#224: Resep Eclairs

Dibaca 2,973 kali

IMG_1677edit

Itu ada bekas colekan anak-anak. Emaknya meleng bentar ngatur fokus, ada tangan nyelonong nyolek coklatnya. Motonya buru-buru, penuh tekanan. :(

Halo manteman…. :cutesmile:

Pertama-tama, ijinkanlah saya curhat. :T.T:

Saya udah berencana buat mbikin eclairs dari minggu lalu karena ada coklat batangan nganggur di kulkas. Ada whip cream juga tapi gak banyak. Sisa mbikin kue tart buat ulang tahun Inda. Tapi entah kenapa bawaannya males gitu. Padahal ini cemilan yang Inda sama Isha suka banget. Ngebayangin oven saya cuman bisa buat masukin satu loyang itu mbikin saya nelangsa. Soalnya saya harus berkali-kali ngeluarin trus masukin loyang baru. Prosesnya bakalan lama banget…. :T.T:

Tapi karena hari ini saya gak banyak kerjaan. Saya udah ngeberesin cucian sama gosokan dari kemaren. Trus Thaariq juga kayaknya anteng banget maen sama Inda dan Isha, akhirnya saya pun semangat mbikin si eclairs ini.

Satu hal yang saya suka dari eclairs adalah bahan kulitnya yang apa-adanya. Sama kayak kue lumpur. Gak pake pengembang apapun. Untuk membantu adonannya ngembang waktu dibakar, dipakai metode pengadukan adonan dengan mencampurnya dengan air mendidih.

IMG_1684edit

Yang ini juga kena colek. :T.T:

Kalo gak ada whip cream sama coklat, saya suka mbikin croux stick pake adonan ini. Dibentuk panjang-panjang, udah. Dimakan aja begitu. Rasanya enak dan gurih.

Oh, iya. Eclairs ini masih sodaraan sama croux atau yang lebih dikenal dengan kue sus. Adonannya sama. Bedanya hanya dipenyajiannya saja. Kalau kue sus pakai isian vanilla cream di dalamnya, eclairs ini bisa pake vanilla cream itu juga atau pakai whip cream. Saya sendiri lebih suka pakai whip cream soalnya lebih mudah mbikinnya. Tinggal dikocok aja pakai aer dingin. Atasnya, dioles coklat cair. Jadi deh.

Yah, kalo saya mbikin ini palingan gak tahan lama. Abis mateng diangkat dari oven, dioles coklat, diisi whip cream, taroh di meja, sebentar juga udah ilang. Gak anak-anak, gak papanya, sama aja kelakuannya. Saya sampe harus nyembunyiiin beberapa buat difoto. Itu pun pas ketauan masih dicolekin. :T.T:

Tapi seneng juga sih ngeliat apa yang kita bikin disukain sampe sebegitunya…. :D

Resepnya saya tulis dengan ukuran gelas belimbing ya. Saya males nimbang-nimbang soalnya. :D

BAHAN-BAHAN:

1. 2 gelas belimbing tepung terigu protein sedang. (Saya pakainya Kunci Biru.)

2. 100 gram margarin. (Saya pakai butter sekalian ngabisin.)

3. 1 gelas belimbing air.

4. 1/2 sendok teh garam.

5. 4 butir telur.

OLESAN DAN ISIAN:

1. Coklat. Lelehkan. Cara melelehkannya: lelehkan dulu dua sendok makan margarin (atau butter), setelah meleleh matikan apinya, lalu masukkan coklat yang sudah dipotong kecil-kecil.

2. Whip cream. Kocok sesuai dengan cara pengocokan di belakang bungkusnya. Sisa whip cream ini bisa dimasukkan ke kulkas biar gak meleleh.

CARA MEMBUAT:

1. Didihkan air dan margarin sampai benar-benar mendidih. Harus beneran lho ya mendidihnya. Sampe meletup-letup gitu. Matikan api, sisihkan.

2. Masukkan tepung ke air dan margarin yang sudah didihkan tadi. Kocok sampai rata. Saya pakai mixer ngocoknya biar cepet. Sisihkan sampai agak dingin.

3. Setelah agak dingin, masukkan telur. Jangan masukkan telur di adonan yang masih panas ya. Selain nanti dia kurang ngembang pas dibakar, adonan yang masih panas itu juga ngebikin telurnya jadi mateng. :D Trus aduk sampai rata.

4. Masukkan adonan ke kantong segitiga. Saya menggunakan spuit Wilton nomer 1M untuk mencetak adonannya. Kalo gak ada, bisa pakai spuit apa aja. Gak punya spuit? Bentuk bulat-bulat dengan bantuan sendok. Tapi jadinya bulet gitu sih, agak susah mbikin yang bentuknya panjang kalo pake sendok.

5. Bakar di oven dengan api sedang (gak kecil-kecil banget lho ya kayak kalo ngebakar cake) selama 25-30 menit. Jangan pernah buka tutup ovennya selama proses pematangan. Kalo gak, ntar kempes dia.

IMG_1669edit

Saya pakai loyang cake untuk alas membakarnya. Anti lengket jadi gak susah ngangkatnya nanti. 

Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong dua dan berikan isian whip cream di dalamnya. Lalu oles coklat di atasnya. Jadi deh. :D

Gampang kan? :D

IMG_1671edit

Ini juga korban colekan. Gak ada yang bener nih penampakannya. :(

Selama mbikin eclairs ini, saya ditongkrongin dong ama anak-anak. Abis diisi dan dioles coklat, langsung ada yang ngambil. Motonya Isha sih: Satu dipegang, satu dimakan. Jadi, sekarang gak ada satu eclairs pun yang tersisa. Udah abis semua. :D

Sampai di sini dulu ya, manteman.

Selamat mencoba. :D

8 Comments

  1. ennykus
    Mar 6, 2013

    looks delicious :ngiler:

  2. JNYnita
    Feb 23, 2013

    aku juga mau coleeeek… :'(

  3. Nurin Ainistikmalia
    Feb 22, 2013

    Eclairs itu bahasa awamnya apa ya? kok aku baru denger nama kue kayak gitu, atau mungkin aku ya kali yang kuper dunia perkuean, :oops:

    • octanh
      Feb 22, 2013

      Apa ya? Aku juga gak tau, Nurin. Ini untuk ngebedain dia sama kue sus. Aslinya dia ini dessert a la Prancis gitu. :oops:

  4. ayumyk
    Feb 21, 2013

    ini semacam sus gitu ya, mbak??

    • octanh
      Feb 22, 2013

      Iya. Badanya cuman di bentuk, isian, sama olesan. Sejatinya (halah), dia ini bisa dibilang kue sus juga. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)