#293: Ceritanya Lagi nge-Review Aplikasi Goodreads

Dibaca 1,684 kali

IMG_0578

Halooo….  :D

Saya mau nge-review sekalian ngomongin tentang fitur Goodreads karena masih banyak yang nanya GR (disingkat aja, yak … pegel bok nulisnya!) itu apaan. Ngejelasin ke atu-atu orang kan lumayan juga yak. *lap keringet* Jadi mending ditulis aja di blog. :cutesmile:

Yang saya ceritain ini GR yang ada di aplikasi hape. Saya lebih suka yang ini daripada harus ngakses dari versi web-nya. Lebih ringkes dan enak. Buat versi web-nya silakan dateng ke: www.goodreads.com

GR ini semacam sosial media–nyaris hampir kayak Facebook–tapi yang menyatukan pemakainya adalah kesukaan akan buku. Kalo FB kan udah rada geje yak. Macem-macem orang ada di situ. Berbagai obrolan tumpah-ruah di situ. Kalau pun ada grup, tapi sifatnya cuman obrol-obrol doang. Nah si GR ini selain sosmed, juga jadi katalog buku. Kamu bisa masukin buku yang kamu tulis seandainya buku itu belom ada. Jadi orang yang pengen nyari buku kamu, bisa liat gimana reputasi buku itu di sana.

Singkatnya sih, pertemanan kamu dengan teman GR kamu itu disatukan oleh satu hal: buku dan apapun yang ada hubungannya dengan buku. Di GR, kamu bisa mengarsip buku-buku apa aja yang kamu baca (gak mesti beli kan, ya? :D), sedang dibaca, atau ingin kamu baca dan ngeliat juga apa yang teman-teman kamu baca. Kayak gini bentuknya:

IMG_0586

Kalo diklik, bakalan keluar judul buku dari masing-masing kategorinya. 

Kamu harus masukin satu per satu buku dengan cara masukin judulnya atau … ini cara yang paling asyik; di-scan ajah barcode-nya~! Trus abis itu dimasukin kategori kayak di atas. Untuk nge-scan barcode buku ini butuh hape dengan kamera dan kadang perlu bantuan flashlight juga kalo gelap.

1382332_10200488433327532_1606910309_n

Tinggal arahkan kamera ke barcode bukunya dan tunggu beberapa saat sampai keluar nomer barcode-nya.

Dari sini nanti langsung bisa dimasukkan buku itu ke kategori mana. Gampang, kan?

Trus kalau kamu lagi baca buku, kamu juga bisa ngasih komen ketika kamu mbaca. Caranya, tinggal klik ikon “progress” dari halaman home. Trus masukkan halaman yang mau kamu komenin (yang lagi kamu baca) dan komennya. Saya make cara ini juga buat nandain sejauh apa saya udah mbaca bukunya.

IMG_0587

Ada tombol share ke Facebook juga kalo kamu mau nge-share. :D

Kalo kamu mau diskusi dengan teman-teman yang suka baca genre tertentu, kamu bisa masuk grup juga. Ada banyak grup yang bisa dipilih atau kamu bisa bikin grup sendiri.

IMG_0588

Saya cuman ikut dua grup ini tapi gak aktif…. :cry:

Buat yang pengen baca ebook, di GR ada ebook yang bisa dibaca gratis. Lumayan juga kalo pas nyari bukunya ternyata gak ada dan nemu ebook-nya. Lebih hemat juga sih jadinya.

IMG_0589

Saya baru mau baca dua ebook ini. :D

Cara nyari ebook-nya, bisa langsung klik ikon “ebook” dari halaman home. Trus kamu bakalan liat list ebook yang tersedia.

