#245: Srikandi Blogger 2013: Dari Pelarian, Berbagi, sampai ke Memimpikan Pelangi

Dibaca 6,422 kali

IMG_1495edit

Penulis Wannabe yang Akhirnya Nge

Walaupun menulis dan menjadi penulis adalah cita-cita saya, sebelum kenal dengan internet (mungkin waktu masih SMA kali ya), saya merasa cita-cita itu jauuuuuh sekali. Seseorang bisa dikatakan menjadi penulis setidaknya kalau ada karya yang dihasilkan dan dibaca oleh orang lain. Karya yang dibaca oleh orang lain ini biasa (sampai sekarang juga masih begitu) diperantarai oleh penerbit yang membukukan karya itu dan mendistribusikannya kepada pembaca yang berminat. Tapi, setelah saya kenal , saya tahu bahwa cita-cita saya ini menjadi lebih dekat.

Memang sampai sekarang ada semacam keharusan bahwa penulis itu adalah seseorang yang punya karya yang sudah diterbitkan. Kalau belum, berarti namanya penulis wannabe. :D Di posisi inilah saya berada. Penulis wannabe yang bercita-cita ingin punya buku yang diterbitkan.

Tapi, lama-kelamaan saya mulai tidak terlalu sepakat lagi dengan pernyataan itu. Apalagi kalau melihat bahwa aktivitas ging sama saja (menurut pengalaman saya) dengan aktivitas menulis lainnya. Punya itu seperti punya satu terbitan buku yang di-update terus-menerus. Satu post yang saya tulis bahkan ada yang sudah dibaca puluhan ribu kali. Angka yang cukup besar. Kalau dibandingkan dengan buku terbitan yang sekali naik cetak 3.000 eksemplar, maka tulisan saya ini bisa dibilang sudah empat kali cetak ulang. Hitungan ini juga mempertimbangan ada orang yang minjem, gak mau beli. :D

view

23.770 pembaca untuk tutorial bros dari kain katun sampai malam ini. Post yang informatif memang lebih banyak dibaca dibandingkan curhat dan random rumpik di ini. :cutesmile:

Satu hal yang menyenangkan dari ging adalah: ketika pembaca kita bisa dengan leluasa berinteraksi dengan kita (sebagai si penulis). Pujian, kritik, masukan, dan lain sebagainya langsung di alamatkan kepada penulis lewat kolom komen. Free ongkir tentu saja. :D

Dari Pelarian menjadi Tempat Berbagi

Ya, saya menulis bukan hanya untuk menunjukkan siapa diri saya, pikiran-pikiran saya (yang menurut pengalaman saya akan lebih awet kalau dituliskan di dibanding di sosmed), perasaan saya, pengalaman saya, dan lain sebagainya. Kadang-kadang saya juga melihat saya ini sebagai tempat sembunyi: sebagai pelarian. Tempat di mana saya bisa menuliskan, merenung, menuliskan ulang, sampai pada akhirnya saya menemukan diri saya menjadi lebih baik.

Ketika sampai di tahap ini, ini belum banyak didatangi pembaca. hanya satu dua pembaca setiap harinya yang kemungkinan adalah teman-teman saya yang tahu kalau saya punya dan juga orang-orang yang kesasar dari search engine. Lama-lama, saya merasa bahwa bersembunyi tidak menyenangkan juga. Akhirnya saya pun mulai mengubah ini sebagai tempat berbagi. Saya berbagi apa-apa yang saya punya, yang saya bisa. :cutesmile: Makanya kalau dilihat-lihat, gak ada topik khusus yang saya bahas di ini. Kadang saya membahas make-up, kadang resep, kadang curhat, kadang kalau saya lagi suka nonton saya nge-review film. Apapun itu, semuanya adalah tentang apa yang saya tahu karena saya mengerti bahwa tidak semua orang tahu apa yang saya tahu. Jadi, kalau saya menuliskan apa yang saya tahu dan orang tidak tahu lalu setelah membaca tulisan saya mereka menjadi tahu, itu bisa dibilang: berbagi. (Ribet ya, nulisnya?) :D

