#257: Resep Gulai Putih Sawi

Dibaca 7,022 kali

IMG_2175edit

Jadi ceritanya, pas hunting properti buat food-photography awal beberapa bulan yang lalu, saya beli mangkok yang lucuk banget. Sayangnya, mangkok ini bagusnya dipake kalau mau moto makanan yang warnanya plain, misalnya putih, krem, pastel. Yah warna yang kayak gitu lah. Soalnya si mangkok ini sendiri warnanya coklat susu muda dan ada motif di tutupnya. Trus, kemaren saya pengen masak gulai tapi perasaan rada bosen juga makan gulai mulu. Pas saya nelpon ibu saya, saya nanya resep gulai putih. Ternyata resepnya gampang. Jadilah saya masak gulai putih hari ini. :D

Dulu Mama saya sering sih bikin gulai putih ini. Tapi sayurannya pake kol putih. Pas saya pulang ke kampung, ke rumah ibu saya, saya liat ibu saya bikin gulai putih ini pake sawi sama telor rebus. Jadi kayaknya, yang namanya gulai putih itu bahannya putih juga <– berteori sendiri. :D

IMG_2168edit

BAHAN:

1. Sayuran yang warnanya putih (sawi, kol) atau telor rebus, ikan. Sebenernya mah kayaknya apaan aja bisa. Tapi karena kadung namanya gulai putih, lebih cakep kalo warna keseluruhan gulainya juga putih. Saya pake 1 buah sawi putih beratnya 0,8 kg (inget banget soalnya di pasar beli sawinya ditimbang.)

2. 2 liter santan dari 1 kelapa. Jadi santennya gak kentel-kentel amat gitu. Saya pakenya Kara aja. *pemalas* :D

3. 5 buah cabe merah. Iris memanjang.

4. Garam secukupnya.

5. Penyedap rasa kalau suka. Bisa juga diganti gula 1/2 sendok teh aja.

6. 2 cm jahe. Iris tipis. Tapi jangan ketipisan juga, jadiin 4 irisan aja.

7. 2 sendok makan minyak untuk menumis. Saya pakenya minyak zaitun gitu, kebetulan lagi ada aja. Kalo gak ada, bisa pake minyak goreng biasa.

Untuk gulai ini, saya suka motong sayurannya dengan ukuran agak besar. Gak tau rasanya lebih enak aja gitu kalo sayurnya gede-gede. *geje* :D

BAHAN YANG DIHALUSKAN:

1. 5-6 siung bawang merah (tergantung ukuran).

2. 3-4 siung bawang putih.

Haluskan bahan ini dengan blender atau ulekan. Lalu sisihkan.

CARA MEMBUAT:

1. Tuangkan 2 sendok makan minyak ke wajan, setelah panas, tumis bumbu halus sampai harum. Jangan lupa masukkan irisan jahenya.

2. Tuangkan santan. Aduk terus sampai mendidih.

3. Setelah mendidih, masukkan sayuran. Aduk beberapa saat sampai sayurannya layu. Masukkan irisan cabe.

4. Jangan lupa tambahkan garam.

5. Angkat. Sajikan.

IMG_2165edit

Karena ini pakai santan, kalo gak abis, jangan lupa diangetin ya. :cutesmile:

6 Comments

  1. Oline
    May 25, 2013

    Iyaahh bumbu yang aku pakai ternyata sama. Kadang kalo aku malas suka pakai bumbu opor instan aja, rasanya hampir mirip hehe..
    Aku suka fotonya #lohh :) :lol:

    • octanh
      May 26, 2013

      Kayaknya emang bumbu masakan di rumah saya begitu-begitu aja: bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, jahe, kunyit. Tinggal komposisi sama dosisnya aja yang beda buat tiap masakan. :D

  2. diahdidi
    May 25, 2013

    Oh..ini kalau di Yogya namanya *jangan anyep* Mak..atau sayur gurih..^^..enak di makan pakai sambel tomat..^^..eh iya..salam kenal ya Mak..

    • octanh
      May 26, 2013

      Salam kenal, Mbak Diah.

      Iya, pas aku ke rumah mertuaku di Salatiga, beliau masak ini. Tapi pake daging. Aku sendiri baru nyobain yang pake daging pas di situ itu. :D

  3. Liza Chan
    May 20, 2013

    aku naksir mangkuknyaaaaaaaaaa :>

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)