IMG_0590

Klik ebook yang kamu mau nanti kamu bakalan ngeliat deskripsinya. Kayak gini:

IMG_0591

Trus kamu bisa klik “read now”, trus nanti bakalan muncul kayak gini:

IMG_0592

Kalau belom pasti mau baca apa gak, klik “not now” aja. Trus bakalan muncul beginian:

IMG_0593

Tunggu sampai proses loading-nya selesai, dan ebook kamu siap dibaca. :D

IMG_0594

Buat ebook ini, perlakuannya sama dengan buku biasa. Kamu bisa ngasih komen dan nandain progress kamu. Ada ikonnya yang bisa diklik di bagian bawah, kayak gini:

IMG_0596

Kalau mau nyari buku tertentu atau penulis tertentu, kamu bisa langsung search dari halaman “home”. Misalnya saya nge-search ini:

IMG_0597

Kamu bisa liat biografi dan buku-buku yang udah ditulis sama penulis ini. Kayak gini:

IMG_0598

…scroll down:

IMG_0599

Kalo kamu klik salah satu judul bukunya, bakalan muncul kayak gini:

IMG_0600

…scroll down dan kamu bisa liat review temen-temen kamu tentang buku ini.

IMG_0601

Punya apliksi GR di hape itu kayak berasa bawa katalog perpustakaan kemana-mana. Me likey~!

Buat Manteman yang punya blog, bisa masukin widget buku-buku yang lagi dibaca atau yang udah dibaca juga ke blog. Punya saya baru aja saya apus karena … karena saya mau ngatur ulang dulu buku-buku saya di sana.

Trus masalah kritik yang katanya GR itu orangnya pada judes, ya gimana ya … maklum aja. Orang yang suka baca dan sampe ngebela-belain buat aktif di sosmed kayak GR ini pasti punya penilaian yang beda sama orang yang bukan pembaca serius. Jadi kalo kritik atau review-nya pedes, inget juga: jangankan buku, kita aja secara gak sadar suka ngasih penilaian sama apapun yang kita liat. Dari pot bunga sampe mobil yang lagi lewat di jalanan. Apalagi nih, apalagi orang yang emang cinta ama buku. Karena cinta makanya dia jadinya rada lebih keras sedikit.

Tapi yaaa … tergantung orangnya sih. Ada juga kok reviewer yang baik.

Tentang GR yang dibeli Amazon dan sempet ngebikin beberapa orang bereaksi keras beberapa waktu lalu, bisa Manteman cari sendiri beritanya. Yang jelas, dulunya GR ini komunitas dan sekarang ada di bawah Amazon. Saya sendiri sih, selama aplikasi ini gratis dan membantu saya buat nyari buku-buku yang bakalan saya suka (kayak tagline-nya: meet your next favorite books), saya gak keberatan juga. Walopun memang kayaknya bakalan lebih keren kalo Indonesia bisa buat yang model begini sendiri….

Ada yang mau buat? Tuan Sinung, mungkin? :D

Segitu dulu review-nya. Ketemu di sana ya, Manteman. :cutesmile:

10 Comments

  1. devi andriani
    Jan 1, 2015

    Keren nampaknya
    Tpi kok kak, aplikasi goodreads yg saya download ggak ad home kek yg diatas yah? Jdi binggung gimana search novelny ..
    Hehe , dibales ya kak :)

    • octanh
      Jan 2, 2015

      Mungkin emang beda itu apps-nya, tergantung platform-nya, Devi. Soalnya aku nge-install di Windows Phone, bentuknya juga lain dan agak aneh. :|

  2. Nabila Azzahra
    Dec 16, 2014

    Kak itu buku William Shakespare bahasa inggris ya? Ngga ada yang bahasa indonesianya?

    • octanh
      Dec 16, 2014

      Iya, Nabila. Yang gratis didonlot di Goodreads itu bahasa Inggris semua. :cutesmile:

  3. Bint@
    Nov 9, 2013

    wah buat aplikasi hape ya? hape sy gak bs kayaknya hehe.. :evil:

    • octanh
      Nov 15, 2013

      Iya, aplikasi hape. Harus smartphone kayaknya emang ini. :D

  4. Mugniar
    Nov 6, 2013

    Huaaa panjang ya *ngelap keringat*
    Otak saya masih belum memuat ini semua mbak .. mungkin kapan waktu balik lagi atau … bookmark dulu saja ya

    Btw makasih review-nya mbak :)

  5. warm
    Oct 30, 2013

    mbak, aplikasi ini utk iOs apa Android? :|

    • octanh
      Oct 31, 2013

      Bisa dua-duanya, Mas Warm. Kan dia di bawah Amazon. Yang belom ada kayaknya buat Windows Phone. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)