#266: Banjir dan Sisa Hujan Semalam

Dibaca 544 kali

IMG_2365edit

Sekarang kayak berasa tinggal di rawa karena rame suara jangkrik, kodok, entah apa lagi…. :|

Saya gak tau apa sekarang memang sedang musim penghujan atau gimana. Kayaknya kalo bulan-bulan segini nih kan lagi musim kemarau ya. Tapi di Selayar, beberapa waktu belakangan sering turun hujan. Biasanya, hujannya hanya turun di malam hari sampai menjelang subuh. Saya tau karena sekitar jam tiga  pagi, saya biasanya udah bangun. Bangun jam segitu pas hujan lagi turun, dinginnya ampun-ampun. Bukan dingin kayak dinginnya pegunungan sih. Tapi lebih ke dingin yang gak biasa karena di pinggir laut kayak gini, yang namanya dingin itu lumayan langka.

IMG_2364edit

Bayangan langitnya keliatan abu-abu tua banget. Mungkin hujan masih bakalan turun lagi.

Kemarin, mulai dari sore hujan turun deras sekali. Saya gak tau apa pas saya tidur (dari jam delapan malam sampai jam tiga pagi) hujannya deras apa gak. Tapi, sampai siang ini–waktu saya lagi nulis catatan ini–hujan masih turun. Kadang berhenti sebentar, trus turun lagi dengan derasnya. Sampai menjelang subuh, saya masih menyangka hujannya bakalan segera berhenti kayak biasanya. Tapi ternyata, hujannya malah tambah deras.

Air pun mulai masuk dari saluran air di dapur. Naik setinggi mata kaki dan membuat dapur saya tenggelam. Saya pun akhirnya memindahkan dapur ke kamar yang biasanya dipakai anak-anak untuk bermain. Anak-anak mainnya dipindahkan ke ruang tamu dan kamar depan yang biasa dipakai untuk sholat.

IMG_2361edit

Anak-anak main kapal-kapalan di halaman yang udah kerendem air.

Halaman depan juga tergenang air. Lebih tinggi dibanding genangan air yang ada di dapur. Yang agak saya kuatirkan hanya jahe, kunyit, sama lengkuas yang pekan lalu baru saya tanam. Kalau air ini lama surutnya, bisa-bisa mereka gak jadi numbuh. :cry:

Saya selalu suka hujan. Mau deras pake geledek plus petir atau yang cuman rintik-rintik. Saya suka aja gitu ngeliat ada yang turun dari langit. Saya juga suka suara dan baunya. Tapi kalo disuruh main hujan-hujanan, saya mikir juga sih. Soalnya saya gak suka basah-basahan gitu. Saya cuman suka ngeliatnya aja. :D

IMG_2373edit

Di bagian samping rumah, air banjirnya keliatan bening gitu.

Sampai siang ini, air di halaman depan, samping, dan belakang masih belum surut. Satu gang tempat saya tinggal ini kebanjiran semua kayaknya. Ada yang tinggi, ada yang gak. Orang yang rumahnya rumah panggung, gak kebanjiran pastinya. Tapi halamannya tetep tergenang air.

Kalau hujannya berhenti, mulai kedengeran suara-suara hewan kayak di rawa-rawa gitu. :|

Pas saya nulis ini di kamar, saya ngerasa kayak lagi nulis di tengah malam gitu. Di luar agak gelap, trus ada suara hewan malam, dan hawanya dingin. Padahal ini tengah hari. :|

IMG_2372edit

Semoga pohon jeruk ini gak mati karena banjir. Dari puluhan bibit, cuman satu ini yang numbuh. Sisanya dimakan ayam pas masih kecambah. 

Tapi saya tetep suka hujan.

Semoga aja hujannya berhenti lama trus baru turun lagi. Biar air yang tergenang itu punya waktu buat nyari jalan ke laut. Trus baru deh hujan lagi. :D

Semoga juga rumah saya banjirnya cuman bagian dapurnya aja. Kalau sampai masuk ke kamar, kayaknya kami sekeluarga harus mengungsi. Soalnya ada anak-anak. Apalagi Inda yang kulitnya sensitif banget sama debu dan kotoran.

Sambil ngecek bagian rumah yang banjir tadi pagi, saya ngambil banyak foto. Biar saya ngerasa seneng juga. Soalnya kalo diliat-liat, kondisi rumah saya udah kayak rumah di tengah empang gitu. :D

2 Comments

  1. octanh
    Jun 23, 2013

    Duh, ini komen nyelip…. Maapkan saiah baru ngebales. :cry:

    Saya tinggal di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pulaunya kecil gitu. Pas benget di deket pantai saya tinggalnya. Makanya kalo lagi purnama trus hujan gede, biasanya banjir rumahnya karena aer lautnya naek. :cry:

  2. Riski Fitriasari
    Jun 10, 2013

    Mak fotonya bagus2, Mak tinggal dimana… saya kangen dengan hujan, dedaunan basah, rumput basah, bau tanah habis hujan… ahhhh kangen…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)