#211: Resep Mini Tempe Burger

Dibaca 2,595 kali

MiniTempeBurgerKompres

Saya gak bisa ngambil foto bagus-bagus nih buat resep yang satu ini. Pas lagi mau foto-foto, anak-anak (plus papanya) udah pada ngerubungin. :T.T: Akhirnya yaaa … saya ambil aja sejadi-jadinya fotonya. :D

Dari kemaren saya udah niat sih pengen bikin burger mini. Pas saya buat butter bread, saya sisain setengah adonannya untuk buat bun untuk burger. Resep  butter bread-nya sendiri saya kurangin gulanya biar gak terlalu manis.

IMG_0870kompres

Burger buns. Kalo gak sempet bikin sendiri, beli yang udah jadi aja di supermarket. :cutesmile:

IMG_0872kompres

Belah bun-nya dengan gunting. Tusuk gunting di satu sisinya, trus gunting secara melingkar. Hasilnya lebih rapi dibanding kalau pakai pisau.

Saya sengaja pakai tempe soalnya daging mahal anak-anak suka tempe. Lagian kan, bikin makanan yang enak itu gak mesti mahal. Pake tempe juga enak kok. Enaknya lain lho. gurih-gurih kedelai gitu deh rasanya. :cutesmile:

Kita mulai dari resep perkedel tempenya aja kali ya. Perkedel tempe ini juga enak buat cemilan atau lauk lho. Gak mesti buat isian burger.

BAHAN:

1. 1 1/2 papan tempe (atau sesuai dengan keinginan manteman). Tempe di tempat saya ini kecil-kecil, makanya saya pakai 1 1/2 papan. Potong-potong tempenya trus rebus sampai matang.

2. Bawang bombay 1/2 buah. Cincang halus. Ini tergantung besar bawang bombaynya juga lho ya. Bawang bombay saya tadi ukuran sedeng gitu.

3. Bawang putih 3 siung. Cincang halus.

4. Seledri 4 tangkai atau sesuai selera manteman.

5. Telur 1 butir.

6. Tepung terigu 4-5 sendok makan untuk mengentalkan. Tepung terigu ini jumlahnya relatif. Kalau sedikit saja adonannya udah kental, jangan ditambahin lagi. Nanti malah keras.

7. Tepung roti.

8. Penyedap rasa (kalau suka).

9. Sedikit garam.

CARA MEMBUAT:

1. Haluskan tempe rebus dengan sendok, masukkan semua bahan lain satu per satu.

2. Aduk terus sampai tercampur rata dan adonannya cukup padat untuk bisa dibentuk.

3. Setelah itu bentuk menjadi bulat pipih.

4. Gulingkan di tepung roti, sisihkan.

IMG_0878kompres

Adonan perkedel tempe yang sudah dibentuk dan berguling-guling di tepung roti.

5. Goreng dengan api sedang. Jadi deh! :cutesmile:

PELENGKAP:

IMG_0879kompres

Seger banget deh keliatannya….

1. Mayonaise.

2. Saos tomat.

3. Irisan tomat.

4. Irisan timun.

5. Keju (saya pakai Kraft Singles).

IMG_0885kompres

Sisa bagian atas dan bawah tomat, jangan dibuang. Gunakan untuk masker. Oleskan secara merata ke wajah. Walopun yey seharian di dapur, gak ada yang bisa menghalangi yey buat jadi cantik alami seutuhnya! :D

Harusnya yang enak pake selada. Tapi karena di sini selada termasuk sayuran yang langka, saya ganti aja pakai timun. Yang penting ada seger-segernya gitu. :D

CARA MENYAJIKAN:

Susun bahan isian di atas roti: timun, mayonais, keju, saos tomat, perkedel tempe, saos tomat, tomat, tutup pakai roti. Biar gak goyang-goyang, bisa ditusuk dengan tusuk gigi.

Jadi deh mini burger tempe yang enak!

IMG_0890kompres

Buat bekel sekolah kayaknya asyik deh ya. :D

Tapi karena ukurannya yang mini, jadi buat orang dewasa gak cukup satu burger biar kenyang. Contohnya Tuan Sinung yang makan tiga burger baru berasa agak kenyang. Abis itu dia masih minta makan…. :T.T:

Semoga resepnya jelas ya, manteman.

Talk to you later.

Buh-bye. :cutesmile:

5 Comments

  1. tata | bonitafood
    Feb 27, 2013

    Haloooo Mbak salam kenal….

    Sukaaa deh sama blognya, banyak resep yummynya ;D. Mbak saya juga penggemar berger tempe, tapi so far bikin tempeh patty-nya asal-asalan hehehhehe. Ku save resepnya ah kapan2 pengen buat… TFS ya Mbak ^^

    :D

    • octanh
      Mar 1, 2013

      Makasih. Saya juga udah liat blg-nya Mbak Tata. Mengilerkan sekali. :D

  2. jasa review produk
    Jan 25, 2013

    Hmm..ngiler..
    Masih adakah burger mini tempenya ? :D

  3. Penghuni 60
    Jan 25, 2013

    wah, mantep bgt tuh.. bikin ngiler..
    ^_^

    • octanh
      Jan 29, 2013

      Sayangnya kalo mbikin beginian pasti cepet banget abisnya. Hahahahaaaa….

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: