#217: Resep Brownies

Dibaca 5,031 kali

IMG_1483edit

Halo, Manteman…. :cutesmile:

Hari sabtu ini saya banyak cucian. Mesin cuci rusak trus udah diservis sampe empat kali dalam satu minggu tapi belom bener juga. :cry: Saya pengen curhat masalah mesin cuci ini deh di post laen. Soalnya emang dramatis gitu….

Trus karena hari ini banyak cucian, saya yang awalnya pengen mbikin eclairs pun jadi tertekan. Eclairs kan mbikinnya rada ribet yak. Sementara kalo gak ngemil sampe sore nanti rasanya kok ya menderita. Mau beli cemilan di luar, gak ada yang sesuai selera. Akhirnya coklat batangan yang udah saya siapin buat eclairs, saya pake buat mbikin brownies.

Oh, saya juga dua minggu lalu beli kenari (almond). Murah loh di sini. Satu liter (kira-kira 0,7 kilogram) harganya 20 ribu. Dulu saya gak bisa ngebedain antara kenari, kacang bogor, kacang mete. Menurut saya semua kacang itu begitulah bentuk dan rasanya. Pas saya nyampe sini dan jenjalan ke pasar, saya baru tahu kalo kenari sama kacang mete itu gak punya hubungan apa-apa. Laen banget bentuk dan rasanya. :cutesmile:

IMG_1403edit

Kenari a.k.a almond.

Brownies ini kue gagal. Ditemukan karena cara mengolahnya yang gagal. Sama kasusnya kayak Sacher Cake. Tapi kalo Sacher Cake kayaknya butuh kemampuan baking di atas rata-rata deh. Kalo brownies termasuk yang gampang banget buatnya. Jadi, kalo kamu bikin brownies ini, kemungkinan berhasilnya sangat tinggi. Karena dia sendiri udah termasuk kue gagal, susah buat gagal di dalam kegagalan.

Apa banget sih itu saya nulisnya: gagal di dalam kegagalan? Failception? :|

Trus, ada perbedaan antara brownies dan cake. Brownies memakai sedikit telur, jadi teksturnya memang gak halus dan lembut. Dia juga memakai banyak sekali coklat. Bisa dibilang brownies ini bahan dasarnya ya coklat itu. Jadinya dia gak kering kayak cake dalemnya. Tapi agak basah karena kandungan coklatnya yang banyak banget. Apalagi dalam keadaan masih panas. Saya kadang nemu kue yang diklaim sebagai brownies tapi sebenarnya (pas udah saya cobain) itu bukan brownies, tapi cake coklat biasa.

Trus kalo warnanya gak coklat, jelas-jelas itu bukan brownies. Bisa jadi itu whities atau greenies. *jayus*

Saya belum pernah nyoba mbikin brownies kukus soalnya saya gak punya kukusan. Jadi kalo ada yang tanya apa resep ini bisa untuk dikukus? Saya gak bisa ngejawabnya soalnya saya belom punya pengalaman. :cutesmile:

Baiklah. Ini resepnya.

BAHAN-BAHAN:

1. 250 gram coklat batangan. Saya pakainya merek Colata. Sebaiknya pakai coklat yang bagus karena rasa dan kualitas coklatnya sangat mempengaruhi rasa brownies-nya nanti. Potong-potong coklatnya.

IMG_1408edit

Coklat batangan.

2. Margarin 125 gram. Kalau males nimbang, beli aja margarin yang sachet-an. Satu sachet kan beratnya 200 gram. Belah dua trus tambahin kira-kira satu sendok makan lagi.

3. Tepung terigu 5 sendok makan. Belanjung lho ya, bukan datar.

4. Baking powder 1/2 sendok teh.

5. Telur 2 buah.

6. Pasta vanilli. Bisa juga diganti dengan kayu manis bubuk untuk aromanya. Pilih yang paling manteman suka aja.

7. Gula 2 sendok makan. Ini optional aja. Coklatnya sendiri kan udah manis. Tapi kalau mau lebih manis lagi, bisa ditambahkan sedikit gula.

