan Indonesia modern dengan program Rumah Cantik Citra-nya. Pernah denger kan program ini?

Rumah Cantik Citra di Surabaya. Gambar dipinjam dari sini.

Rumah Cantik Citra menyediakan perawatan kulit dengan hanya membeli produk Citra saja. Jadi perawatan kulitnya bisa dibilang gratis. Perawatan yang ditawarkan pun bermacam-macam, dari mulai pijat tangan dan kaki, pijat tubuh, body scrub, dan pijat wajah dengan menggunakan produk Citra.

Baik kan, Citra? :cutesmile:

Oh ya, Citra Night Whitening ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Jadi, apapun jenis kulit kamu, Citra Night Whitening ini cocok untuk kulit kamu.

Hal terakhir yang membuat saya memilih Citra adalah: harganya yang terjangkau dan produknya yang mudah didapat.

Citra yang sudah lebih dari 20 tahun menginspirasikan perawatan kulit untuk perempuan Indonesia ini bisa didapatkan dimana saja, termasuk warung dekat rumah saya. Gak jauh-jauh…. :cutesmile:

 

Review Produk

Beberapa hari yang lalu, saya menemukan produk Citra Night Whitening ini ketika berbelanja di toko dekat rumah. Karena tempat tinggal saya terpencil (di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan), saya pikir saya harus menunggu lama sampai produk ini sampai ke tempat saya. Apalagi Citra Night Whitening ini produk baru. :T.T:

Saya seneng banget pas nemu produk ini dan langsung mencobanya di rumah. Memang membuat kulit lembab dan ketika bangun tidur, kulit saya memang terasa lebih kenyal. Setelah mandi pun kenyalnya masih terasa.

Bentuk kemasannya baru.

Yang saya kurang suka adalah desain kemasan baru ini yang tutupnya sepertinya ringkih dan (kalau gak hati-hati) kayaknya bakalan gampang patah. :cry:

Desain tutupnya agak bikin ngeri. Kalo gak hati-hati kayaknya bisa gampang patah.

Teksturnya sendiri ringan dan mudah menyerap. Gak bikin kulit kita gerah walaupun dibawa tidur semaleman. Saya juga sangat suka wanginya yang menenangkan. (Walaupun jagoan wangi di produk Citra menurut saya masih dipegang sama Citra Body Scrub yang Green Tea yang wanginya agak-agak kayak jambu kelutuk.) :cutesmile:

Tesksturnya ringan dan gampang menyerap.

Saya lupa harganya berapa…. :T.T: Belinya bareng-bareng sama belanjaan lain, jadi lupa harganya berapa.

Bahan-bahannya bisa dilihat. Klik kalau kurang besar ya…. :cutesmile:

Nah manteman, sampai di sini dulu ya tulisan saya. Jangan lupa untuk merawat kulitmu malam ini. Dan ingat kata Tyra Banks: the most important item in your make up bag is a good night’s sleep.

Selain perawatan di malam hari, kamu juga harus cukup tidur, makan makanan yang bergizi, dan pula pola hidup yang baik. :cutesmile:

Dan jangan lupa: smile! :cutesmile:

Because smile will luminize and enhance your real beauty.

Makasih sudah membaca.  You’re all pretty inside-out. :cutesmile:

Sumber:

Tentang bahan-bahan dalam kosmetik.

Tentang manfaat minyak biji anggur.

Tentang jenis-jenis berries.

Tentang mulberry dalam perawatan kulit.

Tentang minyak biji anggur.

Tentang minyak biji anggur dan penggunaannya secara medis.

Tentang cara pemakaian lotion.

Tentang penggunaan mulberry untuk perawatan kulit (history and origin).

Tentang perawatan kulit di malam hari.

Tentang Citra Night Whitening.

2 Comments

  1. fera
    Feb 14, 2013

    seneng bgt sis… kl sis pasang icon mewek ( :T.T: )
    kesan nya yg baca sis bener2 kesiksa sm kulit yg sensisitif huwahahahaha… piss mba
    info kali ini buagus bgt… kirain kl udah malam g usah dirawat jg gpp ternyata :T.T: :T.T:
    kulitku juga kering buanget mba.. dulu temen jg pernah bilang kl bisa cr product yg aman buat kulit kering kesian kl masih muda tp udah kliatan sedikit lebih tua (sedikit aja) dr usia :T.T:
    nice info mba :siul:

    • octanh
      Feb 14, 2013

      Sama-sama. :D

      Kalo kering-ring-ring banget, bisa dicampurin pake minyak zaitun. Tapi baunya kayak salad gitu sih minyak zaitun itu….

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: