#335: Tips Berinternet dan Bersosmed Ria

Dibaca 117 kali

harry

Ilustrasi gak nyambung, biarin aja deh.

Tumben bener saya ngasih tips model beginian ya. :D Tapi, baiklah. Walopun saya sendiri udah berusaha buat gak jadi biang kerok keributan di sosial media dan internet–umumnya–tapi, kadang saya masih perlu pengingat juga. Dan setelah saya renung-renungkan, setidaknya ada beberapa tips yang bisa saya bagi biar kehidupan berinternet dan bersosial media kita jadi lebih asyik. Silakan ditambahkan kalau ada tips lain ya. Biar makin banyak tipsnya. :D

Baiklah.

1. Selalu ingat kalau yang ada di belakang setiap status, tweet, komen, atau blog post itu adalah manusia juga sama kayak kamu. Kecuali kalo kamu udah pastikan dia itu bot. :D Kalau kamu gak suka dikomenin kasar, nyakitin, nyindir-nyindir, jangan melakukan hal yang sama. Apapun keadaannya. Karena sekalinya kamu nulis status, tweet, atau komen yang kayak gitu, trus kamu hapus karena kamu nyesel misalnya, siapa yang bisa jamin kalo gak ada yang nge-screenshot? Trus siapa yang jamin juga itu gak akan ngebawa masalah di kemudian hari?

2. Kalau kamu marah atau bete, jangan ngesosmed. Serius deh. Mending buka 9GAG atau–ini rekomendasi pribadi saya–search image di Google pake kata kunci “Benedict Cumberbombing”. Kalau kamu marah dan bete trus kamu ngesosmed, bisa jadi kamu jadi kepengen menumpahkan kemarahan dan kebetean itu lewat status atau tweet. Emang gak boleh? Ya boleh lah. Kayak kalo kita ke tempat umum, misalnya pasar gitu, kamu tereak-tereak kayak orang gila juga gak ada yang ngelarang. Paling kamu diliatin, dijauhin, atau dikasih sumbangan. :D Begitu juga dengan di sosmed. Kamu bakalan diliatin, dijauhin, atau dikasih nasehat karena orang kesian ama kamu. Kamu boleh banget marah secara positif dengan mengeluarkan hal yang ngebikin kamu marah tapi dengan kata-kata yang baik. Atau semacam tulisan yang bakalan bikin orang yang baca gak merasa lagi diomelin. Syukur-syukur yang baca jadi terinspirasi dan mengambil pelajaran. :cutesmile:

3. Jangan pasif-agresif. Errr … bahasa gaulnya sih, jangan nyinyir. Kalau kamu gak suka sama orang, langsung japri aja. Itu pun kamu harus punya alasan kuat kenapa harus mengkonfrontasi orang tersebut. kalau hanya sekedar berpijak pada prasangka, lebih baik jangan. Kalau kamu pasif-agresif, yang biasa terjadi adalah; orang yang kamu nyinyirin belom tentu baca sementara ada orang-orang yang perasaannya halus dan malah jadi korban salah sasaran. Kesian, kan. Lagian, siapa juga yang suka sama orang yang suka nyindir, nyinyir, dan suka marah-marah kan? :D

4. Being nice doesn’t mean you can’t argue with someone else. Kamu boleh banget loh beradu argumen selama … kagak ada yang buka lapak bakso urat. :D Tapi ingatlah kalau kamu beradu argumentasi, gunakan bahasa yang baik, jangan menyerang pribadinya. Saya sendiri kalo udah diserang kayak gitu, mendingan mundur deh. Soalnya itu tanda kalau diskusinya udah gak sehat lagi.

Contoh sederhananya nih, ya:

Upin: Make jilbab itu harus nutupin dada loh.

Ipin: Yaelah, kayak lo make jilbab udah nutupin dada aja.

Menurut saya sih ya, gak salah si Upin bilang gitu walopun dia belum ngelakuin itu. Siapa tau dia emang udah niat buat ngelakuinnya kan, tapi jilbab panjang yang bisa nutupin dada, apa daya, masih harus nunggu gajian buat dibeli. Tapi, komentar di Ipin malah menyerang pribadinya (dan pilihannya) si Upin. Kalau setelah ini si Upin nangis gerung-gerung sambil banting laptop trus gak jadi pake jilbab panjang, bisa jadi si Ipin berkontribusi pada keputusan itu. Dan nasehat saya buat si Upin, kalau udah begitu keadaannya, kamu selalu punya pilihan untuk gak menanggapi biar gak keluar peluru-peluru lain yang bakalan lebih nyakitin kamu.

Betewe, Upin-Ipin kan cowok, ya? Ngapain pulak mereka pake jilbab. Yah, anggap aja mereka cewek deh. :D

5. Kalau kamu emang pengen ngesosmed buat menyalurkan bakat debat yang udah lama gak diasah, ingatlah bahwa menyerang ide itu lebih menantang dan ngebikin kamu cerdas dibanding menyerang orang yang punya ide. Serang idenya, bukan orangnya. Karena kalaupun kamu serang orangnya sampe tidak berdaya pun, ide itu masih akan tetap ada. Membunuh ide itu sulit loh. Tapi saya gak menyarankan ini pada semua orang. Hanya orang-orang yang memang mengerti betul apa yang sedang dia lakukan. Jangan menyerang membabi-buta. Jangan menyerang pake perasaan (dengan pembukaan kalimat, saya rasa), atau pake kira-kira, atau pake “kalo gak salah”.

6. Do not show your dirty laundry. Gak usah buka kejelekan diri sendiri. Serius deh. Apalagi menceritakan masalah pribadi yang benar-benar pribadi. Kalau cuman sekedar curhat-curhat ringan, ya gapapa lah ya. Tapi kalau udah urusan kamar atau urusan ranjang, pleaseee … bicaralah pada orang yang kamu percaya atau kamu yakin nasehatnya akan berguna. Setidaknya, carilah teman yang bisa menghibur dan mendukung kalau kamu perlu.

7. Nobody likes being told, “you’re wrong.” Even if you think they are. Jadi, cari kata lain atau cara lain. Atau … gak usah ikut-ikutan. :D

8. Hormati kalau ada orang yang gak setuju dan sepaham sama kamu karena setiap orang boleh loh buat melakukan itu. Jangan menyerang apa mereka karena hal itu. Kamu kan gak tinggal serumah dan ngeliat sendiri apa yang menjadi latar belakang kenapa mereka mengambil langkah lain atau sudut pandang lain. Jadi, jangan sok tahu. Simpan keinginan untuk membenarkan apa yang menurut kamu salah dan belajarlah berempati. Saya gak suka jeruk, kamu suka jeruk. Ada yang salah dengan itu? Gak adaaa. Kecuali kalo saya suka ngemil bensin. Silakan deh saya ditegor. Tapi pastikan dulu kalau saya beneran orang, bukan sepeda motor. :D

9. Ask yourself before make status, tweet, or blog post: “Is this demonstrating the best version of myself? Is the juice worth the squeeze? Kalo bahasa sederhananya sih, kalau gak mau di-judge yang aneh-aneh, jangan juga menunjukkan hal yang aneh-aneh. Kalo mau dilihat sebagai orang yang baik dan menyenangkan, ya tunjukkanlah hal-hal seperti itu. :D

10.  Jangan nyebarin hoax! Jangan nyebarin hoax! Jangan nyebarin hoax!

11. People are shitty on the internet, sometimes. Do not engage. Or, if you must: kill them with kindness. Or block them. Or use smiley face emoticon and run as fast as you can. Gak udah balik marah atau ngebalas dengan penjelasan panjang karena kadang orang model begini tuh gak pengen penjelasan juga. Gak usah ngorbanin hati dan pikiran buat hal semacam ini. Mending energinya dipake buat hal-hal lain kan ya. :D

12. Pahamilah bahwa bahasa tulisan itu kadang suka disalahpahami karena pilihan diksinya atau terbatasnya ruang untuk menjelaskan. Bahasa lisan pun demikian. Jadi kalau ada sesuatu yang kurang jelas, tanyakan. Jangan berprasangka sebelum semua jelas.

13. Have fun! Share gambar-gambar lucu, cerita lucu, atau apapun yang bisa bikin orang lain terhibur. Nggak semua orang ngesosmed buat ngeliat hal-hal yang serius melulu. Kayak saya misalnya, kadang saya buka sosmed cuman pengen nyari yang lucu-lucu aja. Atau komen di status temen sekedar buat haha-hihi aja.

Terakhir banget, kita boleh banget buat menjaga image kita di sosial media dan internet. Bukan buat pencitraan, tapi untuk menjaga agar orang-orang nyaman sama kita. Kalau emang kita gak bisa menginspirasi atau menghibur, setidaknya jangan mengganggu. :cutesmile:

Tulisan ini dibuat juga buat ngingetin diri saya sendiri. Soalnya kadang saya masih suka ngelakuin yang aneh-aneh atau komen yang nggak-nggak. :mewek:

1 Comment

  1. Milo
    Mar 10, 2014

    yaaaaaaah, saya jadi kesindir. berasa suka ngomel di pesbuk ama twitter :cry:

    etapi saya sering share gambar lucu juga.

    itu 9gag ya, banyak yang lucu, tapi banyak yang saru juga :nyucuk: . dan anehnya gara2 9gag saya jadi tahu ribut2 di venezuela ama ukraine, bukannya dari detik ato okezone. *malah curhat

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)