#239: Hina Aja, Gapapa Kok

Dibaca 1,595 kali

IMG_1496edit

Tebak, ini foto pohon apa?

Saya sebenernya udah berjanji pada diri sendiri dan Tuan Sinung kalo gak mau nulis tentang perasaan dan hal-hal yang terlalu pribadi karena … karena emosi dan apapun yang saya rasakan itu tidak akan abadi. Berubah-ubah.

Seperti saya berubah, keadaan berubah, semua berubah.

Saya pengennya sih berubahnya tumbuh gitu jadi lebih baik dan lebih kuat. Semoga demikian adanya. Aamiin.

Salah satu hal yang saya hindari ya itu tadi: nulis tentang perasaan. Apalagi perasaan negatif. Paling ntar kalo saya udah sedih banget atau gimana gitu, saya curhat deh ama Nurin kalo udah gak bisa ditangani lagi ama Tuan Sinung. Trus gak lama juga sembuh. (Ini juga hebatnya kalo curhat ama Nurin, sebentar juga udah ngerasa jauh lebih baik.) :D Sering-sering curhat ah. *plak*

Atau gak saya nge-random rumpik sama temen-temen lain di sosmed. Atau yaaaaa … saya nulis. Tapi nulis sewaktu perasaan gak baik itu cuman mbikin tulisan jadi rada-rada berhawa sedih. Saya gak suka itu….. :cry:

Beberapa waktu belakangan, seiring dengan ada beberapa hal yang saya dapatkan (misalnya hadiah lomba ), saya juga mendapat banyak cibiran, judge, bahkan hinaan. Kalo cibiran sih gak terlalu saya ambil hati soalnya nyibir-nyibir doang sih. :D  Kalo judgement, saya juga gak terlalu perhatiin soalnya hanya hakim dan Allah yang berhak nge-judge. Hakim pun yang di-judge itu kasus, bukan pribadi orang yang berkasus. Jadi, gak terlalu berefek juga sama saya. Biarkanlah mereka nge-judge begini-begitu. Yang penting saya gak. Soalnya saya bukan hakim sih. :D (Dan gak punya cita-cita jadi hakim juga….)

Tapi ada satu hal yang gak bisa saya tahan: hinaan.

Hinaan ini biasanya disampaikan langsung, dengan kata-kata kasar, dan entah bagaimana ceritanya, saya biasanya langsung nangis gitu kalo dihina.

Duh, tuh kan, saya gak suka nulis begini soalnya saya ketauan cengengnya. :die:

Ini penyakit yang sedang berusaha saya sembuhkan. Saya bilang penyakit soalnya kalo dibiarkan lama-lama, bisa menggerogoti semangat hidup dan pandangan positif saya sama diri saya sendiri yang sedang saya tumbuhkan.

Beberapa kali menghadapi hinaan, saya biasanya emang nangis sih, tapi sambil nangis-nangis, saya berdo’a buat diri saya sendiri. Misalnya, semoga saya dapet ini, menang itu, atau gak jerawatan lagi, gigi saya jangan sampe patah lagi. Hebatnya, beberapa kali itu memang terjadi. Pernah suatu kali saya dihina abis-abisan dan sambil nangis saya bilang, “Ya Allah, saya pengen beli iPhone….” Beberapa bulan kemudian, saya dapet iPhone dong! Gratis! *jejingkrakan* :D

Atau beberapa waktu lalu ada yang menghina saya karena kerjaan saya yang ikutan lomba mulu (yang dia samakan sama kerjaan orang-orang MLM yang hobi ngejar target hadiah). Betewe, saya gak anti-MLM. Ngeliat salah satu temen kuliah saya dulu sekarang ngurusin MLM dan berhasil padahal dia single mother, saya kagum lho. Bukan MLM-nya sih, tapi caranya. Sambil nangis-nangis, saya bilang lagi, “Ya Allah, tiga lomba menang berturut-turut dong, biar saya yakin kalo saya emang gak ngelakuin yang salah.” Dan kejadian baru-baru ini. Saya emang menang tiga lomba berturut-turut. Kalo yang kalah sih berturut-turutnya lebih banyak tapi saya sengaja gak itung. :D

Hari ini, saya kena hina lagi. Saya dan Tuan Sinung sih. Kali ini, saya nangis-nangis sambil bilang macem-macem. Semoga dikabulkan. :D

Cara seperti ini lebih enak buat semua dibanding harus bales menghina sih. Saya bisa menyelamatkan diri saya jadi orang yang suka berkata kasar dan menghina. Orang yang menghina itu juga gak sakit hati karena gak saya bales. Saya mau take all the adventages  for myself ajah. :D *kemaruk*

Menghina dan berkata-kata kasar itu adalah hal yang sangat saya hindari saat ini. Saya masih belajar karena menghina dan berkata kasar itu biasanya terjadi karena emosi yang gak bisa dikontrol. Bukan karena hal itu gak baik aja, tapi juga karena saya gak bisa mengira-ngira efek destruktifnya sama orang yang saya hina dan saya kasarin. Walaupun mungkin saya menganggap kalau itu hanya akan berefek dia jadi sedih misalnya, tapi banyak hal yang kita gak tau dibalik kesedihan itu. Bisa jadi harga dirinya, pandangan positif dia sama dirinya, atau bahkan cita-citanya yang saya hancurkan. :T.T:

Saya cuman pengen jadi orang baik. Dan ini bukan cita-cita biasa loh. Ini cita-cita sulit yang harus berjuang buat mencapainya. Perjuangannya pun gak main-main. Lawannya pun luar biasa sulit: emosi, amarah, dan segala sifat jelek dari saya sendiri.

