#353: Terkadang Kita Gak Sabar

Dibaca 96 kali

IMG_5633edit

Terkadang kita gak sabar….

Padahal menghasilkan karya itu sungguh sebuah proses yang memakan waktu panjang. Menghabiskan tenaga, pikiran, dan waktu. Kadang menghisap kegembiraan, membuat punggung lelah, dan lama tidur pun semakin berkurang. Tapi memang itulah yang harus dilalui.

Sebelum karya itu ditulis, ada proses panjang di belakangnya yang kadang gak keliatan; proses belajar. Belajar membuka pikiran, menganalisa, mendeskripsikan, menangkap apa yang tidak semua orang bisa tangkap, melihat yang gak dilihat orang lain, banyaaak…. Dan itu juga menghabiskan tenaga, pikiran, dan waktu.

Terkadang kita gak sabar….

Menganggap ikut satu-dua pelatihan kepenulisan lalu langsung bisa menulis novel. Membaca satu-dua buku lalu merasa bisa membuat yang lebih baik dari itu. Menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengeluhkan kesulitan membuat karya dibanding mencari jalan keluarnya.

Terkadang kita gak sabar….

Mempercepat proses yang seharusnya lebih panjang agar karya bisa selesai walaupun dilahirkan prematur seperti bayi kurang bulan. Lalu runtuh ketika hujan datang seperti rumah yang pondasinya tak cukup kuat.

Terkadang kita lupa….

Bahwa menulis bukanlah perkara naskah yang diterbitkan, buku yang dijadikan profile picture dan dipromosikan terus-menerus di sosial media. Menulis juga tentang proses pendewasaan penulisnya. Tentang usaha membesarkan karya dengan kasih-sayang seorang ibu pada anaknya. Tentang ketaatan pada almanak dan memanen ketika musimnya tiba.

Sisanya adalah cangkul dan benih. Juga do’a meminta hujan diturunkan.

Sisanya adalah usaha dan kerja keras. Juga do’a meminta usaha kita dimudahkan.

Terkadang kita lupa….

Bahwa kita sedang menulis untuk mewariskan sesuatu. Bukan untuk mendapatkan sekedar pujian di hari ini. Tapi terkadang, kita gak sabar pada prosesnya. Dan kita juga lupa, untuk menikmati setiap langkahnya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)