#253: Resep Donat Kentang

Dibaca 2,218 kali

IMG_2144edit

Halo, Manteman…. :cutesmile:

Udah tiga hari belakangan ini saya kena radang tenggorokan. Jadi gak masak deh. Tapi hasrat ngemil gak bisa ditahan. Karena ini hari Sabtu dan saya bisa santai sedikit, akhirnya saya bikin donat.

Saya beberapa kali bikin donat kentang dan hasilnya gak sebagus yang saya harapkan. Resep donat kentang yang dulu pernah saya tulis di ini pun, hasil akhirnya gak sebagus yang saya inginkan. Jadi, saya nyoba resep baru. Ternyata, kali ini jadinya bagus dan empuknya pas. Saya gak berharap jadinya bakalan sebagus donat J.Co sih, tapi yaaaa … gak pengen sekeras donat yang pernah saya beli di pasar juga. :|

Karena beberapa waktu belakangan ini saya suka bikin roti, saya pun menggunakan takaran bahan untuk roti. Tapi, ditambah puree kentang biar donatnya lebih halus dan empuk. Kayaknya kalo dioven, bisa jadi roti kentang deh. Cumannya saya masih belom berani gitu ngovennya…. :D

IMG_2148edit

Piring perahu saya ini ternyata bisa dipake untuk moto segala jenis masakan. :D

Langsung ke resepnya aja yak. :cutesmile:

BAHAN:

1. 500 gram tepung terigu protein tinggi (saya pake Cakra Kembar).

2. 250 gram kentang. Rebus dan blender sampai halus (jadi puree gitu).

3. 11 gram ragi instan (satu sachet).

4. 4 kuning telur.

5. 100 gram butter. (Saya pake butter soalnya lagi gak punya margarin di rumah. Kalo manteman mau pake margarin juga gapapa. Sekarang saya jarang nyetok margarin.)

6. 3 sendok makan susu bubuk putih.

7. 1/2 gelas belimbing gula pasir. Ini sekitar 100 gram. Kalau mau lebih manis, gulanya bisa ditambah.

8. 200 ml air. Waktu nge-blender kentang, kalau perlu air, ambil airnya dari sini. Jangan ditambah air lain.

9. 1/2 sendok teh VX (pelembut kue). Saya pake merek Koepoe-Koepoe.

Yang jadi masalah di pembuatan adonan ini biasanya di teksturnya; udah cukup padat atau belum. Jadi, pastikan jumlah airnya pas. Adonan yang bagus itu lembut, kenyal, dan tidak keras. Kayak permen karet yang abis dikunyah gitu. :cutesmile:

TOPPING:

1. 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC). Saya pakainya merek Colatta. Cairkan dengan 2 sendok makan margarin atau butter. Ingat ya, margarinya dipanaskan dulu sampai cair, baru masukkan coklat yang udah dipotong kecil-kecil. Abis itu langsung matikan apinya.

2. Mesis.

3. Tepung gula. Saya bikinnya dari gula pasir yang di-blender sampai halus.

Topping ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera manteman. Bisa pakai keju, selai, whip-cream plus mesis. Pastikan donatnya udah dingin pas dikasih topping ya.

CARA MEMBUAT:

1. Campur: tepung terigu, ragi, gula, susu, dan VX. Aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit. Saya ngaduknya pakai mixer dengan adukan spiral tapi dipegang gitu pake tangan mixer-nya. Biar lebih enak ngaduknya. Aduk sampai setengah kalis. Lama pengadukannya antarav 15-20 menit.

2. Ingat aturan bikin adonan pake ragi: raginya gak boleh ketemu sama garam dan margarin (karena margarin juga mengandung garam). Nanti mati raginya.

3. Masukkan margarin. Aduk lagi sampai kalis. Lama pengadukan sekitar 10 menit.

4. Setelah kalis, istirahatkan adonan kurang lebih 30 menit.

5. Aduk adonan sebentar dan mulai bagi-bagi adonan jadi bagian kecil-kecil sesuai dengan selera manteman. Adonan saya jadi 30-an donat. Tapi ada yang saya bikin jadi gigantic-doughnut sih, khusus buat Tuan Sinung. :D Istirahatkan lagi sekitar 15 menit. Kamu bisa bebenah dapur nih….

6. Panaskan minyak, goreng di api kecil. Kalau mau bagus, minyaknya yang banyak ya. Jadi si donat ini tenggelam setengahnya dan bagian bawahnya gak menyentuh dasar penggorengan. Pake satu buah sumpit buat ngaduk adonannya dengan gerakan memutar di lubang tengahnya itu.

7. Angkat. Dinginkan.

IMG_2134edit

Adonan yang baru selesai diaduk dan ingin beristirahat sebentar…. :D

Berulang kali saya bikin donat dan jadinya keras, kayaknya masalahnya di teknik pengadukannya ini. Saya terlalu tergesa-gesa ngaduknya. Padahal, ragi itu kan juga perlu waktu untuk mengembang. Makanya saya masukkan ragi di paling awal agar dia punya banyak waktu untuk berproses.

IMG_2139edit

Kalo lengket, bisa dibantu pake tepung ngebentuk adonannya.

