#236: Resep Balado Tempe

Dibaca 2,064 kali

Balado Tempe

Balado adalah hal yang sulit dipisahkan dari kehidupan saya. :D

Bukan cuman karena saya orang Padang gitu. Tapi kayaknya kalo makan kagak ada cabenya tuh kayaknya gimanaaaa … gitu. Perasaan jadi hampa, gak bergairah, gak bersemangat…. :(

Salah satu resep yang paling disuka oleh Tuan Sinung adalah balado APAPUN~! Uuuyeah, itu memang benar adanya. Apapun kalo dibalado si Tuan Sinung mah suka-suka aja: kentang, teri, tempe, tahu, telor ceplok, telor rebus-goreng (abis direbus jadi telot bulet trus telornya digoreng lagi gitu), pare, ikan, dendeng, terong, udang, ayam … dan segala mix and match-nya. Misalnya balado teri-kentang-terong. Atau balado telor-kentang-pare. Apaan aja dah kayaknya jadi enak aja gitu dimakannya. :D

Dan tau gak yang paling juara kalo dibalado gini apaan: sarden kalengan~!

Ho-oh. Itu sarden dimasak lagi. Jadi pas sambelnya mateng, masukin itu sarden sama kuah-kuahnya sekalian. Rasanya … hmmm. Susah ngebilanginnya. Apalagi kalo pake sarden kalengan merek Botan yang saos tomat. Duh, enaknya agak lain gitu. Mungkin karena saos tomatnya kali yak…. :D

IMG_1887edit

Heeeeey bok, tau gak sih kalo cabe itu mengandung vitamin C yang cukup banyak lho. Tapi semakin muda cabenya, jadi semakin banyak kandungan vitamin C-nya. Yang mana itu berarti cabe ijo lebih banyak kandungan vitamin C-nya dibanding cabe merah yang udah mateng. Kalo begini kan jadinya masuk akal juga yak kenapa restoran Padang kagak nyediain sayur-sayuran gitu. Lha wong asupan vitamin C-nya bisa diganti pake segala jenis sambel yang ada di resto entuh. Dari mulai sambalado tanak, sambalado matah, sambalado hijau, sambalado terasi, sambalado niak-eten (sambel ini-itu, maksudnya).

Eh, saya pernah nulis sejarah cabe lho di sini. *promosi post lama*

Resep dasar buat sambelnya sendiri sama aja kayak di resep balado telur tempo hari. Kalo untuk balado tempe begini, tempenya digoreng dulu sampe mateng. Kalo saya sih sukanya digoreng sampe kering. :cutesmile:

Jadi, pas sambelnya udah mateng, matiin apinya trus baru masukin tempe gorengnya. Aduk sampe rata dan sajikan. Cara ini juga sama untuk semua jenis balado yang lain. Kalo kamu mau mbikin balado kentang, goreng dulu kentangnya. Khusus untuk pare, parenya saya rebus dulu dan tiriskan airnya, gak digoreng. Cumannya saya jarang banget mbikin balado pare. Selaen karena pare juaraaaaang bin mihil, saya juga bukan pecinta pare sih. Suka sih suka, tapi gak ngefans gitu. :D

IMG_1879edit

Untuk masa aktifnya sendiri (sebelom basi) saya gak ngerti-ngerti amat soalnya selaen balado teri yang biasanya emang sengaja saya buat banyak, langsung abis hari itu juga. Kayaknya kalo gak pake tomat, bisa tahan 3-4 hari. Kalo pake tomat, kudu sering dipanasin. Saya sendiri gak terlalu suka kalo pake tomat soalnya rasanya jadi agak asem. Kalo balado teri, makin hari makin enak. Cobain deh balado teri yang udah 2 hari, lebih enak dari yang baru satu hari. :D

IMG_1891edit

Mastering balado skill ini penting buat saya, soalnya ini emang lauk sehari-hari di rumah. Gampang, cepet (pake blender soalnya), dan tahan lama.

Selamat mencoba ya, manteman…. :cutesmile:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)