#379: Album Favorit Bulan Ini: The Best of Keane

Dibaca 149 kali

keane01

Setelah sebulan kemarin saya ngedengerin Coldplay gak berhenti-berhenti, akhirnya saya pun rada bosen trus mulai nyari-nyari album lain yang bisa dibeli di iTunes. Trus saya liat albumnya Keane ini, The Best of Keane. Sebenernya–kayak album The Best of lainnya–ini kayak kumpulan lagu-lagu mereka yang pernah hits aja. Jadi kalo punya koleksi lengkap albumnya dari Hopes and Fears (2004) sampai Strangeland (2012), yaaa … gak perlu punya album ini juga gak apa-apa. Tapinya karena saya selalu punya soft spot untuk band yang satu ini, saya milih buat punya albumnya sekalian. Soalnya mereka juga mengumumkan hiatus setelah album ini launching dan itu ngebikin saya agak gimana juga. Kayaknya sayang banget gitu. :mewek:

Saya emang rada banci kalo urusan musik begini; saya ngedengerin apapun! Dari Simon and Garfunkel sampai Metallica. Dari Rhoma Irama sampai ST12. Hahahaaa…. :D Belakangan saya juga suka dengerin Ayu Ting Ting; Minyak Wangi. Beberapa hari kemarin, saya sukaaa banget jejingkrakan pake lagunya Pulp yang Disco 2000.

Dari sekian banyak band dan penyanyi yang saya dengerin, Keane ini punya tempat khusus di hati saya. Cieee …. Walaupun mereka sering kali dibandingkan dengan Coldplay, tapi saya ngerasa musik mereka beda. Keane lebih deep, Coldplay lebih bisa diterima telinga siapa aja. Dan yang paling ngebedain, tentu aja karena Keane punya vokalis dengan suara yang bagus banget. Saya suka juga sih, sama suaranya Chris Martin. Tapi yaaa … siapa yang bisa ngalahin suara melengkingnya Tom Chaplin? :D

keane05

Saya ngedengerin mereka mulai dari album pertama, Hopes and Fear. Waktu itu Tom Chaplin masih ndut dan gondrong. Kayaknya orang seumuran saya pasti lah ya, pernah denger Somewhere Only We Know. :cutesmile:

Metro-SMH

Trus saya ngikutin sampai Tom Chaplin mulai kurus setelah keluar dari rehab di album kedua, Under the Iron Sea. Album ini dibuat dengan kondisi persahabatan Tim Rice-Oxley dan Tom Chaplin yang nyaris berantakan. Mereka bahkan gak teguran selama rekaman. Albumnya jadi berasa agak dark dan depresif.

keane02

Trus berikutnya album Night Train dan Perfect Symmetry yang–entah kenapa–gak kedengeran seperti Keane. Saya gak terlalu suka album ini. Pas di album ini juga personil mereka nambah satu lagi, Jesse Quin. Dia mainin bass dan itu ngebikin musik Keane terasa beda. Dari yang dikenal sebagai band tanpa gitar, jadi kayak band lainnya lah. Trus masuk ke album Strangeland yang manis, berasa kayak Keane yang dulu. Saya sukaaa! Di sini Tom Chaplin udah keliatan makin dewasa.

keane04

Dari tadi saya ngomongin Tom Chaplin mulu, ya? Hahahaaa…. Ya abisnya gimana, Tom Rice-Oxley itu permanently handsome. Bentuknya gak pernah berubah. :D

Di album The Besf of Keane ini, ada beberapa lagu yang jadi favorit saya, ini dia:

Keane06

Paling favorit banget itu Atlantic dan To the End of the Earth.

Atlantic ini lagu yang agak aneh di kuping saya soalnya dia ngebangun mood-nya pake drum. Gimana ya, cara nyeritainnya? Bingung. :mewek: Kalo kamu dengerin lagu gitu kan, pasti kamu ngedengerin piano, gitar, atau alat musik apapun yang mainin nada untuk mengantarkan lagunya masuk ke vokal dan lirik. Tapi Atlantic ini malah make drum. Jadi di awal, kamu bakalan denger drum doang sama sedikit piano. Tapi pianonya cuma mainin beberapa nada diulang-ulang, jadinya yang kedengeran banget itu drumnya. Bener-bener berasa primal dan kuat. Apalagi ditambah sama suaranya Tom Chaplin yang tinggi, kayak apa ya itu? Sounds like he’s soaring. Saya suka emosi yang saya rasakan waktu ngedengerinnya. Aaaaah, susah diceritainnya.

Tapi … yang paling saya suka dari band ini, selain lagunya, adalah hubungan Tim Rice-Oxlay dan Tom Chaplin. Kok bisa?

Sini saya ceritain. :D

Gak kayak kebanyakan band lain yang mulai ngebentuk bandnya pas remaja atau dewasa, Tim dan Tom temenan sejak kecil. Soalnya ibu mereka temenan. Jadi mau gak mau mereka juga temenan. Beda usia mereka tiga tahun. Makanya Tim sering bilang kalau dia udah kenal Tom sejak usia 0 tahun. Gak seperti kebanyakan band lain yang rebel atau urakan, Keane–mirip kayak Coldplay kali, ya–mereka sekolah di asrama, kuliah, dan berasal dari middle class. Latar belakang yang sering bikin mereka di-bully. Soalnya, yang namanya band di masa-masa mereka baru ngerilis album pertama, kiblatnya pastilah Oasis atau Pulp, yang urakan. Bukan sekumpulan cowok sopan yang terpelajar.

“I’ve known Tim all my life. He was one of the few friendly faces who looked after me when I was bullied at boarding school. He took me under his wing and taught me some chords on the guitar.” — Tom Chaplin

Sewaktu kuliah, Tim bertemen sama Chris Martin. Tim udah main piano dari usia 4 tahun dan nyiptain lagu mulai dari usia 10 tahun. Chris Martin waktu itu lagi nyari pemain piano untuk bandnya dan dia ngajak Tim. Tapi Tim menolak soalnya waktu itu dia udah punya band sama Tom dan Richard (pemain drum Keane sampai sekarang) yang namanya The Lotus Eater yang sedang dia pertimbangkan namanya untuk diganti jadi Coldplay. Tapi karena satu dan lain hal, Tim merasa nama Coldplay itu terlalu depresif, jadi dia membiarkan Chris Martin untuk make nama itu buat band barunya. Tapi nasib ternyata ngebikin Coldplay jadi band yang lebih dikenal dibanding Keane dan sampai sekarang mereka selalu aja dibanding-bandingkan. Padahal kalo menurut kuping saya, mereka berdua lain “rasanya”, jadi yaaa … saya sendiri gak bisa milih kalo disuruh milih.

Setelah Keane ngeluarin album pertamanya, Tom Chaplin gak siap dengan semua yang ada di depan matanya. Termasuk ketenaran dan jadwal tur yang berbulan-bulan. Dia pun ketergantungan sama kokain dan alkohol. Sampai di akhir tahun 2006, dia ngerasa udah lelah banget dan kabur dari konsernya di Jepang. Dia nelepon ayahnya dan langsung masuk ke Priory di London untuk rehab. Masalah Tom ini ngebikin Tim dan Tom bersitegang dan berakhir dengan gak saling ngomong. Mereka terlalu “Inggris” untuk berkonfrontasi dan akhirnya Tim lebih milih untuk nulis lagu tentang apa yang dia rasakan sama Tom dan Tom harus menyanyikan itu. Dia harus menyanyikan kata-kata menyakitkan yang Tim tulis buat dia.

Sampai di album-album berikutnya pun, Tim masih melakukan hal yang sama; dia menuliskan perasaannya pada Tom dan Tom menyanyikannya balik ke Tim. Makanya kalo kamu liat Keane manggung, ada beberapa lagu yang memang khusus dinyanyikan Tom untuk Tim. Misalnya di bait-bait awal This is the Last Time. Tom bakalan nyanyiin bait awalnya di depan Tim yang lagi main piano, abis itu baru dia ngadep ke penonton.

People ask me; how is it singing that song? Which is a song very much directed at you … how do you sing it?

In a way it has even more kind of power and meaning for me to sing it .

It´s that kind of good remainder of not to let my ego run away with me and sort of take me away of all the things that I know I love … which are these guys and the band and making music.

It means a lot sing it right back to Tim … to feel like that song has kind of help us to go though some of the difficulties that we may have had in the past.

(Tom Chaplin)

Lagu Hamburg Song juga sama; ditulis Tim khusus untuk Tom.

Errr … mereka bukan gay. Hahahaaa. :D Mereka punya istri dan anak-anak. Jadi itu sebatas persahabatan aja gitu.

Dan beberapa waktu belakangan, saya ngerasa tertarik banget sama hubungan mereka berdua. Di salah satu wawancara, Tim mengatakan kalo mereka emang begitu adanya; mengungkapkan apa yang mereka rasakan lewat orang lain. Misalnya kalo ada yang nanya pas wawancara. Tapi dia sendiri gak pernah mengatakan apa yang dia rasakan langsung sama Tom. Nice, isn’t it? :D

Tim Rice-Oxley ini tipikal yang menciptakan lagu dari apa yang dia rasain dan kebanyakan lagu Keane itu dia yang nyiptain. Jadi kalo kita ngedengerin satu album, kayak terasa gitu apa yang berusaha ceritain. Misalnya di album Strangeland, terasa banget kalo dia nyeritain tentang kota kecil tempat kelahirannya, pernikahannya yang hancur, trus juga kenangan dia selama dia tinggal di sana. Di album Under the Irom Sea, terasa banget depresifnya. Beberapa kali ada lirik tentang “home”. Nyeritain dia pengen pulang ke rumah. Mungkin dia juga sama tertekannya kayak Tom waktu ngadepin kenyataan kalau band mereka termasuk salah satu band terbesar di Inggris waktu itu.

Dan itulah yang ngebikin saya suka sama mereka. Mungkin itu juga yang ngebikin album mereka selalu jadi no.1 album di UK. Errr … lima kali berturut-turut.

Ada 38 lagu di album The Best of Keane ini. Untuk yang gak ngoleksi album mereka dari awal, saya kira album The Best of ini bisa jadi koleksi yang cukup nyenengin kuping lah, ya. :D Susah untuk gak suka sama mereka dari track pertama. Bukan saya aja yang suka, penulis William Boyd pun suka. Sampe dia nulis satu cerpen khusus dari judul lagunya Keane; Sovereign Light Cafe.

Because now I only see my dreams in everything I touch
Feel their cold hands on everything that I love
Cold like some magnificent skyline
Out of my reach but always in my eye line

1 Comment

  1. Pam
    Jul 15, 2014

    Haiii Stranger
    Nice curhat, eh blog wkwk

    Kl boleh ksh sedikit bantuan typo ya… Itu ada tulisan Tom Rice-Oxley wkwk Mau refer Tom atau Tim, mgkn bs di6edit ya

    Jesse Di-hired sejak 2007, bantu recording Album Perfect Symmetry n Night Train, n baru jd permanent member 2011

    Terus lirik Di alinea akhir itu bukannya dari Spiralling ya :D

    Last one, Tom pernah klarifikasi Di Twitter nya kl yg kasih nama Coldplay ke Chris itu bukan TRO tp orang laen, yg namanya sama kebetulan (Tim). Bisa coba search di akun Tom

    Overall, nice blog!! Hidup Strangers n Keane, yay!!

Trackbacks/Pingbacks

  1. #400: [Review] Strangeland by Keane|Octaviani Nurhasanah - […] album ini, mereka ngeluarin The Best of Keane yang ngambil tiga lagu terbaik dari setiap album, bukan kumpulan lagu terbaik …

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)