#226: Resep Double Chocolate Cake: Resep Cinta untuk Ulang Tahun yang Tertunda

Dibaca 15,976 kali

IMG_1721edit

Halo, Manteman…. :cutesmile:

Weekend kemarin, saya akhirnya bikin kue untuk ulang tahun Inda. Yeay~!

Sebenernya sih ulang tahunnya udah lama lewat, udah sebulan lebih. Saya janji untuk bikinin kue ulang tahun (pake coklat yang banyak, seperti kesukaan Inda), tapi gak sempet juga saya kerjain karena keteteran sama kerjaan-kerjaan lain. Saya mikirnya, kalo bikin kue ulang tahun itu pasti lama dan banyak bahan yang harus disiapkan. Belom lagi harus menghiasnya sedemikian rupa biar penampakannya mirip dengan kue ulang tahun yang dijual di toko kue. Kalau hanya kue coklat aja, kayaknya kok ya kurang ngegemesin buat dibilang sebagai kue ulang tahun gitu. :T.T:

Biasanya, saya membuat kue ulang tahun itu bisa sampai empat jam lebih. Semua itu sudah termasuk proses membuat kuenya sendiri dan menghiasnya.

Oh ya, sebenernya saya bisa aja sih mesen kue ulang tahun dari toko kue. Tapi saya kurang suka aja. Saya seneng ngerjain sesuatu yang spesial buat anak-anak saya. Makanya, saya juga lebih suka bikin kue ulang tahun sendiri. Selain lebih hemat, saya juga bisa menjamin kuenya tidak ditambahkan bahan tambahan yang macem-macem, kayak pengawet misalnya.

Selain itu, kue ulang tahun yang diminta Inda itu spesifik sekali. Misalnya, dia mau kue yang coklatnya berasa banget tapi gak terasa pahit. Trus karena dia suka mesis, harus ada mesis di atasnya. Krimnya harus pake whip cream yang manis karena dia gak suka butter-cream, eneg katanya. Belum lagi, dan ini bagian yang paling menyenangkan: dia ingin terlibat dalam proses membuat kuenya. Dia suka gitu bantuin saya masak. Saya juga suka sih dibantuin sama Inda soalnya dia gak ngerecokin. :D Dia keliatan antusias dan seneng kalau bisa ikut ngebantuin. Yang sederhana aja, misalnya bantuin ngambilin bahan-bahan kue atau bantuin ngolesin mentega ke loyang. :cutesmile:

Setelah browsing resep sana-sini, saya memutuskan untuk gak membuat kue dasarnya dengan resep yang sulit. Kalau bisa sih, yang mudah, bahannya simpel, tapi rasanya enak. Dan saya pun menemukan resep Double Chocolate Cake ini di web Resep Kita.

Resepnya sendiri memang menggunakan banyak telur. Tapi saya suka resep kue dengan banyak telur karena tekstur kuenya lembut dan empuk. Di resep ini aslinya tidak menggunakan coklat batangan (dark cooking chocolate), tapi coklat bubuk. Tapi saya ganti dengan coklat batangan agar rasa coklatnya jadi lebih terasa dan gak pahit.

Baiklah, sekarang resep dan cara pembuatannya. :cutesmile:

BAHAN-BAHAN:

1. 7 butir telur. Pisahkan kuning dan putihnya. (Saya pakai 8 butir soalnya telurnya kecil-kecil). :(

2. 250 gram gula halus. (Kalo males nimbang, 250 gram gula halus itu kira-kira dua gelas belimbing. Saya menggunakan gula pasir biasa yang kemudian dihaluskan dengan blender.)

3. 165 gram tepung terigu. Jangan lupa diayak. (Atau 1,5 gelas belimbing)

4. 1 sendok teh baking powder.

5. 180 ml air panas. (Atau kira-kira 2/3 gelas belimbing.)

6. 1/2 sendok kopi instan bubuk. (Saya gak pake soalnya mau dimakan anak-anak, takutnya ntar dia sakit perut.) :(

7. 125 ml minyak goreng. (Agar rasanya lebih enak, saya ganti dengan 125 gram butter yang sudah dicairkan.)

8. 1/2 sendok teh garam.

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan oven. Saya menggunakan oven angkring dengan api kecil.

2. Kocok kuning tekur dan gula pasir sampai jadi kental dan mengembang.

3. Masukkan tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit. Kalau tidak ingin menggunakan sendok untu mengaduknya, pastikan untuk menurunkan kecepatan mixer-nya.

4. Masukkan coklat batangan yang sukah dilelehkan. Saya melelehkan 50 gram coklat ini dengan satu sendok makan butter. Lalu aduk lagi. Jangan lupa masukkan air panasnya. Air panas ini sebenernya gunanya buat ngencerin kopi. Tapi karena saya gak pake kopi, jadi langsung dimasukin aja. Guna lainnya adalah untuk mengencerkan adonan biar kekentalannya pas.

5. Masukkan butter yang sudah dilelehkan, aduk lagi. Sisihkan.

6. Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku. Pastikan menggunakan wadah yang kering untuk mengocok putih telur ini atau dia bakalan gak mau mengembang. Hati-hati dan periksa wadah dan kocokannya ya.

7. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonann coklat. Aduk lagi sampai rata.

8. Siapkan loyang. Saya menggunakan loyang bundar dengan diameter 28 cm. Olesi dengan margarin. Tuang adonan ke dalam cetakan.

