#292: Curhat tentang Tulisan (dan Everald)

Dibaca 290 kali

proyek novel

Hari saya lagi agak jenuh sama nulis. Mungkin karena capek karena selama di Makassar, saya selalu aja bawaannya kangen rumah. Pengen cepet pulang ke Selayar. Hiks. :cry:

Jadi sekarang saya mau curhat aja. :D

Beberapa waktu yang lalu, saya sempet bersih-bersih komputer dari segala ide yang rasanya gak bakalan saya tulis. Misalnya aja saya punya ide tentang cerita yang kayaknya saya dan ceritanya gak bakalan punya kemistri. Atau ide cerita lama yang kalo dibaca lagi kok ya dudulnya kebangetan. :D

Beberapa ide yang worth it buat ditulis, saya kumpulkan di folder khusus, disimpen di dropbox juga biar saya gampang kalo mau pindah-pindah komputer pas nulis, dan sekalian dikasih ikon yang lucu-lucu yaaa … just for fun. Folder-nya kayak yang ada di atas situ. Yang gambar sepatu highheels, itu udah selesai. Tinggal nunggu terbit. Yang gambar payung, itu lagi ditulis udah setengah. Yang gambar lampu meja, itu lagi ditulis. Yang gambar kue, itu lagi riset dan ngembangin karakter sekalian nulis plot synopsis. Yang gambar bakpao pink, itu proyek mecha saya sama Tuan Sinung yang cuman baru sampe konsep. Yang gambar buah aneh, itu proyek fantasy romance yang baru aja kelar plot synopsis-nya trus … saya bingung pas ngeliat ceritanya. Abisnya saya belom pernah nulis fantasy romance sebelumnya. :D

Cara nge-folder-in setiap ide ini ngebikin saya bisa keep on track sama proyek yang lagi saya tulis.

Trus di dalem folder-nya ada apa?

Ada ini:

proyek novel 02

Isi folder Everald

Dulu proyek ini dikasih nama sesuai dengan nama tokoh utamanya. Hanya aja, makin ke sini, makin banyak yang dikembangin, saya jadinya ngeganti namanya biar lebih gampang diinget aja gitu.

Isi folder-nya ada file chapter. Saya suka misahin file per-chapter biar gampang pas ngeditnya. Nanti kalo udah selesai semua, baru digabungin ke satu file besar yang bernama draft naskah. Ini belom ada file draft naskahnya soalnya saya baru nulis dua chapter.

Trus saya juga suka nyimpen draft plot synopsis biar ketahuan berapa kali saya ngedit. Buat naskah ini, sampe fix ternyata saya udah ngedit tujuh kali sejak April 2013 sampai Oktober 2013. Sekitar 6 bulan ya…. Itu termasuk itungan riset dan ngebangun universe-nya (karena ini fiksi fantasi).

Untuk satu naskah itu saya nyeleseinnnya emang lama. Bukan karena males atau apa gitu. Tapi emang ada ide yang kesulitannya di atas rata-rata buat saya. Misalnya aja naskah Everald ini. Kalo naskah yang chicklit, biasanya saya lebih cepet ngerjainnya karena gak perlu riset banyak-banyak. Saya lebih suka nulis tentang yang saya tahu dan ada di sekitar saya.

Karena kadang saya gak nulis selama beberapa waktu–sibuk atau gak sempet, atau yang lain–biar gak keder, saya bikin yang namanya character sheet. Ini adalah penjelasan tentang karakternya satu per satu. Detail sampe ke tinggi badan, berat badan, rambut, cara berpakaian, kalau dia punya kebiasaan tertentu, atau punya gesture tertentu yang unik, saya masukin ke sini biar gak ketuker sama karakter yang lainnya. Menghindari OOC (Out Of Character) juga. Kalo untuk Everald ini, sekalian saya bikin silsilahnya biar gak mumet.

Biar gampang ngebayanginnya, saya juga suka masukin gambar atau foto sekedar untuk ngasih gambaran visual. Misalnya untuk Revleine Rafn itu kira-kira bentuknya begini:

[wallcoo]_cg_artwork_kjun_and_97bzo_02

Kira-kira beginilah bentuk si Revleine Rafn itu, tapi kulitnya sedikit lebih coklat 

Kalo buat tokoh cowok, saya suka berkeliaran di website agensi model. Hahahaaa…. Cowok-cowok model itu cakep-cakep loh! Misalnya, beginilah kira-kira bentuk si Lorus Rafn itu:

5800636471_c8a9d3f3b8_o

Begini kira-kira bentuk si Lorus Rafn

…dan untuk dua gambar itu, saya lupa kreditnya. Udah lama saya simpen di laptop soalnya. Nanti kalo saya dapet, saya cantumin. :D

Saya nyari yang bentuk wajah kira-kira mirip, soalnya mereka adik-kakak, tapi kalo bisa matanya beda. Yang satu hitam pekat yang satu biru.

proyek novel 03

Character Sheet

Untuk semua karakter, saya ngelakuin itu. :D

Keliatannya menyenangkan ya? MEMANG! Hahahaaa…. :D

Di online series-nya Everald juga udah disiapkan page untuk character sheet ini. Tapi belom saya isi. Isinya sih bakalan beda sama yang saya tulis untuk diri saya sendiri, mungkin lebih ringkas dan tanpa gambar.

proyek novel 04

Belom diisi tapi….

Nulis itu default-nya menyenangkan kok. Jadi gak menyenangkan setidaknya karena: kamu gak tau luar-dalem-atas-bawah tentang apa yang mau kamu tulis. Atau … ada gap antara visi kamu tentang tulisan itu dan kemampuan menulis kamu (kalo yang ini bisa diatasi dengan banyak latihan). 

Tekanan menulis datang ketika kamu mikirin hal-hal di luar tulisan kamu. Seperti yang saya ceritain kemaren (di post sebelum ini). Dan saya nulis post ini untuk melihat lagi betapa saya sangat menyukai apa yang sedang saya tulis dan seharusnya saya bisa mengurangi tekanan yang sekarang sedang saya rasakan ketika menulis….

Jadi, kalo ada yang mau baca draft yang lagi saya tulis, silahkan dateng ke sini: Everald (The Story). #ShamelessPromotion :D Kalau mau komen, silakan. Saya nungguin komen yang isinya kritik buat perbaikan. Apalagi tadi pagi saya abis nulis adegan battle untuk pertama kalinya. :cry: Kayaknya aneh gitu adegannya. 

Udah dulu deh, curhatnya. Kayaknya bentar lagi anak-anak bangun….

3 Comments

  1. ennykus
    Oct 30, 2013

    Mbak, itu foto ceweknya cantik banget… :oops:

    • octanh
      Oct 31, 2013

      CG itu, Eny. Orang beneran ada gak ya yang secakep ituh? :D

  2. Hewan
    Oct 29, 2013

    Hmm … isi foldernya nggak jauh beda sama punya sayah. Dulu juga saya seringnya bikin file word-nya per chapter. Tapi sekarang, satu folder isinya cuman satu draft saja. Kalau diedit dan revisi, file lama saya overwrite. Kalau kebanyakan file dalam satu folder, terkadang ngeliatnya bikin pusing >.> :teror: <<

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)