Sekarang ketauan deh kan yah, kalo saya begitu orangnya. :( (Aura citra nyata saya hancur deh….)

Saya berusaha untuk gak terlalu memperlihatkan perasaan negatif saya di sosmed dan bukan karena saya orang yang 100% dijamin positif, baik hati, tidak sombong loh. Saya juga manusia biasa. Saya punya perasaan yang jelek-jelek juga. Tapi saya gak mau mengumbar-umbar itu kemana-mana karena saya gak mau mempengaruhi orang untuk menyetujui tindakan kayak gitu. Saya gak mau memperlihatkan kalau hal itu boleh. Saya udah punya anak, saya tau kalau saya akan dicontoh.

Makanya mungkin kalau menelusuri sosmed saya, akhir-akhir ini (dulu sih masih sering) saya udah sangat berusaha mengerem kata-kata kasar, jelek, negatif, judgement, dan hal-hal yang gak baik lainnya. Mungkin masih ada tulisan galau (kayak tulisan ini) sih…. Bukan berarti saya gak menderita, atau saya gak pernah sedih, atau saya gak pernah kecewa loh ya. Saya hanya lebih suka keliatan kayak orang yang gak punya emosi dibanding keliatan kayak orang yang punya emosi jelek. Sederhananya gitu. :D

Jadi, manteman jangan suka ngomong kasar sama ngehina orang yak. Kalo orang yang dihina kayak saya, manteman juga yang rugi. Dia bakalan dapet ini-itu (mungkin karena berdo’a dengan khusyuk sambil nangis-nangis) dan gak jadi sama jeleknya karena bales menghina, tapi manteman cuman dapet hal yang gak enaknya doang: tercatat sebagai orang yang pernah menghina dan berkata kasar. Rugi banget. :(

Tapi bukan berarti saya mau dihina mulu loh….. Hahaha. Kita baek-baek aja. Menggunakan mulut, tangan, hati, kaki, dan pikiran kita untuk hal baik aja. Okay? :D

P.S: Kalo ada yang ngatain saya cacingan lagi, beneran deh, saya mau nangis-nangis sambil berdo’a masuk 50 besar Srikandi Blogger 2013~!

P.S (lagi): Yang di atas itu bunga apaan sih? Saya beneran gak tau makanya nanya…. :die: (Tapi sok maen tebak-tebakan gitu demi menjaga aura citra terpampang nyata, eaaaa….)

28 Comments

  1. Lilya
    Apr 21, 2013

    hahaha… you tell the subject in hilarious way. Very nice, mbak. Selamat untuk keberhasilan lomba blog nya. Mbak memang layak dapat bintang 8)

  2. ferika
    Apr 10, 2013

    ehehehehe mbak octa ada-ada aja. lain kali kalo mbak dihina-hina, saya nitip doa dooong *kemudian disambit*. eh tapi saya seneng loh sm tulisannya, mau yang seneng, sedih. kadang malah ada beberapa kejadian yang sama dan saya merasa dapat nasehat serta penguatan hati dari situ. ihihi lebaya yak? gpp deh, yang penting saya mau nitip doa kalo mbak octa nangis :P 8)

    • octanh
      Apr 10, 2013

      Hahahahaaaa…. :D Saya gak mau dihina lagi. Soalnya nangis itu langsung menurunkan kecakepan kita sebanyak 78% loh! *ngarang*

  3. siska
    Apr 8, 2013

    itu bunga katuk bukan Ta?

  4. siska
    Apr 8, 2013

    itu bunga Katuk bukan Ta??

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Gak tau itu bunga apaan, Siska. Udah lupa itu foto diambil dimana dan kapan. :D

  5. milo
    Apr 8, 2013

    wah, padahal saya sering ngehina eny. tapi kok eny gak dapet iphone yak?

    eh, yang ngehina mb octa bukan saya kan?

