#318: Menulis untuk Kalian

Dibaca 173 kali

IMG_4554edit

Saya tidak bisa menulis. Sudah beberapa hari.

Ketika menatap monitor dan melihat susunan huruf yang menjadi kata, lalu menjadi kalimat, dan memenuhi banyak halaman di sana, saya ketakutan.

Saya seperti tidak mengerti kenapa harus melakukan ini.

Sebenarnya bukan itu, saya hanya tidak tahu kepada siapa tulisan ini mau disampaikan.

Beberapa menyarankan agar saya menulis untuk diri saya sendiri. Atau Tuhan–bagaimana caranya menulis untuk Tuhan? Saya tidak tahu bagaimana caranya menulis untuk Tuhan yang ketika berdo’a pun kadang saya kesulitan menghadirkan Dia? Yang ketika berdo’a pun, saya manusia ini, kadang tidak juga mau menaklukkan pikiran dan menempatkan diri tidak lebih berharga dari debu? Bagaimana? Yang tentang tauhid saja belum lagi khatam, belum lagi paham….

Saya tidak bisa menulis asal menulis tidak punya tujuan. Menulis saja terus. Menulis-menulis saja.

Tuhan tidak pernah iseng. Kenapa kita harus iseng?

Lalu banyak halaman yang sudah saya print itu, saya baca lagi.

Mungkin saya bisa menulis untuk Inda, Isha, dan Thaariq saja. Kalau seandainya mereka sudah bisa membaca, mereka akan menemukan tulisan-tulisan saya. Yang dituliskan untuk mengajarkan tentang hidup, tentang mati, mungkin juga sekedar menghibur di saat susah.

Menjadi buku di bawah bantal….

Lalu pagi ini, saya bangun dan duduk di depan laptop. Membuka word processor, menguatkan hati ingin. Karena saya tahu, butuh menyisihkan banyak waktu untuk menuliskannya. Pun selesai, akan ada banyak orang yang tidak menyukainya. Saya melupakan hal itu, dan mulai menulis:

“Suatu hari, ada seorang penambang yang pekerjaannya menambang mineral misterius bernama everald….”

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)