9. Panggang di oven selama 40-50 menit.

IMG_1693edit

Tips: Ketika mengaduk adonan kue, pastikan sampai adonannya menjadi lembut dan warnanya berubah menjadi lebih terang. Kue dengan lama pengadukan yang kurang, hasilnya akan bantet dan kurang lembut.

IMG_1712edit

Ini penampakan kue yang belum dihias. Hasilnya bagus sekali, tinggi dan warnanya cantik.

Saya mendinginkan kuenya selama sejam lebih sebelum dihias. Untuk hiasannya, saya hanya menggunakan whip cream dan mesis, seperti yang diinginkan Inda. :cutesmile:

Saya membuat hiasan yang sederhana saja tapi tetap cantik dengan menggunakan spuit bintang.

IMG_1718edit

Gimana, cantik kan?

Cara menghiasnya juga mudah kok. Pertama-tama, saya mengoleskan whip cream di atas kuenya dengan rata. Lalu saya menggunakan bantuan kertas yang sudah dipotong dan berbentuk hati untuk membentuk hiasan hati dari mesis. Setelah hiasannya jadi, angkat kertasnya dan mulailah hias tepi kue dengan spuit. Jadi deh. :cutesmile:

Jadinya emang lain sih bentuknya sama gambar di web Resep Kita. :D

Tapi saya rasa, resep adonan kuenya sendiri sangat cocok untuk dijadikan kue ulang tahun.

Double Chocolate Cake

Gambar dipinjam dari sini.

Kalau kue ini tidak dihias dengan whip cream, bisa juga untuk jadi teman minum teh. Rasanya sangat enak. :cutesmile:

IMG_1729edit

Ini resep kue yang sangat enak dan akan bertambah enak kalau dibuatnya dengan cinta. :cutesmile:

Selamat mencoba ya, Manteman.

Buh-bye. :cutesmile:

___________________________________________________________

(Post ini dibuat untuk disertakan dalam lomba Resep Cinta dari Resep Kita.)

21 Comments

  1. situs resep makanan
    May 28, 2016

    wajib di coba di rumah semoga berhasil dan rasanya tidak mengecewakan

  2. situs resep makanan
    May 28, 2016

    wajib di coba nech di rumah…

  3. vinny
    Jan 29, 2015

    Numpang tanya ya mbak…waktu ngocok putih telur, miksernya dicuci dulu nggak? bisa nggak kalo mikser bekas ngocok kuning telur langsung dipake buat ngocok putih telur. Males banget nyuci dua kali. hehehehe

  4. Dini
    Oct 4, 2014

    Hi..Assalaamu’alaikum, salam kenal..i love ur blog, jazakillah khoir resep2nya ya..i’ll try.. :)

  5. Dini
    Oct 4, 2014

    Assalaamu’alaikum, salam kenal, i love ur blog, sangat bermanfaat, makasih anyak resep2nya ya, aku udh nyoba resep rotinya, skrg mau nyoba resep cakenya, jazakillah khoir..do’ain sukses ya… hehe *sksd nih :)

    • octanh
      Oct 9, 2014

      Wa’alaikumsalaam…. Salam kenal juga. Semoga berhasil, Mbak Dini. :cutesmile:

  6. miftah
    Jul 12, 2014

    wah, anda kreatif sekali.
    salam kenal ya.

  7. iik
    Mar 13, 2013

    tantiknya kuenya…nyan..nyam…tapi aku bisa g ya buat hiasannya…cuceh nah… :T.T: biasanya buat hiasan g bisa scantik ini…gimana next day ajarin cara hias tart a bun….please…. 8)

    • octanh
      Mar 14, 2013

      Padahal ini saya mbikinnya ngasal aja gitu. :D Yang penting ada bentuk hatinya dari mesis. Kapan-kapan kalo saya mbikin kue tart lagi, bolehlah sambil difoto cara menghiasnya. Sebenernya gak susah sih asal berani make spuitnya. :cutesmile:

      Salam kenal ya. :cutesmile:

  8. shinta
    Mar 6, 2013

    Mantepp banget dan emak yang satu ini, kuenya bikin ngiler karena potonya hahaha

    makk juara loh di resep kitaa

    selamatt yaaa

  9. farah
    Mar 4, 2013

    waah selamaat mak Octa….bikiin ngileeer niiih…yummyyy bangeeet ^^

  10. sri komarudin
    Mar 4, 2013

    selamat mak atas kemenangannya :cutesmile:

  11. lieshadie
    Mar 4, 2013

    ces…ces….akhirnya menangggggg !!

    • octanh
      Mar 6, 2013

      Iya, akhirnya MBak Lies. Setelah begitu banyak lomba yang diikuti dan kalah mloloooo…. :D

  12. Sari
    Feb 26, 2013

    wuaaaaaaaaahh ngileeeeeeeerrr
    jadi kepikiran klo first ultah anakku mau bikin kue sendiri ah, eh tapi aku kan gak bisa bikin kueeee hahaha :P :twisted:

    • octanh
      Mar 1, 2013

      Ayo sama-sama belajar mbikin kue, Mbak Sari. :D

  13. hana sugiharti
    Feb 25, 2013

    lezatossss

    • octanh
      Mar 1, 2013

      Masih kalah sama kue yang di toko rasanya, Mak Hana. Tapi lumayan juga. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)