8. Kenari yang sudah diiris tipis untuk taburan.

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan margarin sampai cair di api kecil. Setelah cair semua, matikan apinya. Lalu langsung masukkan potongan coklat. Aduk sampai coklatnya mencair. Hati-hati ya mencairkan coklat ini jangan dalam keadaan api menyala. Pakai margarin yang kondisinya masih panas pun dia bakalan cair kok. Kalau gak gitu, bisa gosong dia dan rasanya jadi gak enak. Trus sisihkan.

IMG_1434edit

Coklat yang sudah dilelehkan dengan margarin.

2. Kocok telur sampai mengembang. Bisa dengan mixer atau kocokan telur biasa. Bagusnya pakai kocokan telur biasa aja sih. kalo pake mixer kadang suka terlalu mengembang jadi brownies-nya pas dibakar malah terlalu mengembang. Kocok sampai mengembang tapi jangan sampai warnanya berubah jadi putih ya. kalau pakai mixer paling ngocoknya sekitar 2 menit aja.

IMG_1439edit

Jangan sampai terlalu mengembang.

3. Masukkan lelehan coklat ke dalam telur sambil terus diaduk rata. Masukkan tepung terigu, baking powder, gula, pasta vanilli. Aduk terus sampai semua bahan tercampur.

IMG_1461edit

Adonannya gak cair. Agak kentel dia.

4. Masukkan adonan ke dalam loyang lalu taburkan kenari di atasnya. Jangan lupa diteken-teken sedikit kenarinya biar nempel sama adonannya. Kalo asal ditabur aja, kadang pas udah mateng suka lepas-lepas gitu kenarinya.

IMG_1476edit

Kenarinya kebanyakan deh kayaknya….

5. Panggang di oven selama 40-50 menit. Saya pakai oven tangkring dengan api kecil. Kalau sudah matang, kondisi permukaan kuenya bakalan retak kayak sawah kering. Ini juga salah satu ciri khas brownies.

IMG_1480edit

Kuenya padat dan bagian dalamnya agak basah.

Sajikan deh…. :cutesmile:

IMG_1482edit

Bagian dalam yang agak basah ini terasa seperti lelehan coklat di mulut….

Gampang kan, manteman?

Saya suka mbikin brownies ini kalo lagi males. Kalo lagi rajin dan bersemangat, saya lebih suka mbikin cake yang agak ribet. Tapi untuk urusan rasa, brownies yang mbikinnya gampang setengah hidup ini gak kalah lho!

Talk to you later.

Buh-bye. :cutesmile:

5 Comments

  1. dasma sabda
    Apr 23, 2014

    mantap sekali dech coklatnya aku pengen tanya ni kawan “coklat batangan merek colate dimana ya” tolong donk infonya. maksih

  2. Indah Juli
    Feb 9, 2013

    Aaaah, jadi pengen, browniesnya pasti enak.
    Mak, dirimu keren bisa masak, bisa nulis. Benar-benar TOP.

    • octanh
      Feb 10, 2013

      Makasih, Mak Indah. Saia kalo gak masak sendiri, susah jajan di luaran. Soalnya di kampung gini jarang yang dagang makanan. :-x

  3. Nunung Nurlaela
    Feb 9, 2013

    hmmm…yummi…jadi pengen bikin mak, selama ini gak pernah bikin kue, apalagi brownies, beli terus. btw, jadi pengen nyoba, dikukus jadi gak ya? he2. belum punya oven sih, makasih share resepnya mak…salam kenal :cutesmile:

    • octanh
      Feb 10, 2013

      Saya belom pernah nyoba mbikin yang dikukus, Mbak Nunung. Jadi saya gak tau jadinya bakalan bagus apa gak. :oops:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)