#269: Ngomongin Asia Bagus

Dibaca 3,522 kali

The_Best_of_Asia_Bagus

Gambar dipinjem dari sini.

Halo, manteman…. :cutesmile:

Post saya yang sebelum ini, ngebikin saya jadi agak exhausted. Hiks. :cry: Pengennya saya gak cerita sebenernya. Tapi setelah dipikir-pikir, akhirnya saya cerita juga. Lega sih. Cuman nulisnya bikin capek karena terpaksa harus inget yang dulu-dulu. Jadi mapkan sayah kalo komennya belom pada dibalesin. :(

Betewe, semalem pas saya lagi dengerin Youtube (iya, dudul emang ngedengerin lagu di Youtube, bukannya di music player–abisannya kadang ada lagu yang terlalu lawas untuk ditemukan di dunia nyata sik :D ) saya ketemu video Krisdayanti pas lagi menang Asia Bagus tahun 1992. Yang saya pernah liat cuman Asia Bagus yang udah dipindah ke RCTI. Gak inget juga itu tahun berapa. Pokoknya pas yang Best of Asia Bagus (juara tahun-tahun sebelumnya diadu lagi) tahun 1997, saya nonton. Waktu itu KD jadi juaranya lagi. Keren banget ya KD.

 

Buat yang belom tau Asia Bagus itu apaan, saya jelasin sedikit nih.

Ini acara adu bakat nyanyi yang pesertanya dari Asia: Jepang, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, dsb. Sebelom masuk ke Asia Bagus, penyanyi utusan tiap negara udah diseleksi dulu di negaranya. Jadi yang dikirim emang selalu keren-keren. Kayak model World Idol gitu deh, tapi tingkat Asia doang. Kalo World Idol kan, juara Idol sedunia dikumpulin trus diadu lagi.

Pembawa acaranya keren punya. Lucuk dan kompak. Yang cowok namanya Najib Ali, orang Malaysia. Saya nge-fans nih dulu sama dia. Soalnya keren sik. Suka pake topi gitu dan gayanya jauh dari norak. Kalo pesertanya dari Indonesia atau Malaysia dan gak bisa ngomong Inggris, dia yang nerjemahin. Pembawa acara cewenya orang Jepang, namanya Tomoko Kadowaki. Dia nerjemahin peserta dari Jepang yang emang kebanyakan gak bisa bahasa Inggris.

Videonya Ida Satriyanti (Atiek). Suaranya merdu banget. :cutesmile:

Tahun 1992 waktu Krisdayanti menang Asia Bagus, umurnya masih 17 tahun loh. Tapi kualitas vokalnya udah keren banget. Konsep acara Asia Bagus ini gak kayak acara pencarian bakat jaman sekarang yang penjuriannya pake sistem voting penonton lewat SMS. Tapi, langsung dinilai sama juri yang kompeten di tempat. Transparan bok. Itu nilai ditulis di karton trus langsung diunjukin. Di akhir acara, ntar nilai dari semua juri digabungkan buat nentuin siapa pemenangnya.

Saya pernah nonton wawancara Najib Ali di salah satu stasiun tivi. Sebagai pembawa acara, dia sendiri sering ngejagoin peserta dari Indonesia soalnya bagus-bagus. Itu juga sih yang bikin saya suka nonton acara ini: Indonesia sering menang. :D Kualitas vokal jebolan Asia Bagus ini bisa dibilang emang keren-keren. Karir mereka sebagai penyanyi pun gak kayak jebolan acara pencarian bakat jaman sekarang yang itungan tahun (bahkan kayaknya setelah setahun) menghilang entah kemana. Yang terkenal sebagai jebolan Asia Bagus ini:

1. Krisdayanti (pemenang tahun 1992 dan 1997).

2. Ida Satriyanti (pemenang tahun 1998).

3. Rio Febrian (pemenang tahun 1999).

4. Caroline Gunawan (pemenang tahun 2000). Sekarang lebih dikenal dengan nama Alena dan jadi pembawa acara di televisi nasional.

Peserta lain: Denada, AB Three (yeah, sekarang kamu tahu kan singkatan AB-nya itu dari mana), Dewi Gita (waktu Krisdayanti jadi juara satu tahun 1997, dia jadi runner-up), Shakila, Edo Kondologit, Melly Goeslow, Syahrul Gunawan, Eka Dely, Glenn Fredly, Bernadette Anna, Imelda Aritonang, Johandy Yahya, Dewi Marpaung, Judika (iya, Judika yang Indonesian Idol ituh). Tapi ini jaman Asia Bagus masih di TVRI dan saya gak nonton. Pas udah dipinda ke RCTI, pesertanya: Mario Kahitna, Alena, Andien, dan Rio Febrian. Siti Nurhaliza juga ikut ajang ini tapi gak menang soalnya katanya sik dia ngerasa emang vokalnya belom mateng waktu itu. :cutesmile:

Penyanyi Indonesia yang go international itu sebenernya bukan cuman Anggun C. Sasmi doang. Banyak loh. Buat yang umurnya setua saya (aduh, tuwir ye eykeh bok) pasti pernah denger Trie Utami yang menang di Golden Stag Festival di Brasov, Romania tahun 1992. Penampilan dia waktu itu bener-bener bikin penontonnya standing applause (yang mana semuanya bule, ada kali ribuan orang) sampe  lima menit. Trus penontonnya minta Trie Utami nyanyi lagi. Jadilah dia balik lagi ke panggung buat nyanyi. :D

Ruth Sahayana juga menang di Midnight Sun Song Festival di Lahti, Finland tahun 1992. Kayaknya tahun segitu penyanyi Indonesia lagi jaya-jayanya ya di luar negeri. Tahun 80-an (lupa tepatnya) Harvey Malaihollo juga menang di World Pop Song Festival di Budokan Hall, Tokyo. Celline Dion dan Bryan Adams juga ikut festival ini loh. Dan Harvey menang sebagai Most Outstanding Performance. Dia ngebawain lagu Indonesia loh waktu itu. Ini kenapa ajang pencarian bakat lokal lagunya banyakan impor ya sekarang? :?:

Saya gak terlalu ngikutin ajang pencarian bakat yang rame akhir-akhir ini sik. Dulu suka juga nonton AFI 2. Tapi setelah itu gak lagi. Kabarnya AFI mau diadakan lagi loh tahun depan. :D Para pemenang ajang pencarian bakat yang sekarang-sekarang ini juga karirnya kadang pada gak jelas setelah acaranya berakhir. Pada kemana itu jebolan AFI sama Indonesian Idol coba? Pada akhirnya waktu dan selera masyarakat juga menentukan karir mereka. Tapi yang pada dasarnya emang berkualitas bakalan bisa bertahan. Misalnya aja … *mikir* … misalnya …. Siapa sik jebolan AFI sama Indonesian Idol yang karirnya sekarang bagus? Joy Tobing yak? Delon? T2? Ada lagi? :?:

13 Comments

  1. warm
    Jun 14, 2013

    di asia bagus saya paling suka penampilan Denada, ngerap-nya keren abis, sayang pas grand final dia malah ga dateng :cry:

    • warm
      Jun 14, 2013

      ah iya, sebagai tambahan, Denada memiliki skor paling tinggi dalam sejarah asia bagus, yaitu 99, iya tertinggi karena papan skor hanya bisa memuat dua angka :die:

    • octanh
      Jun 15, 2013

      Saya gak nonton pas yang Denada ini…. :cry: Gak inget soalnyaaaaa…. :|

      • warm
        Jun 15, 2013

        wah rugi sekali, itulah seumur2 menurut saya penampilas peserta asia bagus yg terbaik di antara yg terbaik, sayang ga ada rekamannya di yutup :die:

        • octanh
          Jun 22, 2013

          Saya ngubek-ngubek Youtube nyari…. Ternyata emang gak ada. :cry: :cry:

  2. Sarah Meilina
    Jun 13, 2013

    bener yang , mbak bilang.. masyarakat yang menentukan pasar sekarang, mbak itu Dewi Marpaung yang Runner Up Indonesian X Faktor ya Mbak?, soal lagu saya jg setuju tuh mbak, jaman sekarang cari bakat kok lagu bhs. inggris yg banya, loh.. Lagu Indonesia kok dipandang remeh, padahal pada tahun 90’an ajang internasional aja pake bahasa Indonesia ya Mbak lagunya.

    Mbak jebolan AFI yang masih jaya kayaknya si Vocalis Hello Mbak.. :D.
    Kalau Indonesian Idol :
    – Judika
    -Winda
    -Sammy Simorangkir
    -Gisel.. :D

    Maaf mbak komennya panjang..

    • octanh
      Jun 15, 2013

      Kayaknya bukan Dewi Marpaung yang itu deh. Saya juga gak inget yang mana orangnya. :|

      Pas yang AFI 2, saya hampir inget semua orangnya. Kecanduan soalnya. Hahahahaaaa…. Ampe yang Diary AFI saya juga nonton. Padahal kan gak penting-penting amat acaranya. :|

  3. Una
    Jun 13, 2013

    Wihihihi jadul bangettt…
    Pas jaman aku kecil inget banget suka liat Asia Bagus di tv,
    tapi gak ngerti siapa-siapanya :D

    • octanh
      Jun 15, 2013

      Iya, hahahaaaa…. Saya juga masih SD waktu itu. Tapi seneng banget nontonnya. :D

  4. Milo
    Jun 13, 2013

    Emang, peserta dari Indonesia sering banget menang di Asia Bagus. Mungkin karena orang kita emang demen nyanyi kali ya, jadi vokalnya udah terasah *halah*

    Itu yang duet ama Dygta siapa namanya? Pemenang Asia Bagus juga kalo gak salah.

    Kalo saya ikutan AB bisa memang nggak yah? Suara saya lumayan oke loh *disambit dokumen*

    • octanh
      Jun 15, 2013

      Yang duet sama Dygta itu si Alena. Yang menang Grand Championship tahun 2000. Tapi sekarang maiah jadi host acara gosip gitu di tipi. :|

      Coba dites nyanyi Mars Statistik, Milo…. :D

  5. Riski Fitriasari
    Jun 13, 2013

    waaa. asia bagus ya… kangen juga sama asia bagus.. trus lucu ya ngeliat muka2 artis2 itu waktu masih muda ehehehe
    Salutlah buat Indonesia, smoga ada lagi artis2 Indonesia berbakat yg bisa go internasional lagi.. amiiiin

    • octanh
      Jun 15, 2013

      Aamiin juga.

      Sebenernya sekarang juga banyak sih yang go int. Tapi kebanyakan gak kedengeran gaungnya di dalam negeri soalnya acara infotainment kita isinya artes bermasalah mulu. Kayak White Shoes and the Couple Company yang sering main di luar. Atau Raisa. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)