#280: Kreatif dan Inovatif dengan Kopi Instan dan Cappuccino Good Day, Kopi Gaul Paling Enak

Dibaca 19,742 kali

IMG_3660edit

 Penggemar kopi mana suaranyaaaaaaa? *angkat mic tinggi-tinggi*

Kamu penggemar kopi? Saya iya, dong. :D

Saya mengkonsumsi kopi setidaknya secangkir sehari buat bikin seger. Apalagi kalau bangun tidur pagi, mata masih kriyep-kriyep, pikiran belom fokus. Saya minum kopi untuk membantu menghilangkan kantuk dan membuat saya lebih konsentrasi.

Sewaktu saya kuliah dulu, saya minum kopi biar dibilang kece. Hahahahaaaaa…. Tapi emang iya kan, ya. Di jaman sekarang kayaknya udah lumrah banget kalau anak muda nongkrong di kafe atau di restoran yang dipesen kopi dalam berbagai variannya. Bukan kopi item yang suka diminum bapak kita jaman dulu. Kopi adalah simbol pergaulan.

Untuk mahasiswa yang suka berkreasi dengan kopi dan suka membuat sendiri kopi di rumah, saya suka membeli Kopi Instan Good Day karena dia adalah kopi instan & cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak.

Sejarah Kopi

Konon, kopi pada awalnya ditemukan oleh seorang gembala kambing di Ethiopia. Ia melihat kambingnya menjadi lincah setelah memakan biji-bijian tertentu. Sang gembala lalu mencoba membuat minuman dari biji-bijian tersebut. Ternyata ia pun mendapatkan vitalitas yang sama. Dari Ethiopia, kopi lalu menyebar ke jazirah Arab. Orang Arab kemudian membawa kopi hingga ke Eropa. Bangsa Belanda adalah orang Eropa yang pertama kali berhasil menumbuhkan tanaman kopi di berbagai koloni yang dijajahnya. Termasuk salah satunya adalah di Pulau Jawa, Indonesia.

Mark Pendergrast, penulis buku Uncommon Grounds: The History of Coffee and How It Transformed Our World, menyatakan:

One of the ironies about coffee is it makes people think. It sort of creates egalitarian places — coffeehouses where people can come together — and so the French Revolution and the American Revolution were planned  in coffeehouses. On the other hand, that same coffee that was fueling the French Revolution was also being produced by African slaves who had been taken to Santo Domingo, which we now know as Haiti.

Kalau kamu tertarik membaca sejarah kopi yang lebih lengkap, New York Times memuat chapter pertama dari buku Mark Pendergrast tersebut pada tautan berikut:

http://www.nytimes.com/books/first/p/pendergrast-grounds.html

Manfaat Kopi

Kopi adalah minuman yang berpengaruh. Pada level personal, kopi berguna untuk menjaga stamina dan membuat kita terjaga. Pada level global, kopi ternyata ikut mempengaruhi peradaban dunia. Ternyata perusahaan asuransi dunia Lloyd’s yang berasal dari London berawal dari warung kopi Edward Lloyd’s yang dikenal sebagai tempat untuk memperoleh asuransi perkapalan. Perkembangan sastra, surat kabar, dan bahkan karya besar komposer klasik sekaliber Bach dan Beethoven pun terlahir di warung kopi.

Jadi udah dari dulu, yang namanya kopi itu emang jadi simbol pergaulan. Gak sekarang-sekarang ini aja. Kalau kamu pengen minum kopi tapi gak suka rasa kopi yang begitu-begitu aja, saya sarankan untuk mencari kopi instan dengan variasi rasa yang banyak seperti Kopi Good Day. Walaupun banyak kopi instan lain, tapi saya rasa kopi instan & cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak

Manfaat kopi yang paling sering disebutkan adalah:

  1. Membantu meringankan sakit kepala
  2. Mencegah resiko penyakit jantung dan stroke
  3. Mencegah resiko diabetes dan kanker
  4. Pembangkit stamina dan energi ekstra

Ada lagi manfaat yang saya rasakan dari kopi: wanginya bisa jadi mood-boaster. :D

Kopi Instant dan Kemudahannya

Jaman dulu dan jaman duluuuuu … banget, yang namanya kopi itu dihaluskan dan diseduh sendiri oleh masing-masing orang. Prosesnya lama dan sangat tidak praktis. Jaman sekarang, minum kopi sudah sangat mudah. Apalagi sejak ada kopi instan & cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak. Membuat kopi menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan. Tinggal seduh dengan air panas dan kopi pun siap diminum.

Tapi, tidak seperti membuat teh yang membutuhkan air panas mendidih untuk menyeduh tehnya, kopi sebaiknya diseduh dengan air mendidih yang sudah didinginkan sebentar sampai suhunya turun jadi sekitar 90 derajar celcius. Hal ini berguna untuk menjaga rasa dan wangi kopinya agar tidak berubah.

Manteman suka nonton dorama Jepang? :D

Saya suka nonton Galileo. Ini dorama kesukaan saya soalnya selain Profesor Yukawanya pinter, dia ganteng juga. Hahahaaa…. :D Ceritanya, dia adalah Professor Fisika di Teito University yang sering diminta bantuannya oleh pihak kepolisian untuk memecahkan berbagai kasus yang kelihatannya tidak masuk akal. Di satu episod ada adegan Profesor Yukawa ini menjelaskan kalau dia tidak mau membuat kopi dengan menggunakan coffee maker. Dia lebih suka menyeduh kopi instan. Alasannya karena: It can’t replicate the taste of instant coffee.

Tapi menurut saya itu ada benarnya. Ketika kopi instan sudah semakin bervariasi dan rasanya makin enak, kopi hitam hasil menyeduh biji kopi yang digiling sendiri dengan coffee maker itu terlihat menjadi hal yang merepotkan, tidak praktis, dan menghabiskan banyak waktu. Jadi saya pikir, jawaban Profesor Yukawa itu sangat brilian! :cutesmile: Kalau belum berpengalaman, hasilnya pun belum tentu bisa seenak kopi instan.

Kalau mau minum kopi yang enak, seduh saja kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak . Mudah, praktis, dan menyenangkan.

Professor Yukawa: I don’t think so. Coffee makers have one big defect.

Detective Kishitani: Defect?

Professor Yukawa: It can’t replicate the taste of instant coffee.

Detective Kishitani: Professor, I’m speechless…

yukawa

Ah, Profesor Yukawa … kamu ganteng!

Satu hal lagi yang ditawarkan oleh kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak adalah: kemudahan lain untuk mengolahnya sehingga banyak kreasi makanan dan minuman yang bisa dibuat dengan menambahkan kopi instan ini ke dalamnya. Bentuknya yang bubuk dan mudah larut, membuatnya mudah untuk ditambahkan ke dalam adonan cake. Wanginya juga membuat cake-nya menjadi lebih menggiurkan.

Saya share beberapa resep kreasi saya ya. :cutesmile:

Blog Competition GoodDay

 

 1. Good Day Chococcino Cupcakes

Kamu suka cupcakes? Kalo saya sih, SUKA BANGET! :D

Bukan hanya karena membuatnya mudah dan rasanya enak, tapi juga karena kita bisa mengkreasikan adonan sampai ke topping-nya sesuai dengan selera kita. Untuk resep cupcakes ini, saya menggunakan varian kopi instan Good Day Chococinno karena rasa dan aroma coklatnya yang kuat.

IMG_3654edit

Bahan-bahannya:

1. 1/2 cup colat bubuk

2. 1 cup  air panas

3. 1 sendok teh baking powder

4. 1/2 cup mentega

5. 1 cup gula pasir

6. 2 butir telur ayam

7. 1 sachet kopi instan Good Day Chococinno

IMG_3602edit

Cara membuatnya:

1. Campur bubuk coklat dengan air panas, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.

2. Kocok mentega dan gula sampai lembut dan mengembang.

3. Masukkan telur. Aduk terus sampai tercampur rata.

4. Tambahkan tepung dan satu sachet kopi instan Good Day Chococinno.

5. Masukkan adonan ke dalam cetakan cupcakes dan panggang hingga matang (sekitar 20-25 menit). Lakukan tes tusuk ya.

IMG_3629edit

Untuk hiasannya, saya menggunakan whip cream dengan bantuan spuit bintang. Cantik kan, jadinya? :cutesmile: Penambahan kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak varian Chococinno ini membuat rasa dan aromanya menjadi lebih enak.

2. Spicy Exotic Good Day Vanilla Latte

Di hari yang dingin dan sepi kamu kepengen minum yang anget-anget dan enak sementara tukang bajigur atau sekoteng gak lewat-lewat? Kasian…. :(

Tapi, kamu masih tetep bisa bikin minuman yang gak kalah enak dibandingkan bajigur atau sekoteng loh. Minuman ini saya buat dengan mencampurkan kopi instan Good Day Vanilla Latte dengan rempah-rempah sehingga rasanya menjadi spicy dan aromanya menjadi kuat dan khas.

IMG_3658edit

Bahan-bahannya:

1. 2 sachet kopi instan Good Day Vanilla Latte

2. 1 potongan kayu manis

3. 2 buah pekak

4. 2 butir kapulaga

5. 2-4 buah cengkeh

6. 300 ml air

IMG_3581edit

Cara Membuatnya:

1. Masukkan pekak, kapulaga, cengkeh, dan kayu manis ke dalam air dan didihkan.

2. Gunakan air yang sudah didihkan tadi untuk menyeduh kopi instan Good Day Vanilla Latte.

Mudah kan, cara membuatnya? Rasanya pun sangat enak dan spicy.

3. Hot Good Day Cappuccino

Kalau kamu pengen minum cappuccino a la kafe yang enak dan creamy, cobalah Good Day Cappuccino.

IMG_3650edit

Untuk resep ini, pembuatan dan bahannya standar saja. Cukup dengan air panas yang didihkan dan didiamkan sebentar lalu diseduh ke bubuk kopi instan Good Day Cappuccino.

IMG_3592edit

Walaupun ini kopi standar yang pembuatannya mudah, saya sangat suka karena rasanya sangat enak. Manteman pasti ketagihan deh setelah nyobain satu cangkir aja. Cappuccino ini meneguhkan Good Day sebagai kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak . Rasanya seenak cappuccino a la kafe tapi membuatnya gak susah. :D

4. Good Day Carrebian Nut Cold Frappe

Pas cuaca lagi panas-panasnya, kopi juga bisa dinikmati dengan cara lain: dengan di-blender dan diberi topping whip cream yang enak. Untuk resep ini, saya menggunakan kopi instan Good Day Carribean Nut.

IMG_3653edit

Bahan-bahannya:

1. 1 sachet kopi instan Good Day Carrebian Nut

2. 200 ml air

3. Whip cream secukupnya

4. Kayu manis bubuk untuk taburan

5. Es batu secukupnya

IMG_3625edit

Cara Membuatnya:

1. Seduh kopi instan Good Day Carrebian Nuts dengan air mendidih. Sisihkan sampai suhunya turun atau sama dengan temperatur ruangan.

2. Blender kopi yang sudah diseduh tadi dengan es batu sampai es batunya halus.

3. Tuang di gelas, tambahkan whip cream dan taburkan kayu manis bubuk untuk hiasannya.

 upload resep

Untuk menikmati resep lainnya, kamu bisa kunjungi: http://www.hidupbanyakrasa.com/recipes. Kalau kamu punya resep unik buatanmu sendiri, kamu juga bisa upload resep kamu di sana. Caranya mudah. Klik saja tombol Upload Resep di sebelah kiri. Lalu akan muncul formulir yang meminta kamu mengisi Nama, Email, Telepon, File Foto Resep, dan File Teks Resep. Ayo bagikan resep Good Day kreasi kamu!

upload resep form

Varian lengkap dari  kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak:

  • The Original.
  • Freeze Mocafrio.
  • Mocacinno.
  • Carrebian Nut.
  • Chococinno.
  • Coffeemix.
  • Vanilla Latte.
  • Coolin’ Coffee.
  • Cappuccino.
  • Freeze Choco Orange.

Kreatif dan Inovatif Bersama Kopi Instan dan Cappuccino Good Day, Kopi Gaul Paling Enak

Sejarah sudah membuktikan bahwa banyak karya besar lahir dari warung kopi. Kita yang minum kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak juga tidak boleh kalah. Setelah menyeruput kopi di pagi, siang, sore, atau malam hari, kamu harus menggunakan energinya untuk berkarya. Tidak perlu muluk-muluk. Mulai saja dari hal yang sederhana. Misalnya, karena saya suka masak, saya berbagi beberapa resep kreasi saya dalam tulisan ini. Tunjukkan bahwa kamu mampu melanjutkan tradisi kopi yang mewarnai peradaban dunia. Tentunya di bidang kerja kamu masing-masing. Energi dan stamina dari kopi instan dan cappuccino Good Day, kopi gaul paling enak seharusnya membantu kamu untuk lebih kreatif dan inovatif!

21 Comments

  1. Hamacaan
    Apr 6, 2016

    paling enak kalau good day carrebian nut tambah susu putih, wiiih itu tuh the one and only :)

  2. Ichal
    Nov 6, 2013

    Kece abis nhe

  3. Susanti Dewi
    Sep 14, 2013

    Keren banget postingannya,lengkap.
    Selamat ya, sudah menjadi salah satu pemenang :)

  4. Fenny Ferawati
    Sep 14, 2013

    Kereeen 8)

  5. Istiadzah
    Sep 13, 2013

    aaahhhh ngilerrrr liat resep2nya, Mak! :-? :cutesmile:

  6. Alid Abdul
    Sep 13, 2013

    Oke saya sampai capek bacanya, semoga menang ^__^

  7. Nurul NOE
    Sep 13, 2013

    Selamat maakk.. jadi finalis ke2 :)

  8. Ety
    Sep 12, 2013

    Selalu all out ya kalau ikut lomba. Dua jempol pokoke..semoga menang. :cutesmile:

  9. Kangmas Hejis
    Sep 2, 2013

    Semoga sukses dan menang yah.. salam kenal :)

    Silakan mampir

  10. Nilam Wulandari
    Aug 31, 2013

    Wahhh…kandiat menang nich… Semoga menang ya, Mak Okta. Sudah lama enggak main dimarih :)

  11. Nilam Wulandari
    Aug 31, 2013

    Wahhh…kandidiat menang nich… Semoga menang ya, Mak Okta. Sudah lama enggak main dimarih :)

    • octanh
      Sep 18, 2013

      Makasih, Mak Nilam. :D Alhamdulillah menang jadi finalis. Lumayan, Maaaaak!

  12. Nia K. Haryanto
    Aug 31, 2013

    Ah… keren sangat, Mak. Menang nih….
    aku jipeeeeeer! :lol:

    • octanh
      Sep 18, 2013

      Makasih, Mak Nia. Alhamdulillah masuk jadi finalis. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)