#290: Simply Inspiring with Wardah

Dibaca 62,860 kali

akuuu

Dandanan mau ke pasar. :D

Loving yourself means: you take care of what God has given to you.

Halo, Manteman…. :cutesmile:

Beberapa hari belakangan, cuaca di sini panas sekali. Saya jadinya gampang keringetan. Ada satu-dua jerawat yang muncul di dagu saya. :cry: Kayaknya sih ini karena hormon juga. Kalo cuaca lagi kayak gini, saya selalu pastikan keluar rumah pake sunscreen. Matahari itu jahat banget loh buat kulit kita. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit kita, terutama sinar ultraviolet, bisa ngebikin kulit jadi keriput lebih cepat dari yang seharusnya. Ini yang dinamakan dengan penuaan dini: ketika proses penuaan kulit lebih cepat dari yang normal terjadi. Makanya saya selalu pakai sunscreen.

Jadi ngomongin make-up ini, ya…. :D

Sekalian aja yuk, kita bahas make-up dari mulai make-up dekoratif sampai skincare sehari-hari. Saya seneng juga sih ngomongin yang beginian, soalnya saya suka ngeliat perempuan yang merawat dirinya. Saya aja yang perempuan suka, apalagi para lelaki. :D Apalagi lelaki yang udah sah jadi suaminya…. :D

Suami saya emang suka kalo ngeliat saya dandan. Tapi bukan dandan yang menor. Bukan juga dandan yang bikin orang gak mengenali wajah saya lagi saking tebelnya.



MAKE-UP IS ABOUT ENHANCHING YOUR BEAUTY, NOT TO HIDE IT UNDER

Itu perlu digaris-bawahi, di-bold, dan di-italic! :cutesmile:

Dandan itu tujuannya untuk mempertegas kecantikan, bukan malah menyembunyikannya di bawah dandanan kita. Kalau katanya Kahlil Gibran:

Dengan dandanan yang berlebihan, perempuan menutupi kecantikannya.

Kahlil Gibran ini benar adanya. Dandanan yang berlebihan dan terlalu menor, selain membuat wajah kita kelelahan karena tebalnya produk make-up yang digunakan, juga akan membuat kecantikan kita yang seharusnya terlihat malah jadi tertutupi. Kita malah membuat kecantikan lain yang artifisial, yang akhirnya menjadi topeng untuk menutupi diri kita yang sebenarnya.

Perlu dibedakan juga bahwa yang namanya produk make-up itu ada dua lini, yang pertama skincare, yang kedua decorative make-up. Jadi kalau kamu pakai produk perawatan tubuh, itu termasuk make-up juga loh. Tapi make-up untuk perawatan. Jadi kalau denger kata “make-up”, jangan langsung dibayangkan segala rupa produk decorative saja, masih ada lotion, lip-balm, krim perawatan wajah, sampai ke parfum dan sabun pembersih.

Memang untuk beberapa kasus, misalnya make-up karakter untuk panggung atau make-up untuk keperluan syuting di depan kamera, perlu menggunakan make-up yang lebih tebal. Tapi ini keperluan khusus. Soalnya kalau di panggung untuk teater, misalnya, make-up bukan lagi diperlukan untuk membuat wajah aktris dan aktornya kelihatan cantik dan ganteng, tapi juga mewakili karakter yang diperankan. Make-up seperti ini juga memperhitungkan lighting dan jarak penonton ke panggung: make-up-nya harus kelihatan oleh penonton. Makanya make-up-nya kadang dibuat tebal dan tegas. Tapi … kita tidak perlu sampai seperti itu untuk penggunaan make-up sehari-hari. Tujuannya sudah beda, cara pemakaiannya pun pastilah beda.

Make-up sehari-hari cukuplah yang mempertegas kecantikan dan merawatnya dengan baik.

MAKE-UP JUGA BUKAN TENTANG MEMAMERKAN DIRI

Berdandan dan merawat kecantikan bukan juga untuk memamerkan diri. Bukan untuk mempertontonkan ke khalayak ramai bahwa kita cantik dan menarik. :cutesmile:

Perempuan berdandan untuk membuatnya nyaman dengan dirinya sendiri. Sebagai perempuan, saya suka kalau saya merasa cantik. Tapi bukan untuk diperlihatkan ke mana-mana. Dengan perawatan yang baik, saya juga bisa dibilang menghargai apa yang sudah Allah berikan kepada saya. Saya punya kulit yang coklat, misalnya, dengan merawat teksturnya, menjaga agar kelembabannya selalu baik, saya bisa menunda penuaan dini dan membuat kulit saya ada dalam kondisi yang prima selama mungkin. Menyia-nyiakan dan tidak merawat apa yang Allah berikan pada kita, bisa dibilang sebagai tindakan tidak bersyukur loh. :cutesmile:

Make-up adalah tentang bagaimana kita menjaga penampilan kita di depan banyak orang sebaik yang kita bisa. Membuat orang nyaman di dekat kita karena kita terlihat nyaman juga dengan diri kita sendiri. Juga tentang bagaimana kita menjaga citra diri. Tentu sebagai perempuan, kita ingin citra diri yang baik, sederhana, anggun, tapi tetap terlihat cantik. :cutesmile:

Dari tahun 1995 hingga saat ini, Wardah selalu meyakini kecantikan yang menginspirasi. Wanita Indonesia bisa jadi telah mengadopsi dinamika kemajuan dunia, namun ia tak pernah meninggalkan nilai budaya Timur yang santun. Bagi wanita Wardah, kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Kecantikannya membuat ia merasa mencintai diri sendiri, sebanyak dan sedalam dia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya. Menjadi cantik dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Namun sekaligus memberi inspirasi, harus tulus berawal dari hati.