Adonannya lengket? Emang iyaaaaa…. :D

Adonan donat ini gak kayak adonan roti yang pas kalis bener-bener gak lengket lagi. Dia lengket karena ada campuran puree kentangnya. Jadi, gak usah kuatir kalo adonannya udah kalis tapi masih lengket. Pake tepung terigu buat ngebikin adonannya gak lengket di tangan dan wadah waktu dibentuk.

Jangan lupa: angkat donat dari penggorengan sebelum warnanya jadi coklat. Pas menjelang coklat gitu, udah angkat aja. Di luar penggorengan pun, pas donatnya masih panas, proses pematangan dan perubahan warnanya masih berlangsung. Kalo ngangkatnya pas donatnya udah coklat, sampe di luar, didiemin bentar, jadi terlalu coklat dia.

IMG_2153edit

Empuk~!

Untuk topping-nya, celupkan donat ke coklat yang sudah dilelehkan. Abis itu langsung taroh di atas mesis. Teken-teken dikit, angkat. Jangan taburkan mesis di atas donat. Selain berantakan, jadinya juga gak rapi…. :(

IMG_2150edit

Keliatan enak, kan?

Segitu dulu ya, manteman…. :D

Saya udah makan tiga donat dari tadi. Tapi yang pake tepung gula biar gak makin parah radangnya…. :cutemile: Kabarin kalo manteman bikin donat pake resep ini ya. Saya pengen tau jadinya sama gak sama bikinan saya.

Buh-bye~

16 Comments

  1. Liza
    May 6, 2013

    Mba Octa (duh manggilnya bener ga nih?)

    Lam kenaaallll
    mo nyontek dan praktekin resepnya boleh yaaaa… copas boleh juga yaaaa? (hihihi ngelunjak) 8)

    aku suka blognya. Pas nemu nama mba di twitter langsung ngikutin mba deh biar bisa nimba ilmu :>

    makasih ya mbaaa :oops:

    • octanh
      May 9, 2013

      Yo, silahkan. :cutesmile: Silahkan juga dikirim ke sini kalo udah jadi…. *maunya* :D

      Di twitter aku banyakan ngegalau gituh. :D

  2. Nurul NOE
    May 6, 2013

    Aiih.. kalo ngomong dan liat donat kentang, keinget masa perjuangan elama sekolah SMA dulu. nasib anak kost yang kadang kehabisan uang. hehehe.. bikin donat trus dijualin di kelas ke temen-temen. sambung hidup :> meski hasilnya nggak semaksimal donat-donat kentang yang dijual itu.. :ngikik:

    • octanh
      May 9, 2013

      Mbak Nurul pas SMA udah ngekos? …dan cari uang jugak?! O_____Oa Saya pas SMA maen mulu kerjaannya…. :(

  3. cputriarty
    May 5, 2013

    Wedeww donatnya bikin ngiler banget, meski cuman dalam foto,apa jadinya kalo yang asli.Pasti mak yuuus ya,Mak Octa :) :ngikik:

    • octanh
      May 5, 2013

      Aku lupa masukin garem pas mbikin ini donat, Mbak Putri (semoga nama panggilannya gak salah) :D . Jadinya agak kurang gimanaaaaa … gitu rasanya. :D

  4. shinta
    May 5, 2013

    donat ini makanan paling gampang buatnya hehe mau resep apa aja laris manis dirumah qiqiqi

    • octanh
      May 5, 2013

      Iya. Apalagi kalo topping-nya mesis yang banyak. Cumannya, aku punya obsesi pengen mbikin donat seenak J.Co atau Dunkin’ gitu, Mbak Shinta. Jadi, nguprek-nguprek resep mulu kerjaannya. :D

  5. Lusi
    May 4, 2013

    Blenderku pecah pas pindahan, belum beli lagi udah bertahun-tahun karena gak ada yang suka juice, sukanya buah chunky. Jadi kentangnya diulek aja bisa kali ya? Aku punya ulekan tinggal kepalanya aja. Badannya entah kemana. Ampuh juga untuk buat perkedel. Anyway, jadi pengin beli Jco. :D

    • octanh
      May 5, 2013

      Sebelum punya blender, aku pake gelas ngancurinnya, Mbak. Itu gelas ditutupin dulu pake plastik biar gak lengket kentangnya. Soalnya kalo pake ulekan, kadang bau bumbunya kagak nahan. :D

  6. alaika
    May 4, 2013

    wah, aku belum pernah praktek bikin donat. :D
    catat dulu ah, ntar kalo dah pulang kembali ke rumah, nyoba ah. Makasih resepnya, Mak! :)

    • octanh
      May 5, 2013

      Bagi-bagi donatnya ya, Mbak. Walopun cuman fotonya…. :D

  7. Dina Begum
    May 4, 2013

    Kami di rumah menyebutnya DKNY (Donat Kampung Ni Ye)
    Tidak pernah gagal membuat anak-anak lahap 8)

    • octanh
      May 5, 2013

      DKNY YSL –> Donat Kampung Ni Ye Yang Sangat Lezat. *maksa* :D Ini juga kemaren cepet abisnya. Pengen mbikin lagi kalo punya stok kentang yang bagus. :D

  8. hana sugiharti
    May 4, 2013

    Kalau aku pake ini mak, ALhamdulillah berhasil terus :)

    http://kinzihana.blogspot.ae/2012/10/resep-donut-kentang.html

    • octanh
      May 5, 2013

      Simpel banget ya resepnya…. Aku pengen nyoba ah. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: