#321: Sedikit Ngomongin Gap antara Keinginan dan Kemampuan

Dibaca 299 kali

IMG_2370edit

Kembang punya tetangga.

Sekitar dua tahun yang lalu, saya memutuskan untuk gak banyak melakukan kegiatan komunitas seperti mengurus FB, web, blog, atau apapun yang ada hubungannya dengan kepenulisan. Bukan karena malas. Hanya saja saya ngerasa waktu saya gak banyak dan di sisa waktu yang pas-pasan itu, saya harus mendahulukan diri saya sendiri dulu. Memang saya bisa maju lewat komunitas. Tapi sayangnya, kadang saya malah lebih banyak membantu orang lain untuk maju sementara saya sendiri males-malesan. Heheheee…. Jadi, saya memutuskan untuk fokus sama diri saya sendiri dulu. Saya masih ikut komunitas, tapi saya gak ikut mengurusinya. Hanya jadi anggota aja. :cutesmile:

Salah satu hal yang membuat saya seperti itu adalah: saya mulai sadar bahwa saya butuh jam terbang lebih banyak. Saya harus menulis lebih banyak.

Yaaa … bukan “nulis-nulis aja” seperti yang banyak dikatakan orang kepada penulis pemula lainnya. “Nulis-nulis aja nanti juga bisa” itu menurut saya nasehat yang menyesatkan. Bagaimana bisa seseorang disuruh melakukan “nulis aja” tanpa tahu (atau diberi tahu) bagaimana menulis yang baik? Errr…. Sama aja dengan nyuruh orang yang mau ke pasar buat “jalan aja terus, ntar juga sampe”. Sementara jalannya sendiri gak dikasih tahu. :T.T:

Nah, jadi kemudian setelah saya memutuskan untuk lebih banyak menulis dan belajar teknik menulis, saya pun merasa bahwa gap antara keinginan saya dan tulisan saya pun makin berkurang. Saya kadang membayangkan tulisan saya harusnya begini, begini, dan begitu. Tapi hasilnya gak pernah bisa seperti yang saya mau. Menurut Ira Glass, hal kayak gitu bisa diatasi dengan memperbanyak menulis. Buat deadline untuk diri sendiri. Dan kuatkan hati karena masa seperti itu akan berlangsung selama beberapa lama, bisa sampai beberapa tahun. Gak ada penulis yang langsung keren begitu saja.

Jadi, kalau ada yang membaca post saya ini dan berharap bisa menulis sesuatu yang keren banget seperti yang dia bayangkan dan hanya duduk diam menunggu inspirasi … sepertinya bakalan sulit.

Kalau kamu bilang kamu cinta menulis, seperti kata Padi di salah satu lagunya, cinta itu tak hanya diam…. :cutesmile:

Untuk video lengkap dari Ira Glass, silakan lihat di sini:

Ira Glass on Storytelling from David Shiyang Liu on Vimeo.

2 Comments

  1. Ety Abdoel
    Jan 15, 2014

    Hehehe, kirain ada penulis yang langsung keren….mupeng.

    • octanh
      Jan 28, 2014

      Kalo ada yang begitu, saya juga pengen. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)