#248: Selamat Hari Kartini dan Cerita tentang Srikandi Blogger 2013

Dibaca 844 kali

finalisSB

Selamat Hari Kartini, manteman semuanyaaaa…. :cutesmile:

Walopun di luar sana banyak perdebatan tentang pahlawan perempuan yang lebih pantas dijadikan sebagai simbol kebangkitan dan perjuangan perempuan, saya tidak mau ikutan. Soalnya, menurut saya, semua perempuan itu pahlawan. Memang ada banyak perempuan super keren yang memperjuangkan kemerdekaan, mengangkat senjata bareng-bareng sama laki-laki, memperjuangkan hak sesama perempuan untuk mendapatkan pendidikan dan kesetaraan, tapi setiap perempuan juga punya perjuangannya sendiri yang mungkin tidak ada yang mencatat dan memperhatikan. Tapi tentu aja setiap detail kecil perjuangan itu tidak akan kelupaan dicatat sama Allah.

Dibanding memperdebatkan siapa-siapa yang lebih pantas, mendingan kita mulai memperkenalkan lebih dekat siapa-siapa aja perempuan pejuang yang keren itu, kan? :cutesmile:

Pagi tadi, saya mendapatkan kejutan yang bikin saya jejingkrakan: saya jadi salah satu dari 10 finalis Srikandi Blogger 2013~!

Jangankan membayangkan jadi finalis, masuk 50 besar nominator aja rasanya udah berbunga-bunga mulu ini hati. :D

Abisnya, jarang-jarang kan ada event yang tujuannya mengapresiasi ger perempuan. Apalagi ajang ini yang dinilai bukanlah penampakan luar para ger perempuan ini, tapi kualitas tulisan mereka.

Awalnya saya kira pengumumannya bukan hari ini. Soalnya gak ada ancer-ancernya sih. Kayaknya Makmin sama Makjur emang sengaja deh ngagetin gitu. :D

538023_10151564487315489_2066117631_n

Pagi, menjelang tidur yang kedua (soalnya saya semalem bangun jam satu dan berusaha memperbaiki plot sinopsis sampe pegel), saya ngeliat ada banyak notifikasi di Facebook saya. Biasanya juga banyak sih notifikasi, tapi notifikasi games (sengaja saya hidupin notifikasi games-nya biar gak ketinggalan free-items…. *plak*). Ngeliat ada nama saya di-tag beberapa kali, perasaan saya langsung enak. Pasti ada pengumuman apaaaa … gitu. :D Eh, ternyata bener! Ada pengumuman 10 Finalis Srikandi Blogger 2013. Tapi saya masih kurang percaya sih. Biar yakin-seyakin-yakinnya, saya pun ngeliat pengumuman di web Emak2Blogger. Ternyata nama saya emang ada. *self high five*

Di luar perasaan senang itu, ada perasaan lain yang lebih dominan: perasaan diapresiasi dan dihargai.

Kadang waktu nge, saya suka ngerasa kalau apa yang saya tulis agak gak ada gunanya gitu. Walopun saya menulisnya udah sepenuh hati, pikiran, dan jiwa, tetep aja gak ada ukuran yang jelas apakah sebenarnya ada orang yang mengapresiasi dan menghargai tulisan itu, kecuali kalo ada yang bilang langsung. Tapi ini jarang. Karena jarang banget, makanya tiap kali ada yang bilang langsung kalau saya bagus atau menginspirasi atau apapun yang ingin disampaikan, saya ngerasa seneng gitu. Ini juga termasuk kritik.

Gak selamanya hal yang disampaikan ke saya itu yang manis-manis aja. Ada juga kritikan, saran, dan masukan yang saya pahami sebagai sesuatu yang kalo saya terima dengan hati lapang dan pikiran terbuka, bisa jadi petunjuk bagaimana cara meningkatkan kualitas saya. Misalnya pernah suatu kali saya dikritik karena gak menuliskan credit gambar yang saya pakai. Tapi kritik ini saya selesaikan dengan: berusaha selalu menggunakan gambar hasil foto atau hasil nge-AI sendiri. Walopun gak sebagus yang ada di internet dan bahkan bisa dipakai dengan bebas karena ada website yang menyediakan gambar gratis, tapi make gambar sendiri rasanya lebih menyenangkan. :cutesmile:

Sampai pada titik ini saya sadar bahwa apa yang saya tuliskan di ada yang mengapresiasi sehingga … saya gak bisa sembarangan nulis. :D

Membatasi menulis hal yang tidak baik, curhat berdarah, atau hal-hal yang negatif itu bukan berarti membatasi kita buat jadi diri kita sendiri. Buat saya, itu latihan agar saya gak jadi kebiasaan buat begitu di dunia nyata. Saya berusaha (bahkan memaksakan) diri saya untuk selalu positif walopun untuk beberapa kasus, itu syusyeeeeeeh! Tapi saya yakin bahwa setiap usaha gak akan sia-sia. :D

CalonSrikandiBlogger_zps0ecc0911

Jadi, setelah diapresiasi untuk menjadi salah satu dari 10 Finalis Srikandi Blogger 2013, saya jadinya kudu malu kalo nulis-nulis yang gajebo lagi. :D

Etapi bisa jadi saya keceplosan juga nulis yang kayak begitu…. Semoga ada yang mengingatkan saya kalo saya mulai lepas kendali dan menulis hal-hal yang negatif.

Sampai sejauh ini, saya merasa beruntung. Bukan saja karena sudah mencemplungkan diri ke komunitas yang positif, tapi juga karena saya jadi kenal banyak Emak-emak keren dan super dari komunitas itu. Soalnya, bagaimanapun, yang namanya pergaulan (baik maya maupun nyata) bakalan ngebentuk saya juga.

Seperti para pahlawan perempuan yang belum dikenal dan belum seterkenal Kartini, para Emak-emak yang keren dan super di Komunitas Emak2 Blogger bukan berarti kurang keren karena gak masuk jadi 50 nominator dan 10 finalis Srikandi Blogger. Ini hanya masalah waktu dan proses untuk menjadi lebih dikenal. Setiap Emak-emak itu punya perjuangannya sendiri. Karena itulah mereka juga harus tetap diapresiasi.

Walopun hari ini namanya Hari Kartini, buat saya, hari ini adalah hari para pejuang perempuan siapapun, dimanapun. :cutesmile:

Mari kita berjuang dengan semangat positif~!

6 Comments

  1. Nurin Ainistikmalia
    Apr 23, 2013

    Kalau beneran menang, traktir buku ya Mbak… :cutesmile:

  2. Nilam F Wulandari
    Apr 22, 2013

    Sukses, Mak Okta.

  3. Shinta
    Apr 22, 2013

    Saya juga beruntung bangett mak bisa kenal dengan komunitas positif di KEB ^^

    Sukses yaa makk ^^ #hugss

    • octanh
      Apr 26, 2013

      Sakseis juga, Mbak Shinta. Iya, KEB komunitasnya potisif banget walopun kadang suka random-rumpik juga. Tapi menyenangkan. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)