#381: Tips Biar Blog Banyak Pengunjungnya

Dibaca 125 kali

enhanced-buzz-16049-1383068282-0

Errr … pertanyaan ini lagi. :mewek:

Biar saya gak perlu ngejawab berkali-kali, saya tulis aja deh gimana-gimananya. :D Dan judulnya sengaja dibuat gitu biar catchy.

Pertanyaannya adalah:

Gimana caranya biar blog banyak pengunjungnya?

Jawabannya:

1. Bersabarlah *plaaaaaak*

Waktu saya mulai ngeblog, saya juga gak tau apa blog ini bakalan banyak pengunjungnya atau gak. Apa ada yang mau baca atau gak. Bisa dibilang, saya ngeblog tanpa ekspektasi bakalan ada yang ngunjungin. Di bulan-bulan pertama, yang baca juga kayaknya cuma teman-teman saya yang tau aja. Gak lebih dari 10 orang perhari. Tapi saya tetep nulis. Tetep berusaha nulis untuk dibaca. Bukan nulis yang nulis-nulis doang.

Kalo kata Pak Budi Rahardjo, intinya cuma dua; nulis yang bagus dan konsisten. Nulis berkala dan jangan berhenti. Banyaknya konten (tulisan) di blog kamu juga mempengaruhi. Semakin banyak konten blog kamu, bakalan makin banyak juga pengunjung yang datang dari  google search. Karena semakin banyak data tulisan kamu yang tersimpan di database google.

monthly

Ini jumlah hits (halaman yang dibaca) perbulan. Klik buat ngegedein.

Kenapa harus dari google search? Karena:

2. Share di Sosial Media Membantu tapi Gak Signifikan

Kalo kamu abis nulis dan nge-share di Facebook atau Twitter, itu memang membantu. Tapi gak signifikan. Setiap hari yang datang ke blog saya dari sosmed itu itungannya gak lebih dari 50 orang. Sisanya, kebanyakan dari search google atau mereka memang langganan lewat WordPress Dashboard atau email. Saya sengaja gak pasang GFC atau cara berlangganan lain karena saya pikir, biarlah pengunjung itu datang atas keinginan sendiri. Gak langganan juga gak apa-apa.

Setelah saya gak punya Facebook dan gak nge-share di sana, pengunjung blog saya gak berubah. Sebulan belakangan jumlahnya malah makin meningkat. Itu memperkuat kecurigaan saya kalo emang orang main di sosmed itu cuma buat have fun. Bukan buat nyari link blog buat dibaca. Kalopun mereka datang dari sana, kemungkinan emang karena pas lagi liat ada link yang bisa dikunjungi aja. Dan orang yang ngeklik link blog di sosmed itu biasanya ngeklik karena:

3. Tulisan di Blognya Menarik atau Kontroversial

Pernah sekali waktu saya iseng bikin tulisan tentang “Tuan Sinung Ditelepon Cewek!”. :D

Waktu itu saya cuma pengen tau aja gitu, kira-kira kalo saya bikin tulisan dengan judul kontroversial kayak gitu, apa bakalan banyak orang yang kepo di sosmed. Ternyata emang iya. Hahahaaa…. Post itu banyak banget yang baca. Beda dengan kalo saya bikin tulisan dengan judul biasa-biasa aja. Tapi kalo kamu emang gak pengen nulis yang kontroversial dan tema berat, tulislah apapun yang kamu mau dengan satu syarat; tulis dengan baik.

Baik di sini, yaaa … baik secara penulisannya (EYD, etc) dan isinya. Jangan kebanyakan curhat karena siapa sih, yang mau baca curhat banyak-banyak? :D Orang ngebaca blog kadang pengen nyari hiburan. Bukan pengen tambah disusahkan hatinya. Dan tentang penulisan yang baik, saya sering banget gak jadi ngebaca blog hanya karena saya gak paham apa yang ditulis sama empunya blog. Bahasanya belibet. Udah paragraf ketiga atau keempat tapi saya gak paham apa yang diceritakan. Nulis sesuatu yang bisa menyentuh (halah) hati pembaca itu gak perlu loh pake bahasa yang dilembut-lembutkan atau dilebay-lebaykan. Pake diksi biasa aja bisa banget kok. Karena lagi-lagi saya bilang, bahasa itu hanya pengantar. Dan kalo kamu gak bisa menyampaikan maksud kamu dengan singkat dan tepat, kemampuan berkomunikasi kamu bisa dipertanyakan. Puyeng juga kan ya, baca tulisan yang mbulet begitu.