Sumber: Wardah Beauty

PILIH-PILIH PRODUK MAKE-UP

IMG_4233edit

Kosmetik Halal Wardah.

Buat saya, produk make-up yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Halal is My Life

Halal di sini maksudnya: tidak menggunakan bahan-bahan yang masuk ke kategori najis seperti bagian hewan yang diharamkan. Setiap akan sholat, muslimah seperti saya diwajibkan untuk berwudhu yang tujuannya untuk membersihkan diri. Najis besar yang melekat di tubuh tidak bisa dibersihkan hanya dengan wudhu, tapi harus dengan dibasuk tujuh kali dan sekali dengan campuran tanah. Akan sangat merepotkan sekali kalau sampai saya harus melakukan itu setiap kali ingin sholat. :D

Menggunakan produk yang sudah terjamin kehalalannya membuat semua lebih mudah. Saya tidak perlu ragu menggunakannya dan bahkan untuk produk tertentu, misalnya lipstik yang kadang sengaja terjilat dan termakan, saya tidak perlu kuatir akan kandungannya.

Cantik itu harus sejalan dengan kebersihan. Produk kosmetik halal memastikan kita menggunakan bahan-bahan yang bersih. Dengan begitu, kecantikan yang sejalan dengan kebersihan itu akan membuat hati kita juga merasa tenang. :cutesmile:

2. Tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya

Bahan-bahan berbahaya seperti hydroquinon, mercury, bahkan steroid, kadang dimasukkan ke campuran bahan baku kosmetik untuk membuat perubahan yang cepat dan instan pada kulit. Memang hasilnya akan terasa lebih cepat tapi kulit akan menjadi rusak di kemudian hari. Kosmetik dengan bahan seperti ini bukan lagi merawat kecantikan kita, tapi malah merusaknya. Jadi, hati-hati ya Manteman. Jangan tergoda dengan hasil yang instan. Perawatan kulit dan tubuh yang kita lakukan hari ini, bisa jadi hasilnya baru akan terlihat dua puluh atau tiga puluh tahun kemudian. Kalau hasilnya sangat cepat, Manteman bisa curiga dengan bahan kandungannya. Selalu cek kandungan bahan kosmetik di kemasannya.

3. Formulanya lembut

Formula yang lembut membuat kulit kita tidak tersakiti oleh kosmetika tersebut. Terlalu banyak alkohol (dan turunannya) misalnya, bisa membuat kulit teriritasi dan menjadi kemerahan. Jadi, pilihlah formula yang lembut agar kulit bisa terjaga kondisinya dengan lebih baik.

4. Harganya terjangkau

Harga juga masuk pertimbangan karena kalau ada kosmetik dengan harga terjangkau dan punya kualitas yang bagus, tentu lebih baik. :D Uangnya bisa ditabung atau disisihkan untuk membeli barang keperluan lain. :D Walaupun ada yang bilang kalau harga itu gak bohong, tapi saya juga percaya bahwa barang yang baik itu selalu dijual dengan harga yang reasonable. :cutesmile:

MAKE-UP YANG DIPERLUKAN SEHARI-HARI

Untuk decorative make-up:

1. Pelembab

Saya menggunakan pelembab setiap kali kulit terasa kering. Jadi bukan hanya ketika mau berdandan saja. Sehabis mandi, walaupun saya gak mau dandan, saya selalu pakai pelembab. Kulit yang lembab adalah kondisi yang paling baik untuk berdandan karena kulit akan bisa menyerap produk seperti foundation dengan lebih baik.

2. Foundation (a.k.a foundie)

IMG_3978edit

Liquid Foundation Wardah.

Foundie yang baik adalah yang ketika dipakai di kulit wajah kita, warnanya akan “hilang” dan diserap dengan baik oleh kulit. Jadi, jangan pilih foundie yang warnanya lebih gelap atau lebih terang dari kulit kamu. Harus pas. Untuk keperluan khusus, misalnya untuk membuat shading wajah, kadang memang bisa menggunakan foundie yang lebih terang atau lebih gelap. Tapi ini dibutuhkan keahlian khusus, kalau tidak akan jadi belang-belang nanti wajahnya. Untuk pemakaian make-up sehari-hari, cukup dengan foundie yang pas dengan warna kulit wajah dan pemakaiannnya pun cukup sedikit saja. Untuk kulit cenderung kering, pilih cream foundie agar keringnya kulit bisa tertutupi. Kulit berminyak bisa menggunakan liquid foundie yang lebih mudah diserap kulit. Sedangkan untuk kulit normal, bisa memilih keduanya sesuai kebutuhan.

3. Bedak

IMG_2646edit

Two Way Cake Wardah.

Ada beberapa jenis bedak yang bisa dipilih: press powder, loose powder, atau two way cake. Untuk pemakaian di rumah, loose powder lebih nyaman karena teksturnya yang ringan. Kadang saya juga menggunakan two way cake untuk make-up sehari-hari karena mudah touch-up-nya karena kemasan two way cake lebih mudah dibawa-bawa dibanding kemasan loose powder. Perlu diingat bahwa fungsi bedak adalah untuk “mengamankan” foundie agar tidak meleleh dan membuat wajah tidak berkilat atau kelihatan basah karena sifat foundie yang cair. Jadi bukan untuk membuat warna kulit kita tampak lebih putih. Karena itu, pilih warna bedak yang sesuai dengan warna kulit kita dan kompak dengan warna foundie-nya.

4. Eyeshadow

IMG_3992edit

Eyeshadow Wardah.

Eyeshadow bisa membuat tampilan mata menjadi lebih ekspresif. Untuk keperluan sehari-hari, misalnya untuk ke kantor atau jalan-jalan, dan acara kasual lainnya, gunakan eyeshadow yang matte karena tampilannya akan lebih natural. Untuk make-up malam atau untuk acara yang lebih resmi, bisa digunakan eyeshadow dengan shimmer.

IMG_3995edit

Eyeshadow Matte Wardah Seri G.

IMG_3997edit

Eyeshadow Matte Wardah Seri D.

IMG_4001edit

Eyeshadow Shimmer Wardah Seri C.

IMG_3998edit

Eyeshadow Shimmer Wardah Seri M.

5. Eyeliner

Eyeliner bisa membuat mata terlihat lebih cantik dan ekspresif. Ada dua warna eyeliner yang biasa digunakan untuk make-up sehari-hari: hitam dan coklat.

6. Eyebrow

Alis itu bingkai wajah. Kebanyakan kita kadang tidak sadar bahwa yang bikin make-up itu kelihatan “manglingi” adalah bentuk alis yang dirapikan dan dibuat membingkai wajah dengan baik. Karena itu, selalu perhatikan bentuk alis kamu. Rapikan dan beri sedikit eyebrow pencil untuk membuatnya membingkai wajah dengan baik.

7. Maskara

Saya jarang menggunakan maskara untuk make-up sehari-hari karena saya memakai kacamata. Maskaranya kadang suka nempel di lensa kacamata saya. :cry: Tapi untuk make-up resmi yang lebih bold, saya selalu menggunakannya untuk membuat bulu mata saya terlihat lebih tebal dan lentik.

8. Blush-on

Buat saya, blush-on is a must! Kalau tidak sempat berdandan dan merapikan diri, saya biasa keluar rumah dengan menggunakan blush-on, sunscreen, dan sedikit lip-balm. Sedikit pulasan blush-on bisa membuat wajah yang kelihatan kuyu dan pucat menjadi lebih segar dan kelihatan sehat. Tapi ada syaratnya: makenya sedikit aja, jangan banyak-banyak. It will go a long way!

IMG_3991edit

Blush-On Wardah Seri A.

9. Lipstik

Saya suka lipstik karena memberikan mood tertentu pada make-up kita. Bahkan kalau dikombinasikan dengan benar, lipstik bisa memberikan kesan tertentu yang kita inginkan. Tapi ini juga ada syaratnya: kamu harus memilih fokus make-up kamu antara mata atau bibir, gak bisa dua-duanya. Kalau make-up mata sudah bold dan warnanya keras, jangan menggunakan lipstik yang warnanya juga bold. Begitu juga sebaliknya.

Selain itu, lipstik juga bisa menutupi warna bibir yang tidak rata atau kehitaman. Memberikan tekstur yang kelihatan lembut dan itu bisa membuat bibir kita kelihatan sehat loh. :cutesmile:

IMG_4236edit

Dipilih … dipilih, lipstiknya. :D

Untuk skincare make-up:

IMG_4239edit

1. Body butter

Kalau Manteman punya masalah dengan kulit kering, coba gunakan body butter, bukan body lotion. Body butter lebih melembabkan dibanding lotion biasa. Oleskan merata ke seluruh tubuh setelah mandi. Jangan tunggu lama-lama, ya. Karena ketika mandi, kulit kita kehilangan banyak kelembabannya. Mengoleskan body butter segera setelah mandi membuat kulit tidak berada dalam kondisi kering terlalu lama.

IMG_4002edit

Body Butter Strawberry. Wanginya kayak permen stoberi…. :cutesmile:

2. Sunscreen

Sunscreen berguna untuk melapisi kulit kita agar sinar ultraviolet tidak langsung membakar lapisan teratas kulit. Terpapar terlalu lama di sinar matahari selain bisa membuat kulit terbakas (sunburn) juga bisa menjadi penyebab kanker kulit. Buat saya, sunscreen ini adalah hal yang wajib. Memang efeknya gak akan terasa sekarang, tapi belasan hingga puluhan tahun kemudian dan kamu gak akan menyesal. Ketika usia kamu masuk kepala empat misalnya, dengan pemakaian sunscreen secara teratur sejak kamu berusia dua puluhan tahun, bisa membuat kondisi kulit kamu tetap elastis dan baik sehingga kamu keliatan awet muda. :cutesmile:

3. Lip balm

Lip balm adalah hal yang wajib buat saya sebelum menggunakan lipstik. Dengan kondisi kulit bibir yang lembab, lipstik akan menempel dengan lebih baik dan sempurna. Kalau pun tidak sedang ingin menggunakan lipstik, saya tetap mengoleskan lip balm untuk menjaga kelembaban kulit bibir dan membuatnya tidak pecah-pecah.

4. Olive oil untuk perawatan kulit kering

Kalau Manteman punya masalah dengan kulit kering di sekitar tumit, dengkul, dan sikut, kamu bisa menggunakan minyak zaitun (olive oil) untuk membuatnya lembab. Menjelang tidur, oleskan minyak zaitun secara merata di tempat yang kering tadi. Lakukan setiap malam sampai kulit kembali ke kondisi yang baik.

 

CANTIK ITU TIDAK HARUS MAHAL

Manteman tidak harus membeli semua peralatan make-up yang ada loh. Kamu juga bisa menggunakan apa yang kamu punya untuk tetap jadi cantik. Kamu bisa menggunakan sedikit kreativitas kamu dalam memakai make-up dan hasilnya pun gak mengecewakan loh. Misalnya:

1. Menggunakan eyeshadow powder berwarna gelap untuk eyebrow

Gunakan angled brush dan eyeshadow berwarna coklat tua untuk mengantikan pensil alis (eyebrow pencil). Saya selalu menggunakan cara ini agar alis saya tidak terlihat terlalu tebal dan tetap alami.

IMG_4246edit

2. Menggunakan eyeshadow powder berwarna hitam untuk eyeliner.

Ini juga trik yang bisa dilakukan dengan bantuan angled brush yang lebih tipis dan kecil. Eyeliner yang dipakai dengan cara ini hasilnya akan lebih keliatan tipis dan natural. Kalau kamu ingin dandanan minimalis, cara ini patut dipertimbangkan.

IMG_4245edit

3. Menggunakan lipstik untuk blush-on.

Kalau dalam keadaan terpaksa, trik ini really works loh! Pilih lipstik dengan tekstur yang matte dan bubuhkan sedikit di pipi kamu. Lalu ratakan dengan jari pelan-pelan.

4. Menggunakan spons basah pada two way cake untuk foundie.

Two way cake adalah bedak yang memang memiliki campuran foundie di dalamnya. Perbandingannya bisa 50:50 atau 60: 40. Sehingga bedak two way cake memang bisa digunakan sekaligus untuk foundie. Caranya: gunakan spons basah dan usapkan ke bedak pelan-pelan. Spons basah ini akan menyerap bedak dan membuatnya menjadi pasta seperti foundie cair. Hasilnya memang tidak akan sebaik kalau kamu menggunakan foundie biasa. Tapi cara ini bisa dijadikan cara alternatif kalau kepepet. :D

IMG_2643edit

Bedak two way cake yang dijadikan foundie dengan spons basah.

SHARE YOUR MAKE-UP STYLE WITH OTHERS

Banyak yang bilang kalau gaya ber-make-up minimalis saya kelihatan gak norak dan too much. Hanya sekedar membuat penampilan menjadi lebih segar dan keliatan lebih cantik. Saya suka memberikan tips dan mengajarkan cara make-up saya pada orang-orang terdekat saya, misalnya:

foto ijil

Adik saya, Hafzil. :D

Saya dan Hafzil suka berdiskusi tentang produk make-up dan teknik make-up … dan itu bisa berjam-jam. :D Karena warna kulit dan bentuk wajah kami mirip, saya dan Hafzil juga suka tuker-tukeran produk make-up.

foto ijil02

Pajang satu lagi deh fotonya. :D

Karena suami saya PNS dan saya otomatis masuk anggota Dharma Wanita, saya pernah membuat demo make-up di kantor ketika arisan. Kebanyakan anggota Dharma Wanita di kantor suami saya adalah ibu-ibu muda yang usianya sepantaran dengan saya, jadi asyik diskusinya.

IMG_2035edit

Cantik-cantik semua kan dengan make-up natural?

SIMPLE AND FRESH LOOK MAKE-UP TUTORIAL

Untuk Manteman yang gak berkesempatan ketemu langsung dengan saya, ini saya tuliskan tutorial make-up simple dan fresh look yang biasa saya gunakan sehari-hari. Saya akan berusaha menjelaskan setiap langkahnya dengan sederhana agar mudah diikuti. Peralatannya sedikit kok, gak banyak-banyak. Ini dia:

IMG_4242edit

Yang dibutuhkan untuk make up simple and fresh look a la saya. :D

Langkah 1: Siapkan Wajahmu

Bersihkan wajah. Kalau kamu berdandan setelah mandi, langkah ini bisa dilewati karena kamu pasti udah mencuci muka sewaktu mandi, kan? :cutesmile:

Setelah wajah bersih, gunakan pelembab secara merata lalu biarkan sebentar untuk memberikan waktu agar pelembabnya meresap dengan baik.

IMG_4045edit

Ini adalah my bare face hanya dengan pelembab. 

Manteman lihat kan, di foto saya di atas? Wajah saya warnanya tidak merata. Bagian di bawah mata (kantong mata), di tepi bibir, dagu, dan di tepi hidung warnanya sedikit lebih gelap dibandingkan dengan warna keseluruhan bagian wajah yang lain. Kita akan memperbaiki ini nanti. :cutesmile:

Setelah menggunakan pelembab, jangan lupa untuk menggunakan lip-balm secukupnya di bibir. Ini adalah langkah penting untuk membuat bibir menjadi lembut dan lembab ketika dioleskan lipstik nanti. Sama seperti pelembab wajah, lip-balm juga membutuhkan waktu untuk meresap. Jadi, menggunakan lip-balm di awal proses berdandan akan memberikan cukup waktu pada lip-balm-nya melembabkan bibir kamu dengan maksimal.

IMG_4053edit

Manteman bisa menggunakan telunjuk atau kelingking untuk mengoleskan lip-balm ke bibir. 

Lalu gunakan sunscreen untuk melindungi wajah kamu. Gunakan secukupnya aja ya, Manteman.

IMG_3989edit

Sunscreen Gel.

Langkah 2: Base Make-Up (Foundation dan Bedak)

Sekarang kita akan memperbaiki tekstur dan meratakan warna kulit. Saya menggunakan exclusive liquid foundation Wardah dengan warna natural.

Selanjutnya, biar lebih singkat saya nyebutnya foundie aja ya. :D

IMG_4057edit

Exclusive Liquid Foundation No. 4 Natural.

Saya menggunakan kuas foundie untuk meratakannya. Selain kuas seperti gambar bawah ini, kamu juga bisa menggunakan foundie sponge. Meratakan dengan jari juga bisa, tapi biasanya hasilnya kurang rata dan banyak foundie yang melekat di jari. Kebuang deh, jadinya…. :cry:

IMG_4055edit

Foundie brush.

Kadang saya mendapatkan pertanyaan seperti ini: sebanyak apa sih foundie yang dioleskan ke wajah agar hasilnya rata dan bagus?

Saya akan jawab, segini:

IMG_4058edit

Cukup satu pump foundie aja….

