#409: Hyperreal

Dibaca 57 kali

IMG_6997

Aslinya, ini gak begini loh. Ada campur tangan antara sudut pandang saya, keinginan saya gimana fotonya bakalan keliatan, sama mungkin preferensi saya sama banyak hal masuk juga di sini. 

Pas saya lagi leyeh-leyeh siang ini abis makan sate padang bikinan Ibu saya, saya nemu video ini trus saya jadi mikir. Mikir gimana yaaa …. Ya gitu deh. *bingung*

Apa yang digambarkan di video ini juga pernah (lebih dari beberapa kali) terjadi sama saya. Saya ketemu orang, trus foto, di-share di sosial media, tapi aslinya, aslinya banget, keadaannya gak seperti di foto itu. Aslinya, saya dan orang itu–jamak juga bisa sih, orang-orang itu–gak seakrab yang kelihatan di foto. Saya gak sebahagia itu ketemu dia dan mereka. Saya gak merasa bahwa apa yang kami alami tergambarkan dengan baik lewat sebuah foto. Mungkin ini juga tentang keterbatasan foto sebagai media untuk menyampaikan rasa, tapi yaaa … tetep aja intinya sih; pokoknya gak kayak gitu. :D

Atau kebalikannya; saking saya seneng banget ketemu orang atau orang-orang, saya sampe gak inget lagi buat ambil foto. :D Ini juga sering terjadi.

Ini juga ngebikin saya agak tertekan kadang. Antara saya mau ngeliatin apa yang saya alami, dengan siapa saya sekarang, dengan bagaimana foto diinterpretasikan oleh orang lain. Medium punya batas, tapi saya yakin sebenernya medium juga bisa dibuat bisa menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan melalui sudut pandang kita.

Mungkin itu juga yang ngebikin saya males banget kudu selfie sama orang, atau kudu foto bersama (kalo gak terpaksa atau itu emang aturan resmi atau memang tradisinya seperti itu). Saya lebih suka moto yang lain; benda atau apapun lah. Karena itu adalah sudut pandang saya tentang apa yang saya lihat. Bukan lagi bagaimana saya ingin dilihat. Itu tentang apa yang saya pikirkan dan ingin sampaikan, bukan lagi tentang siapa saya. Yah, tapi lagi-lagi nanti urusannya interpretasi. Tapi ya sudahlah. Selama bukan buat menutupi apa yang ada atau ngebikin apa yang gak ada jadi ada, bolehlah yaaa…. :D

Bikin sesuatu jadi hyperreal itu lebih mudah kayaknya. Hahahaaa…. :D

hyperreal_meaning_-_Google_Search

Oh, ini video-nya:

ASPIRATIONAL from Matthew Frost on Vimeo.

Selamat Idul Adha, Manteman….

Semoga gak ada lagi foto hewan kurban lagi disembelih beredar di sosmed. :mewek:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)