Pastikan dari kalimat ke kalimat itu sambungannya baik, gak patah. Pastikan kamu menutup tulisan dengan kesimpulan, bukan menggantung gak jelas. Pastikan juga kalo kamu harus menulis commensense, jangan dengan cara biasa aja yang banyak dipake orang lain. Karena:

4. Sudut Pandang Masalah Itu Penting

Yang akan membedakan kamu dengan penulis lain adalah; sudut pandang. Kamu bisa aja nulis tentang patah hati, misalnya. Ini tema biasa banget. Tapi sudut pandang kamu, cara pendekatan kamu sama topiknya, bakalan ngebikin kamu beda–kamu banget gitu. Ini yang ngebikin pembaca bakalan datang lagi dan lagi. Karena mereka tau kamu akan menuliskan hal lain dengan cara kamu itu. Ada blog yang saya suka cara pendekatan penulisannya. Misalnya blog Bibi Titi Teliti ini.

Soalnya lagi, waktu pembaca dateng ke blog kamu, tentu mereka punya ekspektasi. Kecuali yang dateng itu temen-temen kamu sendiri. Dan ini juga ngaruh ke banyaknya komen karena temen kamu biasanya bakalan ninggalin komen, tapi … pembaca yang cuma kepengen baca aja atau pembaca yang gak pengen ketauan kalo selama ini dia suka baca, mungkin gak meninggalkan komen. Blog saya ini komennya dikit. Saya juga gak mempermasalahkan itu karena blog saya yang satu lagi, Delicious Craft, komennya lumayan banyak dan biasanya komen itu isinya pertanyaan. Jadi menurut kesimpulan saya, pembaca bakalan komen kalo emang perlu aja dan dia lagi pengen aja. Hahahaaa…. Dan yang paling penting; mereka bakalan komen kalo ada yang mau ditanyain. Pastikan kamu menjawab pertanyaan mereka dengan ramah.

Buat saya sendiri, komen itu gak terlalu penting sih–walopun saya seneng banget kalo ada yang komen. Soalnya, saya juga males kalo ada komen aneh kayak jualan apa atau nawarin obat apa gitu. :D Soalnya komen bukan satu-satunya sumber kesenangan ngeblog. Yang paling menyenangkan buat saya itu:

5. Bisa Jadi Dirimu Sendiri

Jadilah dirimu sendiri. Emang di awal-awal kamu bakalan ngeliat contoh blog lain untuk ngeliat gimana sih, caranya nulis blog yang oke itu. Tapi seiring dengan berjalannnya waktu, kamu bakalan punya standar kamu sendiri. Dan itu akan ngebikin kamu beda sama yang lainnya.

Jadi diri sendiri itu bukan berarti apa aja diceritain dan ditulis. Tapi lebih ke urusan jujur dengan apa yang kamu tulis. Dan jujur juga bukan berarti menceritakan segalanya. Tapi menceritakan yang sekiranya menarik atau bisa dijadikan bahan pelajaran buat yang baca.

