#213: Resep Kue Lumpur Keju

Dibaca 11,148 kali

IMG_1174cover

Itu alesnya bukan daun pisang. Tapi daun sereh segede gaban. :D

Halo, manteman…. :cutesmile:

Entah apa yang merasuki diri saya *halah* sampe-sampe saya beli kentang banyak banget!

Seminggu lalu saya beli kentang 1 kg. Trus tiga hari lalu saya beli 1 kg lagi padahal yang di rumah belom abis. Jadi banyak banget kentang di kulkas. Mungkin saya laper mata kali liat kentang. (Ada gituh laper mata ama kentang mentah?) :?:

Jadi, saya mau ngabisin kentang rencananya weekend ini biar besok saya bisa beli kentang lagi. Karena donat kentang sudah terlalu mainstream dan saya lagi males banget buat mbikin yang ribet-ribet, saya pun akhirnya (setelah berpikir panjang sambil ngucek cucian) memutuskan untuk mbikin kue lumpur aja. :D

Tapi pas saya nyari kismis di kulkas, saya liat kismisnya tingal dikit banget. Kayaknya dicemilin ama bocah-bocah deh. :cry:

Ya sudahlah, saya pake bahan laen aja buat taburannya. Yang keliatan cuman keju. Jadi, saya pun mbikin: Kue Lumpur Keju.

IMG_1188edit

Saya udah ngebayangin jadinya bakalan “kurang berwarna” karena keju sama kue lumpurnya warnanya sama.

Kue lumpur ini salah satu kue kesukaan anak-anak saya soalnya rasanya enak dan saya juga suka karena gak pake bahan-bahan tambahan kayak pengembang dan pelembut. Pokoknya apa adanya dia aja gitu. Toh kue ini juga gak dimaksudkan mengembang juga. Kentangnya sendiri udah ngebikin teksturnya jadi lembut.

Baiklah. Ini bahan-bahannya:

BAHAN-BAHAN:

1. Kentang 250 gram. Rebus atau kukus sampai matang dan lunak. Kalo males nimbang, kira-kira dua kentang sebesar kepalan tangan. kalo kentangnya sedeng gitu gedenya, yaaaa … 3 kentang kali ya. ┬áSetelah direbus sampe lunak, haluskan. Menghaluskannya bisa pake sendok atau di-blender. Saya sendiri lebih suka pake blender soalnya hasilnya halus dan bagus.

IMG_1156edit

Blender sampe bener-bener halus ya, manteman….

2. 1/2 liter santan dari satu buah kelapa. Kalo males ngeliterin, ukur aja pake gelas belimbing. 1/2 liter (500 ml) itu sama dengan 2 gelas belimbing.

Gelas belimbing itu yang kayak gini lho bentuknya:

IMG_1146edit

Ini boleh dapet dari sabun lho. *pamer*

3. 250 gram tepung terigu. Males nimbang? Heheheee…. 250 gram tepung itu sama dengan 2 gelas belimbing. Ditaker aja.

4. 125 gram gula. Ini sama dengan kira-kira 3/4 gelas belimbing. Saya gak terlalu suka rasa kuenya kemanisan, jadi gulanya saya kurangi sedikit. Takaran gula segini ini pas manisnya menurut saya. Tapi kalo manteman suka yang manis-manis, bisa ditambah lagi gulanya. :cutesmile:

5. 2 sendok makan margarin. Saya pakai butter (mentega) soalnya margarinnya abis.

6. 1/2 sendok teh garam.

7. 1/2 sendok teh pasta vanilli (kalau suka).

8. 4 butir telur.

BAHAN TABURAN:

Kismis.

Potongan keju.

CARA MEMBUAT:

1. Didihkan santan dengan margarin sampai mendidih banget. Angkat trus masukkan tepung terigu. Aduk sampai rata. Saya ngaduknya pakai mixer biar bener-bener rata dan cepet. Jangan nunggu dingin ya, pokoknya angkat trus aduk. Cara seperti ini biasa kita temukan di pembuatan kue tradisional untuk membantu adonan mengembang tanpa bahan pengembang tambahan.

2. Setelah tercampur rata, tambahkan kentang yang sudah dihaluskan dan gula. Aduk lagi sampai tercampur rata.

3. Masukkan telur satu per satu. Aduk. Masukkan lagi: garam dan pasta vanilli. Tekstur adonannya gak cair lho ya. Dia kentel dan halus itu, kayak gini:

IMG_1162edit

4. Lalu masak di cetakan kue lumpur yang sudah diolesi margarin. (Lagi-lagi saya make butter buat ngoles. Besok harus diingetin buat beli margarin!)

Cetakan kue lumpur yang saya punya terbuat dari besi dan berat. Bentuknya kayak gini:

IMG_1160edit

Cetakannya kotor. Saya ngambil foto ini abis masak kuenya. Cetakannya jadi belom dicuci deh. :D

Taburannya ditaburkan di atas adonan kue langsung setelah dia dituang ke cetakan biar nempel. Trus jangan lupa ditutup pake tutup panci selama proses memasaknya biar bagian atas kuenya terbantu matengnya karena panasnya tertahan di dalam tutup panci. Kalo gak ditutup, kadang bawahnya udah gosong tapi bagian atas kuenya masih basah.

Oh ya lupa, masak di api kecil ya. Kecil bangeeeet pokoknya.

Saya juga mbikin kue lumpur konvensional yang pakai kismis tapi cuman ada beberapa biji. :cutesmile: Sekalian ngabisin kismis.

IMG_1184edit

Cuman ada tiga biji yang pake kismis. Yang satu lagi udah saya makan pas ngambil foto ini. :D

Ternyata yaaaa … kue lumpur yang pake keju itu enaaaaak banget! Saya lebih suka versi blasteran keju ini dibanding yang kismis. Soalnya rasanya jadi gurih karena kejunya. Kalo pake kismis kan rasanya jadi manis dari manis kismisnya.

IMG_1196edit

Sampai di sini dulu ya, manteman.

Selamat mencoba.

Buh-bye. :cutesmile:

8 Comments

  1. ieta beibeipz
    Oct 22, 2015

    Itu kue’a d’kukus pa d’oven?

  2. Fenny Ferawati
    Jul 19, 2013

    Cetakannya mirip dengan cetakan apem disini, bisa dipakai untuk cetakan kue lumpur ga ya? :oops:

    • octanh
      Jul 19, 2013

      Saya malah belom tau bentuk cetekan apem itu kayak gimana. :cry: Kalo bentuknya mirip, mungkin bisa dipake. :D

  3. wuri
    May 7, 2013

    kereeenn…resepnya..ntar kalo udah di makassar mau coba ahh…thanx ya octa

  4. octanh
    Feb 2, 2013

    Gak ke pasar hari ini, Milo. Mau masak lauk jadi males…. :(

  5. milo
    Feb 2, 2013

    Yah, kue lagi. Tega amat sih mosting gambar kue2 mulu. Saya kan jadi tambah lapeeer T.T

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kue Lumpur Labu | My Cuisine - [...] masih sama dengan Resep Kue Lumpur Keju yang tempo hari saya buat. Cuman beda di kentang yang diganti labu. …
  2. #221: Kue Lumpur Labu|Octaviani Nurhasanah - [...] masih sama dengan Resep Kue Lumpur Keju yang tempo hari saya buat. Cuman beda di kentang yang diganti labu. …

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)