Kalau untuk foundie ini, cukup satu kali pump aja. Yang paling penting ketika mengoleskan foundie adalah: pastikan hasilnya rata di seluruh permukaan wajah. Foundie yang baik, akan meresap dan menutupi pori-pori wajah yang terbuka (besar), akan meratakan warna kulit, dan juga memberikan efek kulit kelihatan lebih halus.

Nah, ini foto wajah saya setelah diberi foundie:

IMG_4064edit

Warna kulitnya jadi lebih rata, kan? 

Setelah itu, gunakan bedak yang sesuai dengan warna foundie kamu. Karena saya menggunakan foundie dengan warna natural, saya menggunakan bedak juga dengan warna natural. Hal ini bisa membuat make-up kamu kelihatan lebih alami dan gak cemong atau belang-belang. Ingat ya Manteman, foundie dan bedak itu gunanya bukan untuk membuat kulit kelihatan lebih putih, tapi untuk membuat tampilan kulit terlihat lebih halus dan bisa menutupi kekurangan wajah seperti warna kulit tidak merata, bercak hitam, bekas jerawat, dan pori-pori besar. Jadi, gunakan seperlunya. Kalau berlebihan, bisa membuat wajah kamu kelihatan cakey (empuk dan tebel kayak kue). :cutesmile:

Kamu juga bisa menggunakan loose powder Wardah dengan bantuan kuas. Tapi untuk make-up kali ini, saya akan menggunakan two way cake.

IMG_4066edit

Two Way Cake Wardah No. 4 Natural.

Manteman bisa menggunakan kuas, spons, atau pun dengan powder puff. Pilih mana yang paling nyaman ketika digunakan. Saya lebih suka menggunakan kuas karena hasilnya yang terkesan ringan dan mudah meratakannya.

IMG_4067edit

Kuas bedak dengan bulu yang lembut.

Gunakan kuas yang besar dengan bulu yang tebal dan halus untuk meratakan bedak di wajah kamu. Dengan kuas seperti ini, sudut-sudut wajah yang sulit seperti bagian bawah mata, tepi cuping hidung dan tepi bibir akan bisa dijangkau dengan mudah.

Langkah 3: Eye Make-Up

Manteman jangan ragu menggunakan eyeshadow untuk make-up sehari-hari. Pilih eyeshadow yang matte dan warnanya natural seperti gradasi coklat. Eyeshadow membantu tampilan mata menjadi lebih ekspresif dan membuat wajah menjadi lebih terlihat segar. Menggunakannya mudah kok. Saya akan memperlihatkan bagaimana menggunakan eyeshadow dengan teknik gradasi dua warna yang sederhana.

Pertama, pilih warna eyeshadow yang muda untuk seluruh kelopak mata. Saya menggunakan warna krem.

IMG_4074edit

Eyeshadow Seri G.

Manteman bisa menggunakan kuas atau ujung jari telunjuk. Saya sendiri lebih suka menggunakan jari karena lebih mudah mengira-ngira apakah eyeshadow-nya sudah rata atau belum.

Pulaskan di seluruh kelopak mata. Warnanya memang tidak akan terlalu terlihat, tapi eyeshadow dengan warna muda akan membuat kelopak mata menjadi lebih cerah dan warnanya jadi lebih rata.

IMG_4078edit

Pulaskan di seluruh kelopak mata hingga ke bagian bawah alis.

Setelah itu, ambil kuas eyeshadow dengan ukuran sedang. Manteman bisa menggunakan aplikator bawaan eyeshadow ini. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan kuas karena hasilnya lebih rata dan lebih mudah mengatur intensitas warna dan banyaknya produk yang akan dipulaskan.

Saya menggunakan warna coklat paling tua di trio eyeshadow ini.

IMG_4083edit

Ambil secukupnya….

Dengan bantuan kuas, pulaskan eyeshadow tadi ke bagian sudut tepi mata (outer-V). Teknik ini akan membuat mata kamu jadi lebih terlihat cerah dan ekspresif. Dipulaskannya jangan sambil diratakan ya, Manteman. Cukup berikan warna coklat tua tadi secukupnya. Intensitas warna coklatnya bisa disesuaikan dengan keinginan Manteman. Kita akan meratakan dan membuat gradasi eyeshadow ini dengan bantuan blending brush.

IMG_4086edit

Berikan eyeshadow dengan warna lebih tua di outer-V mata kamu.

Satu hal yang Manteman perlu lakukan ketika merias mata dengan eyeshadow: blend!

Jadi, blend it well!

Warna eyeshadow yang tidak di-blend dengan baik akan membuat mata terlihat aneh dan “keras”. Eyeshadow yang baik akan memberikan gradasi warna pada mata. Dari bagian dalam mata dengan warna lebih muda, semakin ke luar warnanya menjadi lebih gelap. Warna paling gelap diberikan di outer-V … dan ini semua harus di-blend!

Gerakkan blending brush dari arah luar ke dalam berkali-kali sampai gradasi warnanya menjadi bagus. Hal ini juga untuk mencegah warna eyeshadow terlalu pekat. Ketika proses ini berlangsung, Manteman bisa menambah intensitas warna eyeshadow atau menguranginya. Untuk mengurangi warna eyeshadow yang terlalu keras, cukup tambahkan eyeshadow dengan warna lebih muda di blending brush kamu lalu blending ke arah dalam.

IMG_4090edit

Blend it well!

Ambil kuas eyeshadow yang tadi dipakai untuk memberikan warna coklat tua di outer-V, lalu ratakan warna coklat tua dari outer-V ke arah bawah mata. Ingat bahwa make-up mata juga harus punya keseimbangan. Terlalu banyak memberikan warna di kelopak mata bagian atas akan membuat mata terlihat berat. Untuk itu, kita harus membuatnya seimbang.

IMG_4091edit

Ratakan eyeshadow ke bawah.

Ambil kuas yang lebih kecil, lalu ratakan eyeshadow di bawah mata bagian dalam. Gunakan warna yang lebih cerah. Saya menggunakan warna yang sama dengan yang pertama kali saya pakai. Jangan lupa untuk memberikan sedikit warna di sudut mata bagian dalam (tear duck) untuk membuat mata terkesan lebih cerah.

IMG_4098edit

Berikutnya adalah eyeliner. Saya menggunakan eyeliner pensil berwarna hitam. Pastikan ujungnya cukup runcing ya, Manteman, agar bisa digunakan untuk membuat garis mata yang tipis di ujung bagian luar.

IMG_4103edit

Eyeliner pensil berwarna hitam.

Garis tepi kelopak mata mulai dari bagian tengahnya. Pastikan garisnya tidak terlalu tebal karena bisa membuat mata terkesan berat. Untuk ujung luarnya, pastikan Manteman membuat garis yang melengkung ke atas. Ini akan membuat mata tampak lebih besar dan terlihat ceria. Kalau garisnya melengkung ke bawah, mata akan terlihat sedih dan membuat keseluruhan wajah menjadi kuyu. Jadi, hati-hati ya…. :cutesmile:

Saya tidak memberikan garis di bagian bawah mata karena itu akan membuat make-up mata saya terlihat berat. Untuk make-up natural-minimalis, cukup beri garis di bagian atas mata saja.

IMG_4105edit

Pastikan ujung garisnya melengkung ke atas.

Berikutnya adalah alis mata. Bagian ini sedikit tricky. :cutesmile:

Alis adalah bingkai wajah. Kebanyakan muslimah tidak mau mencukur alisnya karena hal itu memang tidak diperbolehkan menurut sunnah. Tapi, kita diperbolehkan untuk merapikannya dengan cara menyisir dan memberikan sedikit tambahan warna loh. :cutesmile:

Saya sendiri tidak suka menggunakan pensil alis karena kalau tidak dipakai dengan hati-hati, bisa membuat alis terkesan sangat tebal karena warnanya terlalu tua. :cry:

Tahukah Manteman, kalau yang diperlukan ketika merapikan alis itu bukanlah menggambar ulang tapi hanya cukup dengan mengisi bagian-bagian yang alisnya tumbuh lebih jarang? Untuk itu saya menggunakan eyeshadow berwarna coklat tua. Saya memilih warna ini karena akan membuat alis saya terlihat lebih alami dan membuat tampilan wajah saya sedikit lebih muda. Alis berwarna sangat tua (seperti hitam) akan membuat si pemilik alis menjadi kelihatan tua.

Untuk mengaplikasikannya, saya menggunakan angled brush yang agak tebal. Angled brush ini bulunya kaku sehingga lebih mudah digunakan dibanding pensil alis. Warna alis pun akan lebih mudah diratakan.

IMG_4106edit

Angled brush.

Ambil sedikit eyeshadow dengan angled brush. Sedikit aja ya … jangan banyak-banyak. Kalau terlalu banyak, selain nanti alisnya keliatan tebel banget dan warnanya tua banget, dia juga bisa menyerbuk nanti dan serbuknya berjatuhan ke mata dan pipi. Itu sama sekali gak asyik. :D

IMG_4109edit

Ambil sedikit eyeshadow….

Mulainya memberikan warna dari titik paling tinggi alis ke bagian tepi luar.

IMG_4110edit

Mulai dari tengah.

Dengan sedikit memperbaiki warna dan bentuk alis, penampilan mata kita bisa jadi lebih ekspresif dan cantik loh. Ini penampakannya ketika mata ditutup:

IMG_4113edit

Mata ditutup.

Dan ketika mata dibuka, Manteman bisa lihat bagian tepi mata yang berwarna lebih gelap membuat warna bola mata menjadi lebih kelihatan cantik. Eyeliner-nya pun membuat mata keliatan lebih terbuka.

IMG_4114edit

Mata dibuka.

Langkah 4: Blush On 

Blush-on buat saya itu wajib! :D

Dengan sedikit menggunakan blush on, wajah kita bisa tampak lebih cerah. Pakai blush-on-nya sedikit, tapi efeknya banyak. :cutesmile: It goes a long way….

Gunakan kuas khusus blush-on agar hasilnya rata dan warnanya terdistribusikan dengan baik di pipi kita.

Seperti yang Manteman lihat, blush-on Wardah ada dua warna yang bisa dipilih atau digunakan bersamaan. Untuk dandanan minimalis, saya suka menggunakan warna yang lebih muda. Tapi untuk kali ini, saya mencampur kedua warnanya agar warnanya lebih cerah dan wajah saya kelihatan lebih segar.

IMG_4120edit

Blush-On Seri A.

Sapukan kuas dari arah apple of the cheeks ke arah telinga. Kalau Manteman masih bingung mana sih yang namanya apple of the cheeks itu, coba tersenyum. Bagian bulat dari pipi Manteman yang kalau ditekan sedikit terasa tulang pipinya, itulah yang namanya apple of the cheeks. Lanjutkan dengan manyapu kuas ke arah pelipis dan kalau masih ada sisa blush-on-nya, sapukan di sekitar dagu. Warna yang dihasilkan blush-on ini sebaiknya samar saja dan bercampur dengan rata dan baik dengan wajah. Jangan sampai ada warna yang terlalu keras atau membentuk garis. Sedapat mungkin, buatlah warnanya jadi nge-blend dengan lembut.

IMG_4122edit

Mulai dari apple of the cheeks.

Langkah 5: Lipstik

Langkah terakhir adalah lipstik. Untuk warna bibir dengan make-up mata yang minimalis, bisa pilih warna apa saja. Bahkan warna terang seperti merah gonjreng sekali pun. Pusat perhatian orang akan jatuh ke bibir tanpa membuat wajah terlihat berat. Tapi karena saya ingin make-up saya kali ini terlihat lembut dan minimalis mendekati natural, saya memilih warna bibir yang agak oranye.

Untuk memulaskannya, saya menggunakan kuas bibir. Hasilnya akan lebih rapi dan ketebalannya pun bisa merata dengan baik kalau kita menggunakan kuas bibir seperti gambar di bawah ini:

IMG_4125edit

Lip-brush.

Dan … tadaaa~

Inilah hasilnya:

IMG_4136edit

Simple and fresh look make-up.

Make-up-nya gak terlalu menor, tapi cukup untuk membuat wajah terlihat lebih segar. Kalau difoto pun akan terlihat lebih cantik. :cutesmile:

Terakhir, kecantikan sejati adalah perpaduan antara kecantikan jiwa, hati, raga, dan pikiran. Karena itu, kita harus mengusahakan semuanya, tidak hanya kecantikan raga saja yang bisa didapatkan dengan perawatan dan make-up. Manteman harus positive thinking, banyak tersenyum, makan makanan yang sehat, menjaga pola hidup sehat, dan rajin ibadah tentu saja.

Saya menambahkan satu hal lagi untuk urusan cantik ini: rajin baca buku!

IMG_4213edit

Di foto ini, saya pakai make-up dengan shade pink, menyesuaikan dengan baju dan jilbabnya. :cutesmile:

Kan gak lucu kalau fisiknya udah cantik, perilakunya juga udah santun tapi pas diajak ngomong keliatan gak smart…. :D Tapi kalau Manteman mencampurkan kecantikan dan kepintaran dengan dosis yang tepat, it’s just simply inspiring…. :cutesmile:

Sampai di sini dulu ya ngobrol-ngobrolnya, Manteman. Kayaknya udah panjang banget obrolannya. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat. :cutesmile:

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. :cutesmile:

REFERENSI:

1. Kosmetik Halal dan Beyond Halal

2. Review Paket Kosmetik Wardah

3. Review Lipstik Wardah (Warm RoseMaroon, dan Orange)

4. Ngomongin Make-Up

5. Jenis-jenis Bedak Wajah

6. Which Brush?

45 Comments

  1. hendrat
    Oct 17, 2016

    wkwkwk make up in saya dong, belum pernah make up nih :twisted:

  2. Metha
    Apr 20, 2015

    Mba Octa,,keren banget nii tutorial dan tips nya. Mba, boleh gak kalo saya undang untuk demo di kantor?
    Kami ada Kajian rutin Muslimah di kantor, pasti bermanfaat sekali jika bisa sharing lgs tentang tis2 di atas ke para Muslimah lainnya. Untuk term and condts-nya boleh ya mbak respond ke email saya. Trims. Metha

  3. naziezie
    Mar 27, 2015

    waaah sis natural banget ya… :-o
    saya coba deh tips nya dirumah hehe
    thanks nih share nya

  4. Rn
    Dec 10, 2014

    Mbak mau tanya, kulit saya normal kering.. sebenernya mending pake foundation atau BB cream sih?cz d bwah mata saya ga halus, jd kdg malah jd mqn jelas..thx b4 mbak cantik :oops:

    • octanh
      Dec 15, 2014

      Bisa dua-duanya karena harusnya kulit normal itu cenderung bisa diapain aja. Nah, buat yang kering-keringnya itu, perbaiki teksturnya pake skincare yang cocok. Dan pastiin sebelum makeup, pake pelembab. Semoga membantu ya, Mbak Rn. :cutesmile:

  5. Utami
    Nov 11, 2014

    wuiiih keren :D

  6. Fauziya
    Oct 25, 2013

    mbaknya ahli nih :D mau tanya dong :lol:
    kalo di wajah ada jerawat batu, pake foundie bakal memperburuk apa ngak sih mbak? Soalnya aku tuh buta make up :T.T:

    • octanh
      Oct 29, 2013

      Kalo saya pas jerawatan gitu, gak pake makeup sama sekali. Eh, pake ding. Tapi cuman pelembab sama sunblock/sunscreen. Soalnya kalo pake makeup kayak fondie gitu, ntar malah ketutup pori-porinya dan bikin jerawatnya makin parah. Ini saya udah semingguan cuman pake sunblock doaaaaang. Hiks. :(

  7. evrinasp
    Oct 18, 2013

    juara 1 dan juara 2 nya akhirnya muncul juga, ditunggu2 hehe. kayanya mak octa nih yg number one hehe, udah intip yg juara 1 soalnya, semoga menang mak

  8. Inna Riana
    Oct 17, 2013

    Wuiih…tutorialnya keren maakk!
    Bookmark ah :music:
    Semoga sukses lagi untuk kontesnya yaa :cutesmile:

    • octanh
      Oct 29, 2013

      Makasih. :D Itu tutorial mbikinnya rada setengah hati. Soalnya … soalnya muke lagi banyak “dosanya” Maaaak~ *gelindingan*

  9. ifa
    Oct 17, 2013

    kacamatanya lucu #oot #kabuuuur
    semoga menang ya mb…

    • octanh
      Oct 29, 2013

      Makasih. Padahal ini kacamata udah gak sesuai ama minusnya…. :(

  10. Hilda Triany
    Oct 17, 2013

    keren sekali tutorialnya…semoga menang yaaa mak..ini yg kemarin di fotoin sm Thareeq yaa??heheheheee..

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Iya. :D Ini yang kemaren digangguin muluk sama si Thaariq pas motonya. :T.T:

  11. Muna Sungkar
    Oct 17, 2013

    Ya Allah ini mah bakalan menang lagi deh. udah tulisannya keren, tutorialnya lengkap, yang ngajarin juga cantik banget. Dapet A+ nih mak… (aku langsung ngelipet dagangan dyeh)
    keren banget mak, nanti aku mo pake eyeliner cara mbak Octa ah, biasanya aku pakenua celak mbak, selain kebiasaan dr kecil dipakein mama, sunnah juga. Liat mbak Octa cantik jd pgn nyoba heheh… sukses mbak ngontesnya :)

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Aslinya pan mukanya gak secantik itu, Mbak Muna. Itu karena make-up dan angle foto ajah. Hahahaaaaa…. :> Saya malah gak bisa pake celak karena ujungnya keras gitu aplikatornya, Mbak. Hiks.

  12. Oline
    Oct 17, 2013

    Lengkap ulasannya. Sukses yaa.. :oops:

  13. Oline
    Oct 17, 2013

    Lengkap ulasannya. Sukses yaa :oops:

  14. Fardelyn Hacky
    Oct 16, 2013

    woaaaa…lengkap banget tulisannya mbak. keren dah. Eike juga ikutan bookmark sebagai panduan.
    Semoga menang ya mbaaaak

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Apanya yang mau dijadiin panduan, Mbak Fardelyn…. :D Ini cerita-cerita aja sebenernya. Gak ada referensi macem-macemnya jugaaa…. :-P

  15. Muis Mulya
    Oct 16, 2013

    Tutorialnya mancep…. cantik banget hasil akhirnya :oops: lam kenal ya maak…. mampir yuk kerumahnya Mimi Mama.

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Makasih Mbak Muis. Nanti saya ke sana ya…. :D

  16. E Novia
    Oct 16, 2013

    Tutorialnya keren banget, Mak. jelas dan padat.

    Saya suka pakai make up tapi ga pernah pake teknik alias suka2 sendiri, jadina suka ga pas. hehe :D

    ijin bookmark ah. hehe.

    Makasih, Mak dan semoga sukses kontesnya

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Makasih, Mbak Novia. :D Saya juga kalo makeup-an kadang sesuka-suka saja aja gitu. Yang penting gak ketebelan. :D

  17. Miss Rochma
    Oct 16, 2013

    aku suka dandan natural. suka pula kalau dapat tutorial gini. apalagi yang tentang eye liner itu lho. lengkung atas dan lengkung bawah. aku biasanya pakai eye liner cair, dan belum ngeh sama lengkung-lengkung itu tadi, ntar dicoba :)

    ohya, sayangnya, eyeshadow wardah itu kurang keluar warnanya. kudu ambil banyak biar warnanya terang :)

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Saya juga kadang pake eyeliner cair, Mbak Rochma. Tapi kalo dandan buat pergi malem aja sih. Biar lebih bold gitu kesannya. Biar warna eyeshadow-nya keluar, bisa pake eyeshadow base, Mbak. Cuman emang kalo gak ati-ati, yang ada ntar warnanya susah di-blend dan keliatan tebel banget. :cry:

  18. hana
    Oct 16, 2013

    ya allohhh lengkeppp bangettt ckcckckkcckkc

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Saya bingung mau nulis apaan, Mbak Hana. Akhirnya saya ceritain aja semuanya. Makanya jadi panjang begini. :T.T:

  19. rahmiaziza
    Oct 16, 2013

    wuiih lengkap kali mak step by step nya, aku juga ikutan loooh hehehe

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Iya, Mbak Rahmi…. Semalem saya udah mbaca tapi beloman komen. Dikejar deadline soalnya…. *malah curhat* :(

  20. Jihan Davincka
    Oct 16, 2013

    Kalau enggak masuk dalam jajaran 3 besar, satu-satunya pertimbangan dari juri mungkin karena Mak Octa dah pernah menang tahun lalu hihihihi. Panjang tapi mantap :D. Bookmark sebagai modal dandan nanti kalau mudik ke tanah air . Btw, hampir semua blog peserta Wardah, kubookmark sih hahahahaha.

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Eyajangan sampe ada pertimbangan begitu doooong…. *tiba-tiba stress* Tahun lalu itu kan bisa dibilang beginner luck. Nulis sedapet-dapetnya, gak ngarep apa-apaan. Kalo tahun ini, niat banget nulisnya. Hahahaaa…. :D

  21. Nunung Nurlaela
    Oct 16, 2013

    hohoho…keren banget lengkap kap ini mah pasti juara…sukses ya mak…btw, aku juga ikutan, tapi masih amatiran…:( :cry:

  22. Nia K. Haryanto
    Oct 16, 2013

    Waaaah… Mak Octa udah cocok jadi Beauty Blogger nih :cutesmile:

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Beauty blogger jadi-jadian tapinya, Mbak Niaaaa…. :cry:

  23. lieshadie
    Oct 16, 2013

    Mak, selalu komplit deh…gak salah kalo tempo hari menang di Biokos…kali ini pasti menang lagi nih…good luck Mak..

  24. Shinta
    Oct 16, 2013

    Keren bangett makk, lengkappp ^^
    mau ke pasar aja cantik bangettt qiqiqi

    • octanh
      Oct 17, 2013

      Itu efek filter IG aja, Mbak Shinta. Dan kebetulan angle-nya pas. Hahahahaaa…. Kagak ada mall di sindang, satu-satunya tempat belanja sambil bergaya ya pasar itu. :T.T:

Trackbacks/Pingbacks

  1. 8 Trik Make Up Sederhana Buat Cewek Berpipi Tembem | | Wajah-sulsel.com - […] pilih warna natural ya via octavianinurhasanah.net […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)