#206: Resep Udang Goreng Tepung

Dibaca 7,910 kali

IMG_0626judulkompres

Halo manteman…. *melambai-lambai* :cutesmile:

Hari ini saya ke pasar tapi di sana pilihan sayuran masih terbatas. Ini karena jadwal penyeberangan ferry yang membawa sayuran dari daratan Sulawesi ke Kepulauan Selayar masih terganggu cuaca buruk. Jadi, saya beli seafood deh. :D

Salah satu yang saya beli itu: udang.

Murah lho udangnya. Satu kilogramnya Rp. 50.000,-. Ini udang seger yang baru diambil dari tambak lho paginya (menurut yang jual sih gitu). Ukurannya juga besar-besar. Saya memasak udang ini menjadi udang goreng tepung. Hehe, standar banget ya? :D Abisnya saya udah kelaparan gitu. Mau diolah yang rada ribet, misalnya bikin gulai udang atau udang balado, saya udah gak tahan kayaknya. Perut udah menangis-merintih…. :cry:

Udang goreng tepung ini kesukaan Tuan Sinung sama anak-anak juga. Tapi, saya pisahkan udangnya sedikit untuk buat sop. Yah, udang sekilo kan banyaaaak….

Saya mau bagi-bagi resepnya. Sebenernya, resep udang goreng tepung ini tuh gampang banget dan udah banyak yang tau pastinya. Cumannya, berhubung tadi saya rajin gitu moto-moto udangnya, trus fotonya kayaknya kok ya lumayan enak dipandang, jadinya saya bikin post resep ini deh. Mejengin foto doang kan kayaknya kurang sopan gitu yak. Jadi buat sopan-sopan, saya tulis resepnya juga. :D

IMG_0622kompres

Yuk ah, langsung sajah!

BAHAN:

1. Udang. Penggal kepalanya, kuliti. Sisain ekornya ya. Saya cuman pakai 2/3 kilogram udang.

IMG_0605kompres

Udang segar mempesona yang sudah digarami.

2. Garam. Setelah udangnya dikuliti, langsung kasih garam ya. Secukupnya saja, sesuai selera. Kalau mau, bisa pakai merica juga. Tapi saya gak pake soalnya anak-anak ikut makan. :cutesmile:

3. Satu butir telur dikocok lepas.

4. Tepung terigu, yaaaa … 2 sendok makan cukup kali yak.

5. Tepung roti secukupnya. Tepung roti yang saya pakai merek Mama Suka.

IMG_0610kompres

Tepung rotinya ditaroh di piring aja biar gampang proses ngebalurinnya.

CARA MEMBUAT:

1. Ambil udang yang sudah digarami, baluri dengan tepung terigu. Karena udangnya basah, tepung terigunya bakalan nempel.

2. Setelah itu, masukkan ke kocokan telur. Pastikan telurnya rata ya di badan udangnya.

3. Setelah itu, gulingkan di tepung roti.

IMG_0611kompres

Begini penampakan si udang yang udah digulingin di tepung roti.

4. Goreng di minyak panas dengan api sedang. Kalau apinya kegedean, matangnya gak merata dan warnanya jadi gak cerah. Angkat. Tiriskan. Sajikan. :cutesmile:

Gampang kan, yak? :D

Oh ya, kalau mau hasilnya bagus, jangan menyimpan udang yang sudah dibaluri tepung untuk dimasak kemudian. Kalau bisa, abis dibalurin tepung langsung digoreng biar hasilnya garing dan bagus.

IMG_0630kompres

Udang ini tinggal kenangan. Pas saya nulis post ini, udangnya udah abis. :cry:

Pelengkapnya bisa dengan saos sambal botolan atau dengan sambel rebus. Saya lebih suka pake sambel rebus soalnya rasanya lebih seger dan lebih enak. Kapan-kapan saya tulis resepnya ya. Sekarang saya mau balik masak lagi.

Talk to you later.

Buh bye. :cutesmile:

*menghilang di balik pintu dapur*

Update:

Pertanyaan dari Memy:

Ta, kok aku coba pas langsung masukin minyak jadi hitam dan udang dalamnya masih basah? Rahasia nya dong.

Jawaban si Octa:

Api kompornya kegedean gak itu, Memy Irwan? Apinya jangan gede-gede. Kecil aja. Trus minyaknya agak dibanyakin biar pas masuk udangnya ngambang di minyak. Kalo udangnya kena dasar penggorengannya, dia jadi kecepetan matengnya. Trus lagi, itu minyak setiap kali abis goreng satu kloter udang, langsung disaring sisa remah tepung rotinya pake saringan kawat (yang biasa buat ngayak gula halus kalo bikin kue). Kalo gak disaring, sisa remahnya itu bakalan lengket ke udang yang baru trus mbikin udangnya jadi ada totol-totol item gitu. Gorengnya gak lama lho ini. Diangkat dari penggorengannya pas warnanya belom ke kuning gambar yang di atas itu. Menjelang kuning gitu deh, sebaiknya udah diangkat. Soalnya pas sampe luar, proses pematangan itu kan masih berlangsung. Teori ini juga dipake waktu kita goreng bawang buat bikin bawang goreng. Itu doang sih tipsnya. :D

8 Comments

  1. Lobstar
    Nov 13, 2014

    Jika membutuhkan komoditi Gurita atau Lobster, silahkan hubungi kami.
    Saat ini kami menyuplai untuk restaurant, cafe dan konsumsi pribadi.

    085707105679, 087851343104, 013-72969303

  2. fitriakur
    Jan 24, 2013

    waah..samaan ni mbak, aku kmrn juga masak ini, cm krn ga ada tepung roti, di ruamh adanya q*aker oat, jadi tepung rotinya aku ganti itu,..agak2 mirip lah.. :D
    cm kok ya pas udah mateng gitu, kulitnya ga bgtu nempel ya mba, alias gampang lepas dr udangnya?

    • octanh
      Jan 25, 2013

      Hmmm…. Bisa ya pake oatmeal. Mungkin telornya gak rata kali. Aku juga gak paham. Hiks. Itu oatmeal dipake buat scrubbing juga bisa. Biar kulitnya sehat. *malah ngomongin yang laen. :D

  3. Lusi
    Jan 19, 2013

    Pantesan aku bikin cuma pake telor & tepung hasilnya gak crispy :T.T: . Mau coba ini ah :D

    • octanh
      Jan 22, 2013

      Saya malah belom pernah nyoba yang tepung sama telor doang, Mak Lusi…. :T.T:

  4. Ika Rahma
    Jan 19, 2013

    Mantab berattttsss…. udah langsung kece ajah fotonya. Sukaaaaa…. apalagi foto yg udang ditumpuk ituh :ngiler:

    • octanh
      Jan 19, 2013

      Masih bingung ama komposisinya, Mbak Ika. Belum punya segala pernik lucu yang bisa dipake buat mbikin fotonya jadi cantik pula. Jadi yaaa … pake apapun yang ketemu di dapur deh. :D

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sup Rempah Udang Sayuran | My Cuisine - [...] Ho-oh. Saya pakai kapulaga, kayumanis, pekak, dan cengkeh untuk campuran kuahnya. Kaldunya sendiri saya buat dari kepala dan kulit …

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)