#237: Resep Risoles Kampung

Dibaca 9,421 kali

cover-risoles-kampung

Halo, manteman…. :cutesmile:

Gorengan, apapun bentuknya dan apapun yang digoreng (kecuali sendal jepit kali yak) selalu aja enak. Trus karena seminggu ini saya lagi maraton nyelesein novel buat lomba dan entah kenapa saya susah diakses, saya jadinya males buat nge-update . :cry:

Siang tadi saya bosen banget dan pengen ngemil. Nulis itu emang mbikin otak jadi capek, makanya saya selalu siap cemilan setiap kali harus nulis. Siap aer putih juga yang banyak biar gak gampang pegel. Gak ngerti juga sih ada hubungannya apa gak antara aer putih sama kepegelan…. Tapi saya minum aja gitu yang banyak. :cutesmile:

Trus di tengah kebosenan saya nulis, sambil mikirin plot dan gimana nyelesein ceritanya, saya pun mbikin risoles. :D

Kebanyakan risoles yang saya beli di mall atau di tempat yang agak keren dikit gitu, rasanya agak “kota” gitu. Bukannya saya gak suka, tapi saya cuman agak gak bisa nerima campuran isi risolesnya kalo udah macem-macem, kayak dipakein tepung terigu biar creamy atau dikasih paprika. Saya suka risoles yang ngampung. Yang rasanya kayak biasa ditemuin di kampung-kampung kalo pagi-pagi.

Saya punya sodara yang sekarang udah almarhum jualan risoles di Pasar Cibubur. Beliau juga terima pesanan gitu. Dan rasa risolesnya emang JUARA~! Resepnya sederhana banget dan mbikinnya gampang. Tapi karena kesederhanaannya itulah, rasanya jadi pas dan kena banget gitu.

Untuk risoles, jargon “less is more” berlaku deh kayaknya. :D

Nah, resep risoles kampung ini saya dapatkan dari beliau.

IMG_1964edit

Dikasih saos sama mayonais biar  lebih enak. 

BAHAN KULIT:

1. 2 gelas belimbing tepung terigu. Atau kira-kira 250 gram.

2.2 gelas belimbing air putih. Tapi ini gak pasti loh ya. Kekentalannya itu bisa dibilang pas kalo sewaktu dituang ke wajan, dia langsung bisa diratain dengan cepet tanpa bolong-bolong tapi ketebalannya juga pas. Nah, kudu latihan emang ini. :D

3. 1 butir telur.

4. Garam secukupnya.

CARA MEMBUAT:

Campur semua bahan. Aduk sampai rata dan tidak ada lagi gumpalan tepungnya. Sisihkan.

BAHAN ISI:

1. 1 buah wortel ukuran besar, potong dadu. Wortel ini saya beli setengah kilo, ada tiga wortel. Berarti beratnya sekitar 150 gram per wortel.

2. 2 buah kentang ukuran sedang. Potong dadu.

3. 2 sendok minyak untuk menumis. Saya pakainya minyak zaitun.

4. Seledri, iris halus. Kalo ini sih sesukanya.

5. 1 buah bawang bombay ukuran sedang. Cincang kasar.

6. 2 siung bawang putih. Cincang kasar.

7. Garam secukupnya.

8. Penyedap (kalau suka). Bisa diganti dengan sedikit gula.

9. Merica bubuk, kalau suka. Saya gak pake soalnya anak-anak ikut makan.

10. 1/2 gelas belimbing air. Bisa juga diganti dengan kaldu kalo ada biar rasanya lebih enak dan gurih.

11. 1 butir telur untuk olesan.

12. Tepung roti. Bisa diganti dengan tepung panir.

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan minyak. Setelah panas, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Tumis sampai layu dan harum.

2. Masukkan air. Air ini gunanya untuk membantu biar kentang sama wortelnya cepet empuk. Setelah itu masukkan kentang dan wortel. Kita akan masak kentang dan wortelnya sampai airnya habis dan tumisannya jadi kering.

3. Masukkan garam, penyedap (atau gula), dan merica. Aduk terus.

4. Setelah hampir matang, masukkan irisan daun seledri. Teruskan proses memasaknya sampai tumisanya benar-benar tidak ada kuahnya lagi dan cukup kering. Setelah itu angkat. Sisihkan.

IMG_1942edit

Ditumis sampai kayak gini.