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Eny seneng dihina mangkanya dia kagak dapet iPhone. Coba hina lagi dia sampe nangis-nangis. :D *gosipin Eny di sini orangnya dateng gak ya* *test radar Eny*

  6. Mayya
    Apr 7, 2013

    aku bacanya kok jadi cerita lucu inih hihihi…
    Tak tunggu deh yang hina ah, biar berdoa sambil nangis-nangis, ntar kan dikabulin *eh

    Orang yang menghina itu biasanya iri karena posisinya lagi di bawah kita, mbak ^__^

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Hihihi…. Sekarang sih kalo diinget lagi emang jadi lucuk gitu, Mak Mayya. :D

  7. meutia rahmah
    Apr 7, 2013

    salam kenal mak octa, sabar ya mak orang yg menghina kita bukan berarti ia lebih baik dari kita, biarkan ia menghina smoga smua pahala dari kebaikan yg telah ia perbuat berpindah untuk kita :)

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Ah iya, itu Mak Meutia. Pahalanya pindah ke kita. :D

  8. Haya
    Apr 7, 2013

    Aku punya prinsip nggak mau menyakiti dan nggak mau disakiti…. selalu cari aman aja dalam bergaul. Tapi emang ada sih orang-orang yang ‘nyinyir yg ketika dia ‘nyanyi’ aku pingin bilang “Tunggu…tunggu tak pake earphone dulu nyetel musik kuat dan yak lanjut mbak ‘nyanyi’nya” :D

    Ahhh aku mau niru cara mbak Octa deh, ketika galau ngerasa dizalimi aku mau doa yang banyak2…. ^^d

    Salam

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Salam balik, Mak Haya. :cutesmile:

      Sekarang saya juga pengen kayak gitu: cari aman aja. Kecuali emang sama orang-orang yang udah kita kenal deket banget. :cutesmile:

  9. putri zalika
    Apr 7, 2013

    Comment
    salam kenal mak octa ^^
    setuju bgt dg tulisan mb, persis dg yg dinasehatin suami saya, org yg mghina kdg g lbh baik dr kt, jd mndg kt diem smbl bdoa bnyk2, dan mmg tbukti kbnykn doa kt tkbul :D
    mgkn ini yg dsebut doa org yg trdzalimi tu makbul ya mak :D

    terus bkarya dan kejar impian, krna kt g bs dan g bhak mbatasi pikiran org lain…hak kt adlh mnjdi org yg lbh baik krna kt g mbls hinaan org tsbut :))

  10. putri zalika
    Apr 7, 2013

    Comment
    salam kenal mak octa ^^
    setuju bgt dg tulisan mb, persis dg yg dinasehatin suami saya, org yg mghina kdg g lbh baik dr kt, jd mndg kt diem smbl bdoa bnyk2, dan mmg tbukti kbnykn doa kt tkbul :D
    mgkn ini yg dsebut doa org yg trdzalimi tu makbul ya mak :D

    terus bkarya dan kejar impian, krna kt g bs dan g bhak mbatasi pikiran org lain…hak kt adlh mnjdi org yg lbh baik krna kt g mbls hinaan org tsbut :D

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Iya, bener banget itu Mbak Putri. Kita gak bisa dan gak berhak membatasi pikiran orang lain. Cuman pikiran kita aja yang bisa kita kontrol. Makasih, Mbak Putri. Semangat~! :D

  11. Nunung Nurlaela
    Apr 7, 2013

    hmmm…nice sharing mak…btw, kok ada ya yang suka hina terang2an gitu. jadi ingat sinetron…tapi mmg betul mak, jgn kita balas hina lagi. doakan saja yg baik2. berat sih, tapi ya itulah ujian manusia. keep spirit mak Octa… :cutesmile:

    • octanh
      Apr 8, 2013

      Ada, Mak. Cuman beberapa orang sih, sedikit, gak banyak. Tapi ada. Makasih, Mak Nunung. :D

  12. mak siti
    Apr 7, 2013

    mak..aku tak ikutan doa juga ah kayak dirimu….” ya allah mbok saya sekali2 menang lomba nulis hadiahnya Gadget yang keren..amin #plak di tabok malaikat…bangun woi bangun

  13. Harbowoputra
    Apr 7, 2013

    <–tiap kali dihina gak pernah berdoa, jadi gak ada yang dikabulin :v
    *plak*

  14. ayumYk
    Apr 7, 2013

    setujuuuuhhh…. karena susah untuk ngerem mulut gantian nggak menghina..butuh proses dan waktu yg panjang. biarkan sj orang menghina. kalaupun sy nggak terima, biasanya sy ngeromet jg, dgn ortu dan sahabat terbaik saya. yang menghina sy biarkan saja sampai dia jenuh sendiri menghina orang ndablek seperti saya #curhat…

    • octanh
      Apr 7, 2013

      Tuh kan? Tuh kaaaaaaaaan. Ada yang setuju! Tapi itu kok malah ngehina diri sendiri sih *ketjup* :D

  15. Nikmatnya dihina…… :lol:

    • octanh
      Apr 7, 2013

      Nikmat lagi kalo gak dihina sih. :D Mak Ellys, tadi saya berdo’a biar suatu saat bisa jalan-jalan sampe ke Kairo loh! Pengen moto-moto di sana. :cutesmile:

  16. hana sugiharti
    Apr 7, 2013

    cup cup cup.. mending kita buat bros yuk

    • octanh
      Apr 7, 2013

      Iya nih, Mak Hana. Saya udah lama gak mbikin bros. Jadi merasa kurang kece karena bros yang dipake yang itu-itu mulu…. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)