Kalau ada yang bilang bahwa tulisan saya menginspirasi (dan kata lain yang sejenis dengan itu), itu benar-benar di luar kuasa saya. Saya sendiri tidak bisa mengatur mana tulisan yang akan menginspirasi mana yang tidak. Yang saya lakukan hanyalah menulis dan membagi apa yang saya tahu. Sisanya, itu semua saya kembalikan kepada pembaca saja. :cutesmile:

Dari Tempat Berbagi sampai Memimpikan Pelangi

Perjalanan untuk sembunyi dan kemudian untuk berbagi itu lantas menemukan tempat-tempat baru, – baru, dan kenalan-kenalan baru. Kebanyakan dari kenalan saya adalah Emak-emak juga, sama seperti saya. Apalagi setelah saya ikut Komunitas Emak2 Blogger yang anggotanya memang emak-emak keren dan hebat. Saya jadi menyadari bahwa dunia digital itu juga harus dikuasai oleh para emak-emak. Apalagi emak-emak ini tentulah punya berbagai pengalaman yang memang sudah selayaknya dibagi.

Kalau manteman melihat para Emak2 Blogger, pasti bakalan kagum sendiri. Isinya berbeda dengan kebanyakan. Mereka lebih positif, lebih suka menulis tentang pengalaman yang mengantarkan pembaca menuju pengetahuan dan pengalaman baru. Bukan hanya curhat berdarah tentang cinta yang gak ada habisnya. :D Emak-emak ini menyadari bahwa pena masih lebih tajam daripada pedang. Dan khusus untuk ger, mungkin bisa diganti dengan: keyboard lebih tajam daripada pedang. :D

CalonSrikandiBlogger_zps0ecc0911

Untuk mengapresiasi para emak-emak ini, Komunitas Emak2 Blogger mengadakan pemilihan Srikandi Blogger 2013. Jangan bayangkan bahwa pemilihan ini seperti pemilihan Miss Universe yang harus punya badan semlohay-semampai. :D Srikandi Blogger 2013 bisa dibilang semacam olimpiade panahan untuk srikandi digital. :cutesmile:

Seperti di legenda Srikandi, Srikandi ini adalah perempuan gagah berani dengan senjata panah. (Katnis Everdeen senjatanya juga panah sih, tapi dia kan ada di Hunger Games, bukan di olimpiade panahan digital.)

Kalau dianalogikan para emak-emak ini sebagai busur dan setiap post-nya adalah anak panah, maka di Srikandi Blogger 2013, akan dilihat seberapa tepat para calon Srikandi ini mengarahkan panah dan mengenai sasaran yang diinginkannya. Seberapa “mematikan” setiap hujaman panahnya. Dan tentu saja, seberapa besar hal yang diperjuangkannya. Jadi gak bisa asal panah aja. Tiap anak panah yang dilepaskan harus punya muatan cita-citanya sendiri. :cutesmile:

Srikandi Blogger 2013, bisa dijadikan sebagai ikon dan pejuang yang berdiri di barisan paling depan Komunitas Emak2 Blogger dan juga ger untuk lebih luasnya, sebagai seseorang yang bisa dijadikan panutan dan inspirasi tentang dunia ging yang positif, hangat, penuh optimisme, dan juga bermakna. Seandainya saya terpilih menjadi salah satu dari tiga Srikandi Blogger 2013, saya ingin pertama-tama mengarahkan panah saya ke kebiasaan menulis hal yang negatif, penuh keluhan, dan pesimis yang kadang masih saya temui di banyak . Tapi ini juga sambil membenahi isi sendiri sih. :D Jangan-jangan saya juga masih suka kayak gitu.

