#232: Resep Bubur Kacang Ijo

Dibaca 2,479 kali

IMG_1736edit

Ada gitu yang gak bisa mbikin bubur kacang ijo? 8)

Semua bisa kali ya….

Hari ini saya masih pegel-pegel. Perjalanan dari Makassar ke Selayar selama 10 jam plus ferry 2,5 jam sambil bawa tiga anak, bener-bener bisa bikin pegel. Walopun sepanjang perjalanan, anak-anak banyakan tidurnya sih. Kayaknya bagian paling pegelnya gitu pas ngangkut koper sama barang-barang bawaaan deh. Tiap kali ke Makassar, bawaan pulang itu lebih banyak dibanding bawaan pergi dan kebanyakan isi koper adalah baju kotor. :T.T:

Tapi saya rasanya pengen ngunyem-nguyem apa gitu….

Pengen ngemil apa gitu yang ngenyangin tapi mbikinnya gak repot. Akhirnya saya pun bikin the famoust bubur kacang ijo. :D

Saya suka bubur kacang ijo yang kacang ijonya gak terlalu lembek dan jahenya berasa banget. Iya sih, rasanya jadi kayak sekoteng gitu kuahnya. Tapi itu yang paling saya suka. Kuahnya juga manisnya harus pas. Susah deh urusan manis yang pas ini karena urusan lidah, tiap orang pasti beda.

Ditulis gak ya resepnya? *galau*

Ditulis aja kali yak. :D

IMG_1745edit

BAHAN:

1. 1/2 liter kacang ijo (atau sekitar dua gelas belimbing).

2. 1 kotak santan instan (atau satu liter santan dari satu buah kelapa).

3. 1 gelas belimbing gula.

4. 125 gram gula merah saya motong dua gula merah seberat 1/4 kilogram).

5. Sedikit garam.

6. 1 bungkus vanili bubuk (kalau suka).

7. 2 cm jahe. Kupas lalu keprek. (Lebih banyak lebih enak sih menurut saya). :D

CARA MEMBUAT:

1. Rebus kacang ijo dengan api kecil sampai empuk. Gula merah biasanya sudah saya masukkan di proses ini biar meresap manisnya. Saya ngerebusnya sekitar 1/2 jam sampai airnya menyusut dan hampir habis. Tapi jangan sampai gosong.

2. Tambahkan 1 1/2 liter air, santan instan, garam, vanili, jahe, dan gula pasir. Aduk sampai mendidih.

3. Setelah mendidih, matikan api, sajikan.

Udah, gitu doang. :D

Gampang banget, kan?

IMG_1731edit

Ada juga resep yang menggunakan kacang ijo yang dikukus terlebih dahulu. Ini juga kayaknya enak. Saya belom nyobain sih. Nanti pas disajikan, kacang ijo kukusnya bisa baru disiram kuah santan.

Selamat mencoba ya, manteman. :cutesmile:

9 Comments

  1. etty zwei
    Mar 13, 2013

    salam kenal mbak… saya lagi cari resep burjo ehhh nyampe web nya mbak deehhh… ini mau bikin burjo perdana mbak hehehe makasiii yaaa sharing resepnya #larikedapur :>

    • octanh
      Mar 14, 2013

      Wogh~ Pengalaman pertama…. :D Semoga sakseis yak itu burjonya! Makasih kembali juga. :cutesmile:

  2. Nurin Ainistikmalia
    Mar 12, 2013

    Mbak, selamat ya, bulan-bulan durian runtuh nih… menang bertubi-tubi :cutesmile:

    Kalau jadi ke Thailand bilang-bilang ya, aku tetap mendoakan dirimu bisa tetep pergi… :cutesmile:

    Ngomong-ngomong soal burjo, biasanya kutambahin sedikit kayu manis juga, oke deh… terus berkarya ya..! :music:

    • octanh
      Mar 14, 2013

      Masih galau, Nurin. Entah mau pergi entah gak. Soalnya bisa diwakilkan gitu hadiahnya, tapi gak bisa diuangkan. Iya, alhamdulillah tumben-tumbenan menang. Mungkin karena udah sering banget kalah kali yak. Kayak kata Milo: jatah kalahnya udah abis. :D

      Kayu manis yang bentuknya masih batangan gitu? Aku belom pernah cobain. Kalo mbikin burcangjo lagi, aku mau cobain ah. :cutesmile:

  3. warm
    Mar 12, 2013

    kalo saya biasa mbikin bubur kacang ijo pake tambahan telor
    pernah nyoba ngga?
    :twisted:

    • octanh
      Mar 12, 2013

      Diapain telornya, Mas Warm? Dimasukin aja gitu ke dalem buburnya? Saya belom pernah nyoba. Tiap mbikin selalu yang konvensional model begini…. :D

      • warm
        Mar 15, 2013

        ya dicampur pas buburnya hampir mateng,
        kalo pas di kos2an dulu, malah cuma pake putih telornya aja, hasil minta di tukang jamu yg gratis :twisted:

        • octanh
          Mar 17, 2013

          Boleh minta di tukang jamu? Hahahahaaaa…. :D Kapan-kapan boleh dicoba itu tips minta putih telor di tukang jamu.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)