5. Buat dadar di wajan teflon. Oleskan minyak atau margarin dengan kuas kue agar lebih mudah diangkat dadarnya. Saya menggunakan ukuran sendok sayur untuk satu dadar agar setiap dadar ketebalan dan ukurannya bisa sama. Lamanya memasak dadar ini hanya sampai permukaan dadar tidak ada lagi yang putih. Setelah itu angkat.

6. Letakkan dadar di piring, beri bahan isian, lalu lipat. Sisihkan. Lakukan sampai adonan dadar habis. Jangan menunggu sampai dingin baru melipat dadar karena dadarnya jadi gak lentur dan mudah sobek. Pas panas-panas, langsung isi dan lipat.

7. Kocok lepas satu butir telur. Gulingkan risoles yang sudah dilipat lalu gulingkan di tepung roti.

 

IMG_1951edit

Si risoles setelah berguling-guling di tepung roti.

8. Goreng dengan api kecil. Jangan terlalu besar apinya nanti warna gorengannya jadi coklat dan kurang cerah.

9. Angkat dan sajikan. Kalo di saya sih tadi jadinya 15 buah. Lumayan banyak juga. :cutesmile:

TIPS:

Ciecieee, ada tipsnya. 8)

1. Goreng risoles di wajan yang lengkung (biasanya wajan aluminium biasanya kayak gini bentuknya, kayak parabola gitu), jadinya sisa remah tepung roti bakalan ngumpul di bagian bawahnya yang lengkung itu dan gak ngotorin risolesnya. Kalo pakai wajan teflon yang datar sisi bawahnya, kadang remahnya nyebar trus nempel lagi di risoles yang mau digoreng berikutnya, jadinya bakalan ada totol-totol itemnya gitu deh dia.

2. Goreng risolesnya jangan banyak-banyak sekali masuk wajan. Saya ngegorengnya dua-dua gitu. Soalnya matengnya kan cepet. Biar gampang dibalik juga.

3. Bersihkan minyak dari sisa remah tepung roti dengan saringan kawat setiap akan memasukkan risoles baru untuk digoreng. Membiarkan remahnya ada di dalam minyak, bakalan ngebikin remahnya makin item trus nempel di risoles yang lagi digoreng.

4. Kreasikan isi risolesnya dengan menambahkan potongan ayam, kornet, potongan sosis, atau apapun yang manteman suka. :cutesmile:

IMG_1966edit

Goreng dengan api kecil (tapi jangan kecil banget juga, nanti matengnya lama :die: ) agar warna gorengannya cerah.

Saya menambahkan mayonais dan saos sambel biar penyajiannya jadi lebih menarik aja. Kebetulan lagi ada mayonais sisa mbikin burger tempo hari.

IMG_1969edit

Selamat mencoba ya, manteman. :cutesmile:

8 Comments

  1. ulfa
    Aug 17, 2015

    Keliahatnnya buatnya gampang deh,,, kalau ditambahkan sosis untuk isiannya bisa gak ya? coz suami saya suka banget sama sosis, saya minta resepnya ya sis, bisa buat referensi bikin makanan favorit suami saya,, makasi banyak ya

  2. ulfa
    Aug 17, 2015

    Saya bookmark ah resepnya, ntar aku bikin buat suamiku,, makasih ya Sis

  3. mitha
    Aug 16, 2013

    bagi tips ngegulung risolnya donk mba’e..
    tampilan risolku jadinya mleber kayak martabak goreng 8-O

    • octanh
      Aug 25, 2013

      Bagaimana bentuknya itu kayak martabak. :D Kalo saya bikin risol lagi ya Mbak Mitha, difotoin step-step gulung risolnya. :D

  4. myra anastasia
    Apr 1, 2013

    pas makan siang liat risoles ini, rasanya.. *perutnya langsung nyanyi :lol:

    • octanh
      Apr 7, 2013

      Semoga nyanyi gambus. Soalnya saya paling suka sama musik gambus. :D

  5. Rico Ade Mandana
    Mar 29, 2013

    Hahaha
    kali aja umi ku ntar mau bikinin ini, bookmark dulu ah buat kasih tahu ke umi, sepertinya enk nih.
    Oy itu bneran ya tipsnya?

    • octanh
      Apr 7, 2013

      Sejauh pengalaman saya yang pendek (halah, bahasanya malah mbikin bingung) tipsnya lumayan membantu. :D Selamat mencoba. Kok minta dibikinin sih? Mbikin ndiri dong! :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)