Berita yang kita dengar sehari-hari penuh dengan hal-hal buruk yang bikin badmood dan saya tidak mau menuliskannya di sini saking bikin badmood-nya. :( Saya ingin berbagi dan memberitahukan kepada orang banyak bahwa kalau kita berada di luar media dan tidak bisa mengontrol isi berita yang tersebar di dunia maya, setidaknya, kita masih bisa melawan dengan menuliskan hal-hal yang bertentangan dengan itu. Sudah terbukti bahwa berita buruk itu tidak membawa banyak perubahan. Tulisan yang memotivasi dan positif lah yang bisa menggerakkan hati kita untuk berbuat baik. Itulah sasaran anak panah saya.

Seandainya berita di media digital yang negatif itu seperti senapan yang menembakkan peluru berwarna hitam ke langit, maka saya akan berdiri di antara mereka dan melepaskan anak panah saya untuk membuat pelangi di antaranya. :cutesmile:

Ah, sebenarnya saya ingin lebih banyak Srikandi tahun ini. Bukan hanya tiga. Agar banyak hal positif dan baik yang bisa dituliskan dan disebarkan. Tapi, mulai dari tiga orang pun sepertinya akan menyenangkan karena Komunitas Emak2 Blogger punya hampir seribu orang anggota yang siap berdiri di belakang siapapun yang menjadi Srikandi Blogger 2013 nantinya. :cutesmile:

Agar setelah hujan reda akan ada lebih banyak lagi pelangi….

Sekarang sepertinya aktivitas ging saya sudah sampai pada tahap: memimpikan pelangi. Positivisme, semangat, kehangatan, kebaikan, teladan, dan hal-hal baik lainnya untuk dibagi.

Mak Arin, ternyata kita harus jago memanah loh~! :D

32 Comments

  1. anazkia
    Apr 20, 2013

    dan saya baru sampai ke sini :)

    Ikut mendoakan semoga bisa masuk 10 besar, kemudian menang :)

    • octanh
      Apr 20, 2013

      Makasih, Mak Anazkia. Selamat datang dan salam kenal. :D

  2. rina susanti
    Apr 19, 2013

    sepakat dengan alinea terakhir mak…ngeblog mbuat positif, semangat hangat…..dan berbagi….

    • octanh
      Apr 20, 2013

      Iya. Selama gak misuh-misuh di blog juga sih. :D Salam kenal…. :cutesmile:

  3. Haya Aliya Zaki
    Apr 19, 2013

    Jatuh cinta sama ikon yang hejo-hejo itu ….

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Emoticon parampaa itu, Mak Haya. Saya boleh donlot dari blog-nya Masova. Gratis, bikinan anak negeri, dan lucuuuuk~! 8)

  4. Olive
    Apr 18, 2013

    cakeeeeeeep
    teruskan memanah mak! :music:

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Makasih Mak Olive…. Kasih bonus anak panah dong biar makin banyak yang bisa dibidik. :>

  5. BlogS of Hariyanto
    Apr 18, 2013

    ayo semangat, tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki sangat sangat banyak sekali srikandi-srikandi blogger dengan aneka bakat kemampuan yang menakjubkan,
    selamat berlomba..semoga menjadi salah satu yang terbaik…salam :-)

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Makasih, Pak Hariyanto. Masuk nominasi 50 besar pun saya udah seneng banget. Itu bentuk penghargaan juga. :D

  6. Milo
    Apr 18, 2013

    Saya masih yakin kalo Srikandi itu bencong….