Blog kamu itu kan, punyamu sendiri. Yang gak ada editornya, yang gak ada siapapun mendikte kamu harus nulis apa. Dengan kelonggaran seperti ini, kamu bisa menuliskan apapun dengan cara bagaimanapun. Itu ngebikin kemungkinannya jadi gak terbatas. Dan kalo kamu bukan orang terkenal, blog emang bakalan susah populernya; kayak blog saya ini. Tapi itu juga ngebikin kamu bisa bereksperimen dengan apapun. Kadang, saya nulis di blog sebelum akhirnya tulisannya saya pake untuk ide cerpen atau novel. Sekalian ngetes apa bakalan bagus kalo ditulis gitu. Kalo seandainya saya pengen curhat, saya akan membuatnya:

6. Retrospektif 

Kalo saya menulis tentang masalah tertentu, biasanya, masalahnya itu sudah berlalu jadinya saya bisa merenungkan lagi pelajaran apa yang bisa saya ambil. Bukan curhat karena gak punya tempat curhat lain. :D

Blog itu emang bisa menampung apapun, tapi ingat, dia bukan tempat sampah. Sama kayak rumah, jadikanlah dia tempat yang kamu suka, yang bagus, yang indah. Kalo kamu aja ngejadiin dia tempat pembuangan segala emosi kamu, gimana yang baca bisa ngerasa nyaman?

Setidaknya, kalo kamu nulis, pertimbangkan; seandainya kamu baca lagi itu tulisan setahun atau dua tahun ke depan, kamu bakalan nyesel gak? :D

Dan, kalo blog kamu udah merangkak naik statistiknya, udah banyak yang mengunjungi, dan juga udah ada yang mau nitip iklan, pastikan:

7. Iklannya Gak Mengganggu Blog Kamu Secara Isi maupun Penampakan

Blog dengan iklan bejubel-jubel itu males ngeliatnya. :mewek:

Kalo iklannya berupa review, pastikan reviewnya gak yang terlalu frontal dan ngebikin yang baca jadi tau banget kalo kamu lagi ngereview. Karena pengunjung blog akan datang berdasarkan kebutuhan mereka; mereka nyari informasi yang mereka perlu. Jadi, pertimbangan untuk mendahulukan kebutuhan pembaca itu penting juga. Kamu bisa ngasih apa, itu lebih penting dibanding kamu bisa dapet apa. Masalah apa yang bisa kamu dapet, bakalan kamu dapet juga kok nanti. Tenang aja. :D

Misalnya blog review kosmetik Racun Warna Warni ini. Saya suka bacanya walopun saya tau iklannya banyak. Iya, kan Arum? Hahahaaa…. Tapi kadang iklannya terlalu subtle jadi saya ngebaca review berbayar pun kadang suka gak ngeh kalo itu review berbayar. :D

Terakhir;

8. Desain

Template atau themes itu gak perlu blink-blink. Sederhana tapi mudah navigasinya, lebih saya sarankan. Blog saya ini sengaja saya pilih pake template kayak gini karena saya pengen–pada akhirnya–saya bisa nge-branding blog ini sebagai blog yang elegan. Walopun saya juga masih gak yakin ada yang menganggap begitu. Hahahaaa…. :D

Tapi, sebanyak apapun nasehat yang bisa saya kasih, intinya tetep satu: kualitas tulisan dan rutin–istiqomah gitu.

Yak. Gitu aja, ya. Ntar kebanyakan nasehat bingung pula lagi. :D

Sampe hari ini, saya juga sebenernya masih bingung kenapa blog saya bisa sampe seribu orang yang baca perhari. Dan kalo ngebayangin itu, bikin perut saya jadi mules. Rasanya gimanaaa … gitu tulisan dibaca orang banyak. Antara seneng sama deg-degan. Apa yang saya tulis di atas itu hanya sedikit dari penyebabnya. Saya juga gak tau faktor lainnya. Kayak tentang misteri blogwalking. Memang banyak yang bilang kalo itu bisa menaikkan pengunjung blog kita. Tapi saya sendiri bisa bilang, sama seperti share di sosmed, dia gak signifikan. Berapa banyak sih, blog yang bisa kamu datengin per hari dan dari yang kamu datengin itu–dengan harapan dia dateng balik–berapa banyak yang bakalan ngasih kunjungan balasan?

Dari situ saya mikir; yaudah deh, mending nulis yang bagus aja. Blogwalking masih saya lakukan, tapi bukan untuk tujuan biar saya dikunjungi balik. Saya suka sama blognya, makanya saya blogwalking. Gitu aja. :D

Yuks, Matemaaan … saya mau nyuci dulu.

