#207: Resep Sup Rempah Udang Sayuran

Dibaca 2,480 kali

IMG_0641coverkompres

Nge-post resep yang kedua untuk hari ini gapapa kali yak? :D Mumpung ada waktu buat nulis. Kalo weekdays gitu kadang saya susah banget buat nulis. Si Thaariq kalo liat laptop nyala matanya langsung melotot trus merangkak-rangkak mendekati laptop dengan ceria. :cry:

Jadi, untuk makan siang, saya buat sop rempah udang dan sayuran.

Beneran Pake Rempah Gitu? :?:

Ho-oh. Saya pakai kapulaga, kayumanis, pekak, dan cengkeh untuk campuran kuahnya. Kaldunya sendiri saya buat dari kepala dan kulit udang yang tadi pagi dibuat udang goreng tepung.

Ini juga pertama kali saya membuat kaldu udang. Enak juga ya rasanya. Beda gitu kesannya sama kaldu ayam dan kaldu sapi. Kalau masak sup pakai kaldu sapi, saya selalu keingetan rasa kuah bakso. :cutesmile:

IMG_0640kompres

Kaldunya bening dan rasanya enak!

Langsung aja ke resepnya ya.

BAHAN KALDU:

Kulit dan kepala udang yang sudah dicuci bersih dan dikeluarkan kotorannya. Kadang di kepala udang kan suka ada kotoran udangnya tuh, saya pencetin biar keluar. :D

CARA MEMBUAT KALDU:

Rebus kulit dan kepala udang dengan 2 liter air di api kecil. Tutup pancinya dan tunggu sampai airnya tinggal setengah. Setelah itu matikan dan saring kaldunya.

BAHAN BUMBU SUP:

1. Bawang putih 4 siung.

2. Merica 1/2 sendok teh.

3. Kapulaga 2 buah.

4. Kayu manis 5 cm.

5. Pekak 2 buah.

6. Cengkeh 4 buah.

Semua rempah dalam resep ini gunanya untuk memberikan tambahan rasa dan aroma. Kalau tidak ada atau tidak suka, bisa di-skip aja. :cutesmile:

CARA MEMBUAT BUMBU SUP:

Haluskan bawang putih dan merica. Saya menghaluskannya dengan blender biar cepet.

BAHAN ISI SUP:

1. Udang 1/3 kg. Kupas kulit dan potong kepalanya.

2. Kentang 4 buah ukuran sedang.

3. Wortel 3 buah ukuran sedang.

4. Kol 1/4 ukuran sedang (pas di pasar, ditimbang beratnya 0,8 kg)

5. Seledri dan daun bawang.

6. Tomat satu buah ukuran besar.

7. Penyedap rasa (kalau suka).

8. Garam secukupnya.

IMG_0644kompres

Tomat, seledri, dan daun bawang dimasukkan paling terakhir agar tetap segar.

CARA MEMBUAT SUP:

1. Tambahkan satu liter air ke dalam kaldu udang, rebus hingga mendidih. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan rempah-rempahnya (kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan pekak). Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap (kalau suka). Tapi kata saya mah, kaldunya aja udah gurih banget gitu. Gak pake penyedap juga udah enak. :D

2. Setelah mendidih, masukkan wortel dan kentang. Tunggu sampai sayuran melunak.

3. Masukkan kol. Tunggu sebentar lalu matikan apinya.

4. Masukkan potongan seledri dan daun bawang. Tambahkan juga potongan tomat.

5. Sajikan hangat.

Gampang kan, manteman? :D

Talk to you later.

Buh-bye. :cutesmile:

7 Comments

  1. rr endang
    Feb 8, 2014

    mb, tambahi taburan bawang merah goreng, sambelnya sambel bawang…..:)

  2. rr endang
    Feb 8, 2014

    mb, ditaburi bawang merah goreng biar lebih sedap….sambelnya sambel bawang aja………….:)

    • octanh
      Mar 4, 2014

      Hiks. Capek bikin bawang gorengnyaaaa…. *nangis*

  3. rahma
    Jul 17, 2013

    mbak yg buat kaldu airnya banyak yak,lau udangnya 1/4 airnya brp L
    :oops:

    • octanh
      Jul 19, 2013

      Bisa 2-3 liter, Mbak Rahma. Saya juga biasa pake dikit gitu udangnya…. :D

  4. fitriakur
    Jan 24, 2013

    mba, minta penampakan kapulaga sama pekak dooong…. :D (takut salah bahan)

    • octanh
      Jan 25, 2013

      Nanti aku coba potoin ya. Itu yang coklat yang kayak bunga di atas sopnya (bareng ama kayu manis) itu yang pekak. Ibuku pernah ngomong nama laennya, tapi aku lupa. *pikunan* :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)