    Yeay! Saya berhasil OOT lagi di marih :p

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Ih, jadi yey pikir eike bences gitchuuuuu? Yey pikir eike lekong? *pake gaya Emon*

      Di cerita versi India, emang begitulah adanya dia: transgender. Tapi di Jawa, lebih dipercaya sebagai cewek. Kayak cerita di India kalo si Shinta emang suka ama Rahwana dan selingkuh dari Rama. :D

  7. Ila Rizky Nidiana
    Apr 18, 2013

    suka dengan targetmu, mak. tulisan yang positif dan menginspirasi ya. semoga selalu semangat menulis dan bisa bikin buku solo. moga masuk 10 besar juga. hehe :D

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Makasih. keliatannya targetnya sederhana banget ya? Semoga dari yang sederhana bisa jadi lebih mudah direalisasikan. Bikin buku solo buat penulis itu sama mendebarkan dan rempongnya kayak bikin album buat penyanyi kayaknya. :D

  8. Maya Siswadi
    Apr 18, 2013

    ck…ckk…bisa sampe puluhan ribu view? ck…ck…ck *melongo 8-O

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Eh, iya Mak. Tapi itu tulisan tahun kemaren. Jadi yaaaa … ngumpulin view-nya setahun deh. :D

  9. Nchie Hanie
    Apr 17, 2013

    Wadooh keren Mak..

    Aku tambah menciuut :D :evil:

    Sukses dan semangat ..

    • alaika
      Apr 18, 2013

      Iya nih, kereeen tulisannya nih Mak. Ikutan menciut di samping Nchie Hanie nih saya. :D
      Sukses dan semangat ya Mak! :)

      • octanh
        Apr 19, 2013

        Jangan pada menciut dong, Maaaaaaak~ Kita hepi-hepi aja. :D

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Makasih, Maaaaaaak~ Jangan menciut dong….

  10. Ety Abdoel
    Apr 17, 2013

    semoga bisa meraih pelangi Mak. Semangat menuju 10 besar

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Makasih, Mak Ety. akhir-akhir ini hujan trus gelap mulu. Saya beneran pengen liat pelangi…. :cutesmile:

  11. Fita Chakra
    Apr 17, 2013

    Kereeen blognyaaa. Ajari, maak

  12. murtiyarini
    Apr 17, 2013

    Takjub lihat jumlah pengunjung yg sebanyak itu..
    Dan ngiler lihat foto2 masakan itu..
    Mak octa gak usah memanah, memasak ajah :D

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Tapi view sebanyak itu cuman untuk post tentang DIY atau makeup, Mak Arin. Sisanya mah gak. :D

  13. Ellys Utami Purwandari
    Apr 17, 2013

    Ngiri sama emak Octa yang begitu produktif menulis disamping kesibukan memasak dan foto2 tentu saja. Udah gitu langganan dpt juara lomba pula huhuhu… :cry: beneran ngiri diriku makkk sumpah *lebay :lol:

    Tak doain deh lolos ke 10 besar. Kalo menang kirimin aku brownies ya mak….. :twisted:

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Makasih, Mak Ellys. :D Kalo ngomongin iri mah, diriku ini (ikutan lebay juga) ngiri juga sama dirimu yang foto-fotonya banyaaaaaak. Di Selayar sini gak banyak yang bisa difoto, Mak.

      Kirim bronis dari sini, sampe sono udah siap dipanen jamurnya. :D

  14. Sumarti Saelan
    Apr 17, 2013

    semangatttt mak :cutesmile:

  15. Dina Begum
    Apr 17, 2013

    8-O Aku tambah keder maaak, baca ini *menjura*

    • octanh
      Apr 19, 2013

      Doh, jangan kede dong, Mbak Dina. Kalo yang mbaca keder, apalagi yang nulis…. :die:

Trackbacks/Pingbacks

  1. Wawancara Nan Pelik | Dina's Pensieve - [...] Abdullah, Anazkia, Diadjeng Laraswati, Eka Mayya, Nchie Hanie,  Myra Anastasia, Octaviani Nur Hasanah, Shinta Ries, Winda Krisnadefa. Tadinya aku berharap wawancara akan dilakukan secara tatap muka [...]
  2. Finalis Srikandi Blogger 2013 - [...] 8. Octaviani Nur Hasanah [...]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)