*fade-out*

12 Comments

  1. Fee
    Feb 28, 2015

    Sama mak…saya juga blogwalking kalau suka.
    btw yang membuat saya tertarik mampir dimari selain tulisan smiliesnya..hihi. Gimana masangnya yak. :lol:

    Tips yg manfaat..TFS.

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Itu smiley Parampaa gratisan dari Masova, Mbak Fee. Tapi saya lupa link donlotnya di mana. :mewek: Udah lama banget soalnya saya masangnya. Hiks.

  2. Fardelyn Hacky
    Jul 7, 2014

    Jeung Octa, soal template, template blogmu memang simpel dan aku suka, tapi agak lama loadingnya. Butuh waktu lebih lama agar semua gambar di dalamnya nongol semua. Padahal aku bukanya pakai wifi yang super duper kenceng lho, tapi tetap aja loadingnya lama :D

    • octanh
      Jul 30, 2014

      Iya, Jeung Fardelyn. Loading-nya lama bener emang. Padahal kontennya udah di-cache. Kapan itu, pernah blognya semacam di-suspend ama hosting-nya karena ngabisin memori gitu. :mewek:

  3. Adie Riyanto
    Jul 4, 2014

    Tips yang bermanfaat. Semoga bisa segera dipraktekkan sekaligus buat instropeksi diri dalam ngeblog :lol: :lol: :cry:

    • octanh
      Jul 30, 2014

      Ayo ngeblog yang rajin, Om Adie. Biar makin terkenal itu blog jalan-jalannya. :D

  4. Arum
    Jul 4, 2014

    Gyaahhh…ada nama aku. :>

    Tapi setuju sama tips-tips-nya Octa. Yang penting menulis dengan baik. Aku sering banget ditanya, gimana sih caranya biar dapet sponsor? Aku nggak tau, nggak pernah nyari :music: . Yang bisa dilakukan ya cuma (berusaha) menyajikan konten yang baik aja. Berusaha biar kualitas tulisan, foto, dan design lebih bagus.

    Nice tips, Octa. BTW aku lagi nyoba bikin cerita fiksi panjang, semacam Novel gitu. Susah yeuh :evil:

    • octanh
      Jul 30, 2014

      Tapi kadang aku nemuin blogger baru yang gak sabar. Pengennya langsung dapet sponsor atau langsung dapet job review. Padahal itu semua proses. Ya kan, Arum? Butuh berbulan-bulan untuk membuktikan kalo blog kita cukup baik sampai ada yang tertarik ngajak kerjasama. :cutesmile:

  5. Milo
    Jul 4, 2014

    saya mau ngiklanin obat, ekstrak kulit duren *plak

    yang paling penting sih tema tulisan ama gaya bahasa sih. ada satu blog yang kalau kita habis baca satu tulisan, jadi pengen baca tulisan-tulisan yang lain, bahkan tulisan yang jaduuul sekalipun. blogger begini ini yang keren. dan biasanya sih populer.

    • octanh
      Jul 30, 2014

      Ekstrak hatiku ada nih, mau? :D Iya, blog kayak gitu emang bikin terkenang-kenang. Dan kalo itu blogger gak nulis beberapa lama, rasanya kangen gitu. Kangen dan curiga sih; jangan-jangan dia kenapa-kenapa. :mewek:

  6. Rosa
    Jul 4, 2014

    Sukaaa banget sama tips2nya mbak… gak mainstream. Makasih mbak :)
    Oh ya… saya termasuk yg rutin berkunjung ke blog ini karna saya suka sama cara mba octa menuturkan sesuatu :)

    • octanh
      Jul 30, 2014

      Saya sebenernya juga gak paham gimana caranya saya menuturkan sesuatu itu, Mbak Rosa. :D Emang sih, kalo mau bilang “asal nulis” juga gak. Tapi gimana cara nulis model begitu, saya juga gak paham. Pokoknya gitu deh. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)