#208: Resep Balado Telur (Anyang Telur)

Dibaca 3,856 kali

BaladoTelurEdit

Saya gak ke pasaaaaaaaaar! Aaaaaaaaaaaaargh!

*membuka post dengan mengeluh*

Kulkas kosong melompong gitu. Gak ada apa-apaan. Padahal ada Tuan Sinung dan anak-anak yang harus dimasakin makanan buat makan siang. :cry:

Tapi saya liat di pojokan masih ada telur satu rak. Di tempat saya ini, telur dijual per rak. Satu rak isinya 30 telur. Beda sama di Jakarta yang dikilo. Jadi, saya masak balado telur aja yang gampang, cepat, dan semua suka. Khusus buat anak-anak, ini jadinya cuman telur ceplok aja sih. Mereka gak makan sambal.

Ada beberapa orang yang menanyakan kenapa rasa sambel dari balado telur saya beda sama mereka (kalo mereka bikin). Sebenernya gak ada rahasia sih. Bumbunya saya kira semua udah tau. Tapinya, cara masak sambel ala saya emang agak beda sama masak sambel kebanyakan. Cara masak sambel ini saya pelajari dari Ibu saya. Kata beliau sih dengan cara ini sambelnya bakalan berasa lebih enak dan ternyata bener! :cutesmile:

BAHAN:

1. Telur 8 buah. Terserah kamu sih maunya berapa. Heheee. :D

2. Cabe merah 8-10 biji tergantung besarnya.

IMG_0810edit

Saya menggunakan cabe merah ukuran sedang. Jadi bukan cabe keriting yang kurus itu. Cabe yang ini gak terlalu keriting dan rasanya menengah gitu lah pedesnya. Kalo cabe keriting yang kurus itu kan beneran pedes rasanya. Tapi kalau kamu punya cabe keriting kurus, campur aja sama cabe besar satu atau dua buah untuk mengurangi pedasnya. :cutesmile:

3. Bawang merah yang banyaaaaaak…. :D Berapa ya, mungkin ada kali saya pakai 15-18 butir. Saya juga gak ngitung tadi. Pokoknya sebanyak foto di bawah ini:

IMG_0798edit

Memang tidak ada aturan khusus bagaimana cara memotong bawang merah. Tapi, saya biasanya memotong bawang untuk balado dengan cara seperti ini:

IMG_0806edit

Ketika bawangnya digoreng nanti, dia bakalan lepas dan jadi lingkaran-lingkaran gitu. (Susah njelasinnya, ntar kamu liat deh pas lagi nggoreng.) Bawang yang digoreng dengan cara memotong kayak gini bakalan ngeluarin lebih banyak aroma bawangnya dan pas disajiin juga keliatannya lebih bagus karena dia kayak lebih nyampur sama cabenya.

4. Garam secukupnya.

5. Penyedap rasa (kalau suka).

CARA MEMBUAT:

1. Ceplok telurnya. Gak usah dikasih garem. Ceplok polos aja.

2. Goreng bawang dengan api sedang dan sedikit minyak. Goreng sampai setengah matang. Di sambel balado biasanya bawang dan cabe dihaluskan bersamaan, tapi di resep ini gak. Soalnya kalo dihaluskan bareng gitu trus baru digoreng rasanya jadi kurang mantep. Trus kalo ada yang tanya: “Kok gak pake bawang putih?” Saya emang gak pernah pakai bawang putih untuk balado soalnya rasanya jadi kurang enak dan agak sengau, yaaaa … jadi nyampur sama bau bawang putih gitu deh. Kadang malah kalau dihaluskan bareng semuanya (bawang merah, bawang putih, dan cabe) jadinya malah kayak rasa gulai gitu…. :T.T:

3. Setelah bawangnya setengah matang dan harum, masukkan cabe yang sudah dihaluskan. Gak mesti diulek pake ulekan lho ya. Pake blender juga oke asalkan jangan terlalu halus menggilingnya. Kalau di blender saya, saya nggiling cabe sambil ngitung. Satu … dua … tiga … empat, stop! Udah segitu doang. Yah, kira-kira empat detik doang nggilingnya. :D Masak sampai cabenya matang ya. Cabe yang matang itu kayak apa? Hmmm … kalo cabenya matang, dia bakalan berubah warna agak oren. Agak lho ya. Kalo berubah warna jadi coklat, itu artinya gosong! Hati-hati! Trus kamu liat cabenya layu. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap rasa kalau suka. Kalau gak mau pakai penyedap rasa, ganti dengan gula setengah sendok teh aja. :cutesmile:

4. Susun ceplok telur di piring, siramkan sambel goreng ke atasnya. Udah deh. :cutesmile:

IMG_0825edit

Saya udah ngasih tau semua yang saya tau tentang balado telur dan sambelnya. Jadi gak ada rahasia lagi di antara kita ya? :D

IMG_0826edit

Selamat mencoba ya, manteman.

Talk to you later.

Buh-bye. :cutesmile:

 

4 Comments

  1. Uniek Kaswarganti
    Dec 20, 2013

    oooo..cuma disiram di atasnya to mak Octa, aku klo buat telur ceploknya ikut dimasak :lol:
    Blm pernah bikin yg pake bawang merah aja, biasanya klo bikin pake kumplit bawang merah+putih, cabe, kemiri, daun jeruk. Entah apa nama masakannya tuh :>

    • octanh
      Dec 21, 2013

      Iya, Mbak Uniek. Cuman disiram gitu aja. Kalo yang kayak Mbak Uniek buat itu, bisa dibilang balado kali ya. :D

  2. chobib
    Jan 23, 2013

    Hoho~ keren resepnya. Ternyata ga usah pake bawang putih ya? Pantesan buatan saia rasanya suka beda dengan yang suka saia makan di warteg. :hohoho:

Trackbacks/Pingbacks

  1. Bakwan Jagung | My Cuisine - [...] baru ngeh punya jagung di kulkas pas saya lagi ngerapiin cabe abis masak balado telur tadi. Saya lupa hari …
  2. Balado Tempe | My Cuisine - [...] dasar buat sambelnya sendiri sama aja kayak di resep balado telur tempo hari. Kalo untuk balado tempe begini, tempenya …
  3. Resep Balado Ikan Banjar | My Cuisine - [...] kasih garem deh. Trus digoreng. Sambel baladonya sendiri, resepnya masih sama kayak di resep balado telur. Cara pembuatannya pun …
  4. Balado Ikan Banjar | My Cuisine - [...] kasih garem deh. Trus digoreng. Sambel baladonya sendiri, resepnya masih sama kayak di resep balado telur. Cara pembuatannya pun …
  5. Resep Bakwan Jagung | My Cuisine - [...] baru ngeh punya jagung di kulkas pas saya lagi ngerapiin cabe abis masak balado telur tadi. Saya lupa hari …
  6. Resep Balado Tempe | My Cuisine - [...] dasar buat sambelnya sendiri sama aja kayak di resep balado telur tempo hari. Kalo untuk balado tempe begini, tempenya …
  7. #256: Resep Balado Ikan Banjar|Octaviani Nurhasanah - [...] kasih garem deh. Trus digoreng. Sambel baladonya sendiri, resepnya masih sama kayak di resep balado telur. Cara pembuatannya pun …
  8. #236: Resep Balado Tempe|Octaviani Nurhasanah - [...] dasar buat sambelnya sendiri sama aja kayak di resep balado telur tempo hari. Kalo untuk balado tempe begini, tempenya …
  9. #209: Resep Bakwan Jagung|Octaviani Nurhasanah - [...] baru ngeh punya jagung di kulkas pas saya lagi ngerapiin cabe abis masak balado telur tadi. Saya lupa hari …

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)