#412: Video Tutorial Pertama yang Berhasil Saya Selesaikan

Dibaca 254 kali

OSC_Overlay_Window_and_iMovie

Keliatannya ribet ye, padahal ini gampang banget ngedit pake iMovie.

“Apa sih susahnya bikin video?”

Pertanyaan nantang, nih. :D

Ya susahlaaah…. Apalagi kalo ada tiga bocah berkeliaran di sekitar tripod. Kalo kamu sendirian, di studio misalnya, gak ada yang gangguin, punya perlengkapan lighting yang memadai, dan waktu yang banyak … itu gak masalah. Kalo kamu serabutan kayak saya, bikin satu video aja bukan cuma susah, tapi susah banget!

Saya udah lama pengen nyoba bikin tutorial craft pake video karena kayaknya lebih mudah dimengerti aja gitu dibandingin step by step pake foto. Sayangnya, langkah untuk bikin video tutorial ini lebih panjang dibanding tutorial pake foto. Saya harus mastiin punya cukup stok langkah per langkah yang jelas. Kadang satu langkah mesti diulang beberapa kali karena saya mengoperasikan kameranya sendiri. Bayangkan; megang kamera, sambil jahit, sambil jagain bocah biar gak mendekat. Versi mentah video saya itu, background di belakangnya; saya lagi teriak-teriak ngusir bocah yang lagi becanda di sekitar saya. Ribut banget. Untung konsep video ini emang saya buat gak pake suara. Itu satu-satunya hal yang susah dikontrol kayaknya. Selain karena saya tinggal di tepi jalan raya. Mau di-dubbing pun, tetep bakalan susah karena gak ada tempat buat saya ngerekam suara dengan baik. Huft.

Jadi apa sih motivasinya saya bikin tutorial model begitu?

Yah, gak ada motivasi gimana-gimana sih. Saya cuma pengen pay forward. Karena banyak pembaca tutorial saya yang make tutorialnya bikin craft untuk dijual. Saya seneng aja gitu bisa ngebantu mereka. Karena saya, alhamdulillah, bisa mengakses tutorial lain dengan mudah dan kadang saya suka bingung liat tutorial itu; ini kan gampang ya, kenapa dipersulit sih bikinnya? Atau; ini fotonya gak jelas. Atau; ini videonya gak jelas. Jadi, saya pengen bikin versi yang lebih mudah dan lebih jelas aja gitu. Sisanya, yaaa … saya pengen bersenang-senang. Pengen ngelakuin sesuatu di sela rutinitas saya tiap hari.

Awalnya saya mau sok gitu pake Premiere buat ngedit videonya. Pas saya nyoba buka Premiere CS 6 yang sekarang saya punya, saya bingung bukan kepalang. Jadi balik lagi deh pake iMovie. :D

Dan, ini dia video tutorial pertama saya:

Semoga bisa bikin yang lain dalam waktu dekat. Aamiin. :cutesmile:

2 Comments

  1. firadhani
    Oct 13, 2014

    tutorial yg mbak bikin pake foto2 step udah sangat jelas kok, mbak.. suerrr, saya udah sukses bikin beberapa bros tuh, walo ga serapih di contohnya, hihi :>
    makasih buat tutorial yg sudah2 ya mbaaak.. :D

    • octanh
      Oct 15, 2014

      Masama, Mbak Fira. :cutesmile:

      Tapi pernah itu aku bikin tutorial, trus pas udah lama, aku mau bikin lagi, aku ngikutin tutorialku sendiri … trus aku bingung. :mewek:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)