#215: (Quick Tips) Google Reader

Dibaca 1,087 kali

google reader

Postingan kali ini bakalan singkat aja soalnya judulnya: Quick Tips. Kalo panjang-panjang ntar malu sendiri yang nulis. :D

Belakangan ini, saya suka keteteran ngikutin temen-temen yang lain soalnya saya harus dateng ke mereka satu-satu. Walaupun ada beberapa yang saya langganan dengan email, tapi tetep aja urusannya ribet. Soalnya tiap hari saya harus ngecek email. Ada juga yang kasusnya aneh, misalnya waktu saya langganan nya Milo pake GFC (Google Friend Connect) pake akun twitter. Abis langanan, gak ada ngaruh apa-apanya gitu. Dapet notifikasi juga gak. :cry:

Waktu saya mbaca nya Mbak Carra tentang cara menggunakan Feed Reader, saya tertarik buat make. (Oh ya, kalo manteman mau nyoba pake Feed Reader, silahkan baca post-nya Mbak Carra itu. Di situ diajarin gimana cara makenya juga.) Soalnya saya pikir, sudah seharusnya saya mulai mengatur urusan walking ini biar lebih sederhana. Tapi, sewaktu saya install Feed Reader yang versi desktop, kok ya error mulu. Trus akhirnya saya nanya Tuan Sinung. Kata Tuan Sinung, sebaiknya saya coba dulu pake Google Reader soalnya dia kan terintegrasi sama email dan Google Calendar yang suka saya pake. Jadinya saya gak perlu bolak-balik kesana-kemari. Cukup di satu tempat itu aja. Trus saya coba deh. :D

Sejauh ini, setelah tiga hari nyoba, saya merasa memang sangat membantu. Saya gak perlu ngubek email cuman buat nyari email notifikasi update langganan saya atau dateng ke teman-teman saya satu per satu. Semua yang di-update bakalan keliatan di situ.

Cara Pakainya Gimana?

Gampang.

Pertama, buka akun Google kamu. Kalo bingung, buka gmail aja deh. Nah, di bagian atas bakalan keliatan banyak link ke fasilitas Google (Youtube, Gmail, dan lainnya). Pilih Reader.

1

Buka Reader ini dan masukkan alamat yang kamu pengen ikutin update-nya di bagian “subscribe“. Cukup masukin alamat nya aja.

2

Trus jangan lupa klik “add“.

Google Reader bakalan masukin itu sebagai salah satu yang kamu ikutin. Update-nya bakalan keliatan di sebelah kanan, kayak gini:

3

Kamu bisa setting penampakannya biar lebih enak diliat kayak email. Kayak gini nih:

4

Kalau ada update baru dari satu , kamu bakalan ngeliat ada tandanya gitu. Kayak di gmail gitu deh pokoknya. :cutesmile: Gampang kan? Tapi, buat komen, kamu tetep harus dateng ke yang bersangkutan. Ini cuman buat mbaca sama ngeliat update aja.

Segitu dulu ya, manteman.

Langit lagi cerah banget pagi ini. Saya mau moto dulu.

Talk to you later.

Buh-bye. :cutesmile:

9 Comments

  1. Titik Asa
    Feb 17, 2013

    Pertama berkunjung kemari. Kesan pertama, blog-nya cantik banget. Jadi betah berlama-lama disini.
    Saya sudah tahu ttg google reader ini, tapi koq gak pernah saya coba gunakan ya.
    Selama ini untuk reader ini saya pake yg di wordpress saja. Disana ada readernya juga, sama juga tinggal dimasukan link-nya.
    Salam perkenalan, salam persahabatan selalu…

    • octanh
      Feb 18, 2013

      Iya, Pak Titik Asa. Saya pertamanya juga pake yang dari WP. Tapi karena platform blog yang saya ikutin banyak, gak cuman WP sama blogspot tapi ada juga tumblr, self hosting dan drupal, saya jadi gak bisa langganan semua. :( Tapi karena Google Reader ini gak pandang platform, akhirnya saya pake ini deh.

      Salam kenal juga, Pak. Kemaren saya mampir ke blog panjenengan pake kata kunci “resep martabak mini” lho! :D

  2. JNYnita
    Feb 7, 2013

    enaknya lagi, google reader ada aplikasinya buat android juga dan tersinkronasi, hore!

    • octanh
      Feb 8, 2013

      Asyik dong yak kalo begitu. Tapi harus punya hape androit yak…. Hmmmm…. *jadi pengen beli hape*

  3. Nurin Ainistikmalia
    Feb 7, 2013

    iya sepertinya lagi kena gejala webe ni,

    semangat! semangat! semangat lagi! :-o

  4. Milo
    Feb 7, 2013

    Kalo pake Google Reader ini bisa ngikutin blog orang tanpa ketahuan dong ya. Serasa langganan tapi dia nggak tahu kalo kita langganan blog dia. Bisa dipake buat kepo :D

    Btw, kenapa nggak ada Hari Baru, Lembaran Baru di gambar Google Reader Mb Octa? Gak mau update blog saya? *pundung*

    • octanh
      Feb 7, 2013

      Hai Milo yang manis…. *dibaek-baekin biar gak dijadiin objek kepoan*

      Kayaknya emang bisa gitu, yang punya blog kagak ngehkalo kita ikutin blognya.

      Itu blognya Milo ada kok. Cuman itu pan diurutin alfabetis gitu. Milo di bawah-bawah gitu…. :-P

  5. Nurin Ainistikmalia
    Feb 7, 2013

    saya mau mulai menumbuhkan semangat nge-blog lagi Mbak! entahlah, serasa mulai kehilangan semangat nulis dan belajar motret. :twisted:

    trims infonya ini ya!

    • octanh
      Feb 7, 2013

      Kalo kehilangan semanagt nulis atau yang laen, biasanya (kalo aku sih) ya gak nulis dulu ampe semangat lagi. Daripada tulisannya maksa. :roll:

      Tapi biasanya, aku kehilangan semangat gitu kalo aku lagi webe doang. Punya dua blog kayak sekarang, lebih susah buat kehilangan semangat. Kalo lagi males di blog sini, kan bisa ngesot dulu ke blog sebelah. :D

      Ao Nurin, semangat! 8)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)